18 Tempat Makan Murah di Bandung Ini di Bawah Rp35.000

18 Tempat Makan Murah di Bandung Ini di Bawah Rp35.000

Siapa sangka jika Bandung kini menjadi salah satu destinasi wisata populer di Indonesia? Hal ini tidak mengejutkan karena Bandung memiliki pesona yang sulit untuk diabaikan. Lanskap Kota Paris van Java yang dikelilingi pegunungan, menjadikannya kaya akan wisata alam. Tak hanya itu, berada di tanah Sunda membuat Bandung juga kaya akan wisata kuliner.

Mulai dari makanan tradisional, modern, mewah, hingga kuliner harga terjangkau bisa dengan mudah kamu temukan di sini. Soal rasa, tentu tak perlu kamu ragukan lagi! Berikut Traveloka merangkum 18 tempat makan murah di Bandung yang bisa kamu coba selama berwisata ke Kota Kembang!

Bubur Ayam Pak Otong

(Sumber: @makanmakan_channel)

Berdiri sejak 1947, Bubur Ayam Pak Otong kabarnya menjadi warung bubur pertama di Bandung. Jika kebanyakan penjual bubur buka pagi hari sebagai menu sarapan, Bubur Ayam Pak Otong justru buka pukul 18:00 01:00. Apabila ingin mencobanya, kamu bisa menuju Jalan Jendral Sudirman, Bojongloa Kaler, tepatnya di dekat Pasar Andir.

Cukup mengeluarkan Rp7.000, kamu bisa menikmati satu porsi polos Bubur Ayam Pak Otong. Ada pula menu bubur lain dengan berbagai lauk tambahan, seperti bubur ayam ati ampela, bubur ayam, dan bubur cakwe. Kamu juga bisa meminta tambahan lauk dengan kisaran harga Rp3.000 Rp10.000. Mulai dari sate kulit, telur puyuh, usus kering, brutu, sayap, hingga paha bawah bisa menambah nikmat hidangan bubur kamu.

Nasi Bistik Astana Anyar

(Sumber: @meliciachan)

Idealnya, kuliner bistik terdiri dari potongan daging, kentang, wortel dan buncis rebus yang disiram dengan saus khusus. Namun, berbeda halnya dengan Nasi Bistik Astana Anyar. Sesuai namanya, tempat makan yang berada di Jalan Astana Anyar No 218 ini menyajikan menu bistik dengan nasi goreng.

Satu porsi nasi bistik terdiri dari nasi goreng dengan lauk bistik ayam, kentang goreng, serta potongan wortel dan buncis rebus. Tak ketinggalan, saus barbeku rumahan yang membuat banyak orang ketagihan dengan nasi bistik di Bandung ini. Harga satu porsi Nasi Bistik Astana Anyar sama sekali tidak menguras kantong, yakni sekitar Rp19.000 saja!

Cuanki Serayu

(Sumber: @miela_gucci)

Cuanki Serayu adalah sebuah warung bakso yang berada di Jalan Serayu No 2, Cihapit. Selain itu, kamu bisa menemukan cabang Cuanki Serayu di kawasan Jalan Bengawan dan Jalan RE Martadinata. Dulunya, Cuanki Serayu dijual dengan cara berkeliling menggunakan gerobak. Itulah alasan penamaan “cuanki” yang ternyata merupakan singkatan dari “cari uang jalan kaki”.

Hanya dengan mengeluarkan uang sekitar Rp17.000, kamu bisa mendapatkan satu porsi Cuanki Serayu yang terdiri dari bakso, siomai, dan tahu yang jumlahnya bisa kamu pilih sesuai selera. Menariknya, kuah yang disiramkan pada bakso bukan terbuat dari kaldu daging sapi, melainkan rebusan tulang ikan yang menciptakan rasa sedap. Tertarik untuk mencobanya?  

Seafood Kiloan Bang Bopak

(Sumber: @seafoodbangbopak)

Siapa bilang seafood merupakan kuliner yang mahal? Di Seafood Kiloan Bang Bopak, kamu bisa makan seafood dengan harga terjangkau. Lokasinya berada di Jalan Brigjen Katamso No 33, Cibeunying Kaler. Setiap harinya, tempat makan murah di Bandung ini buka pukul 18:00 03:00.

Sesuai namanya, Seafood Kiloan Bang Bopak memang tidak menjual seafood per porsi, melainkan per kilogram. Untuk 100 gram seafood, kamu perlu membayar sekitar Rp25.000. Dengan begitu, kamu bisa leluasa menyesuaikan pesanan dengan isi dompet.

Asyiknya, jenis seafood yang disediakan Seafood Kiloan Bang Bopak sangat beragam. Mulai dari cumi-cumi, udang, kerang, kepiting, hingga lobster bisa kamu pilih sesuka hati. Setelah memesan dan menimbang, kamu bisa memilih saus untuk diolah pada seafood, yakni saus padang, asam manis, kacang, dan lain sebagainya.

Nasi Bancakan Mang Barna dan Bi Oom

(Sumber: @aldirachman56)

Apabila ingin menikmati kuliner khas Sunda dengan harga terjangkau, Nasi Bancakan Mang Barna dan Bi Oom merupakan destinasi yang tepat. Begitu masuk, kamu akan melihat deretan menu khas Sunda di atas meja, seperti pepes peda, nasi liwet, nasi timbel, genjer, orek tempe, dan masih banyak lagi. Dengan konsep prasmanan yang digunakan, kamu bisa bebas memilih sendiri menu yang diinginkan.

Tak hanya itu, harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau. Biasanya, setiap orang yang makan di Nasi Bancakan Mang Barna dan Bi Oom hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp30.000. Tertarik untuk makan di sini? Kamu bisa langsung datang ke Jalan Trunojoyo No 62, Citarum.

Mie Merapi

(Sumber: @miemerapi)

Di tengah cuaca dingin Bandung, paling enak menikmati makanan berkuah untuk menghangatkan perut. Tempat yang bisa kamu tuju adalah Mie Merapi di Jalan Pahlawan 24, Cikutra. Sesuai namanya, menu utama Mie Merapi adalah mi. Menariknya, ada tiga jenis kuah yang dapat kamu pilih di sini, yaitu kuah kampung, kuah kari, dan kuah merapi.

Dari ketiga jenis kuah tersebut, tentu kuah merapi yang menjadi favorit para pengunjung. Cita rasanya cukup pedas dengan warna agak merah. Jika kurang suka pedas, kamu bisa memesan mi kuah kampung yang bercita rasa gurih atau mi kuah kari yang cenderung agak manis. Satu porsi mi yang dijual memiliki harga sekitar Rp20.000 saja. Cukup murah, bukan?

Batagor Ihsan

(Sumber: @alfansurikadri)

Batagor merupakan salah satu kuliner khas Bandung yang tak boleh kamu lewatkan. Karena merupakan kuliner khas, jangan heran kalau kamu menemukan banyak penjual batagor di Kota Kembang.

Salah satu yang paling terkenal dengan harga terjangkau adalah Batagor Ihsan di Jalan Bojongloa No 38, Astanaanyar. Selain itu, kamu bisa menemukan beberapa cabang Batagor Ihsan lain di Jalan Lodaya No 85, Jalan Cikawao No 27 A, dan Jalan Ibu Inggit Ganarsih No 53. Cukup mengeluarkan uang sekitar Rp8.500, kamu bisa menikmati satu porsi Batagor Ihsan.

Selain menikmatinya di lokasi, Batagor Ihsan juga kerap dipilih wisatawan sebagai oleh-oleh. Agar bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama, mintalah penjual untuk memisahkan batagor dengan bumbu kacangnya dalam keadaan kering. Setelah sampai di tujuan, kamu bisa menghangatkan kembali batagor sebelum menyantapnya.

SKA Dapur Laut

(Sumber: @skadapurlaut)

Selain Seafood Kiloan Bang Bopak, masih ada kuliner seafood murah di Bandung yang bisa kamu coba, yakni SKA Dapur Laut. Banyaknya variasi seafood serta harga yang terjangkau, membuat SKA Dapur Laut tak pernah sepi pembeli. Saat ini, sudah ada tiga lokasi yang bisa kamu kunjungi, yaitu Jalan Sukajadi Atas 2, Jalan Gelap Nyawang, dan Jalan Gegerkalong Hilir 137.

Kamu bisa memilih menu ikan cakalang, cumi-cumi, gurami, kepiting, ataupun gurita. Kebanyakan menu seafood di sini diolah dengan cara dibakar, tak lupa campuran bumbu khas rempah Indonesia yang akan menambah cita rasa menu SKA Dapur Laut. Ada pula sambal pelengkap hidangan, yaitu sambal cabai, sambal terasi, dan sambal dabu-dabu. Kelezatan tersebut bisa kamu nikmati seharga Rp10.000 Rp35.000 saja!

Warung Bu Eha

(Sumber: @eritayati)

Berdiri sejak 1847, Warung Bu Eha dikenal sebagai salah satu tempat makan paling legendaris di Bandung. Bahkan kabarnya, dulu Inggit Garnasih, istri Presiden Soekarno, merupakan pelanggan setia Warung Bu Eha. Hal ini tak mengherankan karena Warung Bu Eha menyajikan beragam menu Indonesia yang benar-benar lezat, seperti aneka pepes, urap, sayur kepala kakap, serta rendang.

Selain menu yang beragam, harga yang ditawarkan juga relatif murah. Misalnya, hanya dengan mengeluarkan uang sekitar Rp15.000, kamu bisa menikmati sepiring nasi dengan empat jenis lauk dan minuman dingin. Pantas saja jika tempat makan yang berada di Pasar Cihapit, Jalan Cihapit ini selalu ramai oleh pengunjung.

Jigoku Ramen

(Sumber: @jigoku_ramen)

Mendadak ingin makan ramen saat berlibur di Bandung? Kamu bisa langsung datang ke Jigoku Ramen di Jalan Cikutra No 143, Neglasari. Uniknya, mi Jigoku Ramen dibuat secara manual tanpa bantuan alat atau mesin pembuat mi. Tak hanya itu, mi yang dihidangkan juga tidak menggunakan pewarna buatan, sehingga lezat dan aman untuk dikonsumsi.

Setidaknya ada 13 jenis ramen yang disajikan di Jigoku Ramen. Beberapa di antaranya adalah Jigoku Ramen Original, Jigoku Ramen Chicken Teriyaki, Jigoku Ramen Ebi Katsu, Jigoku Ramen Spicy Wings, Jigoku Ramen Prawn Sea Food Butter, dan King of Jigoku Ramen. Jigoku Ramen mematok harga mulai dari Rp19.000 untuk satu porsi ramen. Sudah pernah mencobanya?

Waroeng Setiabudi

(Sumber: @iisunyain)

Serabi yang dikenal sebagai salah satu kuliner tradisional khas Bandung, kini telah menjadi makanan yang cukup populer dengan berbagai varian rasa. Meski begitu, kamu tetap bisa mencicipi serabi yang diolah secara tradisional di Waroeng Setiabudi. Lokasinya berada di Jalan Dr. Setiabudhi No 175, Gegerkalong.

Di sini, seluruh serabi dimasak menggunakan tungku arang. Dengan kisaran harga mulai dari Rp3.000 hingga Rp10.000, kamu bisa memilih berbagai menu serabi yang ditawarkan. Selain itu, Serabi Waroeng Setiabudi juga menyajikan menu bakso kampung bagi kamu yang ingin menyantap makanan berat selagi menunggu serabi tersaji.

Madtari

(Sumber: @neneng_landau)

Jika ingin menikmati suasana malam Kota Bandung, kamu bisa datang ke Madtari yang buka selama 24 jam. Ada tiga cabang Madtari yang buka di Kota Kembang, yakni Jalan Rangga Gading No 12, Jalan Surapati No 72, dan Jalan Dr. Otten No 11.

Di Madtari, kamu bisa menikmati beragam menu utama, seperti roti bakar, pisang bakar, serta mi. Ketiga menu utama tersebut disajikan dalam beragam olahan, misalnya mi yang dicampur kornet, roti bakar cokelat, maupun pisang bakar susu. Mengingat porsi setiap menu cukup banyak, Madtari cocok untuk dinikmati bersama-sama. Cukup seru, bukan?

Warung Sitinggil

(Sumber: @botheaters_)

Dalam bahasa Sunda, “sitinggil” memiliki arti “di atas tanah”. Begitupun Warung Sitinggil yang berada di ketinggian, tepatnya di Jalan Dago Giri 90. Dengan lokasi tersebut, Warung Sitinggil menawarkan pemandangan khas perbukitan dengan cuaca yang sejuk dan asri. Jadi, kamu bisa berwisata kuliner sekaligus menikmati alam di sini.

Tempat makan murah di Bandung ini juga begitu khas dengan bangunan yang didominasi oleh bambu dan kayu, sehingga menciptakan suasana khas pedesaan. Menu yang ditawarkan pun beragam, mulai dari nasi bakar, bakso, sandwich, dan masih banyak lagi. Untuk menikmati beragam menunya, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp30.000!

Nasi Kalong

(Sumber: @linarosali)

Meski dinamakan “kalong”, bukan berarti hewan kalong menjadi menu utamanya lho! Penamaan tersebut digunakan karena setiap harinya, Nasi Kalong buka pukul 19:00  03:00. Lokasinya berada di Jalan RE. Martadinata No 102, tak jauh dari pusat perbelanjaan Kota Bandung.

Nasi Kalong sendiri merupakan nasi merah yang dimasak dengan kluwek (bumbu dapur). Nantinya, nasi akan ditambah bumbu-bumbu lain seperti cabai, daun salam, maupun bawang merah agar semakin lezat. Lauk yang tersaji pun beragam, mulai dari tahu goreng, tumis buncis bakar, hingga ayam goreng madu. Cukup mengeluarkan uang sekitar Rp30.000, kamu bisa menikmati hidangan Nasi Kalong!

Warung Prasmanan Ceu Mar

(Sumber: @eldayanipratiwi)

Satu lagi tempat makanan berkonsep prasmanan di Bandung yang bisa kamu kunjungi, yakni Warung Prasmanan Ceu Mar. Berada di Jalan ABC, kawasan Cikapundung, tempat makan di Bandung ini cukup populer sebagai kuliner malam. Pasalnya, Warung Prasmanan Ceu Mar buka setiap hari pukul 16:00 03:00.

Warung makan ini menyajikan menu masakan khas Indonesia. Kamu bisa memilih berbagai hidangan, seperti nasi rames, sayuran, aneka lauk, lalapan, maupun gulai sapi. Kamu cukup menyiapkan uang sekitar Rp15.000 saja untuk menikmati satu porsi nasi, sayur, lengkap dengan lauknya. Penasaran untuk mencobanya?

Sate Maulana Yusuf

(Sumber: @alvingunawann)

Di Jalan Maulana Yusuf No 21, terdapat sebuah tempat makan yang menyajikan sate sebagai menu utama, yaitu Sate Maulana Yusuf. Ada dua jenis sate yang bisa kamu pesan, yakni sate ayam dan sate kambing. Satu porsi sate yang terdiri dari potongan daging besar menjadi daya tarik utama tempat makan di Bandung ini.

Setiap satu porsi sate akan disajikan dengan bumbu kacang khas Sate Maulana Yusuf. Kamu juga bisa meminta tambahan cabai rawit untuk menambah cita rasa sate. Untuk menikmati satu porsi Sate Maulana Yusuf, kamu perlu membayar sekitar Rp25.000. Ada pula tambahan Rp4.000 jika menggunakan satu porsi lontong. Lezat sekali, bukan?

Warung Kopi Bapak Purnama

(Sumber: @miss_yuyu_journal)

Suasana dingin khas Bandung memang paling asyik jika dinikmati bersama secangkir kopi hangat. Salah satu tempat terbaik yang bisa kamu tuju adalah Warung Kopi Bapak Purnama di kawasan Jalan Alkateri No 22, Braga. Berdiri sejak 1930, menjadikan Warung Kopi Bapak Purnama sebagai salah satu kedai kopi yang tertua di Bandung.

Harga segelas Kopi Bapak Purnama berkisar Rp7.000. Selain itu, kamu bisa memesan hidangan lainnya seperti mi, nasi goreng, ataupun gulai dengan harga mulai dari Rp5.000 hingga Rp35.000. Ada pula berbagai jenis minuman lain yang bisa kamu nikmati, mulai dari es jeruk, es buah, hingga aneka jus.

Mangkok Manis

(Sumber: @mangkokmanis)

Rangkaian wisata kuliner di Bandung paling tepat ditutup dengan menikmati dessert lezat di Mangkok Manis. Hal yang membuat Mangkok Manis begitu menarik adalah penyajian dessert yang diletakkan dalam batok kelapa kosong. Nah, daging kelapa yang telah dikeruk akan menjadi isi dari dessert tersebut.

Tak hanya itu, kamu juga bisa memilih empat jenis topping untuk disajikan bersama daging kelapa yang telah dikeruk. Topping-nya cukup beragam, mulai dari es krim, nata de coco, choco chip, potongan buah, hingga moci. Untuk menikmati satu porsi dessert, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp25.000. Langsung saja datang ke Jalan Cihampelas No 95, Cipaganti,  untuk menikmati cita rasanya!

 

Baca juga  10 Tempat Hits di Bandung untuk Liburan Kekinian yang Seru

***

 

Jadi, makanan apa yang akan kamu coba terlebih dahulu? Daripada hanya membayangkan kelezatan cita rasa berbagai kuliner tersebut, yuk segera rencanakan liburan ke Bandung. Agar bisa mencoba seluruh tempat makan murah di Bandung tersebut, cobalah untuk pergi bersama orang terdekat. Dengan begitu, kamu bisa saling berbagi pesanan.

Ayo, ceritakan pengalaman kamu saat mencoba kuliner-kuliner tersebut di kolom komentar!

4 Shares
Share4
Pin
Share
Tweet
+1