18 Tempat Belanja di Bandung Terlengkap

18 Tempat Belanja di Bandung Terlengkap

Bandung memang kota dengan sejuta pesona. Tidak hanya menyimpan pesona alam yang indah, Kota Kembang ini juga cocok bagi kamu yang hobi berbelanja. Beberapa kawasan di Bandung dikenal sebagai “rumah” dari berbagai factory outlet. Belum lagi beragam pasar dan pusat perbelanjaan yang juga menyediakan barang-barang tak kalah menarik.

Mulai dari produk fesyen merek ternama, produk lokal kebanggaan, hingga buku-buku kuno bisa kamu temukan di Bandung. Jika tertarik, berikut rekomendasi tempat belanja di Bandung yang tak boleh kamu lewatkan. Salah satunya, sudah dikenal hingga mancanegara lho!

The Secret

(Sumber: @langyawmedia)

Bagi yang ingin berbelanja produk mode dari berbagai merek ternama, factory outlet The Secret tentu bisa menjadi pilihan. Di sini, kamu tak perlu khawatir akan mengeluarkan bujet berlebih karena seluruh produk fesyen yang ditawarkan memiliki harga terjangkau. Untuk melihat koleksinya, kamu hanya perlu menuju Jalan R.E Martadinata No 47, Citarum.

Lokasi The Secret cukup mudah ditemukan. Selain sudah cukup populer di kalangan setempat, arsitektur bangunan factory outlet ini pun cukup mencolok dengan dominasi warna hitam dan merah. Tempat belanja ini buka setiap hari pukul 09:00 – 21:00, waktu yang cukup lama untuk berbelanja bukan?

The Outfit Store

(Sumber: @theranch_megamendung)

Masih berada di kawasan Jalan Riau, kamu juga wajib mampir ke The Outfit Store yang berada di Jalan Riau No 61. Berdiri sejak 2011, factory outlet ini dahulu bernama The Summit. Di sini, kamu bisa menemukan beragam produk fesyen dengan harga yang terjangkau. Setiap harinya, The Outfit Store buka pukul  09:00 – 21:00.

Dalam menjual produk-produknya, The Outfit Store mengusung slogan “the highest level of lifestyle”. Pemakaian slogan tersebut bukan tanpa alasan, melainkan karena seluruh produk yang ditawarkan merupakan merek-merek terkenal. Karena itu, kamu tak perlu meragukan kualitas seluruh produk di The Outfit Store.

Heritage

(Sumber: @ediewu83)

Di Jalan Riau No 63, kamu akan melihat bangunan bergaya vintage ala kolonial. Gedungnya didominasi warna putih dengan pilar-pilar besar di sisi kanan dan kiri. Meski tampak seperti bangunan museum, gedung tersebut ternyata sebuah factory outlet populer di Bandung, Heritage.

Nama “Heritage” dipilih juga berdasarkan bangunan tersebut yang termasuk kategori heritage (warisan peninggalan sejarah). Konon, bangunan ini berdiri sejak 1895. Walau berupa bangunan tua, Heritage tetap menawarkan produk fesyen modern dari berbagai merek terkenal lho! Jika ingin mengunjunginya, kamu bisa datang pukul 11:00 21:00 pada hari biasa dan pukul 09:00 22:00 pada hari libur.

Renaritti

(Sumber: www.flickr.com)

Bagi yang ingin berbelanja produk-produk fesyen lengkap untuk keluarga, Renaritti merupakan destinasi yang tepat untuk kamu. Mulai dari kaos, celana, sepatu, aksesori, hingga tas bisa kamu temukan di sini. Seluruh produk yang ditawarkan memiliki kisaran harga yang berbeda-beda, namun soal kualitas tak perlu kamu ragukan lagi.

Kelebihan lain dari Renaritti adalah tempat belanjanya yang menyuguhkan suasana nyaman, area parkir luas, dan tentu saja koleksi produk mode yang selalu up to date. Lokasinya yang berada di Jalan R.E. Martadinata (Riau) No 26 ini membuat kamu bisa dengan mudah membeli berbagai jajanan di sekitar. Dengan begitu, kegiatan berbelanja pun bisa semakin nyaman dan lancar.

Rumah Mode

(Sumber: @sorimulia)

Lebih dari sekadar factory outlet, Rumah Mode sudah layak disebut sebagai area one stop shopping. Artinya, kamu bisa memenuhi segala kebutuhan dalam satu tempat. Mulai dari pakaian, tas, sepatu, hingga beragam aksesori bisa kamu temukan di Rumah Mode. Tak hanya itu, kamu juga bisa menemukan berbagai produk ternama dengan harga yang miring lho!

Menariknya, Rumah Mode memiliki tipe bangunan yang ramah keluarga. Keberadaan kolam ikan, air mancur, pertunjukan musik, hingga area kuliner akan membuat kunjungan kamu semakin nyaman. Khusus di area kuliner, kamu bisa memilih menu sesuai selera mulai dari hidangan khas Indonesia hingga western. Datanglah mulai pukul 09:00 hingga 20:30 jika ingin berbelanja di Rumah Mode!

Blossom

(SUmber: jotravelguide.com)

Beralih ke kawasan Dago, kamu bisa berbelanja di sebuah factory outlet bernama Blossom. Sesuai nama yang digunakan, “blossom” yang memiliki arti mekar dijadikan logo factory outlet ini. Kamu bisa dengan mudah mengenali tempat belanja di Bandung ini jika melihat gambar bunga oranye mekar di depan bangunannya. Lebih jelasnya, Blossom bisa kamu temui di Jalan Ir. H. Juanda No 112, Lebak Gede.

Layaknya sebuah factory outlet, di sini kamu juga bisa menemukan berbagai produk fesyen mulai dari pakaian, tas, sepatu, sandal jepit, hingga aksesori. Selain itu, Blossom juga menyediakan area food court yang bisa kamu kunjungi jika ingin bersantai atau beristirahat setelah puas berbelanja. Untuk berbelanja di sini, kamu bisa datang pukul 09:00 21:30.

Seximo

(Sumber: @dinidient18)

Satu lagi factory outlet yang tak boleh kamu lewatkan di Bandung, yaitu Seximo. Lokasinya berada di Jalan Ir. H. Juanda No 106, tak jauh dari Blossom. Berbeda dari kebanyakan factory outlet yang menjual berbagai jenis pakaian, Seximo justru menawarkan produk mode yang lebih tematik.

Di sini, kamu hanya akan menemukan busana yang biasa dikenakan untuk acara-acara formal, seperti busana pesta atau bekerja. Jadi, Seximo bisa menjadi lokasi yang cocok bagi kamu yang mencari gaun, setelan jas, blazer, rompi, celana kain, dan berbagai perlengkapan busana formal lainnya. Setiap harinya, kamu bisa mulai berbelanja pukul 09:00 22:00.

Pasar Baru Trade Center

(Sumber: @h_syahida)

Jika Jakarta memiliki Mangga Dua sebagai salah satu pusat belanja termurah, maka Bandung punya Pasar Baru Trade Center. Tak kalah dari factory outlet, Pasar Baru Trade Center juga menyediakan berbagai produk mode yang berkualitas, seperti tas, jaket, pakaian, sepatu, dan sebagainya.

Uniknya, Pasar Baru Trade Center juga kerap menjadi tujuan wisatawan mancanegara, khususnya Malaysia. Mereka kerap berbelanja berbagai produk untuk kemudian dijual kembali di negaranya. Jika tertarik untuk mengunjunginya, kamu bisa menuju Jalan Otto Iskandar Dinata No 78, Kb. Jeruk.  

Gang Tamim

(Sumber: @adrianyyen)

Di belakang Pasar Baru Trade Center, terdapat sebuah gang yang cukup legendaris di kalangan warga Bandung. Sejak tahun 1960, gang ini terkenal dengan nama Gang Tamim. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai jenis kain dan denim yang dijual secara grosir.

Dulunya, Gang Tamim merupakan pusat penjualan barang kelontong. Namun terjadi perubahan fungsi pada tahun 1980, ketika salah satu pemilik toko di Gang Tamim mulai menjual pakaian dan disukai pembeli. Seiring berjalannya waktu, Gang Tamim pun menjadi pusat penjualan kain dan denim. Jika kamu pengusaha pakaian, tidak ada salahnya untuk melihat beragam kain yang ditawarkan di Gang Tamim.

Sentra Rajut Binong Jati

(Sumber: bisnis.tempo.co)

Sebagai salah satu kota kreatif, Bandung memiliki beragam sentra kerajinan tangan. Salah satunya adalah Sentra Rajut Binong Jati yang berada di Jalan Binong Jati No 17, Batununggal. Setidaknya, ada 400 industri rajut rumahan yang bisa kamu temukan di sini. Seluruhnya dikelola oleh penduduk setempat Binong Jati.

Produk yang dihasilkan Sentra Rajut Binong Jati cukup beragam, mulai dari jaket, cardigan, syal, hingga topi. Bentuk dan warnanya hadir dalam aneka pilihan, sehingga bisa kamu sesuaikan dengan gaya berpakaian sehari-hari. Jadi, siapa yang sudah mencoba produk asli Indonesia?

Pasar Cibaduyut

(Sumber: @azharpenulis)

Tahukah kamu jika Bandung memiliki sentra produk kulit yang cukup populer? Di Pasar Cibaduyut, kamu bisa menemukan sepatu, tas, dan berbagai produk kulit asli maupun imitasi. Meski seluruh produknya merupakan buatan lokal, kualitas produk Pasar Cibaduyut sudah diakui oleh mancanegara.

Tak hanya itu, di Pasar Cibaduyut kamu juga bisa memesan produk sesuai selera. Artinya, kamu bisa memesan sepatu atau tas dengan desain yang kamu inginkan. Namun, pesanan khusus akan dikenakan harga berbeda, semua tergantung pada bahan dan tingkat kerumitan desain. Tertarik untuk mencobanya?

Pasar Induk Gedebage

(Sumber: @julindria)

Pada dasarnya, Pasar Induk Gedebage adalah sebuah pasar tradisional yang menjual buah, sayur, dan berbagai bahan dapur lain. Namun, pasar ini memiliki area khusus yang menjual berbagai pakaian bekas aneka model, mulai dari atasan, jaket, hingga celana jeans. Bahkan, ada pula berbagai aksesori seperti topi, tas, sepatu, dan sebagainya.

Meski berstatus “bekas”, barang-barang yang ditawarkan tetap berkualitas. Tak jarang, beberapa barang juga masih memiliki label harga aslinya. Konsep tawar-menawar pun berlaku di sini, sehingga bisa kamu manfaatkan untuk mendapat harga terbaik. Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan pakaian seharga Rp5.000 saja lho!

Kings Shopping Center

(Sumber: commons.wikimedia.org)

Jika dibandingkan dengan factory outlet, jumlah mal di Bandung bisa dibilang relatif sedikit. Karena itu, tak mengherankan kalau mal di Bandung hampir selalu ramai pengunjung. Salah satunya adalah Kings Shopping Center yang berada di Jalan Kepatihan, Balong Gede. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap, mulai dari aneka toko, gerai makanan, hingga area bermain anak.

Setiap harinya, Kings Shopping Center beroperasi pada pukul 10:00 21:00. Jika merasa belum puas berbelanja, tak ada salahnya untuk menginap di salah satu hotel di sekitar mal. Dengan begitu, kamu bisa kembali berbelanja keesokan harinya. Tertarik untuk berbelanja di sini?

Istana Plaza

(Sumber: @ernakamelia04)

Salah satu mal yang bisa kamu kunjungi di Bandung adalah Istana Plaza. Lokasinya berada di Jalan Pasirkaliki No 121 123, Pamoyanan. Mal ini memang tergolong sepi pengunjung, namun ada banyak gerai yang bisa memuaskan keinginan berbelanja kamu. Mulai dari departement store, Gramedia, Giordano, hingga beragam gerai makanan bisa kamu temukan di sini.

Pusat perbelanjaan yang dibangun pada tahun 2011 ini terdiri dari lima lantai. Dahulu, Istana Plaza juga memiliki arena ice skating di lantai 3. Namun sejak 2009, arena ice skating diganti menjadi area pusat kuliner. Jika ingin puas berbelanja di sini, kamu bisa datang pukul 10:00 22:00.

Paris Van Java

(Sumber: @pvjofficial)

Bagi penggila belanja, berwisata ke suatu daerah akan kurang lengkap tanpa mengunjungi mal yang ada. Di Bandung, Paris Van Java menjadi salah satu mal yang paling populer. Bangunan mal yang menggabungkan konsep indoor dan outdoor membuat suasana mal cukup unik dan nyaman. Untuk mengunjunginya, kamu bisa menuju Jalan Sukajadi No 137 – 139, Cipedes.

Mulai dari departement store, toko buku, hingga beragam butik merek ternama bisa kamu temukan di sini. Menariknya, Paris Van Java juga menghadirkan arena ice skating dan Lactasari (kebun binatang mini) yang bisa menjadi lokasi bermain si kecil saat kamu berbelanja. Cukup menarik, bukan?

Pasar Palasari

(Sumber: @kamizuki_natsu)

Jika kamu hobi membaca, maka Pasar Palasari di Jalan Lodaya No 6, Turangga, tak boleh kamu lewatkan. Mulai berdiri pada 1980, pasar ini sudah menjadi lokasi berdagang ratusan kios buku di Bandung. Pasar Palasari juga menjadi salah satu lokasi terlengkap penyedia buku. Tak jarang, wisatawan luar kota maupun mancanegara turut mampir untuk mencari buku yang mereka inginkan.

Tak hanya buku baru, di sini kamu juga bisa menemukan berbagai koleksi buku kuno dengan harga yang ramah kantong. Meski begitu, banyaknya kios yang berjualan membuat kamu harus pintar memilih. Kamu harus terlebih dahulu mengetahui harga pasaran agar tidak tertipu dengan harga yang ditawarkan para pedagang di sini. Jadi, sudah siap untuk berburu buku di Pasar Palasari?

Bandung Trade Center

(Sumber: tempatwisatadibandung.info)

Jika memasuki kawasan Bandung melalui gerbang Tol Pasteur, kamu pasti sudah tak asing dengan Bandung Trade Center (BTC). BTC memang menjadi salah satu gedung yang akan kamu lihat saat memasuki Bandung, tepatnya di Jalan Dr. Djunjunan No 143 – 149. Mal ini dikenal sebagai pusat produk mode dengan harga yang cukup terjangkau.

Mulai dari pakaian, sepatu, hingga aneka tas bisa kamu temukan di BTC. Selain itu, mal di Bandung ini juga dilengkapi area parkir yang luas, berbagai gerai makanan, bahkan bioskop. Jadi, bagi kamu yang menginginkan tempat berbelanja yang cukup lengkap, BTC bisa menjadi pilihan yang tepat.

Pasar Jumat Pusdai

(Sumber: jabarprov.go.id)

Sesuai namanya, Pasar Jumat Pusdai hanya buka setiap hari Jumat. Setiap minggunya, Pasar Jumat Pusdai digelar di sepanjang Jalan Diponegoro hingga Jalan Pusdai. Biasanya, para pedagang akan mulai menjual dagangannya pukul 08:00 – 15.00. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai macam barang dengan harga terjangkau. Meski begitu, pakaian sisa ekspor dan kuliner menjadi hal yang paling diburu pengunjung.

Tak hanya itu, seperti konsep pasar pada umumnya. Di Pasar Jumat Pusdai kamu juga bisa menerapkan proses tawar-menawar untuk mendapat harga yang sesuai. Cukup menarik, bukan? Jika ingin mengunjunginya, datanglah ke Bandung pada hari Jumat. Tak lupa, kamu perlu lebih waspada terhadap barang berharga mengingat lokasi pasar yang terbuka.

***

Itulah beberapa rekomendasi tempat belanja di Bandung yang bisa kamu kunjungi. Agar lebih efisien, kamu bisa menentukan terlebih dahulu barang apa yang akan dicari. Dengan begitu, kamu tak perlu mengunjungi seluruh lokasi tersebut. Siapkan pula rencana bujet berbelanja agar tabungan kamu tetap aman. Jadi, selamat berbelanja ya!

1 Shares
Share1
Pin
Share
Tweet
+1