12 Pusat Oleh-oleh khas Bandung Paling Laris Sepanjang Masa

12 Pusat Oleh-oleh khas Bandung Paling Laris Sepanjang Masa

Banyaknya tempat menarik dan atraksi wisata yang ada di Bandung membuat kamu lupa waktu. Namun, jangan sampai momen seru saat traveling membuat kamu melewatkan oleh-oleh untuk keluarga atau teman-teman dekat.

Untungnya, ada banyak pusat oleh-oleh khas Bandung yang tersebar di berbagai kawasan. Kamu bisa menemukannya dengan mudah selagi jalan-jalan menyusuri Kota Kembang ini. Mulai dari kuliner khas Bandung hingga pernak-pernik unik bisa kamu temukan di pusat oleh-oleh berikut ini:

Kartika Sari

(Sumber: Shutterstock)

Hampir semua orang yang berlibur ke Bandung pasti pernah membawa oleh-oleh dari Kartika Sari. Pusat oleh-oleh Bandung ini terkenal dengan pisang bollen, yakni pisang dibalut dengan adonan pastry yang kemudian dipanggang. Kartika Sari menyediakan berbagai rasa pisang bollen, yakni original, cokelat, keju, kacang hijau, dan durian.

Selain pisang bollen, ada pula berbagai produk oleh-oleh lain yang tak kalah enak untuk dibawa pulang, seperti brownies panggang, brownies khusus, banana roll, dan stik keju. Di Bandung, gerai Kartika Sari terbesar bisa kamu temukan di kawasan Cimahi, Kopo, Antapani, dan Buah Batu.

Brownies Amanda

(Sumber: @amandabrownies)

Kamu yang tinggal di Surabaya, Jakarta, atau Yogyakarta pasti pernah menjumpai gerai Brownies Amanda. Tapi, tahukah kamu bahwa makanan manis tersebut aslinya berasal dari Bandung? Sesuai namanya, Brownies Amanda menjual brownies kukus dengan aneka rasa, mulai dari original, pandan, cheese cream, stroberi, blueberry, hingga kacang almond.

Satu kotak brownies buatan Brownies Amanda dijual dengan harga sekitar Rp29.000 – Rp55.000. Idealnya, brownies rasa original bisa bertahan hingga empat hari, sedangkan brownies rasa lain dapat bertahan sampai tiga hari. Kamu bisa membelinya di Jalan Rancaboleng No 28, Ruko Paskal Hyper Square A-23, Jalan Pasirkaliki No 27 – 29, dan di Jalan Lengkong Besar No 101 B.

Rumah Sosis

(Sumber: @rumahsosisbandung)

Bagi yang kurang suka makanan manis, Rumah Sosis bisa menjadi alternatif pusat oleh-oleh khas Bandung untuk kamu kunjungi. Beberapa menu andalan rumah yang menjual berbagai sosis ini adalah Black Pepper, Beef Bockwurst, Big Bockwurst, Beef Garlic, dan Mini Bockwurst. Jika suka dengan rasa pedas, kamu wajib coba Black Pepper.

Asyiknya, salah satu pusat oleh-oleh Bandung yang paling laris sepanjang masa ini juga menyediakan berbagai fasilitas seru seperti kolam renang, pemancingan, rumah pohon, trampolin, hingga fun climbing. Jadi, sambil belanja oleh-oleh kamu juga bisa berlibur dengan keluarga atau teman-teman. Seru, bukan?

Batagor Riri

(Sumber: @batagor_riri)

Batagor merupakan salah satu kuliner khas Bandung. Tidak lengkap rasanya berlibur ke Kota Kembang kalau belum mampir ke gerai batagor. Dari sekian banyak penjual batagor yang ada di Bandung, salah satu yang paling laris dari masa ke masa adalah Batagor Riri di Jalan Burangrang No 41. Kamu bisa pilih ingin membeli batagor dengan kuah atau kering. Selain batagor, Batagor Riri juga menjual siomai, lho!

Nah, jika membeli batagor sebagai oleh-oleh sebaiknya pisahkan dari bumbu atau kuah. Lalu, mintalah pegawai Batagor Riri untuk menggoreng batagor setengah matang saja. Idealnya, batagor yang digoreng setengah matang bisa bertahan hingga 3 – 4 hari di dalam kulkas.

Gepuk Ny. Ong

(Sumber: @gepuknyong)

Bagi yang belum tahu, gepuk adalah makanan yang terbuat dari daging sapi yang dipukul sampai bentuknya pipih, lalu dicampur dengan rempah-rempah. Setelah itu, daging sapi akan dikukus hingga matang. Untuk oleh-oleh, kamu bisa memesan gepuk setengah matang agar bisa digoreng kembali di rumah.

Nah, gerai gepuk di Bandung yang paling populer adalah Gepuk Ny. Ong. Ada beberapa pilihan rasa gepuk yang bisa kamu coba, yakni chicken original, chicken spicy, beef original, beef extra spicy, beef salty, dan beef les sugar. Gepuk Ny. Ong sudah membuka beberapa cabang gerai di Bandung, yakni di kawasan Jalan Pasir Kaliki, Jalan Setiabudi, Jalan Djundjunan, dan Jalan Buah Batu.

Pasar Panorama Lembang

(Sumber: @mahesanugroho)

Wisatawan yang berlibur ke Bandung biasanya juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke Lembang. Apabila kamu juga berlibur ke Lembang, sempatkan diri membeli oleh-oleh di Pasar Panorama Lembang. Dulunya, pasar ini dikenal dengan nama Pasar Lembang. Sayangnya, pada 2016 terjadi kebakaran besar yang menghanguskan bangunan.

Akhirnya, pemerintah membangun kembali pasar tersebut dan memberinya nama “Pasar Panorama Lembang”. Pasar ini baru mulai beroperasi pada 15 Januari 2018. Tempat ini tidak berbeda jauh dari pasar tradisional kebanyakan, namun kamu bisa menemukan banyak cendera mata khas Bandung di Pasar Panorama Lembang. Siap-siap kalap ingin beli semuanya, ya!

Kawasan Cibaduyut

(Sumber: @erinoviansyah06)

Cibaduyut adalah salah satu kawasan di Bandung yang terkenal dengan produk sepatu dan tas dari kulit. Seluruh produk di Cibaduyut merupakan buatan lokal. Kualitas semua produk tidak kalah dari sepatu dan tas bermerek yang biasa dijual di berbagai pusat perbelanjaan modern, lho!

Tidak hanya berkualitas, harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Bahkan, banyak pula yang harganya di bawah Rp100.000! Asyiknya lagi, kamu juga bisa memesan sepatu atau tas dengan desain sendiri. Biasanya, proses pembuatan ini berlangsung selama 1 – 2 minggu, tergantung dari kerumitan desain yang kamu pesan.

Kawasan Cihampelas

(Sumber: Shutterstock)

Setelah puas berbelanja oleh-oleh tas dan sepatu di Cibaduyut, kamu bisa lanjut membeli oleh-oleh di kawasan Jalan Cihampelas. Di sini, kamu akan menemukan banyak penjual oleh-oleh khas Bandung, mulai dari kaus bergambar ikon Bandung seperti Gedung Sate hingga pernak-pernik berupa  gantungan kunci.

Asyiknya lagi, Cihampelas juga memiliki beberapa spot menarik untuk berbelanja, kuliner, sekaligus berfoto-foto misalnya Teras Cihampelas dan Cihampelas Walk. Jadi, pastikan kamu membawa kamera saat berencana jalan-jalan di kawasan Cihampelas, ya!

Pasar Baru Trade Center

(Sumber: @saradennaz)

Kalau kamu ingin membeli oleh-oleh berupa pakaian dalam jumlah banyak, Pasar Baru Trade Center merupakan tempat yang tepat. Pasar Baru Trade Center memang dikenal sebagai tempat grosir pakaian terbesar di Bandung. Para pelanggan di sini bahkan tak hanya berasal dari Indonesia, ada juga yang dari Malaysia dan negara tetangga lainnya. Biasanya, para pelanggan  membeli baju untuk dijual kembali di negaranya.

Lalu, bagaimana kalau kamu tidak berniat membeli secara grosir? Tenang saja, Pasar Baru Trade Center juga melayani pembelian secara eceran. Kamu bisa menemukan banyak model pakaian yang sesuai dengan tren masa kini dengan harga terjangkau. Agar mendapatkan harga yang murah, jangan lupa untuk menawar harganya.

Factory Outlets


(Sumber: m-tsyganov.livejournal.com)

Bandung adalah tempat yang tepat bagi para shopaholic. Meski jumlah mal tidak sebanyak di Jakarta, Kota Kembang ini memiliki factory outlet yang tersebar di beberapa kawasan terkenal seperti Setiabudi, Dago, dan Riau. Hampir seluruh ruas jalan dipenuhi factory outlet. Beberapa factory outlet yang terkenal adalah Rumah Mode (di kawasan Setiabudi), Blossom dan Grande (Dago), juga Heritage dan The Secret (di kawasan Riau)

Sama seperti Pasar Baru Trade Center, factory outlet juga menjual berbagai produk fesyen terkini, mulai dari pakaian, tas, aksesori, hingga sepatu untuk dewasa dan anak-anak. Bedanya, lokasinya tentu lebih nyaman dibanding Pasar Baru Trade Center. Namun, di factory outlet kamu tidak bisa melakukan penawaran harga jika berbelanja, ya.

Pasar Kaget Gasibu

(Sumber: @mirlocojo)

Awalnya, Pasar Kaget Gasibu berlokasi di depan Gedung Sate hingga kawasan Lapangan Gasibu. Namun kini, pasar tersebut telah dipindahkan lokasinya ke Monumen Perjuangan (Monju) demi kenyamanan bersama. Karena merupakan pasar kaget, bersiap-siaplah untuk menemui suasana yang ramai.

Kebanyakan produk yang dijual di Pasar Kaget Gasibu adalah pakaian baru atau pakaian  sisa ekspor dengan harga murah. Kamu bisa membelinya sebagai oleh-oleh untuk orang rumah. Selain itu, ada pula berbagai penjual kuliner khas Bandung yang bisa kamu temukan di Pasar Kaget Gasibu.

Toko Iteung

(Sumber: @iteungoleholehkhasbandung)

Toko Iteung adalah sebuah pusat oleh-oleh Bandung yang menjual berbagai macam produk, mulai dari suvenir seperti gantungan kunci, kaus bergambar ikon kota hingga camilan khas Bandung berupa batagor asin, seblak, sale pisang, serta tempe asin dan pedas. Pusat oleh-oleh satu ini cocok bagi kamu yang tidak sempat berkeliling ke berbagai tempat untuk membeli oleh-oleh di Bandung.

Ada beberapa cabang gerai Toko Iteung yang bisa kamu datangi, yakni di Braga Citywalk Lantai 1, Yogya Kepatihan Lantai 5, dan Carrefour Transmart PVJ. Asyiknya lagi, Toko Iteung juga membuka toko online: iteung.com sehingga kamu bisa langsung mengirim oleh-oleh ke rumah.

***

Itulah beberapa pusat oleh-oleh paling laris sepanjang masa yang bisa kamu datangi di Bandung. Selain membeli oleh-oleh untuk orang-orang terdekat, kamu juga bisa membeli kenang-kenangan untuk diri sendiri. Untuk saran, carilah oleh-oleh yang tahan lama terutama jika kamu membeli makanan. Selamat mencari oleh-oleh Bandung!

Baca juga  15 Penginapan Murah di Lembang Ini Tak Sampai Rp500.000
3 Shares
Share3
Pin
Share
Tweet
+1