0

Erika Silviana

05 Dec 2019 - 7 min read

12 Pemandian Air Panas di Bandung untuk Relaksasi Terbaik

Ada banyak cara seru yang bisa kamu lakukan untuk menikmati Kota Bandung. Beberapa orang mungkin lebih suka menyusuri kawasan Jalan Riau, Cihampelas, dan Jalan Dago untuk berbelanja difactory outlets.Sementara itu, beberapa lainnya lebih suka nongkrong di kafe-kafe cantik sambil menikmati secangkir teh atau kopi. Lalu, bagaimana dengan kamu yang lebih suka berwisata alam dalam suasana tenang?

Pemandian air panas bisa menjadi solusi tepat, selain objek alam gunung, bukit, atau kawah. Kebanyakan pemandian air panas Bandung berada di dataran tinggi, sehingga memiliki pemandangan alam indah. Sambil menikmati alam dan udara dingin, kamu bisa relaksasi dengan cara berendam di kolam air panas. Ingin coba pengalaman ini? Simak rekomendasi pemandian air panas di Bandung untuk relaksasi terbaik dari Traveloka!

Pemandian Air Panas Maribaya

(Sumber:@maribayaresort)

Konon, dulu ada seorang perempuan cantik bernama Maribaya. Sang ayah, Raksa Dinata, membuat sumber air panas dengan kandungan belerang untuk melindungi Maribaya dari para pemuda yang memperebutkan anaknya. Sejak 1835, Raksa Dinata aktif mengelola tempat ini. Hingga akhirnya, beliau meninggal dan mewariskan pemandian air panas tersebut kepada Maribaya.

Banyak orang percaya bahwa sumber air panas di Maribaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Daripada penasaran, kamu bisa langsung datang ke Kampung Cikondang, Lamajang, Pangalengan, Lembang, dan bayar sekitar Rp75.000 – Rp150.000 per orang (tergantung jenis kolam). Tidak hanya kolam air panas, di sini kamu juga bisa menikmati fasilitas lain seperti restoran, kolam pancing, danglamping tent.

Pemandian Air Panas Cibolang

(Sumber:@harninlayli)

Berdiri sejak 1985, Pemandian Air Panas Cibolang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata legendaris di Bandung. Lokasinya berada di Desa Wanasuka, Kecamatan Pangelengan. Pada tahun 1990, sempat dilakukan renovasi sehingga fasilitas di tempat ini pun lebih lengkap. Mulai dari tempat makan hingga penyewaan alat pancing, bisa kamu manfaatkan.

Wisata pemandian air panas yang berada di lahan seluas 2 hektar ini berada di ketinggian 1.450 mdpl. Jadi, selama berendam di kolam air panas, kamu juga bisa menikmati pemandangan alam khas pegunungan sekitar yang begitu memanjakan mata. Untuk menikmati pengalaman berendam di sini, kamu wajib bayar tiket masuk Rp15.000 dan parkir Rp3.500 (motor) atau Rp10.000 (mobil).

Gracia Hot Spring

(Sumber:@cherulis06)

Gracia Hot Spring menyediakan tiga kolam pemandian air panas utama untuk orang dewasa dan satu kolam untuk anak-anak. Di tepi kolam air panas, terdapat deretan kursi berpayung untuk kamu bersantai setelah berendam. Selain itu, fasilitas lain yang bisa kamu nikmati di Gracia Hot Spring adalah kantin, ruang mandi, hingga ruangspa. Bahkan, tersedia pularesortbagi kamu yang ingin menginap.

Sumber air panas yang ada di Gracia Hot Spring berasal dari Gunung Tangkuban Perahu. Kabarnya, kandungan sulfur di dalam air dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit. Untuk membuktikan hal tersebut, kamu bisa langsung berkunjung ke Jalan Blok Dawuan, Desa Cikondang, Ciater. Jangan lupa siapkan uang sebesar Rp60.000 (weekdays) atau Rp75.000 (weekend) untuk membayar tiket masuk.

Pemandian Air Panas Cimanggu

(Sumber:@cimangguhotspring_ecotourism)

Ingin berendam di air panas, tapi bingung menentukan waktu karena jadwal padat? Kamu bisa datang ke Pemandian Air Panas Cimanggu di Jalan Raya Ciwidey, karena tempat wisata ini buka hingga malam hari. Hanya bayar Rp17.000(weekday)atau Rp21.500(weekend),kamu bisa menikmati sensasi relaksasi terbaik. Jika ingin suasana yang lebih tenang, pemandian air panas ini juga menyediakan tempat berendam VIP.

Destinasi wisata alam yang dikelilingi oleh pepohonan rindang ini cukup ramai dikunjungi oleh keluarga. Pemandian air panas Bandung yang satu ini memiliki fasilitas berupa area permainan anak, taman kelinci, dan areaoutbound.Bagi yang ingin menghabiskan waktu lama di sini, kamu juga bisa menginap dicottagekawasan Pemandian Air Panas Cimanggu.

Pemandian Air Panas Ciater

(Sumber:@awan_w98)

Pemandian Air Panas Ciater sudah populer kalangan wisatawan. Hal ini tidak terlepas dari beragam fasilitas dan layanan umum yang disediakan. Tidak hanya kolam air panas, pemandian air panas Bandung yang satu ini juga menawarkan fasilitasoutbound, trekking,kolam pancing, restoran,spa, hingga hotel danresort.

Pemandian Air Panas Ciater juga memiliki pemandangan alam indah berupa perkebunan teh dan perbukitan hijau. Untuk merasakan pengalaman relaksasi di sini, datang saja ke Jalan Raya Ciater, Nagrak (10 menit dari Tangkuban Perahu). Tiket masuknya Rp22.000, sementara itu kamu harus bayar tambahan Rp80.000 untuk berendam di kolam air panas utama atau sekitar Rp20.000 – Rp55.000 di kolam pemandian sederhana.

Sabda Alam Resort

(Sumber:@sabdaalam.garut)

Berjarak sekitar 30 km dari Kota Bandung, tepatnya di Kota Garut, kamu bisa menemukan pemandian air panas bernama Sabda Alam Resort. Lebih dari sebuah kolam pemandian air panas, Sabda Alam Resort Garut bisa disebut sebagaiwaterpark.Uniknya, air yang ada diwaterparkini memiliki suhu hangat, sehingga kamu tidak akan menggigil selama bermain air.

Apabila sudah lelah berenang atau bermain air, kamu bisa beristirahat di salah satu bungalo yang telah disediakan di area tepi kolam. Namun, jika ingin mendapatkan privasi lebih, kamu bisa mencoba sauna air panas alami yang dikenal bagus untuk terapi kesehatan. Kamu hanya perlu bayar Rp30.000(weekday)atau Rp40.000 (weekend)untuk berendam sambil relaksasi di Sabda Alam Resort.

Ciwidey Valley

(Sumber:@ciwideyvalley)

Pemandian Air Panas Ciwidey Valley merupakan bagian dari Ciwidey Valley Hot Spring Waterpark Resort. Jadi, tak hanya kolam pemandian air panas, di sini kamu juga bisa menikmati berbagai fasilitas lain sepertiwaterparkdanresortuntuk menginap. Bahkan, ada pula taman bermain dan taman burung yang menarik untuk dikunjungi, terutama oleh anak-anak.

Sementara itu, area sekitarnya banyak ditumbuhi oleh pepohonan asri sehingga menciptakan kesan sejuk dan pemandangan yang indah. Dengan bayar Rp50.000, kamu sudah bisa berendam sepuasnya sambil menikmati alam asri. Tak perlu tunggu lebih lama, datanglah segera ke Jalan Raya Barutunggul KM 17, Alamendah, Rancabali!

Pemandian Air Panas Walini

(Sumber:@ira_rahimioktaviana)

Masih berada di kawasan Ciwidey, kamu juga bisa relaksasi dengan cara menghangatkan diri di kolam Pemandian Air Panas Walini. Lokasinya berada setelah Taman Wisata Alam Cimanggu atau sebelum Situ Patenggang, tepatnya di tengah kebun teh milik PT Perkebunan Nusantara. Untuk berendam di sini, kamu harus bayar Rp20.000 per orang, juga biaya parkir Rp3.000 (motor) atau Rp5.000 (mobil).

Kolam air panas di Pemandian Air Panas Walini terbagi menjadi dua, yakni untuk orang dewasa dan anak-anak. Ada pula beberapa kolam air panas VIP bagi kamu yang menginginkan privasi lebih. Tidak hanya itu, pemandian air panas Bandung yang satu ini juga menyediakan berbagai fasilitas umum lain seperti warung makan, musala, dan berbagai wahanaoutbound.

Pemandian Air Panas Kampung Cai

(Sumber:@rezqiaqilan)

Jika ingin merasakan liburan alaback to naturedi Bandung, maka Pemandian Air Panas Kampung Cai adalah tempat wisata yang tepat untuk kamu kunjungi. Destinasi wisata ini masih berada di kawasan Ranca Upas, yang sejak dulu dikenal sebagai tempat berkemah dan penangkaran rusa. Untuk berendam di kolam air panas ini, kamu harus bayar Rp15.000.

Di Kampung Cai Ranca Upas, kamu tak hanya bisa berendam air panas tapi juga mencoba berbagai fasilitas seru sepertiflying fox, paintball,dan lainnya.Kalau tertarik berkemah di sini, kamu juga tak perlu repot membawa peralatan sendiri karena Kampung Cai Ranca Upas menyediakan penyewaan alat berkemah seperti tenda, kayu bakar, dan sebagainya.

Kolam Air Panas Emte Highland Resort

(Sumber:@emte_highland_resort)

Pernah liburan ke Kawah Putih Ciwidey? Tidak jauh dari sana, tepatnya di Jalan Raya Ciwidey, Rancabali KM 11, terdapat sebuah kolam pemandian air panas yang bisa kamu nikmati dengan bayar Rp15.000. Kolam air panas ini merupakan bagian dari tempat wisata terpadu Emte Highland Resort. Jadi, selain kolam air panas, tersedia pula fasilitas lain seperti arung jeram, ATV,paintball, outbound,hingga area berkemah.

Apabila kamu ingin menginap tetapi kurang suka berkemah, Emte Highland Resort juga menawarkan penginapan dalam berbagai tipe. Tak hanya liburan, orang-orang dari dalam atau luar kota Bandung biasanya juga datang ke Emte Highland Resort untuk mengadakan acara kantor atau acara perpisahan sekolah.

Pemandian Cipanas Nagrak Parongpong

(Sumber:@syahdian12)

Dibanding beberapa pemandian air panas lain yang ada di Bandung, Pemandian Cipanas Nagrak Parongpong memang belum terlalu populer. Jadi, cocok untuk kamu yang ingin berendam dengan suasana tenang. Di sisi lain, pemandian air panas Bandung ini memiliki keistimewaan tersendiri, yakni adanya air terjun mini yang merupakan sumber air panas alami. Kabarnya, aliran air panas ini berasal dari Gunung Tangkuban Perahu.

Beberapa fasilitas dasar sudah tersedia di Pemandian Cipanas Nagrak Parongpong, seperti kamar mandi, musala, dan beberapa warung makan. Jika tertarik, kamu bisa langsung datang ke Jalan Nagrak Kulon Sukajaya, Lembang. Tempat ini buka pukul 07:00 – 18:00. Siapkan pula uang Rp5.000 untuk membayar tiket masuk, ya!

Pemandian Air Panas Saguling

(Sumber:@ashep_zutisna)

Kolam air panas di Pemandian Air Panas Saguling masih sangat sederhana. Tidak ada kolam besar seperti di Pemandian Air Panas Ciwidey atau Ciater. Di sini, kamu akan mendapatkan kamar-kamar sederhana yang di dalamnya berisi bak berkapasitas dua orang.

Di sekitar area pemandian air panas, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang masih sangat asri dengan suasana yang tenang. Ada pula sungai-sungai kecil yang semakin menambah nuansa alami. Jika tertarik mencoba relaksasi di bak air panas ini, kamu bisa datang ke kawasan Rajamandala Kulon, Cipatat, Bandung Barat. Harga tiket masuknya hanya sekitar Rp10.000 per orang. Sangat terjangkau!

***

Ternyata, ada banyak alternatif menikmati liburan di Bandung. Bagaimana? Sudah tak sabar mencoba pengalaman wisata alam, sekaligus relaksasi di Bandung yang sudah disebutkan? Yuk, coba satu per satu pemandian air panas Bandung untuk relaksasi terbaik dan bagikan pengalaman kamu di kolom komentar ya!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan