0

Traveloka Team

02 Jan 2020 - 5 min read

10 Tempat Menarik di Bandung untuk Liburan Bersama Keluarga

Akhir pekan atau hari libur merupakan waktu yang tepat bagi kamu untuk menghabiskan waktu dengan keluarga setelah sibuk di hari kerja. Kamu bisa memasukkan Bandung sebagai salah satu daerah wisata yang akan dituju. Terletak di dataran tinggi, Kota Kembang ini memiliki banyak destinasi wisata keluarga dengan pemandangan alam menakjubkan dan udara yang sejuk.

Agar liburan kian berkesan, tentu kamu harus menari destinasi yang menarik. Untuk itu, simak beberapa rekomendasi tempat menarik di Bandung dari Traveloka yang wajib kamu kunjungi bersama keluarga:

Grafika Wisata Cikole

(Sumber:@safaatrizkii)

Terletak di kaki Gunung Lembang atau tepatnya di Jalan Raya Tangkuban Parahu KM 8, Grafika Wisata Cikole cocok bagi kamu yang ingin berlibur di daerah yang sejuk. Begitu sampai, kamu akan langsung disambut dengan deretan pohon pinus yang tinggi dan rimbun. Pemandangan alam seperti ini wajib kamu abadikan lewat kamera.

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari berkuda, barbeku,menyusuri jembatan gantung, hinggaflying fox.Kalau belum puas bermain seharian, kamu juga bisa menginap di sini. Grafika Wisata Cikole menyediakan tiga jenis penginapan berbeda, yakni kamar hotel, tenda, dancottageberbentuk rumah Hobbit. Sediakan bujetsekitar Rp450.000 – Rp950.000 jika berniat untuk menginap di sini, ya!

Farmhouse Susu Lembang

(Sumber:@farmhouselembangbdg)

Berada di Jalan Raya Lembang No 108, Farmhouse Susu Lembang bisa kamu capai sekitar 1 perjalanan dari pusat Kota Bandung. Tempat menarik di Bandung ini membangun berbagai miniatur bangunan khas Eropa. Salah satu bangunan paling unik adalah rumah Hobbit seperti yang ada dalam filmThe Hobbits.

Farmhouse Susu Lembang juga cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga. Di sini, anak-anak bisa memberi makan hewan seperti kelinci dan domba. Selain itu, jangan sampai lewatkan kesempatan untuk menyewa pakaian khas Belanda dan berfoto di sekeliling area Farmhouse Susu Lembang. Setiap harinya, tempat wisata ini buka pukul 09:00 – 16:00. Kamu bisa menikmati kunjungan dengan bayar tiket masuk Rp20.000.

Kota Mini Lembang

(Sumber:@visiting_indonesia)

Bagi yang punya impian untuk liburan ke Eropa tetapi belum terwujud, kamu bisa jalan-jalan ke Kota Mini Lembang terlebih dahulu. Tempat ini menawarkan berbagai miniatur bangunan khas Eropa, mulai dari rumah, pertokoan, hingga kafe. Baru dibuka pada akhir Juni 2017 lalu, Kota Mini Lembang telah menjadi salah satu tempat paling menarik di Bandung.

Di sini, ada pula satu area khusus untuk anak-anak mencoba berperan sebagai profesi tertentu. Sebut saja beberapa di antaranya adalah polisi, juru masak, perawat, dan pemadam kebakaran. Tak ketinggalan, kamu juga bisa menyewa kostum Belanda untuk merasakan nuansa Eropa di Kota Mini Lembang. Tertarik untuk berlibur di sini? Kamu bisa langsung datang ke Jalan Grand Hotel No 33, Lembang.

Perkebunan Teh Dewata

(Sumber:@aditpratama)

Sudah jadi rahasia umum kalau Bandung memiliki keindahan alam yang mengagumkan. Kamu bisa membuktikan sendiri dengan berlibur ke Perkebunan Teh Dewata yang berjarak sekitar 30 km dari kawasan Ciwidey. Area perkebunan yang dikelilingi oleh Gunung Tilu menciptakan pemandangan asri yang akan membuat tubuh dan pikiran terasa relaks.

Aktivitas favorit yang biasanya dilakukan wisatawan di Perkebunan Teh Dewata adalahtea walk,yakni berkeliling di kebun teh seluas 350 hektar dengan berjalan kaki. Kalau mau, kamu juga bisa memetik daun teh, melihat proses proses pengolahan, hingga mencicipi secangkir teh hangat.

Chinatown Bandung

Sesuai namanya, Chinatown Bandung merupakan tempat wisata yang mengusung konsep Tiongkok. Di dalamnya terdapat banyak kios yang menjual pernak-pernik dan makanan khas. Ada pula sebuah museum yang menyimpan koleksi berbagai barang antik Tiongkok seperti piring keramik dan mangkuk. Chinatown juga menyediakan penyewaan kostum tradisional Tiongkok untuk kamu yang ingin berfoto.

Untuk yang ingin berbelanja, kamu bisa menemukan toko pakaian, aksesori, dekorasi, dan cenderamata di Chinatown. Satu hal yang perlu diketahui tentang cara belanja di sini adalah kamu harus menggunakan kartu debit karena para penjual tidak menerima uang tunai. Jika tertarik berlibur ke Chinatown Bandung, langsung saja datang ke Jalan Kelenteng No 41, Ciroyom, Andir.

Rainbow Garden

(Sumber:@rainbowgarden_lembang)

Jika kamu suka berburu tempat menarik di Bandung untuk berfoto, maka kamu harus datang ke Rainbow Garden di Jalan Raya Lembang No 272. Tempat ini merupakan kompleks taman yang menawarkan koleksi ratusan jenis bunga. Menariknya, berbagai bunga di Rainbow Garden ditata sedemikian rupa agar terlihat seperti pelangi. Kamu pasti akan puas berfoto di sini.

Tak hanya itu, di berbagai area taman juga terdapat banyak dekorasi unik seperti sangkar burung warna-warni, piano kuno, dan ayunan tempo dulu.Kamu juga bisa membeli bunga dengan beragam tipe untuk oleh-oleh seperti bunga organik atau tanaman kaktus. Untuk masuk ke Rainbow Garden, kamu harus membayar tiket seharga Rp10.000.

Dusun Bambu Family Leisure Park

(Sumber:@bigbird.jalanjalan)

Apabila kamu dan keluarga lebih suka menghabiskan liburan dengan melakukan berbagai aktivitasoutdoor,Dusun Bambu Family Leisure Park dapat menjadi destinasi yang tepat. Berdiri di atas lahan seluas 15 hektar, Dusun Bambu menawarkan beragam fasilitas pendukung untuk mendayung kano, naik balon udara, memanah, dan bersepeda.

Di sini, ada pula tiga restoran untuk memenuhi kebutuhan kuliner wisatawan. Kamu bisa memilih tempat makan di dalam sangkar burung besar yang tergantung di pepohonan, menikmati sajian khas Sunda di saung tepi danau, atau bersantap ditemani pemandangan Gunung Burangrang. Untuk merasakan pengalaman seru ini, kamu bisa segera datang ke Jalan Kolonel Masturi KM 11.

Kampoeng Tulip

(Sumber:@kampoeng_tulip)

Bernama Kampoeng Tulip, tempat menarik di Bandung satu ini bukanlah sebuah taman bunga tulip, melainkan tempat wisata bergaya Belanda. Kampoeng Tulip bisa kamu temukan di kawasan Kompleks Pasir Bogor, Jalan Banyu Biru H-17, Ciwastra. Di dalamnya, terdapat berbagai bangunan khas Belanda seperti kincir angin yang dihiasi bunga tulip.

Kampoeng Tulip menyediakan sebuah galeri dengan konsepshabby chicyang isinya berupa barang-barang unik. Jika ingin masuk ke galeri ini dan berfoto, kamu harus membayar sekitar Rp7.500 – Rp9.000. Ada pula penyewaan pakaian tradisional khas Belanda seharga Rp25.000 per jam. Kamu bisa mengenakan pakaian tradisional ini sambil berfoto di kawasan Kampoeng Tulip.

Jendela Alam Farm

Kamu akan membawa anak-anak saat berlibur di Bandung? Kalau begitu, kamu wajib berkunjung ke Jendela Alam Farm yang berlokasi di Kompleks Graha Puspa, Lembang. Di sini, anak-anak akan diajak untuk melakukan beragam kegiatanoutdoorseperti bercocok tanam. Selain itu, anak-anak juga bisa memberi makan kelinci, sapi, domba, dan kuda poni di area peternakan hewan.

Menambah kelengkapan fasilitas, Jendela Alam Farm pun menyediakan sarana menarik lainnya seperti berkuda, bermain air, hingga membuat kerajinan dari tanah liat. Setiap harinya, tempat wisata di Bandung ini buka pukul 09:00 – 16:00. Kamu bisa masuk dengan membayar tiket Rp10.000.

De’Ranch Lembang

(Sumber:@deranchlembang)

Dengan konsep bertema koboi, De’Ranch menjadi salah satu tempat menarik di Bandung yang tidak boleh kamu lewatkan. Area di sini merupakan sebuah peternakan kuda, dengan padang rumput hijau luas yang akan menyegarkan mata. Di sini, kamu bisa menyewa pakaian koboi atau suku Indian, lalu berkuda keliling area De’Ranch. Tempat unik ini berlokasi di Jalan Raya Maribaya No 17, Kayuambon, Lembang.

Tentunya masih ada banyak aktivitas selain berkuda yang bisa kamu lakukan di sini, mulai dari panahan,fun boat, flying fox,hingga belajar memerah susu lembu. Untuk masuk ke De’Ranch, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sekitar Rp10.000. Sementara itu, setiap wahana atau aktivitas dikenakan biaya sekitar Rp15.000 – Rp25.000.

***

Sekarang sudah terbukti kalau Bandung memang kota yang cocok untuk destinasi berlibur bersama keluarga, bukan? Agar liburan berjalan lancar, lakukan persiapan dari sekarang dan pastikan berbagai tempat menarik di Bandung tersebut ada dalamitinerarykamu. Ajak keluarga kamu untuk merencanakan liburan bersama agar mereka semakinexcited,ya!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan