10 Tempat Hits di Bandung untuk Liburan Kekinian yang Seru

10 Tempat Hits di Bandung untuk Liburan Kekinian yang Seru

Tahukah kamu bahwa Bandung meraih predikat sebagai salah satu destinasi utama pesona Indonesia oleh Kementerian Pariwisata? Hal tersebut tidak terlepas dari pesona yang ditawarkan Kota Kembang. Lanskap Bandung yang dikelilingi tiga pegunungan, menjadikannya kaya akan pesona alam. Belum lagi cuaca sejuk khas Bandung yang menjadi daya tarik utama banyak wisatawan.

Menariknya, Bandung terus melakukan inovasi untuk memajukan sektor pariwisata. Salah satunya, kemunculan berbagai wisata unik yang berhasil menarik banyak wisatawan. Untuk itu, Traveloka akan memberikan rekomendasi tempat hits di Bandung yang bisa menjadi alternatif liburan kamu. Yuk, simak selengkapnya!

Chinatown

(Sumber: @chinatownbandung)

Sesuai namanya, Chinatown merupakan kawasan yang menyerupai negeri Tiongkok. Di sini, kamu akan melihat berbagai bangunan khas Tiongkok dan ornamen berwarna merah. Selain itu, tersedia berbagai kedai yang menjajakan pernak-pernik serta makanan khas Tiongkok.

Tak hanya berfungsi sebagai tempat belanja dan bersantai, Chinatown juga memiliki museum yang menyimpan koleksi artefak Tiongkok seperti mangkuk dan piring keramik. Menariknya, terdapat penyewaan kostum tradisional Tiongkok yang bisa kamu gunakan. Dengan begitu, kamu bisa berfoto seolah berada di Tiongkok.

Jika tertarik mengunjunginya, kamu bisa menuju Jalan Kelenteng No 41, Ciroyom, Andir. Tempat wisata ini buka setiap hari pukul 11:00 – 22:00. Satu hal yang perlu kamu ingat, bahwa saat ini Chinatown tidak menerima transaksi dalam bentuk uang tunai. Jadi, siapkan kartu debit kamu ya!

Tafso Barn

(Sumber: @warmanwardhani)

Tempat hits di Bandung yang tak boleh kamu lewatkan adalah Tafso Barn. Lokasinya berada di Jalan Baru Laksana No 75, Pagerwangi, Lembang. Di sini, kamu bisa menemukan lapangan golf mini, tempat duduk bergaya sangkar burung, ayunan vintage, serta tenda-tenda mini yang nyaman untuk bersantai.

Sebagai kafe di perbukitan, Tafso Barn menawarkan beragam menu yang bisa kamu coba. Mulai dari masakan khas Indonesia, Jepang, hingga western bisa kamu nikmati di sini. Harga setiap makanan dan minuman pun cukup terjangkau, yakni sekitar Rp5.000 – Rp60.000.

Sembari menyantap pesanan, kamu bisa menikmati pemandangan maupun berfoto di berbagai spot menarik. Jadi, jangan lupa untuk membawa kamera jika tak ingin kehilangan momen di sini. Untuk mengunjunginya, kamu bisa datang ke Tafso Barn pukul 08:00 – 22:00 setiap harinya.

La Costilla

(Sumber: @la_costillabdg)

Ingin merasakan suasana khas Meksiko? Tak perlu jauh-jauh ke Amerika, karena saat ini kamu bisa mengunjungi La Costilla di Jalan Karangsari No 8, Sukajadi. La Costilla merupakan sebuah kafe yang mengusung konsep khas Meksiko, mulai dari nuansa ruangan berwarna merah muda, taman kaktus, hingga furnitur bergaya Meksiko bisa kamu temukan di sini.

Di La Costilla, kamu bisa mencicipi berbagai masakan western yang dipadu masakan Spanish Mexican. Beberapa menu favorit di tempat makan ini adalah crispy belly, calamari gremolata, dan baby back ribs. Jangan lupa pesan mocktail segar sebagai pendamping makanan kamu, ya!

Goldstar 360 Sport Resto

(Sumber: @goldstar360)

Tak hanya merasakan suasana khas Meksiko, kamu juga bisa menemukan kafe bernuansa Santorini di Goldstar 360 Sport Resto. Tempat makan di Bandung ini mengusung konsep gua berwana putih layaknya Kota Santorini, Yunani. Berbagai corak purba di dinding gua pun menambah kesan unik pada kafe.

Selain menawarkan keunikan pada interior, Goldstar 360 Sport Resto juga memiliki beragam menu lezat yang perlu kamu coba. Beberapa menu favorit yang bisa kamu pesan adalah nasi goreng, chicken steak, dan spageti. Penasaran ingin mencobanya? Langsung saja datang ke Jalan Dangdeur Indah No 2B, Sukajadi. Kafe ini buka setiap hari pukul 11:00 00:00.

Wot Batu

(Sumber: @wotbatu)

Bagi yang menyukai karya seni, kamu wajib datang ke Wot Batu di Jalan Bukit Pakar Timur No 98, Cimenyan. Wot Batu merupakan sebuah galeri milik Sunaryo, seorang seniman kawakan Indonesia. Dalam mewujudkan berdirinya galeri seni ini, Sunaryo juga melibatkan para ahli geologi, sejarah, hingga arsitektur.

Sesuai namanya, beragam karya seni Wot Batu diwujudkan dalam medium batu. Demi mempertahakan makna dari setiap batu, Sunaryo tidak mengubah bentuk asli berbatuan yang digunakan. Nantinya, kamu akan didampingi pemandu untuk menjelaskan makna yang terkandung pada setiap karya seni.

Jika berkesempatan mengunjungi Wot Batu, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp50.000. Khusus mahasiswa maupun seniman, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp30.000. Jadi, selamat menikmati karya seni unik di Wot Batu ya!

Dago Dream Park

(Sumber: @dagodreampark)

Jika liburan bersama keluarga, Dago Dream Park adalah salah satu destinasi wisata yang tak boleh kamu lewatkan. Tempat wisata hits yang berada di Jalan Dago Giri KM 2,2 ini menawarkan beragam wahana menarik, seperti Choo Choo Train, Kampung Dayang Sumbi, panahan, dan masih banyak lagi.

Salah satu wahana utama yang menjadi daya tarik Dago Dream Park adalah Aladdin Carpet. Di sini, kamu akan dibuat seolah terbang dengan karpet Aladdin. Namun tenang saja, permadani tersebut tidak benar-benar melayang, melainkan berjalan di atas lintasan kabel. Selama menaiki wahana ini, kamu juga akan dilengkapi alat pengaman demi keselamatan.

Tak hanya itu, Dago Dream Park juga menyediakan beragam fasilitas yang bisa kamu gunakan. Mulai dari area kemah, penginapan, hingga Bandung Tour on Bus (Bandros) yang akan memudahkan kegiatan wisata kamu selama di sini. Jadi, jangan lewatkan paket wisata komplet di Dago Dream Park ya!

107 Garage Room

(Sumber: @107garageroom)

Sebelum menjadi tempat hits di Bandung, 107 Garage Room merupakan sebuah art space untuk tempat berkumpul para anak muda. Kemunculan tempat ini bertujuan untuk mendukung kreativitas dan industri lokal. Demi mewujudkan hal tersebut, anak-anak muda mendatangkan beberapa kedai menarik buatan lokal seperti Brother Jonn & Sons dan Two Hands Full Coffee.

Uniknya, tak semua kedai berupa bangunan. Salah satunya Brother Jonn & Sons, yang membuka kedai hamburger dengan konsep food truck. Selain itu, 107 Garage Room juga memiliki suasana yang nyaman. Tak jarang, berbagai acara diskusi maupun aktivitas seru diadakan di sini.  

Jadi, langsung saja ajak teman-teman kamu untuk nongkrong di 107 Garage Room yang berlokasi di Jalan Ciumbuleuit No 107. Jangan lupa siapkan kamera karena tempat satu ini sangat Instagramable!

Ranca Upas

(Sumber: @ranca_upas)

Saat mendengar kata “Ciwedey”, Kawah Putih mungkin menjadi hal yang terbesit dalam pikiran kamu. Padahal, masih ada kawasan wisata lain yang tak kalah menarik lho! Salah satunya adalah Balai Konservasi Penangkaran Rusa dan Bumi Perkemahan, Ranca Upas. Lokasinya berada di Jalan Raya Ciwidey – Patenggang KM 11, Desa Alam Endah, Ciwidey.

Salah satu aktivitas populer di Ranca Upas yang bisa kamu lakukan adalah memberi makan rusa. Nantinya, kamu perlu membeli seikat wortel seharga Rp5.000 untuk diberikan pada rusa. Tak hanya itu, kondisi udara yang cukup dingin tentu membuat kamu perlu menghangatkan diri. Untungnya, Ranca Upas menyediakan pemandian air panas yang bebas dinikmati pengunjung.

Ingin pengalaman wisata semakin seru? Kamu bisa menyewa tenda untuk bermalam di kawasan wisata Ranca Upas. Dengan biaya Rp150.000 untuk tenda dan Rp10.000 sebagai tarif menginap per orang, kamu sudah bisa bermalam di sini. Tertarik untuk mencobanya?

The Lodge Maribaya

(Sumber: @thelodgemaribaya)

The Lodge Maribaya bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang gemar dengan aktivitas ekstrem. Konsep yang diusung tempat wisata ini adalah pusat aktivitas di tengah alam. Di sini, kamu bisa melakukan trekking, flying fox, memanjat Sky Tree (sebuah gardu pandang di atas pohon), berayun-ayun di Sky Swing, hingga mencoba Zip Bike alias sepeda gantung.

Setiap pengunjung The Lodge Maribaya akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp20.000 pada hari biasa dan Rp25.000 pada akhir pekan. Kamu juga perlu mengeluarkan uang lebih jika ingin mencoba berbagai aktivitas seru di atas, yakni Rp15.000 untuk Sky Tree, Rp20.000 untuk Zip Bike, dan Rp20.000 untuk Sky Swing.

Selain berbagai wahana seru, The Lodge Maribaya juga menawarkan penginapan dengan konsep yang unik. Di sini, kamu bisa menginap di tenda oranye yang berbentuk seperti bawang. Cukup unik, bukan? Langsung saja ajak teman-teman ataupun keluarga ke Jalan Maribaya Timur No 149 252, Babakan Gentong, Cibodas, Lembang.

Tebing Gunung Hawu

(Sumber: @tebing_hawu)

Jika ingin menikmati pemandangan matahari terbit di Bandung, Tebing Gunung Hawu adalah salah satu spot terbaik yang wajib kamu datangi. Lokasinya berada di belakang Tebing Citatah, Gunung Batu Kapur Silalang. Seusai menikmati sunrise, kamu bisa menikmati pemandangan sekitar sambil bersantai di hammock yang tergantung di antara dua tebing.

Fasilitas hammock tersebut dipopulerkan oleh warga sekitar untuk menarik minat pengunjung sekaligus melindungi Gunung Hawu dari para penambang batu kapur. Selain hammock, ada lagi aktivitas favorit pengunjung di Gunung Hawu, yakni berfoto di sebuah lubang besar di bawah tebing.

Kalau berminat, kamu juga bisa bergabung dengan perguruan panjat tebing yang ada di sini. Tak hanya mendapat ilmu mengenai panjat tebing, kamu pun bisa mendapat lebih banyak informasi tentang Gunung Hawu. Dengan begitu, pengalaman berlibur di Bandung pasti akan terasa lebih seru!

***

Itulah beberapa tempat hits di Bandung yang tak boleh kamu lewatkan. Keberadaan tempat-tempat menarik tersebut juga menjadi bukti bahwa Bandung pantas memegang predikat destinasi wisata utama Indonesia. Jadi, wisata apa yang menjadi destinasi liburan kamu berikutnya? Selamat menjelajahi Bandung ya!

Baca juga  12 Pemandian Air Panas di Bandung untuk Relaksasi Terbaik
6 Shares
Share6
Pin
Share
Tweet
+1