10 Cafe Unik di Bandung Terbaik untuk Tempat Nongkrong

10 Cafe Unik di Bandung Terbaik untuk Tempat Nongkrong

Bandung telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata kuliner Indonesia oleh Kementerian Pariwisata. Bukan hanya karena memiliki beragam makanan enak, tempat berburu makanan di Bandung pun banyak terutama cafe uniknya.

Berbagai cafe di Bandung memiliki konsep yang berbeda satu sama lain, sehingga wisatawan memiliki banyak pilihan tempat nongkrong. Untuk memudahkan kamu dalam memilih, Traveloka sudah merangkum 10 cafe unik di Bandung terbaik yang harus kamu kunjungi:

Kalpa Tree

(Sumber: @kalpatreebdg)

Ada tiga area yang tersedia di Kalpa Tree yaitu indoor, outdoor, dan semi outdoor. Khusus pada area outdoor, di bagian tengah terdapat jalan terbuka yang mengarah turun ke sebuah spot makan berbentuk lingkaran. Uniknya, spot tersebut berada di tengah-tengah kolam renang yang dapat kamu gunakan hanya dengan membayar Rp80.000.

Tak hanya bisa berenang, setelah bayar kamu pun akan mendapatkan voucher yang bisa ditukarkan dengan makanan. Jika ingin berenang, Kalpa Tree sudah menyediakan ruangan khusus bilas dan ganti baju. Tertarik nongkrong di Kalpa Tree? Datang langsung ke Jalan Kiputih No 37, Ciumbuleuit!

Orofi Cafe

(Sumber: @oroficafe)

Tak perlu jauh-jauh ke Yunani jika ingin menikmati suasana ala Santorini. Di Jalan Lembah Pakar Timur No 99, Dago Pakar, terdapat sebuah cafe bernama Orofi Cafe yang desainnya mengusung konsep Santorini. Dindingnya didominasi oleh batu bata yang dicat berwarna putih. Tidak ketinggalan, bingkai-bingkai jendela dan berbagai ornamen lain yang berwarna biru cerah semakin menguatkan kesan Santorini.

Orofi Cafe terdiri dari tiga area, yakni outdoor, semi indoor, dan bar. Biasanya, pengunjung lebih suka makan di area outdoor sambil menikmati panorama pegunungan. Di sini, terdapat juga spot menarik untuk berfoto ala di sosial media masa kini. Jika ingin menikmati hidangan, kamu bisa mencoba menu dan minuman dengan kisaran harga Rp25.000 –  Rp150.000.

PEPO Appetite

(Sumber: @pepoappetite)

Cafe unik di Bandung satu ini memiliki spesialisasi menu dessert. Salah satu menu andalannya adalah noodle ice cream yang berupa satu mangkuk berisi puding, ditambah potongan buah-buahan, es krim, dan jelly. Selain terkenal dengan makanan penutup andalannya, PEPO Appetite juga menyajikan beberapa menu makanan berat seperti chicken katsu, french fries, dan pempek.

Menariknya lagi, cafe yang berlokasi di Jalan Bengawan No 20 ini juga memiliki desain interior yang dapat membuat kamu betah nongkrong. Dindingnya dipenuhi oleh gambar beraneka tema, mulai dari tulisan ala kartun hingga yang abstrak. Kesan ceria ini semakin diperkuat dengan pemilihan tempat duduk berwarna-warni.

Goldstar 360

(SUmber: @goldstar360)

Selain Orofi Cafe, ada lagi satu cafe unik di Bandung yang juga mengusung konsep ala Santorini bernama Goldstar 360 di Jalan Dangdeur Indah No 2B, Sukagalih, Sukajadi. Cafe yang menempati lantai 3 gedung serbaguna Goldstar Sport Resto ini memiliki dekorasi ruangan menyerupai gua yang saling terhubung. Dinding-dindingnya didominasi oleh warna putih dengan hiasan gambar-gambar bernuansa purba.

Di Goldstar 360, ada tiga area yang disediakan, yaitu Megas Lakkos (area privat dengan pencahayaan berwarna biru), Korydallos (area bertema penjara), serta Stravomyti, Mykonos, dan Petralona yang berada di bagian tengah dengan jendela besar. Dengan kisaran harga Rp19.000 – Rp65.000, kamu bisa mencicipi berbagai menu western mereka seperti chicken steak dan spageti.

Beus Café

(Sumber: @beuscafe)

Kalau kamu sedang jalan-jalan di sekitar Dago dan menemukan sebuah bus parkir di Jalan Raya Golf No 95, itu adalah Beus Cafe. Kabarnya, tempat makan ini adalah satu-satunya cafe di Indonesia yang berbentuk bus. Beus Cafe menyediakan dua area untuk makan, yaitu di dalam dan di atap bus.

Menu yang ditawarkan Beus Cafe adalah masakan Indonesia, seperti iga bakar jeos dan gurame bakar Jeos. Sebutan “jeos” merujuk pada makanan yang disajikan menggunakan hot plate. Cafe unik di Bandung ini juga menyediakan kopi khas Indonesia seperti kopi kawung. Kisaran harga menu di sini pun cukup terjangkau, Rp5.000 – Rp70.000. Jika ingin berkunjung dan nongkrong, kamu bisa datang setiap hari pukul 11:00 – 22:00.

One Eighty Coffee

(Sumber: @oneeightycoffee)

Ini dia cafe unik di Bandung yang sedang populer di kalangan anak muda. Sama seperti kebanyakan cafe lain, One Eighty Coffee juga menyediakan area indoor dan outdoor untuk pengunjung. Bedanya, area outdoor di sini terletak di kolam renang. Meja dan kursi pun ditata di tengah kolam renang tersebut. Jadi, kalau mau makan di area outdoor, kamu bisa sekalian merendam kaki!

Sementara itu, area indoor terdiri dari dua lantai yang dihubungkan dengan tangga spiral. Dindingnya didominasi oleh batu bata dengan sentuhan interior kayu. Cafe di Jalan Ganesha No 3 ini juga menyediakan menu masakan Indonesia seperti iga garang asam dan sop buntut dan masakan western seperti salad dan burger. Dengan konsep cafe yang unik dan makanan beragam, tentu momen nongkrong kamu akan menyenangkan!

La Costilla

(Sumber: @la_costillabdg)

Di media sosial, pernahkah kamu melihat foto dengan background dinding berwarna merah jambu yang dihiasi lampu neon berbentuk kaktus? Ya! Tempat itu berada di La Costilla, cafe hits Bandung yang berada di Jalan Karang Sari No 8. Begitu memasuki area cafe, kamu akan langsung merasa sedang berada di Bali karena suasana yang begitu santai. Lantainya terbuat dari semen, sedangkan atapnya dipenuhi ilalang.

Bukan hanya konsep tempatnya yang menarik, menu yang ditawarkan juga beragam. Beberapa menu andalan La Costilla yang wajib kamu coba adalah jalapeno poppers, baby back ribs, calamari gremolata, dan crispy belly. Harga menu di sini berkisar Rp30.000 – Rp100.000. Pokoknya, kamu akan puas nongkrong di La Costilla!

Cremeria di Dee

(Sumber: @cremeriadidee)

Di Jalan Ranca Bentang 2C, Ciumbuleuit, terdapat sebuah gerai gelato yang belakangan ini ramai dibicarakan, yakni Cremeria di Dee. Dulunya, Cremeria di Dee hanya membuka gerai kecil di mal TSM Bandung. Karena pembeli semakin banyak, pemiliknya pun akhirnya mendirikan cafe sendiri dengan konsep yang begitu ceria. Di sini, terdapat rumah kaca berwarna kuning dengan interior biru yang pas untuk spot berfoto.

Mengusung konsep open kitchen, kamu bisa menyaksikan proses pembuatan gelato dari balik kaca. Dalam pembuatan gelato, Crimeria di Dee menggunakan mesin impor dari Italia. Cafe unik di Bandung ini menyajikan pilihan rasa gelato yang wajib kamu coba, seperti chocolate earl grey, blueberry cheese cake, dan dragon fruit.

Hummingbird Eatery

(Sumber: @hummingbird_eatery)

Mengusung konsep homey, Hummingbird Eatery menggunakan dekorasi kayu pada bagian dalam ruangan, sehingga menciptakan nuansa yang hangat dan menyenangkan. Beberapa bagian dindingnya dihias gambar bunga yang minimalis. Ada pula area luar ruangan unik yang dibentuk menyerupai sebuah sarang burung raksasa. Saat malam, suasana di sini begitu cozy dengan pencahayaan berwarna kuning.

Suasana nyaman cafe di Jalan Progo No. 14, Citarum, ini juga ditunjang oleh adanya berbagai pilihan makanan. Kamu bisa memilih masakan western seperti melting mozza chicken dan hamburg steak, masakan Asia seperti oriental fried rice dan beef bulgogi, atau masakan Italia seperti baked bolognese dan country style lasagna.

The Parlor

(Sumber: @theparlor.bdg)

Dalam Bahasa Prancis, “parlor” artinya ruang tamu. Konsep itulah yang diusung oleh The Parlor, sebuah cafe di Jalan Rancakendal Luhur No 9. Melalui konsep tersebut, The Parlor ingin membuat kamu merasa nyaman saat sedang nongkrong. Perabotan di cafe hits ini didominasi kayu, sehingga menciptakan suasana yang begitu cozy.

Berdiri di atas lahan seluas 500 meter persegi, The Parlor tidak hanya menyediakan tempat untuk makan. Di sini, terdapat juga beberapa distro yang bisa kamu kunjungi sambil menunggu hidangan datang. Tak jarang pula anak muda Bandung yang memanfaatkan The Parlor sebagai tempat kumpul dan kerja atau belajar bersama.

***

Sebelum berangkat mengunjungi beberapa cafe unik di Bandung tersebut, pastikan baterai kamera dan ponsel terisi penuh agar bisa puas berfoto. Selain itu, pastikan kamu sudah membuat daftar kunjungan guna menghemat waktu perjalanan. Selamat jalan-jalan dan kunjungi tempat unik di Bandung!

15 Shares
Share15
Pin
Share
Tweet
+1