10 Oleh-oleh Khas Balikpapan yang Wajib Kamu Beli

10 Oleh-oleh Khas Balikpapan yang Wajib Kamu Beli

Sebagai ibu kota provinsi Kalimantan Timur, Balikpapan memiliki potensi wisata yang cukup menarik. Sebut saja Hutan Bakau Margomulyo, Pantai Kemala, dan Pantai Lamaru yang populer di kalangan wisatawan. Untuk menghabiskan liburan di Balikpapan rasanya 2 hari pun sudah cukup, asalkan kamu sudah membuat rencana perjalanan.

Namun, jangan lewatkan kesempatan untuk membeli oleh-oleh khas setelah berwisata ke berbagai tempat menarik di Balikpapan. Kamu bisa menemukan beragam buah tangan mulai dari makanan khas hingga batu mulia. Penasaran apa saja oleh-oleh khas Balikpapan yang wajib kamu beli? Simak ulasan di bawah ini!

Mantau

Salah satu menu sarapan ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh dari Balikpapan
(Sumber: @mantaufya_balikpapan)

Di Balikpapan, mantau biasanya dikonsumsi sebagai salah satu menu sarapan. Kebanyakan mantau khas di kota ini awalnya dibuat dengan daging rusa. Namun, karena keberadaan rusa sudah semakin langka dan menjadi salah satu hewan yang dilindungi, daging mantau pun diganti dengan sapi atau ayam.

Idealnya, cara memasak mantau adalah dikukus terlebih dahulu dan kemudian digoreng hingga bagian luarnya terasa renyah. Setelah itu, mantau akan disajikan dengan olahan daging sapi atau ayam yang dimasak ala lada hitam. Cita rasanya dominan gurih, sedikit manis, dan ada sensasi pedasnya. Kamu bisa membawa pulang mantau yang masih beku untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Bingka

Oleh-oleh Balikpapan ini memiliki varian rasa yang bisa kamu pilih sesuai selera
(Sumber: @eliaelia57109)

Bagi yang suka makanan bercita rasa manis, bingka cocok kamu jadikan oleh-oleh khas Balikpapan untuk dibawa pulang. Bingka merupakan kue basah yang terbuat dari kentang, mentega, telur, susu, santan, dan gula. Varian rasanya cukup beragam, mulai dari cokelat, keju, pisang, vanila, pandan, hingga gula merah. Uniknya, kebanyakan bingka berbentuk menyerupai bunga sehingga terlihat begitu menarik.

Nah, karena bingka merupakan kue basah maka ia tidak bisa tahan terlalu lama di luar lemari es. Jadi, jika memang tertarik membeli bingka sebagai oleh-oleh, sebaiknya kamu membelinya beberapa jam sebelum pesawat tiba di tempat tujuan.

Olahan kepiting

Kurang lengkap berlibur ke Balikpapan tanpa membawa oleh-oleh olahan kepiting
(Sumber: @nusadeli)

Balikpapan dikenal sebagai kota yang kaya akan hasil laut, khususnya kepiting. Maka dari itu, kurang lengkap rasanya berlibur ke Balikpapan tanpa membawa olahan kepiting sebagai oleh-oleh. Biasanya, kebanyakan wisatawan suka membeli abon dan keripik kepiting yang bisa dengan mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh.

Selain membeli olahan kepiting, jangan lupa juga menyempatkan diri untuk mencicipi kuliner kepiting di Dandito dan Kenari, dua restoran seafood terkenal di Balikpapan. Beberapa masakan kepiting andalannya adalah kepiting saus tiram, kepiting lada hitam, dan kepiting goreng mentega.

Amplang

Kerupuk ikan khas Balikpapan ini patut kamu coba jika berlibur kesana
(Sumber: @fadly13_yunus)

Pada dasarnya, amplang merupakan kerupuk ikan. Di Balikpapan, sudah banyak amplang yang dibuat menggunakan ikan tenggiri. Jika kamu mau mencoba amplang khas Balikpapan, sebaiknya belilah amplang yang terbuat dari ikan pipih. Ikan jenis ini jarang ditemui di kota lain.

Jika dibandingkan dengan ikan tenggiri, amplang ikan pipih memiliki cita rasa yang cenderung lebih gurih. Tak hanya itu, teksturnya pun terasa lebih lembut. Cocok dinikmati sebagai pelengkap lauk saat makan nasi.

Onde-onde ubi ungu

Dengan bahan dasar Ubi, oleh-oleh onde-onde ini memiliki warna yang unik
(Sumber: @emma_sudrajat)

Kamu pasti sudah tidak asing dengan onde-onde, bukan? Salah satu jajanan tradisional ini terbuat dari bahan dasar kacang hijau dengan bagian luar yang dilapisi wijen. Nah, Balikpapan ternyata juga punya onde-onde khas yang terbuat dari ubi ungu.

Onde-onde ubi ungu ini tak hanya hadir dengan rasa original, namun juga dalam varian rasa. Kamu bisa memilih rasa cokelat, keju, atau kacang hijau. Uniknya lagi, beberapa onde-onde ubi ungu khas Balikpapan juga menggunakan jenis wijen hitam sehingga membuat rasanya semakin istimewa.

Bakpia

Selain Yokyakarta, Balikpapan juga memiliki oleh-oleh Bakpia yang wajib kamu coba
(Sumber: @novita_tatha)

Selama ini, bakpia dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Yogyakarta. Namun, kudapan bulat dengan rasa manis ini bisa juga kamu temukan di Balikpapan. Bakpia di kota ini jelas berbeda dengan yang ada di Yogyakarta.

Bakpia khas Balikpapan memiliki ukuran yang lebih besar dari bakpia khas Yogyakarta, sehingga kamu bisa menikmatinya lebih puas. Tak hanya itu, kulit bakpia khas Balikpapan juga biasanya memiliki rasa yang tidak terlalu manis karena cenderung gurih. Sementara itu, varian rasa isinya cukup beragam, mulai dari kacang hijau, cokelat, hingga keju.

Kain songket

Selain makanan, kain tenun dengan corak Balikpapan cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh
(Sumber: @songketku_indonesia)

Makanan bukan satu-satunya oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang dari Balikpapan. Kamu juga bisa membeli songket, yakni kain yang ditenun dengan benang emas dan perak. Di Balikpapan, songket bisa ditemukan dengan mudah mulai dari yang berbentuk kain meteran hingga yang sudah dibuat menjadi sarung atau penutup kepala. Warna-warnanya begitu cerah dan sangat menarik perhatian saat digunakan.

Salah satu tempat penjualan kain songket yang bisa kamu kunjungi di Balikpapan adalah Pasar Inpres Kebun Sayur di kawasan Jalan Letjen Suprapto. Tidak hanya memiliki banyak pilihan, kain songket di tempat ini umumnya dijual dengan harga yang relatif lebih murah dibanding di tempat-tempat lain.

Aksesori suku Dayak

Memiliki aksesoris suku Dayak dapat dijadikan pilihan saat berlibur ke Balikpapan
(Sumber: @artsborneoby)

Suku Dayak merupakan salah satu suku yang mendiami Pulau Kalimantan. Nah, di Balikpapan kamu bisa menemukan cukup banyak aksesori khas suku Dayak untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Jenisnya pun bermacam-macam, seperti kalung, anting, gelang, hingga tas yang terbuat dari manik-manik berwarna-warni.

Kalau mau, kamu pun bisa membeli pakaian adat khas suku Dayak. Bahkan, terkadang ada pula yang menjual senjata khas suku Dayak yang bernama mandau. Dulu, mandau kerap digunakan saat peperangan untuk memenggal kepala musuh. Untuk menemukan beragam aksesori suku Dayak ini, kamu bisa datang ke Pasar Inpres Kebun Sayur.

Batik

Batik Balikpapan didominasi dengan motif jahe, motif beruang madu, dan motif pohon bakau
(Sumber: @batikputritiga)

Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau Indonesia terkenal akan ragam batik yang unik. Setiap batik memiliki motif khas dari daerah asal masing-masing yang menjadi identitasnya, begitu pula dengan Balikpapan.

Umumnya, batik khas Balikpapan memiliki motif yang cenderung simpel. Beberapa motif batik khas kota ini yang cukup terkenal adalah motif jahe, motif beruang madu, dan motif pohon bakau. Kamu bisa membeli batik khas Balikpapan dalam bentuk kain meteran atau yang sudah dijahit menjadi pakaian.  

Batu mulia

Batu mulia yang dijual di Balikpapan memiliki dua jenis yakni batu alami dan batu masak
(Sumber: @rayyan_attallah)

Selain hasil laut, Balikpapan juga dikenal akan kekayaan batu mulianya. Jadi, tidak perlu heran kalau kamu akan menemukan banyak pengrajin batu mulia di berbagai kawasan. Salah satu tempat penjualan batu mulia yang banyak didatangi wisatawan berada di Pasar Impres Kebun Sayur, Jalan Letjen Suprapto. Mulai dari yang masih berbentuk batu hingga sudah berupa cincin dan kalung, semua bisa kamu temukan di pasar ini.

Umumnya, batu mulia yang dijual di Balikpapan memiliki dua jenis yakni batu alami dan batu masak. Batu mulia alami terbentuk oleh alam, sedangkan batu mulia masak dibuat dengan beberapa campuran bahan agar tampilannya terlihat lebih elegan demi menarik perhatian pengunjung. Tertarik untuk membelinya sebagai oleh-oleh?

***

Itulah 10 oleh-oleh khas Balikpapan yang wajib kamu beli setelah puas berlibur. Kalau kamu, berencana untuk membeli oleh-oleh yang mana? Apa pun pilihannya, pastikan sesuai dengan bujet liburan kamu, ya!

Baca juga  12 Oleh-oleh khas Balikpapan yang Punya Ciri Khas Unik
0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1