17 Tempat Wisata di Bali Ini Menanti untuk Dieksplor

17 Tempat Wisata di Bali Ini Menanti untuk Dieksplor

Bali menyimpan berbagai tempat wisata yang tidak pernah habis untuk dikunjungi. Banyaknya pantai indah dan atraksi menarik yang menonjolkan budaya khas di Pulau Dewata selalu menjadi magnet para wisatawan. Semakin populer Bali di kalangan wisatawan menjadikan banyak lokasi wisata ramai dikunjungi.

Bagi kamu yang tak nyaman dengan keramaian, jangan khawatir. Masih banyak tempat indah di Bali yang bisa dijelajahi, serta menawarkan suasana liburan yang berbeda. Kalau tidak percaya, coba saja kamu kunjungi 17 tempat wisata ke Bali ini pada rencana liburan mendatang!

Atlas Pearl Farm

Atlas Pearl Farm
Atlas Pearl Farm (Sumber: Shutterstock)

Sektor kelautan di Bali tak hanya digunakan untuk pariwisata, namun juga sebagai industri budidaya mutiara laut selatan berkualitas. Bagi para penggemar mutiara, kamu harus berkunjung ke sentra budidaya mutiara laut selatan bernama Atlas Pearl Farm di Desa Penyabangan, Gerokgak.

Para pengunjung akan disuguhkan pengalaman yang menarik di sini. Kamu bisa melakukan tur dan belajar mengenai budidaya mutiara, mulai dari proses perawatan kerang, hingga proses pengolahan setiap mutiara yang dipanen. Tak hanya itu, kamu juga dapat membeli hasil kerajinan mutiara di toko yang dikelola Atlas Pearl Farm dengan sertifikat resmi sebagai koleksi pribadi maupun oleh-oleh untuk orang terkasih. Ingin coba?

Bali Seawalker

Bali Seawalker
Bali Seawalker (Sumber: Traveloka)

Keindahan bawah laut juga harus kamu nikmati saat liburan ke Bali. Tak perlu repot latihan untuk menyelam, kamu bisa mencoba seawalker di Tanjung Benoa, Nusa Dua. Jika tertarik, ada banyak pilihan paket yang ditawarkan di sekitar pantai. Aktivitas ini juga aman untuk dilakukan anak-anak maupun orang dewasa karena pengunjung akan ditemani penyelam profesional.

Seawalker adalah kegiatan berjalan di dalam laut menggunakan helm kedap udara yang terhubung dengan oksigen untuk membantu kamu tetap bisa bernapas. Kamu juga akan diberikan baju selam khusus, sehingga dapat menikmati pemandangan bawah laut, menginjak pasir di dasar laut, dan memberi makan lebih leluasa.

Single Fin

Single Fin Bali
Single Fin Bali (Sumber: Shutterstock)

Setelah lelah mengunjungi berbagai tempat wisata, tak ada salahnya untuk bersantai di Single Fin. Berada di pinggir tebing karang area Blue Point, Pantai Suluban, Uluwatu, Single Fin menjadi salah satu bar pantai yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Tak heran begitu karena tempat ini menawarkan pemandangan yang menyejukkan mata dan membuat tubuh relaks.

Jika ingin ke Single Fin, datanglah di sore hari. Sembari menikmati makanan lezat, kamu bisa melihat matahari terbenam yang sangat indah. Apalagi, ada penampilan live music dari para DJ (disc jockey) yang semakin membuat kamu merasa betah di sini. Jangan lupa siapkan kamera dan berfoto dengan latar belakang pantai yang cantik.

Candi Gunung Kawi

 

Candi Gunung Kawi
Candi Gunung Kawi (Sumber: Shutterstock)

Keindahan Bali tidak hanya tentang alam, tetapi juga peninggalan sejarahnya. Di Kabupaten Gianyar, ada situs purbakala yang harus kamu kunjungi bernama Candi Gunung Kawi. Terdapat 10 candi yang dipahat dengan indah pada dinding-dinding tebing batu di tengah persawahan. Untuk masuk ke tempat ini, kamu harus bayar tiket sebesar Rp15.000 per orang.

Saat ini, Candi Gunung Kawi telah diakui sebagai Unesco World Heritage. Meskipun tidak diketahui asal usulnya, candi ini menyimpan sejarah penting bagi masyarakat Bali. Di sini, terdapat persemayaman Raja Udayana (salah satu raja besar di Bali) dengan beberapa permaisuri dan anaknya, termasuk Anak Wungsu (anak kedua Raja Udayana).

Pantai Suluban

Pantai Suluban
Pantai Suluban (Sumber: Shutterstock)

Sudah tak diragukan lagi jika Uluwatu merupakan “surga” para peselancar. Oleh karena itu, kamu wajib mengunjungi Pantai Suluban (Pantai Blue Point) yang hanya berjarak 3 km dari Pura Luhur Uluwatu. Selain memiliki gelombang yang ideal untuk berselancar, jernihnya air laut dan eloknya pantai berpasir putih bisa membuat kamu betah. Apalagi, tempat wisata ini menawarkan pemandangan matahari terbenam yang indah.

Pantai ini bisa dinikmati secara gratis. Hanya saja lokasi yang tersembunyi di balik tebing karang, mengharuskan kamu menggunakan tangga dari kayu untuk turun menuju bibir pantai. Pengalaman seperti ini tentu memberi sensasi tersendiri bagi kamu yang berjiwa petualang.

Pantai Atuh

Pantai Atuh Bali
Pantai Atuh (Sumber: Shutterstock)

Jika belum puas dengan pantai, cobalah berplesir ke Nusa Penida. Ada banyak pantai tersembunyi di sana yang bisa kamu eksplor, salah satunya Pantai Atuh. Berlokasi di Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, pantai ini disebut-sebut sebagai Raja Ampat miliki Bali. Kamu akan terpesona melihat landskap pantai yang dikelilingi tebing karang yang menjulang tinggi, serta gugusan pulau karang di sekitar pantai.

Selain itu, kejernihan air laut dan hamparan pantai pasir putih yang bersih dan lembut membuat kamu dapat melakukan aktivitas berenang, berjemur, hingga menyelam dengan puas. Suasana pantai yang masih sepi ini juga menjadi pilihan terbaik untuk menenangkan diri.

La Joya Spa

Berlibur ke Bali rasanya kurang lengkap jika tidak merasakan sensasi pijat khasnya. Masih di kawasan Uluwatu, tepatnya di Pantai Balangan, ada sebuah resor bernama La Joya Biu-biu. Resor ini memiliki fasilitas La Joya Spa yang bisa menjadi destinasi terbaik untuk merasakan relaksasi maksimal.

Dengan gabungan konsep tradisional dan fasilitas mewah, melakukan spa di sini akan terasa istimewa. Kamu juga bisa berendam di jacuzzi sambil menikmati keindahan Pantai Balangan dari atas tebing. Adapun pijat andalan di La Joya Spa adalah Balinese massage yang dapat membuat tubuhmu menjadi segar dan relaks.

Perkebunan anggur Hatten Wines

Hatten Wines Bali
Hatten Wines (Sumber: Wikimedia)

Pernahkah merasakan wine (minuman beralkohol yang difermentasi anggur) asli Indonesia? Jika kamu berencana ke Bali pada liburan mendatang, tak ada salahnya untuk mencoba wine produksi Hatten Winery yang rasa dan kualitasnya sudah bertaraf internasional. Perkebunan anggur Hatten Winery yang terletak di Desa Sanggalangit, Singaraja bisa dikunjungi oleh wisatawan setiap Senin – Sabtu pukul 10:00 – 16:00.

Agrowisata ini tentu saja bisa menjadi pilihan tempat wisata bersama kerabat atau pasangan. Di sini, kamu bisa melihat buah anggur yang siap panen, melihat proses pembuatan anggur, sekaligus mencicipi berbagai produknya secara langsung.

Bali Safari & Marine Park

Bali Safari
Bali Safari (Sumber: Shutterstock)

Tempat wisata keluarga yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Safari & Marine Park. Bali Safari & Marine Park dimiliki dan dikelola oleh Taman Safari Indonesia. Destinasi populer yang berada di Jalan By Pass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Gianyar ini menawarkan sensasi bertualang di kebun binatang dengan tiket masuk seharga Rp135.000 untuk anak-anak dan Rp150.000 untuk dewasa.

Ada sejumlah aktivitas yang bisa kamu lakukan bersama binatang, salah satunya menunggang gajah untuk berkeliling di sekitar. Kegiatan lainnya, kamu bisa melakukan perjalanan safari untuk bertemu beragam satwa liar secara langsung dan menonton berbagai atraksi binatang yang mengagumkan.

Air Terjun Banyumala

Air Terjun Banyumala
Air Terjun Banyumala (Sumber: Shutterstock)

Liburan ke Bali, jangan mengunjungi tempat wisata yang biasa. Kamu bisa beranjak ke destinasi wisata yang luar biasa, yaitu Air Terjun Banyumala. Wisata air ini berlokasi di Desa Wanagiri, Sukasada, Kabupaten Buleleng. Adanya tiga buah air terjun yang letaknya berdekatan membuat Air Terjun Banyumala disebut juga sebagai Air Terjun Kembar Banyumala.

Air yang masih jernih dan alami disertai udara segar dan alam hijau yang memesona membuat air terjun ini layak dikunjungi saat liburan. Kamu pun bisa puas menikmati pemandangan yang indah hingga berenang hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp10.000.

Bali Wake Park

Bali Wake Park
Bali Wake Park (Sumber: Shutterstock)

Bagi kamu yang senang memacu adrenalin, liburan ke Bali tentu harus mencari kegiatan ekstrem. Jika diving dan parasailing sudah biasa, bagaimana jika mencoba wakeboarding di Bali Wake Park? Bali Wake Park yang berlokasi di Jalan Pelabuhan Benoa No 7X merupakan tempat water sport berupa danau buatan seluas lima hektar.

Tak seperti wakeboarding di Tanjung Benoa, kamu yang ingin mencoba olaharaga air ini akan ditarik menggunakan sistem kabel, sehingga tidak tergantung pada kecepatan speedboat dan kondisi ombak. Selain wakeboarding, Bali Wake Park juga menyuguhkan water sport lainnya seperti skurf, single ski, kneeboarding, dan double ski. Tak sabar ingin mencobanya, bukan?

Pura Luhur Lempuyang

Pura Lempuyang
Pura Lempuyang (Sumber: Shutterstock)

Pura Lempuyang adalah salah satu pura suci yang terkenal di Pulau Dewata. Pura yang dijadikan sebagai tempat wisata ini cocok untuk bagi kamu yang ingin berlibur sambil mengenal sejarah. Terletak di puncak Bukit Bibis atau Gunung Lempuyang, Desa Purahayu, pura ini juga masih terjaga alami dengan suasana yang tenang dan menyatu dengan alam.

Untuk mengunjungi pura ini, kamu harus berjalan kaki dan melewati lebih dari 1.700 anak tangga. Meskipun akses jalan cukup sulit, panorama gunung, perbukitan, dan laut dari kejauhan beserta udara sejuk mampu membuat para wisatawan rela mengunjungi pura ini.

Sundays Beach Club

Hanya punya satu alasan untuk pergi, dan seribu alasan untuk tetap tinggal. #fotokubercerita

A post shared by M N M (@machorim) on

Selain alam dan budayanya, Bali juga terkenal dengan kelab berpantai. Jika ingin bersantai sambil menikmati suasana pantai privat, Sunday Beach Club di Bukit Ungaran Resort adalah pilihan yang tepat. Tempat ini unik karena memiliki desain bangunan dengan atap ilalang. Kamu akan merasa seakan sedang terdampar di sebuah pulau tropis yang eksotis.

Waktu terbaik untuk datang ke sini adalah pada sore hari. Setiap pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp300.000, sudah termasuk voucher makan senilai Rp150.000 dan sewa handuk. Selain menikmati aneka menu lezat sambil ditemani pemandangan indah, kamu juga bisa bermain kayak, standup paddleboarding, snorkeling, berenang di pantai, hingga mencoba layanan pijat. Dijamin, kamu akan betah berlama-lama di sini.

Toya Devasya

Toya Devasya Bali
Toya Devasya (Sumber: Shutterstock)

Apakah kamu tahu jika Bali memiliki tempat pemandian air panas? Ya, Toya Devasya bisa dijadikan ide liburan unik yang menyenangkan, sekaligus membuat tubuh lebih relaks. Terletak di dataran tinggi Kintamani, berendam di sini juga akan menyuguhkan pemandangan alam berupa pegunungan dan Danau Batur, serta udara sejuk yang bersih.

Harga tiket masuk di Toya Devasya Hot Spring adalah Rp150.000 per orang dewasa dan Rp100.000 per anak. Harga tersebut sudah termasuk pinjaman handuk, welcome drink, sabun, dan sampo. Kamu juga dijamin puas berendam karena di area ini terdapat beberapa jenis kolam air panas, di antaranya kolam untuk anak-anak, kolam renang biasa, serta kolam dengan pemandangan danau dan pegunungan.

Desa Trunyan

Desa Trunyan
Desa Trunyan (Sumber: Shutterstock)

Pernah mendengar nama “Desa Trunyan” yang terletak di sebelah timur Danau Batur? Jika belum, cobalah mengunjungi desa ini untuk melihat adat pemakaman yang unik. Di Desa Trunyan, masyarakat setempat tidak melakukan tradisi ngaben seperti kebiasaan masyarakat Hindu pada umumnya. Penduduk hanya meletakkan jenazah di atas tanah tempat khusus pemakaman yang disebut seme wayah.

Di sewe wayah, kamu bisa melihat tengkorak dan tulang-belulang manusia yang disusun pada satu tempat. Jika beruntung, kamu juga bisa melihat mayat dalam kondisi utuh yang hanya ditutupi kurungan bambu. Meskipun terkesan menyeramkan, kamu tidak ada mencium bau busuk dari mayat yang diletakkan begitu saja. Bahkan, tak ada binatang buas yang menyentuh dan merusak mayat-mayat tersebut. Tertarik berkunjung?

Pura bawah laut di Pemuteran

Pemuteran Bali
Pemandangan bawah laut Pemuteran (Sumber: Shutterstock)

 

Jika mengaku sebagai pencinta diving, Taman Pura di Teluk Pemuteran, Kabupaten Buleleng harus menjadi destinasi kamu selanjutnya. Di sini, kamu tidak hanya dapat melihat pemandangan terumbu karang, tetapi juga beragam pura, candi, dan patung di bawah laut. Selain itu, lokasi Taman Pura juga biasa digunakan untuk melatih penyelam yang ingin meraih level advance.

Keindahan dan keunikan Taman Pura telah masuk di “Top 10 Underwater Sights” dalam buku “Lonely Planet: 1000 Ultimate Sights”. Untuk menengok keindahan kehidupan bawah laut, kamu perlu mengeluarkan kocek yang nantinya akan didonasikan untuk pelestarian perairan Pemuteran.

Pantai Lovina

Pantai Lovina
Pantai Lovina (Sumber: Shutterstock)

Ada sebuah pantai yang sangat menarik perhatian wisatawan bernama Lovina. Pantai ini terletak di Desa Kalibukbuk, Buleleng atau sekitar 120 km dari Denpasar. Letaknya yang lumayan jauh dari pusat kota membuat Pantai Lovina kurang dikenal. Padahal, “Dolphin Beach” ini menawarkan berbagai kegiatan seru, salah satunya menyaksikan sekumpulan lumba-lumba di tengah laut secara langsung.

Agar tidak kehilangan momen melihat lumba-lumba, kamu bisa menyewa jukung (perahu motor tradisional) di pagi hari. Jangan sampai kesiangan karena lumba-lumba hanya muncul pada waktu tertentu, yaitu pukul 06:00 – 08:00. Selain itu, acara melihat lumba-lumba akan semakin sempurna dengan latar sunrise yang menawan. Siapkan kamera dan berfoto sepuasnya, ya!

 

Yuk, segera liburan ke Bali lagi dalam waktu dekat! Jika kamu berencana untuk berkunjung, jangan lupa memilih tiket pesawat dan penginapan yang ramah di kantong. Jika berpikir hal tersebut sulit dilakukan, kamu salah. Coba melakukan perencanaan liburan dengan memesan paket tiket dan hotel sekaligus di Traveloka. Selain lebih praktis, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

13 Shares
Share13
Pin
Share
Tweet
+1