0

Traveloka Team

05 Jan 2020 - 6 min read

Pantai Tegal Wangi, Pesisir Cantik di Jimbaran Bali

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menikmati liburan di Pulau Bali. Biasanya, wisatawan yang suka keramaian akan menghabiskan waktu di kawasan Jimbaran untuk mengunjungi berbagai macam restoran dan kafe terkenal.

Di sisi lain, ternyata Jimbaran menawarkan tempat wisata yang cocok untuk penikmat suasana tenang. Kamu bisa mengunjungi Pantai Tegal Wangi yang kini populer di kalangan wisatawan karena panorama indah yang dimilikinya. Pesisir cantik ini dikenal oleh wisatawan mancanegara dengan sebutan “Jimbaran Hidden Beach”.

Pantai di Jimbaran ini berada cukup tersembunyi karena tertutup banyak batu karang besar. Oleh karena itu, suasana di pantai Tegal Wangi cenderung sepi. Wisatawan yang datang ke pantai ini biasanya melakukan relaksasi atau sekadar melarikan diri dari hiruk pikuk perkotaan.

Keistimewaan Pantai Tegal Wangi

Pantai Tegal Wangi Jimbaran memang bukan satu-satunya pantai yang ada di wilayah Bali. Berada di tempat yang cukup tersembunyi, pantai ini menjadi salah satu pantai yang wajib kamu kunjungi jika sedang ingin menenangkan diri. Pantai Tegal Wangi kian populer bukanlah tanpa alasan. Beberapa keistimewaan Pantai Tegal Wangi di bawah ini mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung:

Memiliki arti yang unik

(Sumber:@flexxander_)

Nama pantai satu ini terdiri dari dua suku kata, yakni Tegal dan Wangi. Kata “Tegal” memiliki arti kata perkebunan, sedangkan kata “Wangi” artinya harum. Apabila digabungkan, maka “Tegal Wangi” memiliki arti perkebunan yang sangat harum. Meski artinya seperti itu, tak ada wangi khas apapun saat kamu berada di pantai ini.

Pusat kegiatan Melasti saat Hari Nyepi

(Sumber:@selumbung.bali)

Memiliki pasir putih bersih dan air laut berwarna biru kehijauan, Pantai Tegal Wangi pantas menjadi destinasi wisata di Jimbaran yang diincar wisatawan. Selain merupakan objek wisata, pantai ini juga digunakan untuk tempat pelaksanaan acara Hari Raya Melasti.

Melasti sendiri adalah upacara penyucian diri untuk menyambut Hari Raya Nyepi oleh seluruh umat Hindu di Bali. Pada hari spesial tersebut, masyarakat setempat akan datang berbondong-bondong untuk melakukan ibadah di Pantai Tegal Wangi.

Lokasi melakukan sesi foto pre-wedding

(Sumber:@yudhiakuari_sincihu)

Selain menjadi pusat kegiatan Melasti saat Nyepi, Pantai Tegal Wangi juga sering dijadikan sebagai lokasi untuk fotopre-wedding. Hal ini tidak terlepas dari suasana pantai yang sangat asri, sehingga menciptakan kesan romantis.

Keindahan pantai ini didukung oleh adanya tebing karang tinggi di sekeliling. Ditambah dengan pemandangan ombak yang memecah batu karang, fotopre-weddingpasti akan terlihat lebih bagus dan berkesan. Tak hanya pasangan dari Indonesia, calon pengantin dari mancanegara pun rela mengeluarkan biaya lebih agar bisa mengambil fotopre-weddingdi Pantai Tegal Wangi.

Salah satu spot sunset terbaik di Bali

(Sumber:@hitamputih182)

Kecantikan Pantai Tegal Wangi tak hanya bisa kamu nikmati pada pagi atau siang hari. Saat sore hari menjelang senja pun, Pantai Tegal Wangi akan memamerkan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Biasanya, para pengunjung suka menyaksikan momen matahari terbenam dari atas tebing.

Dari atas tebing, kamu bisa melihat pemandangansunsetdi sisi kiri, lengkap dengan siluet Gunung Batur dan Gunung Agung di sisi kanannya. Deretan pegunungan inilah yang belum tentu akan kamu temukan di pantai-pantai Bali lainnya.

Selain dari atas tebing, kamu pun bisa menikmati panorama senja dari area pasir Pantai Tegal Wangi. Pemandangan yang kamu dapat tetap mengagumkan. Jika ingin menyaksikan momen matahari terbenam,kamu harus datang pukul 16:00 agar bisa mendapatkanspotmenikmati pemandangan terbaik.

Aktivitas seru di Pantai Tegal Wangi

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke pantai tanpa melakukan aktivitas seru. Sama halnya dengan di Pantai Tegal Wangi, tentu kamu ingin melakukan hal-hal menarik agar liburan semakin berkesan. Untuk itu, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas menyenangkan ini saat di Pantai Tegal Wangi:

Menikmati keindahan pantai dari atas tebing

(Sumber:@4ever_anao)

Mengingat lokasinya yang cukup tersembunyi, Pantai Tegal Wangi adalah tempat wisata di Pulau Dewata yang masih memiliki lingkungan alami dan bersih. Di sini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan cantik dari pantai berpasir putih yang menyatu dengan tingginya perbukitan karang.

Berbeda dari pantai biasanya yang hanya bisa dinikmati dari area tepi laut, Pantai Tegal Wangi memungkinkan kamu untuk menikmati pemandangan dari atas tebing. Dari sini, laut akan terlihat tidak memiliki batas seolah menyatu dengan langit biru di atasnya. Di atas tebing ini, biasanya para pengunjung memilihspotterbaik untuk menyaksikan panoramasunset.

Selain menikmati keindahan matahari terbenam, kamu juga bisa berenang atau sekadar bermain air di Pantai Tegal Wangi. Hanya saja, kamu harus tetap berhati-hati karena di sini tidak ada penjaga pantai yang mengawasi. Salah satu kelebihan Panti Tegal Wangi yang jarang dimiliki pantai lainnya adalah adanyajacuzzialami di dekat bibir pantai yang bisa kamu gunakan untuk berendam.

Apabila waktu liburan cukup panjang, usahakan untuk menghabiskan waktu di Pantai Tegal Wangi hingga malam hari. Kamu bisa menikmati keindahan lampu-lampu yang terpancar dari kawasan Tuban dan Kuta. Dari tebing, akan terlihat pula kesibukan pesawat yang bergiliran terbang dan mendarat di Bandara Ngurah Rai.

Melewati tangga kapur menuju bibir pantai

(Sumber:@jolynnofficial)

Termasuk salah satu pantai yang cukup tersembunyi, akses untuk menuju tempat ini pun sedikit unik. Untuk mencapai bibir Pantai Tegal Wangi, kamu harus melewati tangga kapur terlebih dahulu. Tak perlu khawatir tidak akan menemukan tangga ini karena dari kejauhan sudah tampak petunjuk arah menuju pantai. Bahkan, suasana alami sudah terasa sejak perjalanan karena banyaknya pepohonan yang rindang.

Waktu terbaik mengunjungi Pantai Tegal Wangi

(Sumber:@elianakrn_)

Kapan pun kamu datang ke Pantai Tegal Wangi, pastilah akan mendapati pemandangan alam yang indah dan menakjubkan. Bagi yang ingin menikmatisunset,sebaiknya kamu sudah berada di pantai sejak 16:00. Selain agar tidak ketinggalan detik-detik matahari terbenam, kamu pun bisa memilihspotterbaik untuk menyaksikan panorama tersebut.

Sebelum menjelang senja, kamu bisa menikmati pantai ini dengan melakukan aktivitas yang bisa memanjakan diri seperti berjemur. Jangan lupa siapkan tabir surya agar kulitmu tetap terlindung dari sinar matahari selama berada di pantai.

Fasilitas dan akomodasi di Pantai Tegal Wangi

(Sumber:@aadisty)

Walaupun berada di lokasi yang tersembunyi, kamu tidak perlu khawatir akan akomodasi yang ada di sekitar Pantai Tegal Wangi. Di sini, sudah tersedia pilihan hotel berbintang. Beberapa dari hotel tersebut pun hanya berjarak sekitar 1 km, sehingga kamu bisa dengan mudah dan sering mengunjungi Pantai Tegal Wangi.

Tidak hanya hotel di Pantai Tegal Wangi, di sekitar pantai ini pun terdapat beberapa kafe dan restoran. Jika merasa lapar atau ingin bersantai sejenak setelah lelah melakukan aktivitas, kamu bisa coba kunjungi Sami-Sami Authentic Italian, Damar Terrace, I.C.E, atau Rock Bar. Menu yang disajikan pun cukup beragam, mulai dari masakan khas Bali, makanan Indonesia, hingga makanan alawestern.

Selain makan di tempat-tempat yang telah disebutkan, menikmati kelezatanseafooddi kawasan Jimbaran juga bisa kamu jadikan pilihan untuk mengisi tenaga sebelum atau setelah mengunjungi pantai ini. Pantai Tegal Wangi cukup dekat dengan kawasan Jimbaran, hanya sekitar 5 km.

Lokasi dan akses menuju Pantai Tegal Wangi

(Sumber:@alex_karkin)

Pantai Tegal Wangi berlokasi di Jalan Tegal Wangi, Desa Jimbaran, Kuta Selatan. Akses menuju lokasi ini pun mudah karena jalan menuju pantai sudah dilapisi aspal. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan untuk bisa mencapai pantai ini.

Apabila berangkat dari Bandara Ngurah Rai, kamu hanya memerlukan waktu tempuh selama 40 menit perjalanan dengan berkendara. Sementara itu, dari Denpasar kamu bisa menempuh perjalanan selama 1 jam untuk bisa mencapai Pantai Tegal Wangi.

Jika bingung dengan petunjuk arah jalan, kamu bisa memasukkan nama “Pura Segara Tegal Wangi” atau “Hotel Ayana” ke aplikasi peta online di ponsel untuk mengarahkan jalan ke pantai ini. Dari Pura Segara Tegal Wangi, kamu hanya butuh waktu 15 menit untuk mencapai pantai ini. Bahkan, dari pura ini pula kamu bisa melihat langsung keindahan Pantai Tegal Wangi karena lokasinya yang berada di atas sebuah tebing.

Harga tiket dan jam operasional

(Sumber:@salomestckn)

Pantai Tegal Wangi tidak memiliki jam operasional khusus. Dibuka setiap hari selama 24 jam, kamu bisa bebas datang ke pantai ini sepuasnya. Kamu juga tak perlu memikirkan biaya karena Pantai Tegal Wangi tidak menetapkan sistem tiket masuk.

Hanya saja, bagi yang datang ke Pantai Tegal Wangi dengan kendaraan pribadi, kamu harus menyiapkan uang untuk biaya parkir. Parkir motor akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000, sedangkan biaya untuk parkir mobil adalah Rp15.000. Kamu juga perlu membawa uang lebih jika berencana untuk mampir di salah satu tempat makan di sekitar Pantai Tegal Wangi.

Tapi, jika kamu lebih memilih untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri, pastikan kamu tidak meninggalkan sampah di Pantai Tegal Wangi. Selain untuk menjaga kelestarian alam dan menghargai pengunjung lain, kamu juga perlu ingat bahwa Pantai Tegal Wangi kerap dijadikan tempat beribadah oleh masyarakat Hindu ketika Hari Raya Nyepi.

***

Pantai Tegal Wangi dapat menjadi alternatif destinasi bagi kamu yang sudah mulai lelah dengan suasana ramai Jimbaran. Puaskan waktu menyendiri atau menikmati pesisir cantik yang masih terjaga ini bersama teman-teman terdekat. Dengan begitu, kamu akan memiliki pengalaman berkesan yang jarang ditemukan di tempat wisata ramai Bali!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan