0

Traveloka Team

05 Jan 2020 - 5 min read

Pantai Padang Padang, Surga Bahari di Pecatu Bali

Berlibur di Bali tidak akan lengkap tanpa mengunjungi pantai. Pulau Dewata ini memiliki banyak wisata bahari yang bisa kamu pilih sesuai lokasi dan waktu tempuh. Jika menginap di daerah Pecatu atau Kuta Selatan dan tak punya banyak waktu untuk mengunjungi pantai yang lokasinya jauh, kamu bisa datang ke Pantai Padang Padang.

Pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Labuan Sait ini terkenal dengan latar belakang perbukitan dan batu karang yang terjal. Jernihnya air laut akan semakin menambah keindahan panorama di Pantai Padang Padang.

Untuk informasi lengkap tentang Pantai Padang Padang, kamu bisa temukan ulasannya di bawah ini:

Keistimewaan Pantai Padang Padang

Bagi yang ingin mencari alternatif wisata bahari selain Pantai Kuta, Pantai Legian, dan Pantai Seminyak, Pantai Padang Padang adalah pilihan yang tepat. Pantai berpasir putih ini memiliki berbagai daya tarik tersendiri yang akan membuat kamu betah menghabiskan waktu liburan. Berikut adalah keistimewaan Pantai Padang Padang:

Banyaknya batu karang besar di sekitar pantai

(Sumber: Shutterstock)

Salah satu ciri khas Pantai Padang Padang yang akan langsung menyambut kedatangan kamu adalah batu-batu karang besar yang tersebar di sekitar. Lokasi Pantai Padang Padang memang dikelilingi oleh batu karang yang kokoh, sehingga menambah kesan eksotis pada alamnya. Di samping itu, banyaknya batu karang besar membuat Pantai Padang Padang terlihat tersembunyi layaknyaprivate beach.

Meski begitu, kehadiran berbagai batu karang besar tersebut sama sekali tidak mengganggu. Ditambah dengan pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih, kamu bisa bersantai atau berjemur sambil menanti matahari terbenam di bawah batu karang besar.

Pernah menjadi lokasi adegan film terkenal

(Sumber: Shutterstock)

Letak Pantai Padang Padang tersembunyi di balik batu-batu karang raksasa yang menjadikannya unik. Oleh karena itulah pantai yang menjadi destinasi favorit wisatawan sejak lama ini tak pernah sepi pengunjung.

Beberapa tahun silam, Pantai Padang Padang mulai jadi incaran wisatawan mancanegara. Hal ini terbukti dari film Hollywood berjudul “Eat Pray Love” yang tayang pada 2010. Film yang dibintangi oleh Julia Roberts ini mengambil beberapa adegan film di Bali. Salah satu tempat di Bali yang dijadikan sebagai lokasi pengambilan adegan film tersebut adalah Pantai Padang Padang.

Kabarnya, saat pengambilan adegan film “Eat Pray Love”kawasan Pantai Padang Padang ditutup untuk umum. Namun, hal ini tidak merugikan pihak pengelola karena proses pembuatan film ini dimanfaatkan sebagai ajang promosi gratis bagi Pantai Padang Padang. Sejak saat itu, semakin banyak orang penasaran untuk melihat langsung keindahan pantai ini.

Fakta lain seputar aktris Hollywood Julia Roberts yang pernah mengambil adegan film di Pantai Padang Padang, ternyata grup musik Michael Learns to Rock (MLTR) juga melakukanshootingvideo klip lagu berjudul “Someday” di tempat yang sama pada 1996. Keindahan Pantai Padang Padang benar-benar mampu menarik perhatian dunia, ya!

Ombak yang asyik untuk berselancar

(Sumber:@up_and_away_bali)

Bagi penggemar olahraga selancar air,Pantai Padang Padang adalah destinasi yang cocok untuk kamu datangi. Reputasi Pantai Padang Padang sebagai tempatsurfingsudah cukup terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Setiap tahun, selalu diadakan kompetisisurfinginternasional di pantai ini.

Untuk berselancar dengan optimal, kamu harus terlebih dulu berenang sepanjang 300 meter ke tengah laut. Tepat di bagian tengah laut, gelombang ombaknya cukup besar dengan arus bawah laut yang kuat. Hal ini menciptakan tantangan tersendiri, sehingga menarik para peselancar untuk menaklukkan ombak di Pantai Padang Padang.

Di sisi lain, ombak di tepi laut cenderung tenang. Biasanya, area ini lebih banyak digunakan para pengunjung untuk berenang atau sekadar bermain air.

Lokasi dan akses menuju Pantai Padang Padang

Sudah menjadi destinasi wisata populer di Bali, tentunya Pantai Padang Padang memiliki akses jalan yang mudah dilalui berbagai kendaraan. Berlokasi di Jalan Labuan Sait, Desa Pecatu, kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 15 km dari pusat Kota Denpasar. Berikut adalah informasi lebih lengkap mengenai akses menuju Pantai Padang Padang:

Satu jalur dengan Pantai Dreamland

(Sumber:@rarakriyantini)

Sudah pernah ke Pantai Dreamland? Kalau begitu, kamu tak akan susah menemukan Pantai Padang Padang karena lokasi kedua pantai tersebut masih satu jalur. Saat menuju Pantai Padang Padang, kamu juga akan melewati pintu masuk objek wisata Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK).

Dari Bandara Ngurah Rai, kamu bisa melewati Jalan By Pass Ngurah Rai ke arah selatan, lalu belok kanan di persimpangan Jalan By Pass Ngurah Rai dan Jalan Tol Bali Mandara. Jika bingung di persimpangan ini, cari saja petunjuk arah ke wilayah Pecatu atau GWK.

Setelah melewati persimpangan tersebut, teruslah melaju ke arah selatan hingga tiba di persimpangan Jalan Uluwatu dan Jalan Raya Kampus UNUD. Kedua jalan tersebut bisa mengantar kamu ke arah Pecatu. Biasanya, kebanyakan orang memilih Jalan Uluwatu karena lebih cepat.

Sesampainya di GWK, teruslah melaju sekitar 1,5 km hingga tiba di persimpangan. Lihatlah petunjuk arah dan pilih jalan menuju kawasan Pecatu. Setelah itu, kamu akan melewati kawasan Pecatu Indah Resort yang menjadi akses masuk menuju Pantai Dreamland.

Sekitar 400 meter dari Pecatu Indah Resort, kamu akan bertemu dengan persimpangan lagi. Tetaplah mengikuti Jalan Raya Uluwatu hingga sekitar 2 km. Tepat di depan Kantor Desa Pecatu, kamu akan kembali bertemu persimpangan. Ambil belokan ke kanan melewati Jalan Labuan Sait untuk menuju Pantai Padang Padang.

Melalui tangga di celah tebing untuk mencapai pantai

(Sumber:@merryavelyn)

Sesampainya di lokasi, kamu masih harus melakukan perjalanan singkat menuju tepi pantai yang tersembunyi di batu-batu karang raksasa. Untuk mencapai pantai, kamu harus melewati celah-celah karang yang membentuk semacam gua kecil.

Celah tersebut memiliki ukuran yang sempit dan terdiri dari ratusan anak tangga. Begitu sempit hingga tak jarang pengunjung harus agak memiringkan badan apabila ada pengunjung lain yang berjalan dari arah berlawanan. Meski begitu, naik turun anak tangga di dalam celah karang inilah yang menjadi ciri khas saat mengunjungi Pantai Padang Padang.

Setelah melalui perjalanan yang tidak biasa tersebut, kamu akan langsung disambut dengan pemandangan indah. Latar belakang yang dihiasi bukit hijau dan batu karang terjal membuat Pantai Padang Padang begitu unik. Ditambah dengan air laut yang jernih dan pasir pantai yang bersih, kamu pasti akan langsung lupa dengan rasa lelah selama perjalanan.

Fasilitas di Pantai Padang Padang

(Sumber: Shutterstock)

Pantai Padang Padang telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Terdapat area parkir luas yang terletak di seberang pintu masuk pantai. Selain itu, tersedia juga tempat penyewaan papan selancar untuk kamu yang ingin coba bermain selancar air atau tak membawa perlengkapansurfing. Kamu bisa menyewa satu papan selancar seharga Rp100.000 untuk 2 jam pemakaian.

Jika tak ingin berselancar, kamu pun bisa menggelar alas untuk berjemur di pinggir pantai atau menunggu matahari terbenam. Setelah puas beraktivitas di pantai, kamu bisa membilas tubuh di toilet umum yang sudah disediakan pengelola.

Bagi yang merasa lapar, kamu bisa mengunjungi tempat makan di kawasan Pantai Padang Padang. Ada makanan olahan laut, mi instan, hingga minuman segar yang ditawarkan para penjual. Sementara itu, kamu yang ingin tinggal lebih lama di kawasan pantai ini juga bisa menyewa penginapan. Beberapa penginapan yang bisa kamu pilih adalahguest housedan hotel di Pantai Padang Padang.

Harga tiket masuk dan jam operasional

(Sumber:@oduseos)

Sebelum menikmati pemandangan indah Pantai Padang Padang, kamu wajib membeli tiket masuk. Sistem tiket masuk ini baru diterapkan sejak 1 Maret 2016 lalu.

Harga tiket masuk yang dikenakan untuk wisatawan domestik adalah Rp5.000 dan Rp10.000 untuk wisatawan mancanegara. Khusus untuk anak-anak (wisatawan domestik), tidak dikenakan biaya. Sementara itu, anak-anak (wisatawan mancanegara) harus bayar Rp5.000.

Kamu juga harus menyiapkan uang lebih apabila datang menggunakan kendaraan pribadi. Biaya parkir di sini dihargai sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Mengenai jam operasional, Pantai Padang Padang buka 24 jam. Jika sedang menginap di salah satu penginapan dekat kawasan wisata bahari ini, kamu bisa bolak balik mengunjungi Pantai Padang Padang sesuka hati.

“Surga bahari”, itulah Pantai Padang Padang. Mengingat keindahan alam yang dimiliki, rasanya tidak berlebihan pantai di Pecatu yang satu ini mendapat sebutan itu. Untuk membuktikan keindahan batu karang, air laut, dan seluruh isinya, kamu wajib mengunjungi Pantai Padang Padang saat berlibur di Bali, apalagi jika sedang berada di kawasan Pecatu. Yuk, saatnya kunjungi pantai di Bali lebih banyak lagi! Jangan lupa rencanakan liburan kamu ke Bali dengan memesan transportasi seperti tiket bus dan rental mobil.

1Baca jugaMenginap di Hotel Saat Backpacking? Mungkin Mustahil di Tempat Lain, tapi Tidak di Kuta Bali
-
Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan