0

Traveloka Team

07 Jan 2020 - 6 min read

Pantai Balangan, Pesisir Terbaik Untuk Merelaksasi Diri

Pantai adalah salah satu tempat terbaik yang biasa dipilih wisatawan untuk menenangkan pikiran. Tentunya, pantai tersebut harus memiliki suasana yang sepi dan nyaman. Jika tujuan berlibur ke Bali kali ini adalah untuk relaksasi diri, Pantai Balangan adalah destinasi yang wajib didatangi.

Lokasinya cukup jauh dari pusat keramaian, sehingga kamu akan mendapatkan suasana sepi yang memang dibutuhkan untuk kembali menyegarkan jiwa dan raga. Ditambah, pemandangan laut yang indah dengan latar belakang deretan pohon kelapa, tubuh dan pikiran kamu pasti akan jauh lebih relaks sepulang dari Pantai Balangan. Tidak heran jika pantai satu ini masuk di daftar “Bali’s Best 5 Hidden Beaches” versi CNN Go pada 2012.

Mau tahu tentang apa saja yang dimiliki Pantai Balangan, sehingga bisa mendapatkan gelar tersebut? Yuk, temukan informasi lengkapnya di bawah ini!

1. Keistimewaan Pantai Balangan:

Nama Pantai Balangan memang masih belum populer jika dibanding dengan Pantai Kuta. Tapi, bukan berarti pantai ini tidak layak kamu kunjungi ketika berlibur ke Bali. Pantai Balangan memiliki beberapa keistimewaan tersendiri yang menarik untuk kamu eksplor. Berikut di antaranya:

a.) Deretan pohon kelapa memberi kesan sejuk

(Sumber:@ib_mangirat)

Pantai Balangan memiliki pemandangan alam yang cukup unik. Begitu sampai di sini, kamu akan disambut dengan pemandangan pantai berpasir putih dan air berwarna biru yang dihiasi dengan barisan pohon kelapa di bibir pantai. Saat bermain air di pantai ini, kamu akan merasa seperti berenang di langit karena air laut yang menonjolkan warna biru cerah.

Tidak hanya itu, pantai yang berada di bagian selatan Pulau Bali ini, tepatnya di wilayah Pecatu, juga diapit oleh dua bukit karang terjal yang membuat pemandangan Pantai Balangan semakin eksotis. Tidak ketinggalan, adanya tebing kapur di sekitar pantai seakan menjaga lokasi pantai yang tersembunyi ini.

b.) Salah satu spot terbaik untuk berselancar

(Sumber:@edomarley)

Khusus bagi para peselancar, kamu wajib memasukkan Pantai Balangan di daftar destinasi saat berlibur di Bali. Ombak yang cukup besar dan menantang layak untuk kamu taklukkan. Dengan ketinggian ombak mencapai 4 – 8 kaki, Pantai Balangan pun dikenal sebagai salah satu pantai dengan ombak tertinggi di Bali. Kamu pun bisa menguji kemampuan berselancar di sini.

c.) Pemandangan indah bandara dari kejauhan

(Sumber:@chandnasution_official)

Dari Bandara Internasional Ngurah Rai, kamu bisa sampai di Pantai Balangan hanya dalam waktu 40 menit berkendara. Cukup dekat, bukan? Bahkan, dari pantai ini pun kamu masih bisa melihat pemandangan bandara dengan deretan lampunya yang cantik pada malam hari. Hal ini menjadi salah satu daya tarik Pantai Balangan. Tak heran apabila pemandangan cantik ini sering dijadikan sebagai latar fotopre-weddingbanyak orang.

2. Aktivitas seru di Pantai Balangan

Masuk pada daftar “Bali’s Best 5 Hidden Beaches” versi CNN Go tahun 2012 lalu, sudah pasti keindahan Pantai Balangan tak bisa diremehkan. Oleh karena itu, kamu wajib meluangkan waktu untuk berkunjung ke pantai satu ini jika sedang berlibur di Bali. Agar liburan di Pantai Balangan semakin seru, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan di pantai ini:

a.) Belajar surfing di Balangan Wave Surf School

(Sumber:@robiczech)

Memiliki ombak yang sempurna untuk berselancar, tak heran kalau Pantai Balangan pernah menjadi tuan rumah untuk kompetisi olahraga selancar air kelas dunia. Bagi kamu yang ini mencoba pengalaman bermain selancar air, sudah tersedia jasa belajarsurfingdi Pantai Balangan.Layanan kursussurfingini bernama Balangan Wave Surf School. Kursus ini berlangsung singkat, sehingga tak menghabiskan banyak waktu liburan kamu.

b.) Menikmati panorama sunset

(Sumber:@paulsprague)

Jika ingin menikmati pemandangan matahari terbenam di langit Pulau Dewata dengan suasana yang tidak begitu ramai, kamu bisa datang ke Pantai Balangan. Pantai yang lebih sepi dibanding Pantai Sanur dan Pantai Kuta ini terletak di Desa Ungasan, atau lebih tepatnya di antara Pantai Jimbaran dan Dreamland. Pantai Balangan bahkan dikenal sebagai salah satuspotterbaik di Bali untuk menikmatisunset.

Cara terbaik yang bisa kamu lakukan untuk menikmati keindahansunsetdi pantai ini adalah dari atas tebing. Dari sini, laut terlihat berwarna oranye karena terkena pantulan dari matahari yang mulai terbenam.Jangan lupa membawa kamera agar kamu bisa mengabadikan momen spesial di Pantai Balangan.

c.) Duduk bersantai dan mencoba hidangan di kafe

(Sumber:flickr.com/photos/Celebrityabc)

Salah satu daya tarik utama dari Pantai Balangan adalah lokasinya yang tersembunyi dan cukup jauh dari keramaian. Meskipun begitu, fasilitas yang ada di pantai ini sudah cukup lengkap. Di sepanjang bibir pantai, kamu bisa menemukan berbagai kafe dan penginapan.

Sebagian besar, kafe di Pantai Balangan menyediakan kursi bersantai untuk para pengunjung menikmati menu makanan dan minuman. Jajaran kursi-kursi inilah yang semakin membuat pemandangan Pantai Balangan menjadi semakin eksotis dan dapat menjadi objek foto yang menarik.

3. Fasilitas dan akomodasi di Pantai Balangan

Tak perlu khawatir dengan kenyamanan selama berlibur dan beraktivitas di Pantai Balangan karena fasilitas dan akomodasi di pantai ini sudah cukup memadai. Berikut fasilitas dan akomodasi yang bisa kamu temukan di Pantai Balangan:

a.) Penginapan

(Sumber:@mihkel.arold)

Di sekitar lokasi pantai, kamu tidak perlu lagi pusing untuk mencari tempat menginap. Kamu bisa memilih penginapan berupa hotel berbintang, vila, danguest house. Harga sewa penginapan di sekitar Pantai Balangan pun cukup terjangkau, yakni sekitar Rp450.000 dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti kamar mandi di dalam kamar dan sarapan gratis.

Beberapa penginapan yang bisa kamu pilih adalah Brothers Bungalow, Lorin New Kuta, The Rich Prada Bali, dan Merta Sari Balangan Bungalow. Jika ingin bermalam di penginapan yang harganya cukup bersahabat, kamu bisa memilih penginapan Balangan Cottages, Balangan Garden Bungalow, dan Balangan Inn dengan biaya sewa mulai dari Rp169.000 hingga Rp296.000 per malam.

Karena berada di tempat yang jauh dari pusat wisata, tak heran kalau biaya akomodasi di Pantai Balangan jauh lebih murah dibanding dengan akomodasi di wilayah Kuta atau Ubud. Oleh karena itu, pantai ini cocok juga dijadikan sebagai destinasi wisata parabackpacker.

b.) Tempat makan

(Sumber:@susana_mateus)

Usai puas berfoto dan menjelajahi Pantai Balangan, kamu tentu merasa lelah dan lapar. Tenang saja, kamu bisa singgah di kafe-kafe yang ada di sekitar pantai. Di sini, kamu bisa bersantai sambil menikmati hidangan yang dijual warga lokal. Kamu bisa memilih menu makanan khas Bali dan es kelapa muda yang segar sebagai temanmu beristirahat. Apalagi, ketika matahari sangat terik, beristirahat di sini pasti akan terasa lebih nikmat.

4. Akses jalan menuju Pantai Balangan

(Sumber:@theabratt)

Akses menuju Pantai Balangan bisa dibilang cukup memadai karena semua jalannya sudah dilapisi aspal. Untuk bisa sampai di Pantai Balangan dengan cepat dan mudah, cara terbaik adalah dengan mengendarai motor dari Kuta menuju arah Nusa Dua. Lalu, lewati Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jalan Raya Uluwatu, hingga Jalan Pantai Balangan.

Waktu perjalanan yang akan kamu tempuh hanya sekitar 45 menit. Jika berangkat dari Bandara Ngurah Rai, Pantai Balangan bisa kamu tempuh dengan jarak sekitar 23 km dengan waktu perjalanan sekitar 60 menit berkendara.

Agar perjalanan lebih nyaman, sebaiknya kamu menyewa kendaraan pribadi atau naik taksi. Jika kamu memilih untuk menggunakan taksi dari bandara, kamu harus menyediakan biaya sekitar Rp250.000 sekali jalan. Jika memang sedang menghematbudget,kamu bisa menyewa sepeda motor yang biayanya bisa lebih murah hingga separuhnya.

5. Harga tiket masuk dan jam operasional

(Sumber:flickr.com/photos/NateRobert)

Setiap pengunjung yang ingin datang ke Pantai Balangan Bali tidak akan dipungut biaya masuk. Tapi, bagi yang membawa kendaraan pribadi, kamu tetap harus menyiapkan biaya khusus. Biaya parkir untuk kendaraan roda dua adalah Rp2.000, sedangkan kendaraan roda empat akan dikenakan biaya Rp5.000.

Dengan parkir kendaraan di Pantai Balangan, kamu juga bisa sekaligus jelajah ke Pantai Dreamland dengan menyusuri bibir pantai sejauh 1,2 km ke arah barat. Selain Pantai Dreamland, Pantai Balangan juga cukup dekat dengan beberapa wisata Bali lainnya, mulai dari Taman New Kuta yang berjarak hanya 0,9 km, Pantai Bingin dan Pantai Tegal Wangi yang berjarak sekitar 2,1 km, serta Pantai Suluban dan Pantai Jimbaran yang berjarak sekitar 4 km.

Jika ingin membeli oleh-oleh khas Bali untuk orang rumah, kamu juga bisa datang ke L’Atelier Perfumes et Creations yang berjarak hanya 1,8 km dari Pantai Balangan. Tempat pembuatan parfum ini sudah terkenal dan banyak menerima penilaian positif dari para pengunjung.

6. Waktu terbaik mengunjungi Pantai Balangan

Pagi hari menjelang siang hari merupakan waktu terbaik untuk bersantai di bawah pohon kelapa atau di gazebo yang tersedia di Pantai Balangan. Sementara itu, bagi kamu yang ingin berselancar disarankan untuk datang ke pantai ini mulai dari siang hari hingga sore hari karena ombak di Pantai Balangan sedang tinggi.

Jangan lupa untuk menggunakan pelindung kaki karena Pantai Balangan memiliki dasar karang yang cukup tajam. Khusus untuk yang ingin merasakan sensasi berenang di Pantai Balangan, sebaiknya kamu datang pada saat air laut sedang surut atau pada saat sore hari.

***

Jadi, bagaimana? Tertarik untuk berlibur ke Pantai Balangan? Meski berniat untuk menenangkan diri dan pikiran, bukan berarti kamu tidak bisa mengajak teman atau keluarga untuk berlibur bersama. Keindahan panorama Pantai Balangan pasti akan semakin terasa maksimal dengan adanya teman atau keluarga di samping kamu. Selamat merelaksasi diri di salah satu pesisir terbaik milik Bali ini!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan