Coba 6 Atraksi Menarik Ini Saat di Garuda Wisnu Kencana!

Traveloka
By Traveloka 04 September 2017
Reading Time: 4 minutes

Bali merupakan destinasi wisata yang sangat populer di Indonesia. Pantai-pantainya menjadi “surga” bagi pencinta wisata bahari. Ya, meskipun pulau ini identik dengan banyaknya pantai yang menawan, traveling tak melulu harus berburu tempat dengan panorama indah. Di sisi lain, Bali juga menawarkan unsur wisata sejarah dan budaya lokal yang menarik.

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) bisa menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu liburanmu. Salah satu ikon wisata Bali ini menggabungkan seni dan budaya tradisional dengan keindahan alam yang memesona. Tak hanya sekadar menikmati berbagai spot indah untuk mendapatkan hiburan, kamu pun juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan di sini.

Saat ini, tempat wisata yang terletak di Jalan Raya Uluwatu, Desa Ungasan, Kuta Selatan ini buka setiap hari pukul 08:00 – 22:00  Untuk masuk ke kawasan ini, wisatawan domestik dikenai biaya tiket sebesar Rp70.000 per orang dewasa dan Rp60.000 untuk anak-anak. Sementara itu, wisatawan mancanegara dikenakan biaya Rp100.000 per orang.

Untuk melengkapi momen berkesan saat liburan di sini, pastikan kamu tidak melewatkan enam atraksi berikut:

Patung Dewa Wisnu, burung Garuda, dan tebing batu kapur Lotus Pond

Patung Dewa Wisnu

Patung Dewa Wisnu (Sumber: Pixabay)

Daya tarik sekaligus primadona Garuda Wisnu Kencana yang wajib kamu lihat adalah patung Dewa Wisnu yang berwujud setengah badan. Patung setinggi 20 meter ini bisa kamu jumpai di Plaza Wisnu. Selain itu, ada pula patung Garuda setinggi 18 meter yang ditempatkan sementara di Plaza Garuda. Kedua patung yang terbuat dari campuran tembaga, perunggu, dan baja tersebut rencanannya akan digabungkan membentuk landmark Bali, patung Garuda Wisnu Kencana.

Patung Garuda Wisnu Kencana merupakan perwujudan Dewa Wisnu yang sedang menunggang burung Garuda. Proses pembangunan patung yang dibuat oleh seniman terkenal Bali, I Nyoman Nuarta ini diperkirakan akan selesai di tahun 2018. Jika sudah dibangun sempurna, patung ini diklaim akan menjadi patung terbesar di dunia mengalahkan Patung Liberty di Amerika Serikat.

“Tempatnya sangat besar, dan patung Garuda sangat menakjubkan. Seluruh proyek yang sedang dikembangkan adalah karya seni yang mengesankan dan menarik untuk dinikmati,” ungkap Kittytay, turis asal Kuala Lumpur, Malaysia di TripAdvisor.

Tebing Kapur (Sumber: Shutterstock)

Selain mengagumi keindahan patung dan berfoto-foto, di sekitar patung Dewa Wisnu terdapat kolam air mancur dari mata air suci. Konon, mata air ini diyakini dapat melancarkan rezeki dan jodoh, serta menyembuhkan penyakit. Setelah dari sana, lanjutkan perjalananmu ke tebing batu kapur bernama Lotus Pond. Selain dapat merasakan panorama dinding tebing yang begitu eksotis dan artistik, area terbuka terbesar di GWK dan taman budaya terbesar di Bali ini juga seringkali dijadikan sebagai tempat untuk upacara dan acara besar lainnya.

Pertunjukan seni tradisional

Pertunjukan Seni di Garuda Wisnu Kencana

Pertunjukan Seni (Sumber: Shutterstock)

Jalan-jalan di GWK tidak hanya sekadar melihat patung dan berfoto. GWK yang disebut sebagai cultural park ini memungkinkan kamu bisa menyaksikan berbagai atraksi budaya dari pagi sampai malam hari. Beberapa pertunjukan biasanya digelar pada area outdoor bernama Street Theatre. Selain itu, terdapat amfiteater yang merupakan tempat pertunjukan tarian dan kesenian khas seperti tari kecak, tari barong dan keris, tari rangda, hingga pertunjukan musik tradisional dan modern.

Di lokasi lain bernama Lotus Pond, sering pula digelar beragam acara dengan kapasitas besar seperti konser musik dan pertemuan bertaraf internasional. Tentu sungguh menyenangkan dapat menikmati acara dengan latar belakang tebing batu kapur yang tinggi.

Siapa saja bisa menikmati pertunjukan secara gratis. Untuk melihat pertunjukan seni tradisional Bali di sini, kamu harus mengetahui jadwalnya terlebih dahulu. Jadwal berbagai pertunjukan reguler bisa kamu lihat pada tabel di bawah ini:

Acara Harian Tempat Waktu Keterangan
Tari Bali Amfiteater 10:00 – 10:40
15:00 – 15.40                
Instrumen Rindik Kura-kura Plaza 10:00 – 12:00

14:00 – 16:00

Area Tiket Masuk 12:00 – 16:00
Tari Barong Keris Amfiteater 11:00 – 11:40
14:00 – 14:40
Garuda Wisnu Ballet Amfiteater 12:00 –12:40
Joged Bumbung Street Theater 17:30 – 18:20 Tergantung cuaca
Tarian Nusantara Amfiteater 13:00 – 13:40
Kecak Garuda Wisnu Amfiteater 18:30 – 19:20 Setiap Sabtu dan Minggu
Parade Bali Kang Cing Wie Area Tiket Wisnu Plaza 16:00 – 17:20 Tergantung cuaca

 Sumber: gwkbali.com

“Sungguh sangat senang bisa datang ke sini! Saya bisa menyaksikan tari barong, tari Bali, tari kecak dengan jadwal jam yang jelas. Saya bahkan bisa berfoto bersama semua penari di sini,” tulis Dianna H dalam TripAdvisor.

Outbound pemacu adrenalin

GWK juga memiliki beragam aktivitas outdoor di alam terbuka untuk kamu nikmati. Datanglah ke Lotus Pond untuk mencoba flying fox. Selain itu, kamu juga dapat mencoba wahana marine bridge atau berjalan di atas ketinggian hingga seru-seruan bertualang menggunakan ATV. Berbagai permainan yang memacu keberanian di alam terbuka seperti ini tentu saja dapat menawarkan pengalaman liburan yang berbeda.

Jika mereka kurang berani mencoba permainan tersebut, kamu bisa berkeliling kawasan GWK dengan segway atau alat beroda dua yang dijalankan secara otomatis menggunakan listrik. Karena permainan yang ditawarkan ini di luar harga tiket masuk, jadi kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp50.000 untuk menikmati segway  selama 10 menit.

 

Balairung Dewi Sri

 

Balairung Dewi Sri harus menjadi tujuan kamu selanjutnya. Tempat ini sebenarnya merupakan aula pertemuan, namun di sini, kamu bisa mendapat layanan gratis membuat karikatur, nail painting (melukis kuku), breeding hair (mengepang rambut), tattoo temporary, dan melukis batik. Kamu juga bisa menonton film animasi berjudul “Kecak Garuda Wisnu” yang dibuat oleh tim GWK Cultural Park secara gratis di sebuah bioskop mini. Berikut adalah jadwal pemutaran filmnya:

Tempat Pukul
Garuda Cinema 11:00 – 11:35
12:00 – 12:35
13:00 – 13:35
14:00 – 14:35
15:00 – 15:35
16:00 – 16:35
17:00 – 17:35
18:00 – 18:35

Sumber: gwkbali.com

Jendela Bali The Panoramic Resto

Good Morning to you from #pulaudewatabali 😘 . . . #jendelabaliresto @travelersid . . . #restoran #jendelabalithepanoramicresto #bali🌴 #pulaubali🍃 #landscapes #landscap #photography #potografer #snapseedapp #instagram #beautifulrestorant #canon📸 #canon❤ #canonista #canonindonesia📷 #indonesia #indonesiaku #indonesianfood #travelphotography #travelingram #travelingbali

A post shared by Ryan Putra (@ryan3putra) on

Setelah puas mengitari kompleks GWK, mampirlah ke Jendela Bali The Panoramic Resto. Tempat makan ini bisa menjadi pilihan tepat untuk mencicipi kelezatan kuliner khas Bali yang cocok untuk makan siang maupun malam. Jika kamu berencana ke sini, cobalah pilih tempat duduk di area outdoor agar bisa bersantap sambil ditemani pemandangan alam yang indah.

Uniknya, resto ini juga menampilkan berbagai atraksi seni dan budaya untuk pengunjung. Tentu saja semua ini akan menambah pengalaman bersantap yang lengkap dan tak terlupakan. Berikut adalah jadwal pertunjukannya:

Nama Acara Pukul Keterangan
Musik rindik 12:00 – 14:00
Tari legong 19:30 – 20:30 Setiap Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, dan Sabtu.
Salsa 19:00 – 21:00 Setiap Jumat

Sumber: gwkbali.com

GWK Photo Studio

Untuk menambah pengalaman baru, kamu bisa berfoto mengenakan pakaian adat Bali di GWK Photo Studio. Selain kostumnya lengkap, sesi foto pun akan semakin sempurna karena kamu bisa memilih background sesuai keinginan. Setelah itu, kamu akan mendapatkan hasil cetakan foto.

Harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Jika ingin berfoto sendiri, harganya hanya Rp200.000 untuk satu background dan satu foto ukuran 6R. Namun jika ingin foto berpasangan, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp300.000 untuk tiga background dan dua foto ukuran 6R. Sementara itu, kamu yang ingin berfoto dengan keluarga bisa membayar Rp600.000 untuk enam background dan tiga foto 6R.

Selain foto di dalam studio, kamu juga bisa melakukan permintaan foto di luar ruangan. Berfoto di beberapa spot indah objek wisata GWK, cocok sekali untuk kamu yang datang dalam grup besar atau rombongan. Namun, layanan jasa foto indoor maupun outdoor ini hanya akan dilayani mulai dari pukul 10:00 – 19:00.

Jadi, bagi kamu yang ingin menikmati keindahan Garuda Wisnu Kencana dengan beragam atraksi menarik, jadikan Pulau Bali sebagai destinasimu selanjutnya. Paket tiket pesawat dan hotel Traveloka menawarkan cara pemesanan sekaligus dalam sekali transaksi. Tentunya, cara praktis ini sangat memudahkan kamu untuk mendapatkan tiket dan hotel sesuai keinginan. Dengan begini, liburan impian bisa menjadi kenyataan!

Tulis komentarmu di sini: