9 Aktivitas Seru Liburan Ala Backpacker di Bali

9 Aktivitas Seru Liburan Ala Backpacker di Bali

Bali memang selalu identik dengan suasana liburan. Banyaknya destinasi wisata di Pulau Dewata membuat para wisatawan dari dalam ataupun luar negeri selalu ingin kembali mengunjunginya. Saking populernya pulau ini, beberapa orang menganggap Bali cukup mahal untuk dijadikan destinasi berlibur.

Padahal, Bali cukup ramah untuk para wisatawan yang ingin berlibur ala backpacker. Ada banyak destinasi wisata dan penginapan murah yang bisa dijadikan pilihan di sana. Apa saja kegiatan seru dan murah bisa dilakukan selama jadi backpacker di Bali? Yuk, simak daftar lengkapnya di bawah ini!

1. Mengunjungi Bali Butterfly Park

Siapa bilang kalau ke Bali, kamu hanya bisa mengunjungi kawasan wisata pantai? Di pulau ini ada juga Bali Butterfly Park atau taman kupu-kupu yang sayang dilewatkan begitu saja.  Bali Butterfly Park merupakan tempat konservasi kupu-kupu dan serangga yang diakui sebagai taman kupu-kupu terbesar se-Asia. Untuk sampai ke sini, kamu harus menempuh perjalanan 1,5 jam berkendara dari Bandara Ngurah Rai.

Tertarik berkunjung? Bali Butterfly Park mulai beroperasi pada pukul 08:00 – 16:00. Namun, sebaiknya kamu datang sebelum pukul 10:00 karena akan ada lebih banyak kupu-kupu beterbangan yang bisa kamu lihat kecantikannya.

2. Menyusuri Tegalalang Rice Fields

Jika ingin melihat sisi humanis masyarakat Bali, kamu bisa berkunjung ke Tegalang Rice Fields. Tempat ini menjadi daya tarik wisatawan mancanegara karena memiliki hamparan persawahan berupa terasering. Lanskap ini bertujuan untuk memudahkan sistem irigasi khas masyarakat setempat. Nantinya, kamu juga bisa menemui para petani yang tengah mengolah sawah.

Tegalalang Rice Fields terletak di Desa Tegalalang sebelah utara Ubud yang juga dikenal sebagai pusat kerajinan ukiran kayu. Tak heran, jika di sepanjang jalan kamu bisa dengan mudah menemukan beragam toko lokal yang menjual berbagai ukiran kayu warna-warni dengan beraneka ragam bentuk. Cocok untuk kamu jadikan destinasi untuk berburu oleh-oleh kerajinan cantik khas Bali.

3. Menyaksikan sunset di Pura Lempuyang Luhur

Siapa yang tidak tertarik untuk melihat matahari terbenam dengan latar belakang lanskap Kota Amlapura, Pantai Amed, dan Gunung Agung yang menakjubkan? Itu semua bisa kamu saksikan ketika mengunjungi Pura Lempuyang Luhur, tempat ibadah masyarakat Desa Tista, Karangasem.

Berada di puncak tertinggi Gunung Lempuyang, kamu perlu meluangkan waktu dan tenaga ekstra untuk sampai di pura. Meskipun begitu, pemandangan sunset di sini dijamin tidak akan membuat kamu kecewa. Dengan latar Gunung Agung dan gapura Candi Bentar, pengalaman menyaksikan matahari terbenam di sini merupakan salah satu hal terbaik yang bisa kamu dapatkan di Bali.

 

4. Jalan-jalan di Campuhan Ridge Walk

Dianggap sebagai sebuah lokasi suci oleh masyarakat Bali, Campuhan Ridge Walk atau Bukit Campuhan akan menawarkan pengalaman berbeda bagi wisatawan. Di sini, kamu bisa menemukan pemandangan hijau perbukitan asri dengan lembah dipenuhi ilalang serta aliran sungai yang mengalir di sisi sebelah barat.

Awalnya, Bukit Campuhan dikenal sebagai sebuah trek jogging dengan panjang jalur lintasan 2 kilometer. Namun saking indahnya, Bukit Campuhan kini sering menjadi venue untuk sesi foto pre-wedding. Jadi, bagi kamu yang sedang mencari tempat foto romantis tempat yang berlokasi di Jalan Raya Campuhan, Gianyar ini bisa jadi alternatif pilihan.

5. Mengunjungi Ubud Monkey Forest

Menghirup udara sejuk Ubud sembari memberi makan monyet-monyet hutan, tentu jadi hal menyenangkan lainnya yang bisa kamu lakukan di Bali. Jika tertarik, kamu bisa datang ke Mandala Wisata Wenara Wana atau yang lebih dikenal dengan Ubud Monkey Forest di Desa Padangtegal, Ubud. Untuk mengujunginya, kamu bisa datang pada pukul 08:30 – 18:00.

Ubud Monkey Forest merupakan tempat wisata sekaligus cagar alam yang dikelilingi hutan seluas 27 hektar dengan 115 spesies pohon yang berbeda. Selain itu, terdapat sekitar 340 ekor monyet ekor panjang yang hidup bebas berkeliaran di sini. Tempat ini tidak pernah sepi pengunjung, tercatat sebanyak 10.000 pengunjung datang ke objek wisata setiap bulannya.

6. Menonton upacara tari kecak

Menyaksikan upacara tari kecak saat berada di Bali tentu menjadi agenda wajib yang perlu ada dalam itinerary kamu. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp100.000, kamu sudah bisa menyaksikan pagelaran seni budaya sekaligus ritual agama khas Pulau Dewata ini. Sebelum memasuki lokasi upacara, biasanya kamu akan diminta untuk menggunakan selendang oleh pujangga pura sebagai bentuk penghormatan.

Tari kecak sendiri merupakan tarian tradisional Bali yang unik karena tidak diiringi oleh alat musik melainkan paduan suara sekelompok penari laki-laki yang jumlahnya mencapai 70 orang. Pertujukan upacara tari kecak ini biasanya diadakan di kawasan Pura Uluwatu setiap menjelang sunset.

7. Berendam dalam “jacuzzi” alami di Pantai Tegal Wangi

Bermain di tepi pantai pasir putih dan dilanjutkan dengan berenang pada jacuzzi alami merupakan salah satu alasan Pantai Tegal Wangi kian populer di kalangan wisatawan. Saking indahnya, pantai ini sering dijadikan lokasi andalan untuk sesi pemotretan pre-wedding.

Pantai Tegal Wangi juga memiliki air laut berwarna biru kehijauan yang hangat. Tak ketinggalan, panorama perbukitan karang di sini semakin menambah pesona pantai yang terletak di Jalan Tegal Wangi, Jimbaran. Asyiknya lagi, lokasi pantai ini cukup tersembunyi sehingga tak terlalu ramai pengunjung. Hal ini bisa kamu jadikan alternatif ketika mencari suasana pantai yang privat.

8. Berkunjung ke penangkaran penyu

Selain wisata alam, Bali juga memiliki wisata edukasi yang tak kalah menarik, salah satunya adalah melihat penangkaran penyu hijau di Pulau Penyu. Di sini, kamu akan diperkenalkan tata cara pemeliharaan penyu, melihat telur penyu yang baru menetas, serta menyaksikan penyu yang sudah berumur ratusan tahun.

Cara terbaik untuk sampai ke pulau yang terletak di Tanjung Benoa, Badung ini adalah dengan menggunakan glass bottom boat, yaitu perahu yang sebagian lantainya terbuat dari kaca tembus pandang. Perahu ini dapat memuat hingga 10 orang. Menariknya lagi, dari atas glass bottom boat kamu bisa menikmati indahnya pemandangan bawah laut tanpa harus menyelam.

9. Belanja barang murah di Love Anchor

Photo Credit: @lisamarieharley

Setelah puas berlibur ala backpacker ke seluruh penjuru Bali, jangan lupa untuk mengakhiri perjalanan dengan belanja barang murah di Love Anchor Market Canggu. Uniknya, tempat berbelanja yang berlokasi di Jalan Pantai Berawa, Canggu ini hanya buka saat akhir pekan.

Di Love Anchor Market, kamu berkesempatan membeli barang-barang unik nan murah langsung dari pembuatnya. Jadi, kamu bisa sekaligus mengetahui proses pembuatan pernak-pernik antik yang dijual di sana. Barang yang bisa kamu beli di pasar ini pun bermacam-macam, mulai dari apparel, perhiasan, furnitur, tas, hingga bahan makanan organik.

***

Itulah  9 aktivitas seru yang bisa kamu lakukan saat berwisata ala backpacker di Bali. Meski memiliki anggaran terbatas, liburan kamu di Bali akan tetap seru dengan berbagai tempat di atas yang menawarkan keunikannya masing-masing. Jadi, siapa bilang berlibur ala backpacker tidak bisa berjalan menyenangkan?

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1