8 Aktivitas Seru Ini Bisa Kamu Lakukan di Pantai Pandawa, Bali

Traveloka
By Traveloka 03 September 2017
Reading Time: 4 minutes

Pulau Bali adalah salah satu destinasi impian banyak orang. Ragam pesona pantai dan alam di sini menjadi faktor utama Pulau Dewata dikunjungi wisatawan. Meski begitu, banyaknya pantai justru kerap membuat wisatawan bingung memilih mana yang wajib dikunjungi. Tak perlu bingung, Pantai Pandawa bisa kamu jadikan destinasi terbaik selama di Bali.

Pantai Pandawa merupakan salah satu pantai berpasir putih yang cukup populer. Hamparan garis pantai yang landai, bibir pantai yang luas, serta kebersihan pantai yang terjaga menjadi daya tarik utama pantai ini. Kelebihan lain yang bisa kamu jumpai di sini adalah ombak yang tenang, sehingga cocok untuk dijadikan destinasi wisata keluarga.

Berlokasi di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, pantai ini juga menawarkan berbagai kegiatan dan atraksi seru untuk melengkapi liburanmu. Berikut adalah beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan saat menyambangi pantai berjuluk Secret Beach ini!

Mengunjungi lima patung ksatria Pandawa

Patung Ksatria Pandawa

Patung Ksatria Pandawa (Sumber: Shutterstock)

Pemandangan bukit kapur di sisi kiri dan kanan jalan akan menyambutmu ketika memasuki kawasan Pantai Pandawa. Pantai ini terletak di balik tebing kokoh yang membuatnya tampak eksotis. Tak hanya hamparan tebing, pengelola pun memasukkan unsur budaya di pantai ini. Terdapat lima patung ksatria Pandawa yang diletakkan di antara dinding-dinding tebing, mereka adalah Arjuna, Bima, Yudistira, Nakula, dan Sadewa.

“Pantai ini diberi nama “Pandawa” dari kisah Mahabarata. Pantainya bersih dan airnya jernih. Ada beberapa spot di dekat bibir pantai yang bagus untuk mengambil swafoto. Saya merekomendasikan pantai ini untuk dikunjungi ketika berlibur ke Bali,” tulis akun bernama mail3dexter asal Mumbay, India di TripAdvisor.

Kelima patung “penjaga” pantai tersebut diukir dengan indah oleh para seniman asli Bali. Di lokasi yang sama, ada pula patung Dewi Kunti yang merupakan ibu dari kelima ksatria Pandawa. Semua patung-patung tersebut berwarna putih dengan tinggi sekitar lima meter, diberikan kain warna ungu di bagian pinggang, dan berjajar menghadap ke pantai.

Berenang sambil menikmati pesona pantai

Keindahan pantai ini tak perlu  kamu ragukan lagi. Pasir putih yang bersih, air laut yang jernih, dan ombak yang relatif tenang akan menarik perhatian setiap pengunjung untuk berenang atau menikmati keindahan pantai sambil duduk santai. Panorama yang ditawarkan tentu tak akan membuat kamu bosan menghabiskan waktu di sini. Apalagi, pantai ini tergolong cukup sepi dibanding dengan suasana Pantai Kuta dan Pantai Nusa Penida.

Bean bag pantai pandawa

Kursi-kursi untuk bersantai (Sumber: Shutterstock)

Bagi yang ingin bersantai di tepian, cobalah menuju sisi kanan pantai. Ada banyak jasa penyewaan kursi lengkap dengan payung lebar dengan harga terjangkau. Cocok sekali untuk dijadikan tempat berteduh sambil menikmati keindahan pantai dan keseruan pengunjung yang sedang bermain air.

“Pasirnya bersih, air lautnya biru, dan pantainya indah. Saya senang dapat berenang di sini. Apalagi, di sini banyak penyewaan kursi pantai dengan harga terjangkau. Sangat nyaman,” tulis Vierly R di TripAdvisor.

Bermain perahu kano

Kano Pantai Pandawa

Kano (Sumber: Shutterstock)

Tidak hanya berenang, di sini kamu juga bisa bermain kano (perahu kecil yang digerakkan dengan dayung). Kano berkapasitas satu orang bisa kamu sewa dengan tarif Rp25.000 per satu jam. Untuk kano yang dimainkan dua orang, umumnya dibanderol dengan harga Rp50.000 per satu jam.

Kamu bisa mengelilingi pantai sambil melihat keindahan laut kebiruan dan kemegahan tebing kapur. Jangan takut tenggelam karena kamu juga akan dilengkapi fasilitas jaket pelampung. Jadi, pastikan memakai jaket pelampung supaya kegiatan bermain kano lebih aman.

“Pantai ini cukup luas di mana hampir tidak ada orang! Saya pergi ke sana hanya untuk bersantai dan mencoba bermain kano,” tulis Stephan202, turis asal Frankfrut, Jerman, di TripAdvisor.

Melihat budidaya rumput laut

Selain untuk tujuan wisata dan olahraga air, sisi barat pantai ini juga dimanfaatkan untuk budidaya rumput laut oleh penduduk setempat. Di sini, kamu bisa melihat langsung aktivitas para petani bekerja, mulai dari mengikat bibit, menanam, hingga menjemur rumput laut. Bahkan, kamu juga diberi kesempatan untuk turut membudidayakan rumput laut. Kegiatan ini tentu bisa kamu jadikan alternatif yang menyenangkan selama berada di Pantai Pandawa.

Bermain paragliding di Bukit Timbis

Pernah terpikir untuk menikmati semua keindahan Pantai Pandawa dari udara? Jika kamu berani, cobalah aktivitas paragliding atau paralayang di Bukit Timbis! Karakter tebing dan hembusan angin yang pas menjadikan lokasi ini sempurna untuk kamu “terbang” melihat keindahan pantai dari atas.

Untuk bisa menikmati aktivitas seru ini, ada banyak jasa penyewaan peralatan paragliding. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp400.000, tergantung jenis paket yang kamu ambil. Jika kamu tertarik mencobanya, waktu terbaik untuk terbang adalah siang hingga sore hari apabila cuaca mendukung.

Merelaksasi tubuh dengan pijat tradisional

Sembari duduk menikmati pemandangan sekitar, manjakan tubuhmu dengan mencoba jasa tukang pijat yang banyak ditawarkan penduduk lokal. Harganya pun bervariasi mulai Rp40.000 hingga Rp130.000, tergantung jenis layanan yang kamu pilih. Tak hanya pijat refleksi, layanan yang ditawarkan juga termasuk pijat khas Bali, pijat Pandawa, pijat refleksi kaki, serta manikur dan pedikur. Setelah melepas lelah dan memanjakan diri dengan pijat tradisional, kamu bisa merasa lebih segar dan relaks melanjutkan liburanmu di Pulau Dewata.

Berselancar menaklukkan ombak

Daya tarik lain Pantai Pandawa adalah ombak yang sangat ideal untuk kegiatan berselancar atau surfing. Gulungan ombak yang tinggi dan konsisten menjadi favorit para peselancar asing. Apalagi, kondisi pantai yang tidak terlalu ramai membuat peselancar bisa menantang ombak dengan lebih leluasa.

Meskipun begitu, kondisi ombak selalu berbeda-beda setiap waktu. Pantai ini akan ramai dikunjungi peselancar profesional saat musim hujan, yaitu sekitar bulan Oktober hingga April. Waktu terbaik ini selalu dimanfaatkan peselancar untuk menaklukkan gelombang besar. Namun untuk pemula, cobalah datang antara bulan Maret hingga November. Pada bulan-bulan tersebut, kondisi ombak cenderung lebih bersahabat sehingga cocok untuk belajar surfing.

Berburu suvenir unik

Bagi yang gemar berbelanja, di kawasan wisata ini juga tersedia beberapa toko yang menjual pakaian, kerajinan seni, kain, serta suvenir unik khas Bali. Kamu bisa mendapatkan harga murah yang tidak jauh berbeda dengan yang dijual di pasar khusus oleh-oleh. Dengan begini, kamu bisa membawa pulang buah tangan untuk keluarga maupun para sahabat tanpa harus merogoh uang banyak.

Itu dia beberapa aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Pantai Pandawa. Sebagai salah satu destinasi wisata populer di Bali, pantai ini pun sudah dilengkapi dengan fasilitas lengkap, mulai dari area parkir, kamar mandi, dan rumah makan. Semua keunggulan ini bisa dinikmati hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp8.000 per orang untuk wisatawan domestik dan Rp15.000 per orang untuk wisatawan asing.

Jika kamu ingin berlibur ke Pantai Pandawa, tempat wisata ini tidak memiliki jam operasional. Hanya saja, biasanya pantai ini akan lebih ramai dikunjungi ketika siang hari dan menjadi sepi setelah sore hari. Jadi, bagi kamu yang berencana untuk berlibur ke Bali dan berkunjung ke pantai ini, pastikan untuk memesan paket tiket dan hotel di Traveloka. Dengan memesan keduanya dalam bentuk paket, perencanaan liburan akan lebih praktis. Kamu pun dapat menikmati pengalaman liburan yang mengesankan di Bali dengan harga yang lebih hemat. Ayo, rencanakan liburan mulai dari sekarang!

Tulis komentarmu di sini: