20 Pantai di Bali Ini Cocok Untuk Wisata Air yang Seru

20 Pantai di Bali Ini Cocok Untuk Wisata Air yang Seru

Dulu, rasanya belum lengkap liburan di Bali kalau tak berkunjung ke Pantai Kuta. Tak hanya pantai di Kuta saja, sekarang ada banyak pantai di Bali yang harus kamu datangi karena memiliki keindahan tersendiri.

Dengan pesisir sepanjang hampir sejauh 600 km, Bali menyimpan puluhan spot menarik untuk aktivitas wisata air. Mulai dari berenang, berjemur, berselancar, snorkeling, diving, hingga flyboarding bisa kamu coba. Untuk merasakan pengalaman seru tersebut, Traveloka akan berikan rekomendasi 20 pantai di Bali yang cocok untuk aktivitas wisata air. Berikut ulasannya!

Pantai Kuta

Pantai Kuta (Sumber: Shutterstock)

Pantai di Bali yang satu ini sudah terkenal hingga ke mancanegara. Berada di selatan Denpasar, Pantai Kuta menawarkan hamparan pasir dengan panjang 1,5 km yang menghadap langsung ke Samudera Hindia. Di pantai ini, kamu bisa berjemur, berenang, berselancar, atau sekadar bermain air bersama anak-anak. Kamu pun bisa memasang tato temporer atau mengepang rambut dengan jasa yang ditawarkan oleh warga lokal.

Saat yang paling tepat untuk mengunjungi Pantai Kuta adalah sore hari. Kamu bisa menyaksikan sunset yang cantik berwarna oranye kemerahan. Selain itu, kamu juga bisa berjalan kaki merasakan suasana ramai yang khas di sekitar kawasan ini pada malam hari.

Pantai Sanur

Pantai Sanur (Sumber: Shutterstock)

Pantai Sanur dikenal sebagai “Sunrise Beach” karena berada di sebelah timur Bali. Meski ombak di pantai ini kecil, kamu tetap bisa melakukan beberapa aktivitas seru, seperti berendam, snorkeling, dan diving.

Berbeda dari pantai lainnya yang terkenal sebagai spot menikmati pemandangan sunset, di sini kamu harus menyaksikan matahari terbit yang indah. Untuk menunggu momen ini, kamu bisa sambil menikmati kuliner di restoran maupun warung yang ada di sekitar pantai. Pilihan lainnya, kamu bisa mencari hotel di dekat Pantai Sanur agar lebih mudah mengejar momen matahari terbit.

Pantai di Tanah Lot

Pantai di Tanah Lot (Sumber: Shutterstock)

Salah satu pesisir Pulau Bali yang paling ikonik adalah Tanah Lot. Kompleks wisata ini berada di Desa Beraban, Tabanan. Meski bukan pantai berpasir putih, Tanah Lot merupakan destinasi yang paling ramai dikunjungi wisatawan. Di sini, kamu bisa melihat batu karang dan dua pura berusia ratusan tahun (satu berada di pinggir tebing, satunya lagi di batu karang tengah pantai).

Saat air surut, kamu bisa menyeberang dengan berjalan kaki ke tengah pantai untuk mengunjungi pura. Selain itu, kamu juga bisa bermain air di sekitar batu karang. Waktu yang tepat untuk mengunjungi lokasi ini adalah sore hari karena kamu bisa menikmati panorama matahari terbenam sambil berfoto dengan latar belakang yang cantik.

Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran (Sumber: Shutterstock)

Berada di sebelah selatan Pantai Kuta, Jimbaran merupakan salah satu kawasan wisata yang terkenal memiliki hamparan pantai pasir putih. Pantai ini berada di antara semenanjung selatan dan daratan bagian tengah Bali. Aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di Pantai Jimbaran adalah berjemur dan menikmati pesona sunset.

Setelah itu, kamu bisa langsung mengunjungi restoran di pinggir pantai untuk makan malam romantis. Kamu bisa mencicipi banyak menu seafood yang lezat dengan harga beragam sambil ditemani cahaya lilin dan udara dingin khas pantai di malam hari. Tidak hanya untuk berwisata, Jimbaran juga bisa menjadi tempat yang pas untuk bermalam. Oleh karena itu, tersedia berbagai penginapan budget hingga hotel mewah dengan pelayanan lengkap ala bintang 5.

Pantai Tegal Wangi

Pantai Tegal Wangi (Sumber: Shutterstock)

Berlokasi tak jauh dari tempat wisata Jimbaran, terdapat sebuah pantai cantik yang harus kamu kunjungi juga, yaitu Pantai Tegal Wangi. Pantai ini memiliki batuan karang dan tebing curam yang menghadap lautan lepas. Dari atas tebing, kamu bisa menyaksikan keindahan pantai yang berombak cukup besar ini.

Beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di Tegal Wangi adalah duduk santai di atas batuan karang, bermain air di tepi pantai, trekking menuju tebing, serta menikmati matahari terbenam dari pesisir pantai. Karena jalurnya yang cukup terjal, kamu harus berhati-hati saat menyusuri pantai ini, ya!

Pantai di Tanjung Benoa

Pantai Tanjung Benoa (Sumber: Shutterstock)

Selain Jimbaran, kawasan wisata yang sedari dulu sangat terkenal di Kuta Selatan adalah Tanjung Benoa. Di kawasan ini, terdapat berbagai spot favorit yang bisa kamu kunjungi satu per satu. Lokasi pertama adalah Pantai Tanjung Benoa yang memiliki karakter ombak tenang dengan pasir putih yang landai.

Di sini, kamu bisa mencoba berbagai olahraga air yang menantang adrenalin, seperti banana boat, jet ski, parasailing, hingga flyboarding. Selain pantainya, kamu juga bisa mengunjungi Pulau Penyu (penangkaran penyu) dengan menggunakan glass bottom boat, perahu transparan yang bagian dasarnya terbuat dari kaca. Kamu bisa menikmati pemandangan bawah laut Tanjung Benoa tanpa perlu melakukan snorkeling.

Pantai Pandawa

Pantai Pandawa (Sumber: Shutterstock)

Belakangan ini, Pantai Pandawa kian populer di kalangan wisatawan. Dengan tiket masuk hanya Rp8.000 per wisatawan domestik, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan seru. Berenang, berjemur, menyewa kano untuk berkeliling pantai, atau sekadar menikmati pemandangan ombak dan pasir putih sembari memanggil jasa pijat tradisional patut kamu coba di pantai ini. 

Selain pantainya yang memukau, perjalanan ke Pandawa pun akan menyenangkan karena kamu akan dimanjakan pemandangan tebing-tebing kapur di sisi kanan dan kiri jalan. Kamu bisa berhenti sejenak untuk berfoto dengan latar belakang tebing atau pantai dari kejauhan. Jangan lupa juga untuk berfoto di beberapa patung besar di Pantai Pandawa.

Pantai Balangan

Pantai Balangan (Sumber: Shutterstock)

Kuta Selatan memang menyimpan banyak pantai cantik untuk menikmati pemandangan laut. Salah satu adalah Pantai Balangan di Kabupaten Badung. Dari tempat ini, kamu bisa menyaksikan sebagian Samudera Hindia dari tepi pantai yang berpasir putih. Karena terletak menghadap ke barat, Pantai Balangan pun menjadi salah satu tempat yang cocok bagi penikmat senja.

Pantai Dreamland

Pantai Dreamland (Sumber: Shutterstock)

Berada tak jauh dari Pantai Balangan, terdapat Dreamland atau New Kuta Beach menyuguhkan panorama alam yang sangat mengagumkan. Tak hanya pasir putih, kamu juga bisa menikmati ombak besar yang cocok digunakan untuk berselancar. Tak heran jika Pantai Dreamland banyak didatangi para peselancar dari dalam maupun luar negeri. Untuk masuk ke pantai ini, kamu hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp15.000.

Pantai Padang-padang

Pantai Padang-padang (Sumber: Shutterstock)

Masih di Kuta Selatan, terdapat sebuah pantai cantik yang dikelilingi batuan tebing dan memiliki hamparan pasir bersih bernama Pantai Padang-padang. Tak hanya pemandangan pesisir yang indah, pantai ini juga memiliki ombak besar yang cocok untuk tempat surfing. Di pantai ini, kamu juga bisa berenang, berjemur, menikmati panorama sunset, serta mencicipi makanan dan minuman yang dijual di warung-warung sekitar.

Pantai Double Six

Pantai Double Six (Sumber: Shutterstock)

Pantai Double Six berada di kawasan Seminyak dan masih satu garis dengan Pantai Kuta. Nama “Double Six” diambil dari nama sebuah bar di sekitarnya. Sama halnya dengan Kuta, Pantai Double Six memiliki kontur pantai yang landai dengan hamparan pasir yang menghadap langsung ke Samudera Hindia.

Pantai ini biasanya menjadi tempat nongkrong bagi wisatawan, terutama anak muda yang ingin menikmati senja sambil duduk-duduk santai di atas bean bag warna-warni dan mencicipi beragam hidangan lezat. Di sini, kamu pun bisa memesan berbagai jenis minuman, mulai dari jus hingga yang beralkohol.

Pantai Karma

Pantai Karma (Sumber: Shutterstock)

Pantai Karma menyuguhkan panorama pinggir laut yang luar biasa. Letaknya di Desa Ungasan bisa ditempuh dari bandara sekitar 1 jam. Ada dua cara untuk mencapai pantai ini. Cara pertama, kamu harus mampir ke Nammos Beach Club (Karma Kandara Resort) dan membayar sekitar Rp250.000 untuk menikmati makanan di restoran. Dari sana, kamu bisa memakai fasilitas kereta lift milik resor yang mengantar langsung ke pinggir pantai.

Cara kedua adalah kamu harus berjalan menuruni ratusan anak tangga hingga mencapai ke Pantai Karma. Bagi yang tak ingin mengeluarkan bujet banyak, cobalah cara kedua. Meski lelah, kamu bisa memiliki pengalaman lebih seru! Dengan pemandangan lautan biru yang luas dan suasana hening, bermain air di Pantai Karma pun dapat memuaskan liburan.

Pantai Mengiat

Pantai Mengiat (Sumber: Shutterstock)

Apabila kamu mencari pantai cantik dengan ombak yang tenang, Pantai Mengiat adalah salah satu pantai yang wajib disambangi. Berada di ujung Nusa Dua, pantai ini menawarkan suasana pesisir yang teduh dan menenangkan. Selain berenang, aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan di pantai ini adalah menikmati matahari terbit dan mengunjungi Pulau Peninsula yang menawarkan wisata air favorit Water Blow, di mana kamu akan berdiri terpercik ombak besar yang menghempas ke batuan karang.

Pantai Geger

Masih di kawasan Nusa Dua, terdapat sebuah pantai yang pernah dikunjungi rombongan Raja Salman saat berlibur di Bali. Pantai Geger memiliki pesona pinggir laut yang indah dengan hamparan pasir putih dan laut yang tenang. Sama halnya dengan Pantai Mengiat, siapa saja bisa datang ke sini gratis. Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di Pantai Geger adalah berenang, berjemur, bahkan melakukan sesi foto prewedding dengan menyewa unta. Keren!

Pantai Green Bowl

Pantai Green Bowl (Sumber: Shutterstock)

Pantai Green Bowl berada di Ungasan. Letaknya di tengah batuan tebing dan pepohonan yang masih asri. Dinamakan “Green Bowl” karena pantai ini saat airnya surut akan membentuk cekungan berwarna hijau yang berasal dari terumbu karang yang ada di pinggiran laut dangkal.

Green Bowl cocok menjadi destinasi kamu yang mencari pantai dengan suasana sepi. Untuk menikmati pantai ini, kamu dikenakan tiket masuk seharga Rp5.000 per orang. Setelah bayar tiket, kamu harus menuruni sekitar 300 anak tangga yang cukup curam untuk mencapai bibir pantai yang memiliki pemandangan memesona.

Pantai Amed

Pantai Amed (Sumber: Shutterstock)

Pantai Amed yang berada di Karangasem memiliki pesisir yang dikelilingi tebing-tebing tinggi. Pantai ini bersebelahan dengan Tulamben yang dikenal sebagai spot diving terbaik di Bali Timur. Di Pantai Amed, kamu bisa melakukan snorkeling dan menyelam untuk melihat keindahan bawah laut. Selain aktivitas itu, kamu bisa juga berjemur atau sekadar bermain air di bibir pantai.

Pantai Lovina

Pantai Lovina (Sumber: Shutterstock)

Lovina dikenal sebagai pantai paling populer di Bali Utara. Letaknya di Desa Wisata Kalibukbuk bisa ditempuh sekitar 9 km dari Singaraja. Di Pantai Lovina, kamu bisa melakukan banyak aktivitas seru, mulai dari berenang, melihat matahari terbit, hingga menyaksikan atraksi puluhan lumba-lumba di tengah laut.

Pantai Padangbai

Pantai Padangbai (Sumber: Shutterstock)

Pantai ini terletak di Desa Padangbai, Karangasem. Pantai Padangbai dikenal sebagai tempat wisatawan menyeberang dari Bali ke Pulau Lombok maupun Gili Trawangan. Di samping itu, Padang Bai juga memiliki dua pantai yang populer, yakni Pantai Blue Lagoon dan Bias Tugel.

Sesuai namanya, Pantai Blue Lagoon menyimpan pesona menakjubkan. Kamu bisa melihat hamparan pasir putih dengan butiran besar yang kontras dengan warna laut yang hijau kebiruan. Di sini, kamu bisa bermain air atau sekadar berjemur sambil menikmati pemandangan laut.

Bias Tugel

#biastugel #biastugelbeach #bali #visitindonesia 📷 fahrul

A post shared by biastugel (@biastugel) on

Selain Blue Lagoon, Bias Tuge juga merupakan pantai cantik di kawasan Padangbai. Pantai ini disebut “White Sand Beach” karena memiliki pasir putih dengan air laut yang jernih. Di sisi lain, kehidupan bawah air di Bias Tugel pun masih sangat alami. Kamu bisa melakukan snorkeling untuk menyaksikan pemandangan terumbu karang dan berbagai ikan hias laut. Wisatawan pun tidak dikenakan biaya untuk bisa menikmati keindahan pantai ini.

Pantai Prasi

Berada di Karangasem, Prasi merupakan salah satu pantai pasir putih yang cukup sepi. Suasana yang tenang dan asri membuat kamu bisa menikmati keindahan pantai sepuasnya. Tak hanya bersantai di pinggiran, kamu juga bisa berenang dan snorkeling menikmati keindahan bawah laut di Pantai Prasi. Untuk bisa merasakan pesona pantai ini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar dua jam dari Denpasar.

***

Dengan segala keindahan yang dimiliki pantai-pantainya, Bali memang cocok dijadikan sebagai destinasi wisata untuk kamu yang ingin menghabiskan liburan dengan sempurna. Beragam pantai dengan panorama cantik pun menawarkan banyak aktivitas menarik yang akan menambah pengalaman berkesan untuk para pengunjung.

Bagi kamu yang ingin menikmati panti dengan keindahan laut biru dan aktivitas air, jangan tunggu lebih lama lagi. Ayo ajak teman-teman maupun keluarga untuk berlibur ke Bali! Gunakan aplikasi Traveloka untuk booking tiket pesawat dan hotel untuk mendapatkan akomodasi terbaik dengan harga terjangkau.

2 Shares
Share2
Pin
Share
Tweet
+1