0

Traveloka Team

15 Jan 2020 - 8 min read

15 Wisata Air Terjun di Bali, Tempat Wajib untuk Kamu Petualang Mania!

Bagian Bali utara memang terkenal dengan wisata air terjunnya yang indah. Cek rekomendasinya di sini.

Wisata Air Terjun di Bali - Selama ini, Bali lebih dikenal dengan wisata pantainya. Tapi, tahukah kamu bahwa pantai bukan satu-satunya destinasi wisata air yang bisa kamu kunjungi di Bali? Pulau Dewata ini ternyata menyimpan banyak wisata air terjun. Namun, lokasi yang sulit dijangkau kerap membuat wisatawan enggan berkunjung. Padahal jika mencari informasi lebih jeli lagi, sudah banyak wisata air terjun yang memiliki akses terjangkau.

Nah, bagi kamu yang ingin menikmati pengalaman berlibur sekaligus bertualang di Bali dengan cara berbeda, air terjun dapat menjadi destinasi yang tepat. Tidak hanya memiliki air yang jernih, air terjun di Bali juga menyuguhkan pemandangan alam yang memesona. Ayo, cari tahu ulasan 15 wisata air terjun yang bisa kamu kunjungi di Bali!

Wisata Air Terjun di Bali

1. Air Terjun Tibumana

(Sumber:@liburanbali)

Lokasi: Banjar Bangun, Lemah Kawan, Desa Apuan, Kecamatan Susut, Bali.

Harga Tiket: Rp 5.000/orang

Air terjun yang terletak di Desa Apuan, Kabupaten Bangil ini belum banyak diketahui keberadaannya oleh para wisatawan. Padahal, Air Terjun Tibumana ini menyimpan keunikan dan keindahan yang tak didapatkan di air terjun mana pun. Sebab, di sana terdapat dua buah air terjun yang sama-sama mengalir deras berbentuk dua buah garis simetris.

Air Terjun Tibumana memiliki ketinggian 20 meter. Selain itu, tampak pepohonan mengelilingi air terjun tersebut sehingga membuat pemandangan semakin indah layaknya sebuah lukisan.

Di balik air terjun ini, ada sebuah gua yang akan mengantarkanmu ke Pura Gua Raja Besakih. Di sekelilingnya ada banyak bebatuan besar berwarna hijau karena tertutupi oleh lumut.

Kamu juga bisa menikmati kolam air terjun yang dingin dan sejuk. Berenang atau hanya sekedar merendam kaki merupakan aktivitas yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Air Terjun Tibumana.

2. Air Terjun Gitgit

(Sumber:@bali_heaven2017)

Lokasi: Jl. Raya Bedugul - Singaraja, Gitgit, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali 81161

Tak jauh dari pusat kota, membuat wisata ini terkenal dan mudah diakses wisatawan. Dengan ketinggian kurang lebih 35 meter dan memiliki debit air yang cukup deras, tidak heran jika banyak wisatawan yang mampir untuk bermain air hingga berenang atau mengabadikan momen di air terjun tersebut.

Sepanjang jalan menuju lokasi wisata ini, terdapat hamparan perkebunan cengkeh dan kopi. Selain itu pula masih banyak persawahan yang membuat perjalananmu akan terasa menyenangkan.

3. Air Terjun Blemantung

(Sumber:@bobbahar)

Lokasi air terjun ini tepat berada di belakang sebuah Pura yang dinamai Taman Sari. Jika kamu berada di Denpasar, kamu hanya memerlukan waktu sekitar 2 jam berkendara untuk sampai ke air terjun ini.

Memiliki ketinggian 50 meter, air terjun ini terlihat begitu besar, tinggi menjulang. Perpaduan pemandangan dari Pura Taman Sari dan Air Terjun Blemantung ini begitu eksotik dan instagramable.

Panorama seperti ini tak boleh dilewatkan begitu saja karena perpaduan budaya dan alam yang masih asri sangat menarik untuk dikunjungi. Jika berkunjung ke air terjun ini, pastikan membawa baju ganti karena di kolam air terjun kamu diperbolehkan untuk berenang sepuasnya.

Lebih asyik lagi ternyata setiap pengunjung bebas masuk dan tidak dikenai biaya alias gratis. Wah, seru banget!

4. Air Terjun Melanting

(Sumber:@didukmiru)

Lokasi: Jl. Air Terjun Melanting No.Desa, Gobleg, Kec. Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali 81152

Air Terjun Melanting memiliki ketinggian sekitar 20-30 meter, sehingga membuat curah air cukup deras menukik ke dasar air. Air terjun ini berada di ketinggian antara 800-900 mdpl sehingga wisatawan harus mendaki untuk bisa mencapai lokasi Air Terjun Melanting. Namun semua perjuanganmu akan terbayarkan dengan pemandangan memanjakan mata.

Jangan lupa untuk membawa baju hangat untuk berjaga-jaga karena suhu di sana cukup dingin. Meskipun berada di ketinggian, terdapat warung makan untuk melepas lelah sambil menikmati hidangan Khas Bali yang menggugah selera.

5. Air Terjun Aling-aling

(Sumber:@lelungan.id)

Lokasi: Dinas Banjar Anyar, Jl. Raya Desa Sambangan, Banjar, Sambangan, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali 81161

Air terjun Aling-aling adalah salah satu lokasi wisata yang cukup menantang dan cocok untukmu yang suka olahraga memicu adrenalin. Bagaimana tidak, mulai dari perjalanan menuju lokasi saja kamu sudah harus menguras keringat dengan menuruni ratusan anak tangga. Setelah itu kamu masih harus menyeberangi sungai.

Setelah sampai di sana, kamu bisa menguji nyali dengan terjun dari ketinggian 35 meter dari arah puncak air terjun meluncur ke kolamnya yang memiliki kedalaman 2-4 meter. Sebuah tantangan bagi para petualang mania. Seru bukan?

Untuk bisa sampai ke sini, kamu memerlukan waktu tempuh sekitar setengah jam saja dari arah kota Singaraja. Dengan membayar tiket masuk seharga Rp5.000 saja kamu sudah bisa mendapatkan tempat wisata yang tidak akan terlupakan.

6. Air Terjun Nungnung

(Sumber:@africahakunamatata)

Lokasi: Desa Nungnung, Kecamatan Petang, Badung.

Air terjun ini sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah sehingga lebih ramah wisatawan khususnya bagi anak-anak. Hal ini dapat terlihat dengan adanya gazebo-gazebo yang sengaja didirikan untuk tempat beristirahat para pengunjung. Akses menuju tempat wisata ini juga sudah direnovasi sehingga menjadi lebih mudah.

Berada di ketinggian 900 mdpl, dengan tinggi air terjun sekitar 50 meter tentu membuat suasana di sekitar terasa sejuk cenderung dingin. Saat berada di sana, pastikan kamu tetap memperhatikan kondisi sekitar, karena terdapat banyak bebatuan yang berlumut dan licin.

7. Air Terjun Lemukih

(Sumber:@rhuhri)

Lokasi: Desa Lemukih, Kecamatan Sawan, Buleleng

Air terjun Lemukih memiliki pesona yang luar biasa. Bagaimana tidak, di sini, terdapat tiga air terjun sekaligus yang mana dua diantaranya masih tersembunyi di balik lebatnya pepohonan yang mengelilinginya. Kamu hanya bisa mendengarkan suara riuhnya air terjun tanpa bisa melihatnya dengan jelas. Sungguh sebuah pengalaman liburan yang menakjubkan.

Sementara air terjun yang dapat terlihat memiliki ketinggian 4 meter di atas kolam air terjunnya. Jalan menuju ke sana cukup mudah dan dekat. Kamu hanya perlu berjalan kurang lebih 200 meter saja.

8. Air Terjun Bayumala

Lokasi: Desa Pakraman Wanagari, Kecamatan Sukasada, Buleleng

Air terjun Banyumala belum banyak menyedot perhatian wisatawan. Hal ini bisa jadi karena akses menuju lokasi masih terbilang cukup sulit dan curam. Tapi, hal inilah yang jadi keunggulan air terjun ini dibandingkan air terjun lainnya.

Sebab, sesampainya di sana, kamu bisa sepuasnya menikmati keindahan air terjun ini karena pengunjung yang tak terlalu banyak. Walaupun masih sepi pengunjung, tentu saja kondisi itu tidak mengurangi pesona wisata air terjun ini karena kesejukan dan keindahannya mampu membuat siapapun betah berlama-lama di sana.

9. Air Terjun Peguyangan

(Sumber:@liburanhemat.id)

Lokasi: Desa Batu Kandik, Nusa Penida

Air terjun Peguyangan berada di tepian pantai. Hal ini merupakan salah satu keunikan yang tak didapatkan dari air terjun lainnya. Selain itu, air terjun ini juga berada di samping pura.

Oleh sebab itu, masyarakat sekitar menganggap air yang dari air terjun ini merupakan air suci. Kolam yang berada di bawahnya bisa kamu jadikan tempat berenang dan berendam sambal menikmati indahnya pemandangan tebing yang menjadi latar air terjun ini.

Namun untuk mencapai air terjun ini kamu harus menuruni 460 anak tangga yang lumayan curam. Pastikan kamu selalu berhati-hati ya.

10. Air Terjun Tegenungan

(Sumber:@infowisatabali)

Lokasi: Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali

Harga Tiket: Rp 10.000 per orang

Air terjun yang memiliki lokasi hanya berjarak 16 kilometer dari pusat kota Denpasar ini hanya memerlukan waktu 45 menit naik kendaraan untuk bisa sampai ke tujuan. Terletak di dataran rendah dengan ketinggian 15 meter, membuat destinasi wisata ini cukup mudah diakses.

Pengelolaannya pun baik karena sudah dilengkapi berbagai fasilitas umum yang memadai. Sehingga membuat wisatawan betah dan merasa nyaman saat berkunjung ke air terjun tersebut.

11. Air Terjun Munduk

(Sumber:@o_l_e_4_k_a_ya)

Lokasi: Jl Raya No.Desa, Munduk, Kec. Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali 81152

Air terjun ini masih satu lokasi dengan Air Terjun Melanting. Air terjun dengan ketinggian 20 meter ini memiliki kolam air yang cukup luas untuk tempat berenang dan berendam.

Dikelilingi oleh dataran yang luas membuat para pengunjung bisa berkumpul dan beristirahat dengan nyaman. Selain itu, tumbuhan yang mengitarinya juga membuat suasana menjadi sejuk juga segar. Tempat yang cocok untuk melepas penat dan menghilangkan stres.

12. Air Terjun Sekumpul

(Sumber:@lelungan.id)

Lokasi: Sekumpul, Kec. Sawan, Kabupaten Buleleng, Bali

Harga Tiket: Rp 10.000/orang

Air terjun Sekumpul termasuk salah satu air terjun tertinggi di Bali dengan ketinggian mencapai 100 meter. Air terjun ini berjarak sekitar 76 kilometer dari Denpasar. Air terjun ini merupakan satu-satunya dari ketujuh air terjun di kawasan Buleleng yang memiliki akses paling mudah dijangkau.

Kamu harus menyeberangi sungai dan melanjutkan dengan berkendara selama beberapa jam sebelum sampai ke sana. Perlu diwaspadai sebaiknya jangan berkunjung saat musim hujan. Curah hujan yang tinggi menyebabkan aliran sungai cukup deras dan meluap sehingga dikhawatirkan membahayakan saat berada di lokasi.

13. Air Terjun Jembong

(Sumber:@bali.trip)

Lokasi: Desa Ambengan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng.

Kemiringan yang membentuk air terjun ini terbilang cukup unik karena berbeda dengan tebing yang biasa membentuk air terjun lain. Dengan kemiringan mencapai 75 derajat membuat air terjun Jembong terlihat lebih landai.

Pada kolam air terjunnya, memiliki kedalaman 1 meter. Kamu bisa berenang dan berendam sepuasnya sambil menikmati pemandangan asri yang tersaji di depan mata. Lokasi air terjun ini berjarak 15 kilometer saja dari Bedugul.

Sepanjang perjalanan menuju Jembong, kamu akan disuguhi pemandangan yang tak kalah indahnya yaitu hamparan kebun coklat yang lebat. Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan pemandangan yang indah ini ya.

14. Air Terjun Yeh Mempeh

(Sumber:@tommy_38)

Lokasi: Buleleng, Les, Kec. Tejakula, Kabupaten Buleleng, Bali

Harga Tiket: Rp 10.000/orang

Dengan ketinggian mencapai 30 meter di atas kolamnya, air terjun Yen Mempeh dikelilingi oleh bebatuan besar. Perlu kehati-hatian saat menginjak setiap bongkah batunya karena banyak batu besar yang berlumut sehingga licin.

Aksesnya terbilang mudah membuat pesona Yen Memper semakin popular untuk jadi tempat tujuan wisata. Cukup membayar Rp.10.000 kamu sudah bisa menikmati keindahan alam yang asri dan segar sambil berenang menikmati sejuknya air.

15. Air Terjun Tembok Barak

(Sumber:@debbybhismantara)

Lokasi: Gg. Cengkeh, Sambangan, Kec. Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali 81161

Keunikan air terjun ini adalah air yang muncul berasal dari sela-sela tebing bebatuan yang berwarna merah. Itulah mengapa disebut Tembok Barak yang artinya tembok merah.

Karena terbilang rendah, maka deburan air yang jatuh pun tidak besar, hanya menimbulkan suara deraian air yang tenang dan syahdu.

Berlokasi di Gang Cengkeh, Sukasada, Buleleng, kamu membutuhkan waktu tempuh 1-1,5 jam dari pusat kota menaiki kendaraan bermotor.

Wisata air terjun di Bali memang tidak ada habisnya dibahas karena akan ada saja pesona yang terpancar dari kemurnian alam yang masih segar dan alami. Buat kamu yang belum memiliki rencana liburan, jangan pikir panjang lagi, segera tentukan destinasi wisata untuk membuat hari-harimu semakin seru dan indah untuk dikenang.Cek akomodasi dan tiket pesawatnya di Traveloka sekarang!

Hotel & Penginapan Terbaik di Bali

Temukan lebih banyak pilihan hotel dan penginapan di Bali dengan penawaran terbaik di Traveloka

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan