Australia: Jelajah Alam Liar Hingga Menyantap Daging Kanguru, Semua Bisa!

Ayu
By Ayu 05 December 2016

Memutuskan berlibur ke Australia untuk pertama kalinya, tapi belum tahu mau melakukan apa dan di mana? Negara sekaligus benua ini memiliki luas wilayah yang tak habis dijelajahi dalam waktu singkat. Agar bisa memanfaatkan waktu liburanmu dengan maksimal selama di sana, kamu sebaiknya tahu jenis traveling seperti apa yang ingin dilakukan.

Untuk memudahkanmu menentukan pilihan, Traveloka telah merangkum empat jenis traveling yang bisa kamu lakukan di Australia:

1. Wisata alam

Salah satu pemandangan dari Blue Mountain yang memukau. (Sumber: Shutterstock)

Salah satu pemandangan dari Blue Mountain yang memukau. (Sumber: Shutterstock)

Bagi sebagian orang, menjelajahi alam liar merupakan esensi sebenarnya dari traveling. Jika kamu berpikir hal yang sama, Australia adalah pilihan tepat. Negara ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, mulai dari hutan sampai ekosistem bawah lautnya. Tak mengherankan, Australia memiliki lebih dari 500 taman nasional yang tersebar di seluruh wilayahnya!

Kegiatan alam macam apa yang bisa dilakukan di Australia? Banyak. Kamu yang hobi menyelam dan snorkeling, The Great Barrier Reef yang memanjang sejauh 3.000 km dari garis pantai Queensland akan membuatmu betah berlama-lama menikmati keindahan lautnya. Kawasan taman laut ini memiliki lebih dari 400 jenis karang dan sekitar 1.500 spesies ikan perairan tropis.

Lebih suka trekking dan mendaki gunung? Blue Mountains National Park yang terletak 81 km dari Sydney bisa memuaskan hobimu. Dengan jalur pendakian sepanjang 140 km, taman nasional ini menampilkan pemandangan alam menakjubkan. Kamu juga bisa menikmati megahnya air terjun dan lukisan batu kuno suku Aborigin. Menariknya lagi, kamu bisa menuruni Jamison Valley dengan menggunakan kereta gantung atau kereta luncur sesuai pilihanmu di Katoomba Scenic World, salah satu tempat wisata yang berada di dalam kawasan Blue Mountains National Park.

Rekomendasi taman nasional: The Great Barrier Reef, Blue Mountains National Park, Uluru-Kata Tjuta National Park, Grampians National Park, Flinders Ranges National Park, Shark Bay

2. Wisata urban

Sydney Harbour Bridge yang melegenda di Australia. (Sumber: Shutterstock)

Sydney Harbour Bridge yang melegenda di Australia. (Sumber: Shutterstock)

Kawasan perkotaan Australia tak kalah menarik dibanding pesona alamnya. Bangunan pencakar langit modern berpadu dengan arsitektur bergaya klasik bisa menjadi “hutan kota” yang siap kamu jelajahi. Sydney dan Perth disebut-sebut sebagai dua kota di Australia yang menarik untuk dijelajahi para traveler.

Selama di Australia, kunjungi landmark unggulan yang biasanya hanya kamu lihat di televisi. Di Sydney, misalnya, kamu bisa memanjat Harbour Bridge yang melegenda. Jembatan yang menghubungkan pusat kota dengan Sydney bagian utara ini memiliki delapan jalur lalu lintas mobil. Istimewanya, sejak tahun 1998, atap jembatan bisa dipanjat oleh orang-orang yang ingin menyaksikan panorama kota Sydney dari ketinggian maksimum 134 meter. Tentu saja sebelumnya kamu dibekali dengan peralatan keselamatan yang memadai untuk dikenakan selama melakukan kegiatan ekstrem ini.

Di Perth, kamu wajib mengunjungi The Fremantle Markets yang merupakan bagian sejarah dari Australia Barat. The Fremantle Markets dibangun dengan gaya era Victoria pada tahun 1897. Di pasar yang buka setiap hari Jumat – Minggu ini, kamu akan melihat kombinasi yang pas antara kehidupan modern dan sisa-sisa sejarah Australia. Temukan kerajinan tangan khas suku Aborigin dan hasil kebun yang masih segar dari petani setempat. Pada saat-saat khusus, kamu juga bisa menyaksikan pertunjukan musik secara live dari musisi lokal yang kualitasnya tak bisa dipandang sebelah mata.

Rekomendasi tempat wisata urban: Harbour Bridge, Sydney Fish Market, The Fremantle Markets, Perth Zoo, Royal Botanic Gardens, Melbourne Cricket Ground

3. Wisata seni dan budaya

The Art Gallery of New South Wales saat menjadi lokasi pameran kebudayaan Australia, Asia dan Eropa di tahun 2014. (Sumber: Shutterstock)

Art Gallery of New South Wales saat menjadi lokasi pameran kebudayaan Australia, Asia dan Eropa di tahun 2014. (Sumber: Shutterstock)

Kamu yang menyukai segala hal tentang seni dan budaya juga bisa menikmati Australia dengan leluasa. Keragaman seni dan budaya Australia bisa dilihat dari megahnya gedung teater sampai kreatifnya kurasi setiap galeri di sini. Selain banyaknya museum dan galeri seni, pemerintahan Australia juga aktif memasarkan industri pariwisata melalui berbagai festival memukau.

Tentu saja kamu tak boleh melewatkan Sydney Opera House yang merupakan satu landmark ikonis di Australia. Gedung yang selesai dibangun pada tahun 1973 ini disebut-sebut sebagai salah satu warisan arsitektur termegah abad 20. Sydney Opera House menjadi tempat penyelenggaraan banyak pertunjukan musik dan teater, pameran lukisan, dan beragam pagelaran seni lainnya.

Bergeser ke Brisbane, jangan lupa mampir ke Queensland Art Gallery and Gallery of Modern Art (QAGOMA). Dibuka pada tahun 2006, QAGOMA menjadi galeri seni kontemporer terbesar di Australia. Pameran karya seni dari seniman kelas dunia pernah digelar di sini, sebut saja Andy Warhol dan Pablo Picasso.

Rekomendasi museum dan galeri: Sydney Opera House, QAGOMA, National Gallery of Victoria, The Perth Institute of Contemporary Arts, Tasmanian Museum and Art Gallery, Canberra Museum and Gallery

4. Wisata kuliner

Fish and chips, kuliner enak yang mudah ditemukan di daratan Australia. (Sumber: Shutterstock)

Fish and chips, kuliner enak yang mudah ditemukan di daratan Australia. (Sumber: Shutterstock)

Makanan enak bisa kamu temukan di seluruh penjuru Australia. Karena penduduknya berasal dari beragam ras dan migrasi berbagai negara, kamu bisa dengan mudah menemukan makanan khas Timur Tengah hingga Eropa. Meskipun begitu, kamu perlu tahu tempat makan mana saja yang wajib dicicipi selama berada di Australia.

Di Sydney, Doyle’s on the Beach akan memuaskan lidahmu dengan hidangan seafood yang menggugah selera. Restoran yang buka sejak tahun 1885 ini menyajikan beraneka ragam olahan ikan, udang, dan makanan serba laut lainnya. Menu favorit di sini  adalah fish and chips. Tersedia juga porsi jumbo yang cocok untuk disantap bersama teman atau keluarga.

Ingin coba kuliner ekstrem tapi menyehatkan? Cobalah mencicipi daging kanguru yang dinilai memiliki kandungan protein, omega 3, dan vitamin yang tinggi, tapi kadar lemaknya tetap rendah. Meskipun dianggap sebagai lambang negara, tapi mengonsumsi daging kanguru adalah legal. Bahkan, sejumlah restoran mengolah daging kanguru menjadi macam-macam hidangan seperti burger, pizza, dan steak. Dua restoran yang menyediakan olahan daging kanguru dengan rasa yang pas adalah The Beer & Burger Bar di Melbourne dan The Green Herring di Canberra.

Rekomendasi kuliner: Pavlova, meat pie, lamingtons, chicken parmigiana, barramundi, green chicken curry pie

Selain mengatur waktu, mengetahui jenis traveling seperti apa yang ingin kamu lakukan juga bisa membantumu mengatur bujet liburan. Buat perencanaan sedetail mungkin, segera berburu tiket pesawat murah ke Australia beserta hotel terbaik dengan harga yang ramah kantong. Semoga liburanmu ke Australia berjalan menyenangkan!

Tulis komentarmu di sini: