0

Traveloka Team

30 Jan 2020 - 3 min read

Tips Traveling Saat Berpuasa

Bulan Ramadan menjadi salah satu momen yang selalu ditunggu oleh umat muslim. Meski begitu, kegiatan puasa di dalamnya kerap dianggap sebagai penghalang beragam aktivitas sepertitraveling. Padahal, kamu masih bisa melakukan hobi jalan-jalan dengan menerapkan beberapa caralho!

Ada beragam cara yang bisa kamu lakukan agar tetap bertenaga selamatraveling. Ayo simak tipstravelingsaat puasa berikut agar momen Ramadan kamu lebih menyenangkan!

1. Cermat Memilih Destinasi

Bagi penyuka wisata pemacu adrenalin, sebaiknya kamu harus meredam dulu keinginan untuk melakukan kegiatan seperti mendaki gunung, arung jeram, atau aktivitas berat lainnya saat berpuasa. Kurangnya asupan saat berpuasa harus kamu pertimbangkan untuk menentukanitinerary traveling.

Sebagai pilihan, kamu bisa berwisata sejarah dengan mengunjungi museum atau masjidiconicdi lokasi wisata. Selain itu, kamu bisa mengganti aktivitastrekkingdengan berjalan-jalan di pusat kota, taman, ataupun melakukanmall hopping. Tak hanya itu, waktutravelingpun perlu kamu pertimbangkan. Sore hari atau jelang berbuka adalah waktu paling tepat untuk berwisata maupun memulai perjalanan wisata kamu.

2. Sahur bernutrisi

Saat merencanakantravelingdi bulan puasa, sahur menjadi aktivitas wajib yang tidak boleh kamu lewatkan. Pasalnya, tubuh memerlukan energi yang lebih banyak agar mampu melakukantravelingsesuai rencana kamu.

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar selama berwisata, kamu perlu menyantap menu sahur yang padat akan nutrisi. Pastikan pula untuk memenuhi asupan karbohidrat, protein, dan serat. Agar lebih maksimal, hindari minum kopi ataupun teh saat sahur karena akan memicu intensitas buang air kecil yang akan membuat kamu lebih mudah haus. Jadi, cukup minum air putih dan susu saja ya!

3. Minimalisasi barang bawaan

Melakukan perjalanan menuju lokasi wisata saat berpuasa tentu bisa menguras banyak tenaga kamu. Jika tak ingin tenaga semakin terkuras, cobalah untuk meminimalisasi barang bawaan. Saat berkemas, bawalah barang seperlunya seperti dompet, kamera, paspor, perlengkapan salat, dan pakaian yang dibutuhkan. Dengan begitu, ransel atau koper kamu akan terasa lebih ringan.

Selain itu, kamu bisa membawa tas kecil untuk digunakan saat berwisata. Jadi, kamu tak perlu lagi membawa koper atau ransel ke semua tujuan wisata. Selain mengurangi beban bawaan, cara ini akan mengurangi risiko berbahaya saat kamu membawa barang berlebihan.

4. Siapkan perbekalan

Meski sedang berpuasa, sebotol kecil air putih dan camilan tetap perlu kamu bawa saattraveling. Hal tersebut untuk mengantisipasi jika kamu harus berbuka puasa di perjalanan.

Cara ini juga akan berguna bagi kamu yangtravelingke daerah pedalaman maupun negara yang jarang menyediakan makanan halal. Dengan begitu, kamu bisa segera membatalkan puasa dan mengganjal rasa lapar dan haus selagi mencari tempat makan yang sesuai.

5. Ketahui waktu sahur dan berbuka

Kamu tentu sudah paham bukan jika setiap wilayah di dunia memiliki perputaran waktu yang berbeda? Begitu pula dengan perbedaan waktu sahur dan berbuka. Untuk itu, kamu perlu mengetahui waktu sahur dan berbuka lokasi tujuan jika bepergian ke luar kota ataupun luar negeri.

Agar lebih mudah, kamu bisa mengunduh berbagai aplikasi pengingat waktu salat di ponsel pintar melalui AppStore atau PlayStore. Biasanya, aplikasi tersebut juga menyediakan fitur pengingat waktu imsak untuk membantu kamu saat sahur. Jadi lebih mudah, bukan?

***

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa tetap lancartravelingsaat berpuasa. Ingat, puasa tidak perlu jadi penghalang untuk melakukan aktivitas yang kamu sukai. Dengan perencanaan yang matang,travelingkamu saat bulan puasa juga bisa berjalan lancar. Lalu, apa tipstravelingversi kamu di bulan puasa? Bagikan di kolom komentar, ya!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan