0

Traveloka Team

11 Jan 2020 - 2 min read

Tips Liburan Seru Bersama Keluarga

Liburan bersama keluarga tentu menjadi momen yang ditunggu setiap tahunnya. Mengunjungi berbagai tempat baru dengan orang terkasih bisa menjadi pengalaman seru yang tidak boleh kamu lewatkan. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika berlibur bersama keluarga, seperti menambah keceriaan, mempererat hubungan, serta menjadi ajang berbagi cerita.

Namun untuk mendapatkan momen seru selama liburan, persiapan harus dilakukan dengan matang, terlebih jika kamu membawa si kecil. Agar perjalanan bersama keluarga tetap menyenangkan, berikut beberapa tips yang perlu kamu perhatikan:

1. Pilih waktu perjalanan saat jam tidur

(Sumber: Shutterstock)

Waktu keberangkatan dan kepulangan menjadi hal penting yang perlu diperhatikan, terlebih jika kamu membawa si kecil yang belum terbiasa bepergian jauh. Untuk mengakali hal tersebut, kamu bisa memilih waktu perjalanan saat jam tidur anak. Dengan begitu, anak-anak akan lebih tenang ketika dalam perjalanan.

Selain itu, kamu bisa memilih jam malam sebagai alternatif keberangkatan lainnya. Hal tersebut bisa menjadi pertimbangan agar seluruh anggota keluarga dapat beristirahat dan menyiapkan stamina untuk keesokan harinya.

2. Siapkan itinerary ramah keluarga

(Sumber: Shutterstock)

Liburan bersama keluarga jelas berbeda dengan liburan sendiri ataupun bersama teman-teman. Begitu pun dengan si kecil, di mana kamu perlu mempersiapkan rencana perjalanan dengan baik. Pilihanitineraryharus dipertimbangkan bersama, agar seluruh anggota keluarga bisa menikmati seluruh kegiatan dengan ceria.

Pilihlah destinasi wisata yang cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga. Selain itu, kamu bisa menanyakan keinginan anak mengenai tempat yang ingin mereka kunjungi. Selanjutnya, urutkan lokasi wisata dan waktu sesuai prioritas. Tak lupa, sebaiknya hindari bepergian di saat jam tidur si kecil untuk menghindari kondisi rewel saat di tempat umum.

3. Pastikan kondisi cuaca tempat tujuan

(Sumber: Shutterstock)

Saat mengunjungi kota atau negara lain, cuaca menjadi hal terpenting yang perlu kamu ketahui. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan barang bawaan yang sesuai dengan kondisi cuaca setempat. Siapkan pakaian hangat, jas hujan, atau payung jika kamu berlibur saat musim dingin atau hujan. Sebaliknya, siapkansunblockdan baju nyaman saat berlibur di musim panas.

Tak hanya itu, cuaca juga bisa menjadi pertimbangan destinasi mana yang tepat untuk dikunjungi. Misalnya, ketika musim dingin atau hujan hindari kunjungan ke alam terbuka seperti pantai atau gunung dan pilihlah destinasi di dalam ruangan.

4. Membawa perlengkapan khusus

(Sumber: Shutterstock)

Saattraveling, kamu mungkin akan menemui kejadian yang tidak bisa diprediksi. Mulai dari baju yang ternoda makanan, basah karena hujan, hingga tidak sengaja robek mungkin beberapa hal yang akan kamu alami. Oleh karena itu, membawa baju ganti tambahan perlu ada dalam daftar barang yang perlu dikemas.

Tak hanya itu, kamu juga perlu membawa beberapa perlengkapan khusus jika si kecil memiliki mainan kesayangan ataupun penyakit bawaan. Membawa beberapa mainan si kecil serta obat-obatan khusus tentu bisa kamu siapkan demi keceriaan dan kondisi kesehatannya. Jadi, jangan lupakan perlengkapan khusus keluarga kamu ya!

5. Persiapkan rencana keuangan

(Sumber: Shutterstock)

Dari semua tips di atas, bujet menjadi salah satu yang paling krusial untuk kamu persiapkan. Dengan bujet yang terencana, semua persiapan liburan kamu tentu bisa aman terkendali. Kamu bisa mulai membagi bujet ke beberapa kategori yaitu bujet transportasi seperti pesawat dan kereta, hotel, hingga tiket masuk atraksi di destinasi pilihan.

Untuk membantu kamu mewujudkan liburan impian, Traveloka akan segera mengeluarkan produk terbarunya. Ketahui informasinya lebih lanjut dengan terus mengikutiupdateterbaru dari Traveloka!

***

Itulah 5 tips liburan seru bersama keluarga yang bisa kamu terapkan. Selain akan mempermudah perjalanan, tips tersebut juga akan membuat kegiatan liburan kamu semakin aman dan menyenangkan. Semakin matang persiapan, lebih maksimal pula liburan yang akan kamu jalani. Selamat berlibur bersama keluarga tercinta!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan