Mulai November, Bandara Halim Dibuka untuk Penerbangan Komersil

Halim komersil

Mulai November nanti, PT Angkasa Pura II akan mulai membuka Bandara Halim Perdanakusuma untuk penerbangan komersil berjadwal. Hal ini sudah diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan (KP) Nomor 369 Tahun 2013.

Adapun keputusan ini diambil karena Bandara Internasional Soekarno Hatta sudah overload. Untuk saat ini, Bandara milik TNI AU di Halim hanya beroperasi sebagai bandara untuk penerbangan VVIP, kenegaraan, militer, dan sekolah penerbangan.

Ketika sudah mulai beroperasi sebagai bandara komersil, Bandara Halim Perdanakusuma akan mengakomodasi penerbangan komersil sebesar 80%, dan 20% akan diisi oleh penerbangan tidak berjadwal seperti disebutkan di atas. Wasfan Widodo selaku Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura II menjelaskan, slot time penerbangan di Bandara Halim adalah 21 penerbangan per jam, yang nantinya akan dibagi sesuai dengan jumlah yang ada.

Maskapai apa saja yang akan pindah ke Bandara Halim Perdanakusuma? Tigerair Mandala adalah salah satu maskapai yang berencana untuk pindah. Maskapai LCC yang baru saja rebranding ini masih berskala kecil dan baru memiliki 8 armada Airbus 320. Karenanya, proses pindah bagi Tigerair Mandala terbilang paling mudah untuk dilakukan.

Selain itu, Citilink dan Batik Air juga sudah berminat untuk pindah ke Halim. Namun bagaimana keputusannya nanti akan diatur oleh Kementerian Perhubungan.

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1