0

Traveloka Team

16 Jan 2020 - 3 min read

Kalender Cuti 2019: Rekomendasi Waktu dan Destinasi Liburan Terbaik

Awal tahun jadi waktu yang tepat untuk tentukan kapan liburan. Sayangnya, tahun 2019 memiliki hari libur yang lebih sedikit dari tahun lalu. Hanya ada 10 tanggal merah di luar hari Sabtu dan Minggu ―4 hari lebih sedikit dari tahun 2018. Karena itu, manfaatkan sebaik-baiknya tanggal merah yang ada untuk liburan. Berikut kami rangkum kalender libur nasional dan cuti bersama, plus rekomendasi hari untuk mengambil cuti, agar liburmu di 2019 maksimal!

Nah, setelah tahu kapan waktu terbaik untuk berlibur, sekarang saatnya kamu cektiket pesawatdan tentukan destinasi liburannya! Buat kamu yang belum tentukan tujuan, berikut rekomendasi destinasi pilihan dari kami berdasarkan kalender liburan di atas.

2 – 5 Februari:

Rayakan romansa di Magelang

(Photo Credit: Shutterstock)

Masih ingat kisah Cinta dan Rangga? Kedua insan yang bertemu kembali setelah 14 tahun 2 bulan ini menghabiskan waktu berdua dengan berkunjung ke Puthuk Setumbu dan Gereja Ayam yang ada di Magelang. Kota kecil ini memang romantis, cocok buat kamu yang ingin berlibur bersama pasangan di bulan kasih sayang ini.

7 – 10 Maret:

Sejenak menepi di Sumba

(Photo Credit: Shutterstock)

Sabana tak berbatas, pantai-pantai dan air terjun tersembunyi nan elok, hingga budaya yang eksotis, siapa saja pasti terpikat dengan pesona Sumba. Tapi mengapa harus ke Sumba pada bulan ini? Jawabannya, karena kamu bisa menyaksikan serunya Pasola, tradisi perang melempar lembing dari atas kuda yang diselenggarakan setahun sekali.

17 – 21 April:

Mencoba berselancar di Mandalika

(Photo Credit: Shutterstock)

Pada bulan April hingga Mei, cuaca cerah Mandalika membuatmu bisa menyaksikan matahari terbenam yang indah. Ada berbagai spot yang bisa jadi andalan, seperti Pantai Batu Payung atau Bukit Seger. Bulan ini juga jadi waktu ideal buat kamu yang ingin mencoba aktivitas baru, yaitu belajarsurfing.

30 Mei – 9 Juni:

Libur Lebaran ke Labuan Bajo

(Photo Credit: Shutterstock)

Jika kamu ingin memanfaatkan libur panjang Lebaran dengan traveling namun belum punya tujuan, Labuan Bajo bisa jadi pilihan. Di bulan ini, cuaca cerah bisa bikinisland-hoppingkamu tak terlupakan dengan ombak yang tenang, langit biru, dan air laut yang jernih. Sebagai tambahan, bulan ini adalah musim kawin komodo. Pasti penasaran, seperti apa kalau banyak komodo jantan yang berkelahi memperebutkan komodo betina?

16 – 18 Agustus

Jelajah sejarah di Jakarta

(Sumber: @kotatuajakarta)

Jakarta tak cuma identik dengan mal dan tempat-tempat kekinian. Kota ini punya tempat-tempat sarat sejarah yang bisa memperkaya pengetahuanmu. Menyambut hari kemerdekaan RI, sambangi tempat-tempat ini, yang kini juga mulai populer sebagai salah satu tempat anak muda Jakarta berkumpul.

10 – 13 Oktober:

Lepas penat di Bali

(Photo Credit: Shutterstock)

Tak bisa berlama-lama libur padahal mulai jenuh dengan rutinitas sehari-hari, apalagi jelang akhir tahun? Itulah kenapa kami menganjurkan kamu untuk ambil cuti di bulan ini. Selain berada di tengah-tengah bulan yang tak memiliki tanggal merah, Oktober juga termasuklow season― tak cuma sepi dari wisatawan, tiket pesawat dan hotel juga lebih murah!

21 Desember –1 Januari:

Merasakan atmosfer akhir tahun di Hong Kong

(Photo Credit: Shutterstock)

Libur panjang tutup tahun akhirnya tiba! Yuk, liburan ke luar negeri. Salah satu negara dengan perayaan tahun baru yang seru adalah Hong Kong. Kamu bisa menyaksikan perayaan spektakuler Hong Kong New Year Countdown Celebrations yang menampilkanpyromusical, pergelaran teatrikal yang menggabungkan kembang api, musik, dan tata cahaya. Selain itu, Hong Kong juga cocok buat kamu yang hobi belanja, karena pusat perbelanjaan di sini menggelar pesta diskon besar-besaran di akhir tahun.

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan