0

Traveloka Team

26 Jan 2020 - 4 min read

Jelajah Australia Barat dengan Road Trip? Ikuti Panduan dan Tipsnya!

Ingin pengalamantravelingyang berbeda?Road tripdi Australia Barat tentu bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya, negara bagian terbesar di Australia ini memiliki kondisi alam menakjubkan yang sayang jika dilewatkan. Mulai dari melihat keindahan pantai yang mendunia, mengunjungi pusatwinepremium, hingga menyaksikan keberagaman budaya akan membuat perjalanan darat di Australia barat semakin berkesan.

Cukup menempuh perjalanan udara sekitar 4,5 jam, kamu akan sampai ke Ibu Kota Australia Barat, Perth. Kota terbesar di Australia Barat ini juga akan menjadi titik awalroad tripkamu,lho! Dari sini, kamu akan menemukan barrooftop, kafe-kafe unik, restoran mewah, hingga seni jalanan yang menjadi keunggulan Kota Perth.

Tak hanya itu, kemunculan Optus Stadium berkapasitas 60.000 kursi, Elizabeth Quay, hingga beberapa kawasan terbuka seperti Yagan Square turut mengubah Perth menjadi lebih modern. Diakui pula sebagai kota tercantik dan paling nyaman di dunia, kamu bisa membuktikannya dengan mengunjungi Kings Park, pantai di kawasan Samudera Hindia, hingga Pulau Rottnest.

Menurut penelitian permintaan konsumen 2017, pelancong Indonesia juga menyukai kawasan pantai dan hiburan air di Australia. Jadi, kunjungan ke Australia Barat bisa menjadi pilihan tepat bagi kamu yang suka petualangan. Semakin tertarik untuk menelusuri keindahan Australia Barat denganroad trip? Yuk, cari tahu rute dan destinasi terbaiknya dalam artikel berikut!

Rockingham

Dari pusat Kota Perth, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke arah selatan kurang lebih 40 menit. Nantinya, kamu akan sampai di Kota Rockingham yang berada di pesisir pantai. Salah satu destinasi yang patut kamu kunjungi adalah Shoalwater Islands Marine Park. Kawasan ini terkenal akan kondisi alam yang masih terjaga serta sebagai habitat berbagai hewan, seperti lumba-lumba, penguin, dan aneka terumbu karang.

Ingin aktivitas yang lebih seru? Kamu bisa mencobasnorklingataupun berenang bersama lumba-lumba. Bagi kamu yang tak ingin bermain air, tur keliling pulau dengan kapal feri bisa menjadi pilihan tepat. Tentunya, kamu juga bisa melihat sekitar 1.200 penguin di Pulau Penguin, yang merupakan habitat terbesarnya di pantai barat Australia.

Mandurah

Masih berada di selatan Kota Perth, kamu bisa mampir ke Mandurah. Sebagai kota pesisir, Mandurah terkenal sebagai pusat anekaseafood. Agar tidak bingung menentukan lokasi restoranseafoodterbaik di Mandurah, kamu bisa mengikuti jejakMandurah Cruises, yang tahu persis hidangan andalan untuk dicoba. Mulai dari kepiting, kakap, hingga udang karang adalah beberapa menu terbaik yang patut kamu coba di sini.

Fremantle

Beralih dari wisata pantai dan alam, kamu bisa bersantai sejenak di Fremantle. Cukup menempuh sekitar 30 menit berkendara dari Perth, kamu akan menemukan berbagai kebudayaan yang unik. Mulai dari butik, musik, seni, dan festival bisa kamu temukan di sini. Tak lupa, kamu juga patut mencicipi bir maupun kopi di berbagai kafe Fremantle untuk menambah nikmat perjalanan.

The Pinnacles

Road tripkamu ke Australia Barat tak akan lengkap tanpa melihat Kangguru! Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi The Pinnacles di Taman Nasional Nambung. Selain bisa melihat langsung hewan berkantung, kamu juga bisa mencobasandboardingdi gurun berbatuan. Akan berbeda jika kamu datang antara bulan Juli–Oktober karena taman nasional akan dipenuhi bunga bermekaran di musim semi. Jika sempat, coba pula kelezatan hidanganseafooddi sini ya!

Swan Valley & Perth Hills

Destinasi lain yang tak boleh kamu lewatkan adalah ladang kebun anggur tertua di Australia Barat. Tak hanya mendapat predikat tertua, ladang anggur tersebut juga berhasil meraih penghargaan sebagai kilang anggur serta pabrik mikro di kawasan Swan Valley.

Selepas berkeliling ladang anggur, kamu bisa menikmati santapan malam di restoran berkonsepal fresco. Namun, jika ingin lebih leluasa kamu boleh membeliwineuntuk kemudian berpiknik dengan rombongan. Sebelum melanjutkan perjalanan, jangan lupa untuk mencicipi hidangan khas, membeli kerajinan tangan, maupun mampir ke studio seni di Swan Valley.

Tak jauh dari Swan Valley, kamu bisa mampir ke Perth Hills. Di sini, kamu bisa melihat gemerlap Kalamunda dan Armadale. Selain itu, ada pula beberapa destinasi menarik seperti the Araluen Botanical Park, the Bickley Valley, dan the Bibbulmun Track walk.

Margaret River

Satu lagi kawasan Australia Barat yang tak boleh kamu lewatkan adalah Margaret River. Di sini, kamu akan melihat pesisir pantai yang masih alami, hutan dengan pepohonan yang lebat, bunga-bunga liar, bahkan gua.

Mulailah dengan menelusuri tanjung-tanjung yang populer, piknik di kawasan Hutan Bonarup, Melihat labirin di dalam gua, hingga mencicipi hidangan khas penduduk setempat. Seluruh aktivitas seru tersebut bisa kamu lakukan dengan hanya menempuh waktu 3 jam perjalanan darat dari Kota Perth. Cukup terjangkau, bukan?

Selain mempersiapkan rencana perjalanan, berikut beberapa hal penting lain yang tak boleh kamu lupakan:

SIM

Hal utama yang tak boleh kamu lupakan saat ingin melakukanroad tripadalah memegang Surat Izin Mengemudi (SIM). Setidaknya kamu harus mempunyai salinan SIM dengan terjemahan atau mempunyai izin mengemudi internasional.

Mengetahui aturan mengemudi setempat

Meski sudah mahir mengemudi, kamu tetap perlu mempelajari aturan lalu lintas dan mengemudi di Australia Barat. Dengan begitu, kamu bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Satu hal yang perlu diingat, hukum tetap berlaku jika kamu melakukan kesalahan dalam perjalanan. Jadi, pastikan kamu paham aturan setempat ya!

Waspada satwa liar

Kondisi Australia Barat sebagian besar masih amat alami, jadi kamu perlu waspada dengan satwa yang berkeliaran. Mulai dari kangguru, unta, bahkan elang adalah beberapa satwa yang mungkin akan kamu temui.

Persiapkan kendaraan dan perbekalan

Road triptentu bukanlah hal yang mudah. Selain akan memakan waktu yang cukup lama di kendaraan, kamu juga akan menemui berbagai medan. Untuk itu, kamu perlu membawa perbekalan maupun perlengkapan darurat jika mobil bermasalah dalam perjalanan.

Cermat memilih akomodasi

Melakukanroad tripbukan berarti kamu tidak membutuhkan akomodasi,lho!Kamu tetap memerlukan akomodasi untuk singgah ataupun beristirahat. Asyiknya, di Australia Barat ada berbagai tipe akomodasi menarik mulai dari kemah,bush retreats,ataustation staysyang akan membawa kamu lebih dekat dengan alam. Kamu bisa cari tahu lebih lanjut akomodasi menarik lain Australia Barat diwww.westernaustralia.com/accommodation

Jadi, sudah siap untuk bertualang di Australia Barat? Ayo segera rencanakan perjalanan seru untuk melihat keindahannya dan segera berbagi kisah pengalaman kamu dengantag#suatuharidiaustraliabarat. Kunjungi pulawww.westernaustralia.comuntuk mengetahui Australia Barat lebih lanjut. Selamat berlibur!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan