Jauh-jauh ke Jepang, Jangan Lupa Beli 14 Cendera Mata Ini

Jauh-jauh ke Jepang, Jangan Lupa Beli 14 Cendera Mata Ini

Jepang memang jadi salah satu destinasi favorit untuk wisata luar negeri. Tempatnya yang indah dengan budaya yang melekat di tiap sudutnya membuat Negeri Matahari Terbit ini harus masuk bucket list travel kamu.

Nah, kalau kamu sudah jauh-jauh ke Jepang pastinya harus bawa pulang oleh-oleh, dong? Tidak perlu bingung memilihnya, Traveloka sudah merangkum 14 oleh-oleh khas Jepang yang wajib kamu bawa pulang. Apa saja, ya?

1) Bubuk Mandi Puchipura

Photo Credit: @indosporejaoanlovers (Instagram)

Oleh-oleh khas Negeri Sakura pertama yang tidak boleh kamu lewatkan untuk dibawa pulang adalah Bubuk Mandi Puchipura. Bubuk mandi yang sering dipakai oleh wanita-wanita Jepang ini akan membuatmu turut merasakan sensasi pemandian ala orang Jepang.

Harganya juga cukup terjangkau, yakni sekitar 100 yen per bungkus. Karena itulah produk ini sering jadi andalan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Meskipun tidak berada di Jepang secara langsung, kamu tetap bisa mandi dengan bubuk yang diracik dan asli dari Jepang. Menyenangkan, bukan?

2) Memo Pad ku . ru . ru

Photo Credit: @monomemo (Instagram)

Buat kamu yang sering berhadapan dengan deadline sehingga membutuhkan sticky memo untuk ditempel pada dinding, laptop, maupun papan kerja, maka oleh-oleh khas Jepang satu ini layak kamu bawa pulang ke Indonesia. Memo jenis baru ini bisa kamu gunakan untuk kebutuhanmu sendiri atau sebagai oleh-oleh kepada orang-orang tersayang. Desainnya juga cute dan menarik, lho.

Karena fungsi dan desainnya yang unik, produk satu ini sangat digemari oleh orang-orang dari berbagai negara. Hadir dengan lebih dari 30 macam variasi mulai dari Gunung Fuji, Karakter Anime, Sport, Motif, Bunga, hingga Anime, produknya bisa kamu pilih sesuai yang kamu suka. Kebanyakan wisatawan membeli memo ini satu paket bersama bolpen yang bisa dihapus (frixion ball) dengan harga sekitar 840 yen.

3) Nama Chocolate

 Photo Credit: @qt_apheng (Instagram)

Jika kamu termasuk penyuka cokelat dan suka mencicipi cokelat dari berbagai negara, maka kamu tidak boleh melewatkan Nama Chocolate. Oleh-oleh khas Jepang satu ini merupakan produk buatan Royce yang bisa menghilangkan stress, cocok kamu bawa pulang untuk camilan sambil bekerja atau bersantai.

Cokelat ini terbuat dari 25% krim segar yang langsung didatangkan dari peternakan sapi di Hokkaido dan terdiri dari bubuk cokelat murni yang membuatnya makin spesial. Hadir dengan lima varian rasa yakni white, mild cacao, champagne, dan bitter, rasa yang dihadirkan benar-benar enak dan lumer di mulut.

4) Kendama

Photo Credit: @initial_man (Instagram)

Kendama adalah permainan tradisonal dari Jepang dengan menggunakan tongkat yang mempunyai tiga mangkuk berbeda ukuran serta terdapat bola yang dimasukkan ke mangkuk. Permainan ini sudah munjul sejak tahun 1777 silam, lho. Meskipun sudah sangat lama, hingga sekarang permainan tradisional ini masih memiliki jumlah peminat cukup besar.

Kamu dapat membawa pulang oleh-oleh yang mengandung unsur olahraga satu ini. Di Jepang, Kendama dijadikan sebagai pendidikan pada sekolah dasar dan dianggap sebagai olahraga yang membuat tangan aktif bergerak dan sangat pas untuk dilakukan baik di dalam maupun luar ruangan. Permainan ini juga melatih ketekunan dan konsentrasi.

Jadi buat kamu yang ingin memberikan oleh-oleh berupa pemainan yang menyenangkan dan bermanfaat untuk adik, anak, sepupu atau orang-orang tersayang bisa membawa pulang permainan ini. Di negara asalnya, permainan ini sangat populer hingga telah banyak kompetisi Kendama yang digelar di Negeri Sakura. Ingin merasakan sendiri keseruan memainkannya? Jangan lupa beli, ya!

5) Magnet Kulkas Aneka Makanan Jepang

Photo Credit: @houseofbekun (Instagram)

Buat kamu yang berniat membawa oleh-oleh untuk orang tua di rumah, kamu bisa membeli Magnet Kulkas Aneka Makanan Jepang, nih. Souvenir berupa magnet tempelan kulkas ini khusus didesain menyerupai makanan khas Jepang secara detail, cocok untuk menghias kulkas di rumahmu pastinya.

Mangnet kulkas ini dijual dengan harga yang cukup mahal, yaitu mulai dari 600 hingga 1.500 yen. Namun, mengingat desainnya yang mendetail dan kualitas bahan yang berkualitas, harga tersebut tetap layak kamu keluarkan, kok.

6) Tenugui

Photo Credit: @tenugui.fr (Instagram)

Tenugui merupakan handuk dari Jepang dengan motif yang beraneka ragam. Handuk ini dibuat dengan gaya khas Jepang dan menggunakan bahan katun yang nyaman dipakai. Biasanya, produk ini dijadikan sebagai alat untuk menyeka tangan atau muka setelah terkena air. Namun, sebagian orang juga menggunakan Tenugui sebagai ikat kepala.

Buat kamu yang sedang bingung harus membeli oleh-oleh apa untuk sanak saudara, bisa menjatuhkan pilihan pada oleh-oleh satu ini. Kamu dapat menemukannya dengan mudah di Toko Koiki Shinjuku yang berada di dekat stasiun Shinjuku dengan hanya satu menit berjalan kaki dari stasiun. Berdiri sejak tahun 1995, toko tersebut menawarkan ratusan model Tunugui yang oke.

Harga per satu handuknya juga lumayan terjangkau, yakni 800 yen atau sekitar Rp94.000. Tersedia juga handuk limited edition yang mengusung pola bunga empat musim dan ikan koi yang menaiki air terjun. Khusus produk ini dibanderol dengan harga lebih mahal, yaitu sekitar 1.200 yen. Kalau ingin membelinya sebagai hadiah, kamu bisa memilih Gift Set Tenugui yang  sudah mencakup handuk dan berbagai hadiah khas Jepang menarik lainnya.

7) Sensu

Photo Credit: @panahmajapan (Instagram)

Kamu juga bisa memilih Sensu sebagai oleh-oleh khas Jepang untuk dibawa pulang. Kipas ini dibuat oleh para pengrajin menggunakan cara tradisional. Dibuat dengan cara memotong bambu tebal sebanyak 10-30 buah dengan bentuk yang sama, namun dengan bagian bawah tertempel dan bagian atasnya diberi kertas.

Bentuk kipas ini sama dengan kipas tangan pada umumnya, namun dengan motif yang berbeda. Kipas ini juga sudah sampai ke Prancis dan dipakai oleh selir kerajaan. Di negeri asalnya, Sensu biasa digunakan saat pertunjukan seni. Kipas ini sudah ada sejak 1.200 tahun lalu lho, membuatnya menjadi oleh-oleh asli Negeri Matahari Terbit yang layak kamu beli.

8) Yukata

Photo Credit: @karappumate (Instagram)

Kamu pasti kenal dengan kimono yang merupakan pakaian khas Jepang, kan? Nah, Yukata merupakan pakaian sejenis kimono, namun dibuat dengan kain katun yang lebih tipis. Tujuannya agar lebih nyaman dipakai, mengingat fungsinya sebagai pakaian usai mandi dan menyejukkan badan di sore hari atau digunakan saat tidur.

Yukata memang identik dengan wanita, namun tetap bisa dipakai oleh pria. Yukata untuk pria umumnya menggunakan warna-warna gelap seperti hitam, ungu tua, dan biru tua. Sedangkan untuk wanita, warna-warna cerah dan corak yang terang lebih umum digunakan.

9) Hello Kitty Face Pack

Photo Credit: @queenlilia (Instagram)

Kamu ingin membawa pulang oleh-oleh yang cute dan bermanfaat buat kecantikan? Beli saja Hello Kitty Face Pack. Selain bermanfaat, oleh-oleh ini juga tidak akan memakan banyak tempat di bagasimu sehingga bisa kamu bawa dalam jumlah banyak. Oleh-oleh ini bisa kamu bagikan dengan keluarga dan teman-teman.

Selain unggul pada kemasannya yang super lucu, masker wajah satu ini juga memberikan efek yang menyegarkan pada wajah. Aromanya juga sangat wangi dengan berbagai pilihan seperti sakura, mawar, dan lavender. Tertarik mencoba?

10) Omamori

Photo Credit: @omamoriyasan (Instagram)

Kamu suka mengoleksi jimat keberuntungan atau sekadar ingin mencoba memilikinya? Omamori bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang setelah berkunjung ke Jepang kali ini. Omamari merupakan jimat berbentuk kantung yang isinya kertas dengan tulisan nama dewa yang telah didoakan sebelumnya.

Jimat dengan mengandung arti “melindungi” ini dipercaya dapat memberikan perlindungan kepada pemiliknya. Kamu dianjurkan untuk menyimpan jimat ini dalam waktu satu tahun tanpa membuka kantungnya. Membuka kantung jimat apalagi membuangnya dianggap sebagai hal yang tabu. Jadi, kalau kamu mau coba-coba memilikinya, coba simpan hingga satu tahun, ya.

11) Obat Inochi no Haha

Photo Credit: @oknoinjapan (Instagram)

Obat Inochi no Haha merupakan salah satu obat dari Jepang yang diburu oleh para wisatawan. Produk ini bisa kamu temukan di apotek Matsumoto Kiyoshi dengan harga sekitar 4.050 yen dengan isi 840 butir. Sudah ada sejak 100 tahun yang lalu, produk ini dipercaya mampu menjaga kesehatan wanita dan ditujukan khususnya untuk wanita berumur 50 tahun ke atas.

Mengandung komposisi 13 jenis herbal, vitamin, kalsium, hingga lesitin, produk ini mampu memulihkan ketidakseimbangan hormon dan saraf otonom pada tubuh wanita dalam masa menopause.

12) Noren

Photo Credit: @hochiminhvintage (Instagram)

Satu lagi oleh-oleh yang cocok untuk kamu bawa pulang ke rumah, yaitu Noren. Noren atau gorden adalah tirai dari kain yang digunakan sebagai hiasan atau penutup pada pintu ruangan atau kaca di rumah. Awalnya, Noren berfungsi sebagai penangkal angin atau debu. Namun, seiring berjalannya waktu pun dialihfungsikan sebagai alat identitas yang ditulisi nama dengan huruf kanji.

Noren dibuat dengan bahan dasar kain, baik, drill, kanvas, maupun blancu yang ditambah dengan motif tertentu. Kamu bisa memesan motif sesuai keinginan pada bagian depan dan tulisan tertentu seperti nama usaha atau nama orang-orang tersayang. Jangan lupa untuk menyesuaikan ukuran Noren dengan ukuran pintu rumahmu agar pas, ya.

13) Kue Cigare

Photo Credit: @frostedcakeart (Instagram)

Kamu juga bisa membawa pulang kue khas Jepang satu ini, Kue Cigare. Kue ini sangat nikmat dengan mentega yang berlimpah dan kaya rasa. Gigitannya renyah dan manisnya sangat pas, lengkap dengan tampilan seperti gulungan daun yang enak dipandag.

Kue ini merupakan produk yang sangat populer di Jepang dan menjadi oleh-oleh favorit para wisatawan. Siapkan bujet 1.260 yen untuk 20 batang kue cigare yang nikmat ini, ya.

14) Gula-gula Ariheito

Photo Credit: @tik2chidori_yoko (Instagram)

Gula-gula Ariheito merupakan gula-gula khas Jepang yang dijadikan produk spesial dalam musim perayaan Hinamatsuri. Jajanan ini berbentuk bunga sakura dengan rasa manis yang pastinya kamu sukai. Buat kamu yang ingin memberikan oleh-oleh dari Jepang yang spesial bisa mengandalkan produk satu ini, ya.

***

Memang semua oleh-oleh di atas menggiurkan untuk dibawa pulang. Namun, kalau memang bujet kamu tidak cukup, jangan memaksa untuk bawa pulang semuanya. Apalagi kalau bagasi kamu sudah ada tanda-tanda overload. Jadi, selamat berburu oleh-oleh khas Jepang!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1