#IniBaruTahunBaru: Cara Sederhana Namun Esensial Merayakan Pergantian Tahun

#IniBaruTahunBaru: Cara Sederhana Namun Esensial Merayakan Pergantian Tahun

Tak sedikit orang yang menghabiskan malam tahun baru dengan sukacita dan di tengah keramaian. Ritual-ritual seperti menyaksikan pesta kembang api, pesta barbekyu bareng teman-teman dan keluarga, atau menghabiskan malam di festival apa pun dengan suguhan yang beragam sudah umum mewarnai pergantian tahun. 

Tapi, pernah tidak terpikir merayakan pergantian tahun dengan cara yang berbeda? Tak mesti ramai. Justru momen ini bisa kamu manfaatkan untuk, misalnya, mengenali dirimu lebih dalam lagi agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Sesekali, tak ada salahnya melakukan hal-hal sederhana namun esensial, yang mungkin bisa membuat penghujung tahun lebih spesial bagi dirimu sendiri. Contohnya, melalui beberapa hal di bawah ini:

1. Retrospeksi mengenai pencapaianmu setahun terakhir

Sebelum menilai orang lain, ada baiknya kamu menilai dirimu sendiri. (Sumber: foto Randy Jacob via Unsplash)

Malam pergantian tahun dianggap waktu yang tepat untuk membuat resolusi yang ingin dicapai di tahun mendatang. Misalnya menata kehidupan percintaan, karier, mengubah pola makan, dan masih banyak lagi.

Meski resolusi ini baik untuk menjadi patokan mengenai apa yang kamu lakukan di tahun depan, namun tidak ada salahnya jika kamu menengok sejenak ke belakang. Coba lihat kembali, apa saja resolusi yang sudah maupun belum terwujud di 2017 ini. Tak hanya bisa membuatmu bahagia atas keberhasilan yang sudah tercapai, tapi kamu juga bisa lebih mengenal dirimu lebih dalam, berintrospeksi sekaligus mengerti apa saja yang jadi hambatanmu dalam mewujudkan resolusi-resolusi sebelumnya.

2. Menyelesaikan persoalan yang belum tuntas

Agar tidak menumpuk, hindari menunda persoalan yang belum kamu selesaikan. (Sumber: foto Korney Violin via Unsplash)

Banyak hal yang terjadi dalam kurun waktu setahun. Ada hal-hal yang kamu sambut datang dan relakan untuk pergi. Tak luput, ada hal-hal yang sudah berhasil kamu tuntaskan, begitu pula sebaliknya, mungkin saja ada beberapa persoalan yang kamu biarkan menggantung tanpa ujung setahun belakangan.

Bisa jadi apa saja: mimpi dan cita-cita pribadi, karier, persahabatan, keluarga, atau percintaan. Sebelum sibuk mewujudkan resolusi-resolusi baru, tidak ada salahnya tengok dan temukan hal-hal yang belum kamu tuntaskan tahun ini.

Di akhir tahun, cobalah untuk menyelesaikannya. Tak ada kata terlambat. Justru jika diam saja, alih-alih mulai baru, kamu hanya akan menumpuk masalah lama di tahun mendatang. Padahal tak sedikit yang mengatakan, tahun yang baru waktunya menjadi pribadi yang baru.

3. Habiskan malam tahun baru lebih intim bersama keluarga

Baca juga  9 Mall di Bogor yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Berlibur
Jadikan pergantian tahun sebagai kegiatan rutin berkumpul bersama keluarga tercinta. (Sumber: Foto Daiga Ellaby via Unsplash)

Seberapa banyak kamu habiskan momen spesial bersama keluarga? Jika masih terhitung jari, manfaatkan hari terakhir di tahun ini dengan berkumpul bersama keluarga. Tak mesti selalu dengan hura-hura, tapi kamu bisa habiskan dengan cara yang lebih intim, seperti berbincang mengenai doa dan harapan masing-masing di masa datang, bermain games seru, nostalgia masa kecil, atau obrolan ringan dengan seluruh anggota keluarga.

Bisa jadi keluargamu adalah orang yang paling mengenalmu. Mereka adalah orang yang tahu semua kelebihan maupun kekuranganmu. Barangkali lewat interaksi yang spesial di momen ini, kamu malah dapat berbagai masukan menarik yang bisa membekalimu jadi pribadi yang lebih baik ke depannya.

4. Menghubungi orang yang pernah mengukir makna tertentu bagi dirimu

Tahun baru adalah momen yang tepat untuk tetap terhubung dengan orang lain. (Sumber: foto Hannah Wei via Unsplash)

Setiap hari, kamu bisa saja bertemu orang baru. Ada yang sebatas lewat, tapi mungkin, ada juga orang-orang yang mengubah hidupmu. Terpikir sebuah atau beberapa nama? Bila iya, mengapa tidak berinisiatif menghubunginya di akhir tahun ini?

Tak usah bingung topik apa yang mau dibahas. Sekadar mengucapkan terima kasih dan selamat tahun baru saja bisa jadi cukup. Hal terpenting adalah kamu tetap menjalin silaturahmi di antara kalian.

5. Menyusun daftar aktivitas baru yang ingin kamu coba

Banyak hal baru yang bisa kamu lakukan di tahun yang baru. (Sumber: foto Patrick Fore via Unsplash)

Semua orang pasti selalu ingin menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya. Salah satu cara yang bisa membantumu mencapainya adalah belajar hal baru. Coba diingat lagi, ada tidak suatu kegiatan atau keterampilan yang ingin kamu kuasai tapi selalu tertunda? Mungkin kamu sudah lama ingin mahir menulis, menggambar, memasak, atau belajar fotografi, misalnya?

Kenapa tidak manfaatkan pergantian tahun dengan menyusun daftar aktivitas atau kursus yang kamu ingini, beserta riset soal di mana kamu bisa mempelajarinya? Dengan begini, kamu pun jadi punya motivasi tambahan di tahun yang baru dan selain itu, bisa dapat uang tambahan nantinya!

 

20 Shares
Share20
Pin
Share
Tweet
+1