Ini 10 Wisata Murah Ala Backpacker di Lombok

Ini 10 Wisata Murah Ala Backpacker di Lombok

Jika ingin mengunjungi wisata pantai selain Bali, maka Lombok bisa kamu jadikan pilihan tepat. Lokasi pulau ini tepat bersebelahan dengan Pulau Dewata, sehingga cukup mudah untuk kamu jangkau. Meski belum sepopuler Bali, Pulau Seribu Masjid ini kerap menjadi destinasi aman bagi para backpacker. Pasalnya, ada banyak objek wisata yang ramah bagi pelancong. Mulai dari pantai, pegunungan, hingga air terjun bisa kamu temukan di sini.

Kamu yang berencana liburan ala backpacker di Lombok juga tak perlu khawatir karena berbagai aktivitas tersebut tak membutuhkan banyak pengeluaran. Yuk, cek daftar aktivitasnya di bawah ini!

  1. Melihat Gunung Rinjani dari Bukit Pergasingan

Photo credit: @anayzisnay (Instagram)

Gunung Rinjani memang terkenal akan pesona alamnya yang eksotis, jadi tak heran jika tempat ini selalu menjadi destinasi utama para backpacker. Namun, pendakian gunung ini terbilang cukup ekstrem dan bisa memakan waktu yang lama. Karena itulah, objek wisata ini akan kurang cocok bagi kamu yang tidak mempunyai banyak waktu. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menuju Bukit Pergasingan untuk tetap menyaksikan keindahan Gunung Rinjani.

Bukit dengan ketinggian 1.670 mdpl ini dapat kamu capai sekitar 3 jam. Perjalanan menuju Bukit Pergasingan dapat dimulai dari Desa Sembalun Lawang menuju gerbang pendakian Bukit Pergasingan. Di sini, kamu bisa menyaksikan persawahan, pemukiman penduduk, hingga Gunung Rinjani. Selain itu, terdapat padang sabana cukup luas di puncak bukit yang akan menambah indah pesonanya.

  1. Berfoto di Taman Wisata Pusuk Sembalun

Photo credit: @byeabbey (Instagram)

Selain dari Bukit Pergasingan, kamu juga bisa menikmati lanskap alam Gunung Rinjani dari Taman Wisata Pusuk Sembalun. Tempat yang satu ini bahkan menjadi spot selfie yang sedang populer di kalangan masyarakat. Lokasinya yang berada di ketinggian 1.250 mdpl ini menjadikan tempat ini sejuk dan dingin.

Di sini, kamu juga akan dimanjakan pemandangan Gunung Rinjani yang berdiri kokoh sejauh mata memandang, lengkap dengan deretan Bukit Pergasingan. Jika beruntung, kamu pun akan melihat pesona bukit yang dikelilingi kabut tipis saat pagi maupun sore hari. Meski begitu, sebaiknya kamu datang pada sore hari agar bisa sekaligus melihat keindahan matahari terbenam.

  1. Panjat tebing dan bermain di Pantai Semeti

Photo credit: @rinaldizf_23 (Instagram)

Tak kalah dari pantai-pantai di Pulau Dewata, di Pantai Semeti kamu juga bisa mendapatkan pemandangan alam yang begitu indah. Terletak di kawasan Lombok Tengah, kamu bisa menuju tempat ini dengan kendaraan pribadi dari pusat Kota Mataram selama 2 jam. Harga tiket masuknya pun murah, hanya Rp5.000 untuk pengendara motor dan Rp10.000 bagi wisatawan yang datang dengan menggunakan mobil.

Dengan harga tiket yang terjangkau, Pantai Semeti menjadi alternatif tujuan para backpacker. Meski belum sepopuler Pantai Kuta, pemandangan di pantai ini tak kalah menakjubkan. Sudut pantai ini sendiri membentuk teluk yang dikelilingi bukit berbatu. Spot berbatuan inilah yang juga kerap dijadikan area panjat tebing dan bermain air para wisatawan.

  1. Berkunjung ke Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Photo credit: @agusmanp (Instagram)

Taman Wisata Gunung Tunak terletak di Desa Mertak, Pujut. Di tempat ini kamu akan menemukan panorama pantai selatan Lombok yang berpasir putih, tebing-tebing berdinding kapur, hamparan rumput hijau, serta hutan pantai dan hutan dataran rendah. Dengan luas 1.200 hektar, Taman Wisata Alam ini terbentuk atas deretan bukit-bukit hijau yang eksotis.

Jika beruntung, kamu bisa menemukan berbagai fauna setempat. Salah satunya, kamu bisa melihat sarang burung gosong, spesies burung yang cukup langka di Indonesia. Tak hanya itu, kamu juga bisa bertemu sekumpulan kerbau di kawasan hutan. Jadi, semakin tertarik untuk berkunjung?

  1. Merasakan kesegaran Air Terjun Mangku Sakti

Photo credit: @ayodolan (Instagram)

Air Terjun Mangku Sakti terkenal cukup unik karena memiliki kondisi air berwarna hijau tosca. Konon, hal tersebut terjadi karena adanya kandungan belerang yang berasal dari aliran Danau Segara Anak di Gunung Rinjani. Terletak di Desa Sajang, Sembalun, air terjun ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Setidaknya, kamu perlu menempuh 3 jam berkendara pusat Kota Mataram.

Di sini, kamu bisa langsung merasakan kesegaran Air Terjun Mangku Sakti. Dengan ketinggian air terjun mencapai 40 meter dan debit air yang cukup besar, kamu bisa menemukan sebuah kolam dengan kedalaman 2 4 meter. Bagi yang pandai berenang, melompat dari atas batu ke kolam air tersebut akan menjadi pengalaman yang seru. Sebaliknya, untuk yang tidak pandai berenang sebaiknya kamu cukup menikmati air di tepian kolam saja ya!

  1. Berselancar di Lingkoq Datu, Pantai Penyisok

Photo credit: @ardiyawiranata (Instagram)

Objek wisata di Lombok Timur ini juga wajib masuk daftar destinasi yang akan kamu kunjungi. Meski begitu, akses jalan menuju tempat ini tergolong sulit karena berupa jalan berbatu. Namun, perjalanan kamu dijamin terbayar saat tiba di lokasi.

Pesona pantai ini dikenal sangat indah karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Bagi backpacker yang suka olahraga menantang, kamu bisa mencoba surfing di Lingkoq Datu, Pantai Penyisok. Selain itu, keberadaan padang sabana di sini juga tak boleh kamu lewatkan.

  1. Menyaksikan hantaman ombak di Tanjung Poki

Photo credit: @milesandviews (Instagram)

Tanjung Poki bisa dikatakan sebagai salah satu tempat wisata yang masih baru dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Berbeda dari pantai-pantai lainnya di Lombok, Tanjung Poki justru tidak memiliki garis pantai. Di tempat ini kamu hanya akan menjumpai hamparan tebing berbatu yang dikelilingi perbukitan.

Jika sedang beruntung, kamu akan menyaksikan keindahan hantaman ombak besar yang berbenturan dengan dinding tebing. Tak hanya itu, kamu pun bisa menghabiskan waktu dengan memancing di tepi tebing. Namun, ingatlah untuk selalu berhati-hati ya!

  1. Mengunjungi Grand Canyon di Pantai Tebing

Photo credit: @deasyfebry (Instagram)

Pantai Tebing merupakan lanskap alam yang terkenal menakjubkan dan menyita perhatian para backpacker yang datang ke Lombok. Jika dilihat sepintas, tempat ini akan mengingatkan kamu pada Grand Canyon. Bagaimana tidak, area ini dikelilingi dengan tebing berwarna kecokelatan yang bertekstur cantik.

Jika ingin kegiatan yang lebih menantang, kamu bisa mencoba memanjat tebing gunung kapur tersebut. Sensasi yang didapat tentu akan berbeda jika dibandingkan dengan panjat tebing pada umumnya.

  1. Menyusuri keunikan Batu Payung di Tanjung Aan

Photo credit: @finamthdz (Instagram)

Masih seputar wisata laut di Lombok, nama Tanjung Aan mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu. Berbeda dari pantai pada umumnya, pasir di pantai Tanjung Aan ini berwarna kekuningan dengan tekstur yang sangat lembut. Tak heran, jika beberapa masyarakat setempat menyebutnya sebagai pantai tepung.

Saat menyusuri Tanjung Aan, kamu pasti akan melihat keunikan dari sebuah batu yang menjulang di pesisir pantai. Itulah yang dinamakan batu payung, sebuah batu yang memiliki bentuk kecil di bagian bawah dan berdiameter lebih besar di bagian atas. Uniknya, tepat di bawah batu payung kamu tidak akan menemukan pasir seperti kawasan lainnya, Jika tertarik, kamu bisa datang dengan menyiapkan uang sekitar Rp10.000.

  1. Bermain di Air Terjun Benang Kelambu

Photo credit: @enodw (Instagram)

Penamaan Air Terjun Benang Kelambu dipilih karena tempat wisata ini terdiri dari enam air terjun yang mengalir menyerupai tirai. Di sini, kamu bisa menyaksikan betapa indahnya aliran air terjun di antara rimbunnya pepohonan di sepanjang tebing. Karena keunikan inilah, tak heran jika banyak wisatawan yang meluangkan waktu untuk mengunjungi wisata ini.

Keberadaannya di kaki Gunung Rinjani membuat udara di sekitar kawasan Air Terjun Benang Kelambu cukup dingin dan sejuk. Asyiknya, kamu pun bisa mendekat dan berjalan di belakang aliran Air Terjun Benang Kelambu lho! Untuk menikmati seluruh pesona tersebut, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp5.000. Cukup terjangkau, bukan?

***

Berbagai aktivitas tersebut terdengar sangat menarik untuk dicoba, bukan? Nah, daripada penasaran, sebaiknya segeralah menyusun rencana liburan ala backpacker di Lombok dan luangkan waktu selama beberapa hari. Dengan begitu, kamu bisa mencoba sebanyak mungkin aktivitas tersebut. Happy holiday!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1