Ide Ngabuburit Seru di 5 Kota Indonesia

Ide Ngabuburit Seru di 5 Kota Indonesia

Bulan puasa kerap identik dengan ngabuburit, bukber, bahkan sahur on the road. Ngabuburit sendiri diambil dari bahasa Sunda yang berarti menunggu sore. Saat Ramadan, ngabuburit dapat dimaknai sebagai waktu menunggu azan magrib untuk berbuka puasa. Ada banyak cara seru yang bisa kamu lakukan saat menunggu waktu berbuka, mulai dari memasak hidangan berbuka hingga berburu sunset.

Ragam keseruan ngabuburit juga rutin dilakukan masyarakat di beberapa daerah Indonesia. Selain menambah keseruan Ramadan, kegiatan-kegiatan berikut juga bisa menjadi ajang silaturahmi. Yuk, cari tahu kegiatan ngabuburit apa saja yang bisa kamu lakukan saat menunggu waktu berbuka!

Wisata kuliner di Bandung

(Sumber: @fazri_fm_)

Tak hanya dikenal sebagai surga belanja, Bandung juga dikenal sebagai tempat terbaik untuk berwisata kuliner. Begitu pun saat Ramadan, kawasan Taman Makam Pahlawan maupun Jalan Dipatiukur selalu menjadi pusat keramaian jelang berbuka. Berbagai penjaja makanan kaki lima menawarkan aneka kuliner yang tak hanya murah, tapi juga lezat sebagai santapan buka puasa.

Selain itu, warga setempat biasa mengisi waktu ngabuburit dengan bersantai di Alun-alun Kota Bandung sembari menunggu waktu salat magrib dan tarawih di Masjid Agung Bandung. Di sini, kamu juga akan menemukan berbagai sajian kuliner mulai dari menu takjil hingga makanan berat. Jika berminat menghabiskan waktu ngabuburit di sini, ingatlah untuk tetap menjaga kebersihan sekitar ya!

Berburu sunset di Surabaya

(Sumber: @an_artchist)

Pernahkah terbayang untuk menunggu waktu berbuka sambil menyaksikan matahari terbenam? Itulah cara ngabuburit seru yang dilakukan warga Surabaya. Ada dua lokasi yang bisa dikunjungi, yaitu Pantai Ria Kenjeran dan Surabaya North Quay (SNQ). Di Pantai Ria Kenjeran, terdapat jembatan kayu Pagoda Tuan Ti yang menjadi lokasi terbaik untuk melihat sunset. Ada pula gazebo yang bisa kamu jadikan tempat menikmati sajian buka puasa.

Ingin menyaksikan sunset dengan kesan lebih mewah? SNQ adalah lokasi yang tepat untuk menghabiskan waktu ngabuburit. Di lantai 3 SNQ, kamu bisa melihat berbagai aktivitas di sekitar Pelabuhan Tanjung Perak sembari menikmati sajian kuliner. Ada pula iringan live music yang akan menambah keindahan sunset di sini. Saking indahnya, banyak wisatawan dari luar Surabaya yang sengaja berkunjung demi melihat sunset di SNQ.

Berdagang takjil di Semarang

(Sumber: @kitasemarang)

Tak ingin sekadar berburu takjil, para pelajar dan mahasiswa di Semarang justru berinisiatif untuk membuka lapak dagangnya sendiri demi mengisi waktu ngabuburit. Selain menjadi pusat penyedia takjil di Semarang, kegiatan ini juga dijadikan kesempatan untuk mengasah kemampuan berdagang para pemuda.

Biasanya, mereka menjajakan aneka kuliner untuk berbuka di kawasan Jalan Pahlawan. Tak heran, jika setiap Ramadan Jalan Pahlawan menjadi tempat ngabuburit favorit beragam kalangan. Kalau belum puas, kamu bisa berjalan kaki ke kawasan Simpang Lima yang juga tak kalah ramai oleh para penjual dan pemburu takjil.

Wisata taman kota di Bogor

(Sumber: @dirisdiani)

Jika puasa dianggap sebagai penghalang traveling, maka kamu salah. Ada banyak lokasi menarik di Bogor yang bisa kamu kunjungi sembari ngabuburit. Salah satunya Kebun Raya Bogor, di mana kamu bisa berkeliling menikmati kesejukan pepohonan serta memberi makan kawanan rusa. Untuk itu, kamu bisa lebih dulu membeli sayuran maupun wortel yang dijual pula di sekitar Kebun Raya Bogor.

Selain Kebun Raya Bogor, beberapa taman kota di Bogor juga bisa menjadi lokasi menarik untuk ngabuburit. Mulai dari Taman Kencana, Taman Topi, Taman Corat-Coret, hingga Taman IPB adalah beberapa lokasi alternatif yang bisa menambah wawasan serta destinasi liburan selama berpuasa.  

Jelajah perbukitan di Jogja

(Sumber: @bingkaijatuh)

Tak sekadar menghabiskan waktu ngabuburit di kota, warga Yogyakarta justru menuju perbukitan untuk menunggu waktu berbuka. Ada Bukit Bintang dan Spot Riyadi di Prambanan yang kerap ramai selama bulan puasa. Dua tempat tersebut menyuguhkan keindahan Jogja dari ketinggian yang bisa kamu nikmati saat sore dan malam hari.

Bukit Bintang yang terletak di Patuk, Kabupaten Gunung Kidul akan menyuguhkan kamu hamparan city light Kota Jogja yang sangat memesona.  Agar kegiatan berbuka tetap nyaman, kamu bisa menyaksikan pemandangan di warung atau restoran sekitar. Sementara di Spot Riyadi, kamu bisa melihat pemandangan sunset indah berlatar perbukitan serta Candi Prambanan

***

Itulah beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan saat ngabuburit di 5 kota besar di Indonesia. Mulai dari berburu takjil, jalan-jalan santai, hingga menikmati matahari terbenam bisa kamu jadikan pilihan saat menunggu buka puasa. Apa pun pilihannya, ingatlah untuk tetap menjaga stamina selama berpuasa. Dengan begitu, Ramadan kamu akan terasa lebih berkesan. Yuk, ceritakan pengalaman ngabuburit kamu selama puasa di kolom komentar!

Baca juga  Ini Dia 4 Alasan E-tiket dan E-voucher Hotel Terlambat atau Gagal Terbit
3 Shares
Share3
Pin
Share
Tweet
+1