Fakta di Balik Penghargaan Tertinggi Michelin Star

Fakta di Balik Penghargaan Tertinggi Michelin Star

Jika Oscar menjadi ajang terbesar perfilman dunia, maka Michelin Star merupakan penghargaan tertinggi dalam bidang kuliner. Lebih dari itu, penilaian Michelin Star kabarnya dapat mengubah nasib sebuah restoran di berbagai dunia lho! Pasalnya, peraih penghargaan ini telah melalui penilaian yang cukup ketat. Mulai dari cita rasa masakan, tata penyajian, serta kualitas makanan adalah beberapa kriterianya.

Kriteria itu pun mengundang spekulasi bahwa hanya restoran mewah saja yang mampu meraih penghargaan Michelin Star. Padahal, ada banyak fakta menarik di balik penghargaan bidang kuliner ini. Penasaran apa saja? Ayo, simak bocoran fakta menarik seputar Michelin Star versi Traveloka berikut ini!

1. Pembuktian kelas dunia bidang kuliner

fine dining guide michelin
Photo Credit: Shutterstock

Makanan ternyata tak sekadar menjadi pengisi perut, melainkan sebagai investasi, khususnya para koki. Bagaimana tidak? Ketika sebuah masakan diterima dengan baik oleh penikmatnya, otomatis mereka akan terus kembali untuk menyantapnya. Alhasil, keuntungan pun akan terus didapat oleh sebuah restoran.

Kini, penilaian sebuah makanan dan restoran pun bisa memengaruhi ketertarikan para pencinta kuliner. Karena itulah, Michelin Star dianggap memiliki pengaruh besar dalam bidang kuliner. Tak jarang, para koki kelas dunia terus berlomba menyajikan hidangan terbaiknya. Sampai saat ini, Michelin Star telah memberikan penghargaannya ke lebih dari 35 negara di belahan dunia.

2. Garapan dua bersaudara asal Perancis

pendiri michelin
Photo Credit: Shutterstock

Siapa sangka jika penghargaan tertinggi bidang kuliner bermula dari angka kendaraan yang begitu sedikit di Perancis? Ya, kondisi jalanan Kota Perancis yang tergolong sepi kendaraan di tahun 1900 mendorong pemilik perusahaan ban, Edouard dan Andre Michelin untuk membuat sebuah terobosan.

Dua bersaudara itu pun mengeluarkan edisi pertama Michelin Guide, yakni sebuah buku berisi informasi bagi pengendara. Mulai dari peta, instruksi perbaikan ban, daftar bengkel, pom bensin, hotel, bahkan urutan restoran terbaik di Perancis ada dalam buku tersebut. Keberhasilan buku tersebut akhirnya berlanjut ke negara lainnya, begitu pun Michelin Star yang menjadi salah satu penghargaan tertinggi dalam bidang kuliner.

3. Bintang penentu kesuksesan seorang koki

bintang michellin
Photo Credit: guide.michelin.com

Sampai saat ini, Michelin Star hanya memberikan penghargaan dalam tiga kategori yakni bintang 1, 2, dan 3. Masing-masing kategori tersebut memiliki makna tersendiri bagi setiap restoran yang meraihnya. Pada bintang 1, berarti restoran tersebut patut kamu singgahi saat berada di kota atau negaranya.

Sedangkan bintang 2, dimaknai bahwa restoran tersebut dinilai amat berharga untuk dikunjungi meski perlu melalui perjalanan panjang. Hidangannya pun diakui berkualitas tinggi karena membutuhkan keterampilan dalam penyajiannya. Terakhir bintang 3, yang menandakan bahwa restoran ini wajib masuk daftar rencana kunjungan kamu. Kebanyakan menu yang dihasilkan amat sempurna karena berasal dari bahan terbaik dunia.

4. Tim khusus penentu bintang

penentu bintang michelin
Photo Credit: Shutterstock

Julukan penghargaan tertinggi bidang kuliner memang pantas dipegang oleh Michelin Star. Bagaimana tidak? Untuk menentukan layak atau tidaknya sebuah restoran meraih penghargaan, diperlukan proses penilaian yang cukup ketat. Menariknya, tim penilai Michelin Star dikenal amat misterius. Pasalnya, seorang koki bahkan pemilik restoran tak akan mengetahui jika sedang dinilai.

Michelin Star sendiri menyebut tim penilai sebagai inspektur. Saat ini, ada sekitar 120 inspektur yang tersebar di berbagai negara. Ada berbagai aspek penilaian yang dibawa para inspektur tersebut, mulai dari kondisi makanan, teknik pembuatan, harga, dan masih banyak lagi.

5. Restoran murah mampu raih penghargaan

resto guide michellin
Photo Credit: Shutterstock

Selama ini, Michelin Star kerap dikaitkan dengan makanan ataupun restoran serba mewah. Padahal, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Hal tersebut turut dibuktikan oleh Traveloka yang merilis “The 50 Cheapest Michelin-Starred Meals in The World”. Panduan ini pun dibuat berdasarkan situs resmi Michelin.

Setidaknya, 8 dari 10 makanan termurah Michelin dapat kamu temukan di restoran kawasan timur dan selatan Asia. Untuk mencobanya, kamu cukup mengeluarkan uang sekitar $3 atau setara Rp44.000. Ada pula paket makan siang di L’Antic Moli, Spanyol dan makanan di Al’s Place, San Francisco yang dijual dengan harga terjangkau. Tertarik untuk mencobanya? Temukan daftar restoran selengkapnya di sini!

***

Jadi, apa kamu semakin tertarik untuk mencoba berbagai hidangan peraih Michelin Star di berbagai dunia? Bagi yang berkesempatan, tak ada salahnya untuk mengunjungi satu atau beberapa daftar restoran yang ada. Dengan begitu, pengalaman wisata kuliner pun akan semakin bertambah. Selamat mencoba!

 

8 Shares
Share8
Pin
Share
Tweet
+1