Destinasi Wisata di Jawa Barat Ini Akan Tambah Skill Kamu

Destinasi Wisata di Jawa Barat Ini Akan Tambah Skill Kamu

Tak sekadar bersenang-senang, liburan juga bisa menjadi sarana tepat untuk belajar. Selama liburan, ada banyak kegiatan yang bisa kamu jadikan momen untuk mempelajari hal-hal baru. Misalnya ketika mengunjungi destinasi wisata kesenian lokal, kamu bisa ikut mempelajari sekaligus mencoba aktivitas seperti membatik atau memainkan alat musik daerah setempat.

Liburan dan mendapatkan skill baru sekaligus tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi kamu. Berikut rekomendasi destinasi wisata di Jawa Barat yang bisa kamu jadikan pilihan. Yuk, simak artikel selengkapnya!

Berselancar di Pantai Batu Karas, Ciamis

(Sumber: @erisriskawati2206)

Tak harus mengunjungi Pantai Keramas, Bali untuk bisa berselancar di atas ombak. Kamu juga bisa berselancar sembari menikmati keindahan laut di Pantai Batu Karas, Ciamis. Ombak di pantai ini terbilang cukup menantang oleh para peselancar. Selain itu, keberadaan teluk kecil di Batu Karas juga memudahkan peselancar beraktivitas tanpa harus mendayung jauh dari arah datangnya gelombang.

Terdapat beberapa titik selancar di Pantai Batu Karas, bergantung pada kemampuan peselancar. Bagi pemula, Legok Pari yang memiliki ombak tidak terlalu tinggi cocok untuk dijadikan tempat berlatih. Sementara bagi peselancar profesional, Bulak Pendak menjadi titik surfing yang tepat. Selain ombak yang tinggi, gulungan arus pun cukup panjang sehingga cocok sebagai arena selancar para profesional.

Jika ini pengalaman pertama berselancar, kamu bisa meminta pelatih setempat untuk mengajarkan teknik yang benar dan aman. Selain itu, ada pula beberapa tempat penyewaan perlengkapan surfing bagi kamu yang tidak membawa. Belajar selancar jadi lebih terfasilitasi, bukan?

Berlatih panjat tebing di Citatah, Padalarang

(Sumber: @ahmadadanmh)

Bagi penikmat olahraga ekstrem, Tebing Citatah bisa kamu jadikan pilihan selanjutnya untuk memacu adrenalin. Di sini, kamu bisa melakukan panjat tebing di tiga jalur berbeda yaitu Citatah 48, Citatah 90, dan Citatah 125. Penamaan tersebut diberikan sesuai dengan ketinggian masing-masing tebing.

Bagi pemula, Citatah 48 cocok dijadikan tempat untuk belajar memanjat tebing. Setidaknya, terdapat 25 jalur panjatan dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Uniknya, Citatah 48 yang juga dikenal dengan nama Gunung Manik ini berada di bawah naungan Kopassus. Jadi, kamu harus berbekal izin Kopasus terlebih dahulu sebelum melakukan panjat tebing di sini.

Jika ingin merasakan pemanjatan yang lebih menantang, Citatah 90 tidak boleh kamu lewatkan. Citatah 90 memiliki jalur panjat lebih sulit yang cocok bagi pemanjat profesional. Sementara Citatah 125 hanya dikhususkan sebagai pusat pendidikan sekolah panjat tebing milik swasta. Tertarik untuk mencoba panjat tebing di sini? Kamu hanya perlu menuju Citatah, Kabupaten Bandung Barat yang terletak sekitar 5 km dari gerbang Tol Padalarang.

Belajar musik tradisional di Saung Angklung Udjo, Bandung

(Sumber: @nurshandisg)

Saung Angklung Udjo bisa menjadi destinasi tepat bagi penyuka seni. Mengunjungi Saung Angklung Udjo akan menambah wawasan kamu tentang kesenian musik Sunda. Selain pertunjukan orkestra angklung, kamu juga bisa menyaksikan beragam pertunjukan seni seperti arumba, wayang golek hingga pementasan tari jaipong.

Saat memasuki ruang pertunjukan, masing-masing pengunjung akan diberikan satu buah angklung yang akan dimainkan bersama pada akhir acara. Menariknya, keterlibatan pengunjung dalam pertunjukan akan membuat kamu seakan bermain dalam orkestra sungguhan. Lebih dari itu, kamu pun bisa belajar tangga nada Sunda sembari memainkannya. Menyenangkan, bukan?

Untuk memasuki Saung Angklung Udjo, kamu harus membayar tiket masuk Rp60.000 pada hari kerja dan Rp75.000 pada akhir pekan atau libur nasional. Lokasi Saung Angklung Udjo cukup dekat dengan Stasiun Bandung, yakni di Jalan Padasuka No 118, Pasirlayung. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, ojek, maupun angkot arah Cicaheum untuk sampai di lokasi.

Membatik di EB Batik Tradisional, Cirebon

(Sumber: @saptorachmadi)

Berbelanja batik tentu sudah menjadi agenda rutin saat berlibur ke Cirebon. Namun, ada pula ide aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan yaitu belajar membatik. EB Batik Tradisional di Jalan Panembahan Utara No 1 adalah salah satu lokasi yang bisa kamu kunjungi.

Setiap harinya, pemilik mengadakan pelatihan bagi pengunjung yang ingin belajar membatik. Biasanya, pengunjung akan diberikan kain sepanjang 1 x 0,5 m yang sudah digambar pola tipis. Selanjutnya, pengunjung  tinggal memberi malam, tinta yang terbuat dari campuran lilin, getah pohon pinus, minyak, kote, dan parafin. Kamu hanya perlu mengikuti pola untuk kemudian dilanjutkan dengan proses pencucian, pewarnaan, hingga pengeringan.

Proses pengeringan kain batik akan memakan waktu cukup lama. Oleh karena itu, pengunjung perlu menunggu beberapa hari untuk bisa mendapatkan batik hasil karyanya. Pemilik juga menyediakan jasa antar bagi yang tidak memiliki waktu cukup untuk menunggu. Jika tertarik mengikuti workshop membatik, kamu hanya perlu membayar Rp35.000. Harga yang terjangkau untuk sebuah pengalaman dan ilmu membatik, bukan?

Melukis di Museum Barli, Bandung

(Sumber: @lia.liuu)

Satu lagi wisata seni di Bandung yang harus kamu kunjungi, yaitu Museum Barli. Tak sekadar memamerkan lukisan karya seniman ternama Barli Asmitawinata, museum ini juga menyediakan kelas belajar melukis bagi pengunjung. Untuk melakukan kegiatan ini, kamu bisa datang setiap Senin Sabtu mulai pukul 09:00.

Tak hanya itu, Museum Barli juga memiliki program pendidikan bernama ‘Anak Bumi’ untuk membantu anak-anak dalam mendapatkan pendidikan di bidang seni. Program ini rutin dilakukan seminggu sekali dengan murid yang berasal dari anak-anak dan remaja putus sekolah di Bandung. Kamu pasti akan mendapat banyak pengalaman bermakna, bukan?  

***

Itulah 7 destinasi wisata di Jawa Barat yang bisa kamu kunjungi untuk mendapat skill baru selama liburan. Dengan begitu, perjalanan wisata kamu akan semakin bermakna. Siap mendapatkan ilmu baru? Yuk, rencanakan liburan seru kamu bersama Traveloka sekarang!

Baca juga  15 Tempat Nongkrong di Surabaya Untuk “Me Time” yang Nyaman
0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1