Awali Tahun dengan Berlibur, Nikmati Hal-Hal Menyenangkan Berikut!

Awali Tahun dengan Berlibur, Nikmati Hal-Hal Menyenangkan Berikut!

1

 

Tahun berganti, apakah kamu sudah membuat bucket list liburan di tahun ini?

Bagi sebagian orang, mungkin Januari tidak menjadi waktu pilihan untuk berlibur. Terutama bagi mereka yang baru saja liburan di akhir tahun, bulan ini malah menjadi pertanda waktunya kembali ke rutinitas.

Padahal, tahukah kamu kalau ada banyak hal menarik yang bisa kamu dapatkan bila berlibur di bulan Januari. Apa saja itu? Simak beberapa di antaranya berikut ini:

1. Januari tawarkan tempat wisata yang cenderung lebih sepi dari wisatawan

Menikmati pantai indah jadi lebih tenang saat low season (Foto: Shutterstock)

Bulan Januari termasuk dalam kategori low season atau musim di mana tak banyak orang yang memutuskan untuk berlibur. Menurut data tahun lalu, yang diambil Badan Pusat Statistik, terjadi penurunan jumlah penumpang angkutan udara domestik pada Januari 2017 sebesar 6,63 persen jika dibandingkan dengan Desember 2016, yaitu dari 7,79 juta penumpang menjadi 7,27 juta orang. Itu artinya, kamu bisa lebih leluasa karena turis yang berkunjung tak sebanyak saat musim liburan.

Dapat dibayangkan, kamu bisa menikmati objek wisata dengan lebih tenang. Kamu tak perlu repot-repot mengantre saat ingin masuk ke tempat yang kamu inginkan. Terlebih, kamu pun berkesempatan untuk mengambil foto-foto objek wisata dengan lebih indah karena tidak dilatari oleh turis yang memadati area tersebut.

2. Harga tiket pesawat dan sewa hotel juga cenderung lebih murah

Mumpung tiket pesawatnya murah, sisa uangnya bisa buat kebutuhan lain. (Foto: Shutterstock)

Memasuki bulan Januari, kemungkinan mendapatkan harga terbaik untuk tiket pesawat lebih besar. Mengutip Travel + Leisure, data tren travel selama ini menunjukkan kalau harga tiket pesawat biasanya lebih murah di kurun waktu setelah musim libur usai, dan Januari minggu pertama hingga Februari minggu kedua masuk dalam periode tersebut.

Umumnya hal ini dikarenakan terjadi penurunan permintaan wisatawan atas akomodasi liburan, yaitu tiket pesawat dan termasuk hotel juga. Nah, ini dia kenapa Januari adalah waktu yang pas untuk melakukan liburan spontan atau merencanakan trip impianmu!

3. Kamu bisa benar-benar merasakan kehidupan masyrakat lokal setempat

Berkunjung ke pasar tradisional di destinasi liburan bisa menjadi opsi kegiatan yang menarik (Foto: Shutterstock)

Usai pergantian tahun yang diramaikan berbagai festival dan kemeriahan untuk menjamu turis, apa yang Januari tawarkan? Justru momen ini bisa jadi waktu tepat untuk merasakan pengalaman liburan yang berbeda, seperti mengalami kehidupan lokal masyarakat setempat, misalnya.

Coba eksplorasi destinasi pilihanmu dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang mungkin terdengar biasa tapi dapat memperkaya momen liburanmu. Seperti berkeliling kota mengendarai angkutan umum atau berjalan kaki agar bisa menikmati beragam sudut kota, berbelanja di pasar tradisional setempat, menghabiskan waktu bersama masyarakat di warung kopi favorit warga lokal, dan masih banyak lagi.

Minimnya wisatawan lain yang berkunjung di bulan Januari jelas bikin kamu lebih leluasa untuk melakukan bermacam-macam hal yang mungkin sulit dilakukan bila kamu mengunjungi destinasi tersebut di musim liburan.

4. Kamu bisa ikut merasakan pergelaran unik

Kemeriahan Pongal Festival di kawasan Little India (Foto: Riju Bhattacharya via Flickr)

Bulan sepi wisatawan tidak sama dengan sepi atraksi. Bukan tak mungkin, kamu berkesempatan menikmati berbagai perayaan unik yang tak diketahui banyak orang. Misalnya, Pongal Festival di Singapura, alias festival panen masyarakat Hindu, yang berlangsung dari awal Januari hingga 4 Februari. Bertempat di kawasan Little India, perayaan ini akan diisi oleh banyak pertunjukan warga lokal, pameran, dan seluruh area akan diwarnai oleh disertai kerlap-kerlip lampu yang meriah.

Perayaan unik lain yang bisa kamu kunjungi adalah festival Pacu Jawi atau lomba balap sapi yang berlangsung di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. Kegiatan ini berlangsung setiap Sabtu selama bulan Januari. Atau, buat kamu yang ingin berkunjung ke Korea Selatan, kamu bisa mengikuti kegiatan memancing ikan trout di Festival Es Ikan Trout Hwacheon di Sungai Hwacheon, Provinsi Gangwon.

5. Traveloka punya layanan menarik buat kamu yang khawatir soal budget

Dengan Traveloka App, tak perlu lagi tunda liburan (Foto: Shutterstock)

Ragu berlibur di bulan Januari karena budget liburan sudah habis saat akhir tahun? Tak perlu panik. Kini Traveloka menghadirkan layanan Kredit Tanpa Kartu.  Apa itu Kredit Tanpa Kartu? Coba bayangkan sistem cicilan yang selama ini kamu kenal. Nah, metode pembayaran terbaru dari Traveloka ini sebenarnya serupa, hanya saja kamu mengajukan pinjaman dananya bukan ke bank, melainkan ke Traveloka. Dengan fasilitas terbaru ini, kamu pun makin bisa mewujudkan liburan impian dari sekarang!

1
23 Shares
Share22
Pin
Share1
Tweet
+1