Asuransi Visa Schengen – Dokumen Wajib Sebelum ke Eropa

Asuransi Visa Schengen – Dokumen Wajib Sebelum ke Eropa

Travel Insurance atau Asuransi Perjalanan mungkin bukan persyaratan yang selalu ada ketika anda mengajukan aplikasi permohonan visa. Namun, sebagian besar negara-negara Eropa, khususnya negara yang tergabung dalam negara Schengen menjadikan asuransi perjalanan sebagai dokumen wajib yang harus anda miliki. Jika anda tidak melampirkan kepemilikan asuransi perjalanan, agen visa atau kedutaan berhak mengembalikan dokumen aplikasi anda.

Area Schengen( Sumber: Lexidy Law Boutique )

Meski masih terasa asing di telinga, ada baiknya jika anda mencari tahu terlebih dahulu hal-hal yang berkaitan dengan asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan merupakan asuransi yang dibutuhkan bagi para traveler yang melakukan perjalanan di dalam maupun ke luar negeri untuk melindungi diri dari resiko-resiko yang muncul selama perjalanan. Peran asuransi perjalanan tidak berhenti sebagai dokumen pelengkap permohonan aplikasi visa anda saja. Dengan asuransi perjalanan, keamanan liburan maupun kunjungan anda menjadi lebih terjamin. Asuransi perjalanan melindungi anda dari berbagai hal yang tidak terduga, seperti sakit, kecelakaan, pembatalan tiket hingga kehilangan bagasi.

Asuransi Perjalanan, Untuk Apa?

Beberapa situasi yang dapat ditanggulangi jika anda memiliki asuransi perjalanan adalah kehilangan atau kerusakan bagasi, atau ketinggalan pesawat akibat delay. Perjalanan ke Eropa dari Indonesia yang umumnya memerlukan transit di bandara-bandara yang sibuk memperbesar kemungkinan terjadinya bagasi yang rusak, hilang maupun tertukar. Selain itu, dengan kondisi perjalanan maupun cuaca yang tidak menentu, terkadang penerbangan mengalami penundaan (delay) sehingga anda terpaksa ketinggalan penerbangan selanjutnya. Apabila anda mengalami kejadian tak terduga ini, anda berhak mendapatkan kompensasi sesuai dengan pertanggungan asuransi perjalanan yang anda pilih.

Kerugian yang ditanggung tidak terbatas pada kerugian terkait operasional pesawat, anda juga bisa mendapatkan manfaat dari asuransi perjalanan pada keadaan darurat seperti kecelakaan, maupun sakit. Jika anda berniat untuk melakukan petualangan bermain ski pertama kalinya di pegunungan St Moritz Switzerland, misalnya. Asuransi perjalanan akan melindungi anda dari resiko terjatuh dan membutuhkan pertolongan medis yang cukup serius bentuk pertanggungan biaya pengobatan. Contoh lain, perlindungan dari asuransi perjalanan pun bisa anda dapatkan ketika gejala asam urat anda kambuh ketika sedang traveling sehingga membutuhkan obat-pereda rasa sakit segera.

Asuransi perjalanan juga memberikan proteksi terhadap personal accident yang mungkin terjadi sepanjang perjalanan anda. Adapun personal accident yang dimaksud adalah resiko kematian, cacat tetap, maupun perawatan maupun pengobatan pasca kecelakaan. Ketentuan mengenai pertanggungan pada personal accident bisa anda temukan pada keterangan yang ada di masing-masing polis asuransi yang anda pilih.

Bagaimana Cara Mendapatkan Asuransi Perjalanan?

 

Dulu, untuk mendapatkan asuransi perjalanan, anda harus repot-repot menghubungi satu persatu pihak asuransi untuk mengetahui tipe asuransi perjalanan yang mereka tawarkan. Setelah itu, secara mandiri anda harus cermat membandingkan satu asuransi dengan asuransi lainnya yang lebih banyak memberikan manfaat. Belum lagi, anda harus memastikan apakah asuransi yang anda pilih bisa diterima oleh petugas pengurus visa.

Kini, anda tidak perlu melakukan tersebut dengan adanya Traveloka. Asuransi perjalanan yang terjangkau dan terpercaya bisa anda temukan secara online melalui aplikasi ini. Traveloka bekerja sama dengan Chubb Insurance dalam memberikan asuransi perjalanan terbaik yang dapat anda miliki untuk menjamin keamanan dan kenyamanan liburan anda.

Perlindungan yang Dapat Anda Miliki dengan Asuransi Perjalanan

Peta Eropa

( Sumber: Pexels )

Ada beragam proteksi yang ditawarkan ketika anda memilih untuk menggunakan asuransi perjalanan dengan Traveloka. Salah satu contohnya, ketika anda mengalami penundaan keberangkatan, anda berhak untuk mendapatkan kompensasi mulai dari 750 ribu hingga 4,5 juta rupiah. Jika delay yang anda alami mengakibatkan anda harus ketinggalan pesawat, kompensasi yang diberikan bisa mencapai kurang lebih 5 juta rupiah per orangnya. Tentu tidak ada yang mau jika harus mengalami peristiwa-peristiwa darurat seperti ini, namun, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan ?

Cara Membeli Asuransi Perjalanan di Traveloka

Anda dapat menambahkan asuransi perjalanan pada saat melakukan booking tiket pesawat. Layar aplikasi Traveloka akan memunculkan pilihan untuk menyertakan pilihan asuransi perjalanan maupun bagasi anda. Jika anda setuju untuk menyertakan asuransi pada pemesanan anda, maka biaya asuransi tersebut akan secara otomatis ditambahkan pada total pembayaran.

apply Visa Schengen

Anda juga bisa mendapatkan asuransi perjalanan yang terpisah dengan pemesanan tiket. Fitur ini bisa anda manfaatkan jika anda berniat mengajukan permohonan visa dulu dan membeli tiket jika visa sudah di approve. Untuk melengkapi dokumen permohonan visa, anda bisa mendapatkan asuransi perjalanan anda di Traveloka.

Caranya, anda hanya perlu masuk ke halaman utama Traveloka, kemudian memilih ikon ‘Asuransi’. Akan terdapat beberapa pilihan asuransi perjalanan yang dapat anda pilih. Jika anda akan menggunakan asuransi ini untuk apply visa Schengen, pilihlah asuransi yang memiliki keterangan ‘valid for Schengen visa application’. Setelah memilih asuransi yang paling sesuai untuk anda, anda bisa melakukan pemesanan dan membayar asuransi perjalanan anda dengan berbagai pilihan metode pembayaran.

Kelebihan Lain yang Bisa Anda Dapatkan

Salah satu kelebihan menggunakan asuransi yang disediakan oleh Traveloka adalah anda bisa mendapatkan proteksi maksimal dengan biaya yang terjangkau. Selain itu, kerja sama Traveloka dengan Chubb Insurance sebagai salah satu penyedia asuransi yang kredibilitasnya sudah tidak diragukan, menjadikan anda tidak perlu merasa was-was dengan asuransi yang anda beli. Saat ini, asuransi dari Chubb Insurance dapat digunakan hampir di seluruh dunia termasuk negara-negara Schengen di Eropa.

Dengan harga yang terjangkau dan kredibilitas yang terjamin, asuransi dari Traveloka juga menawarkan komponen proteksi yang lengkap pada perjalanan anda, mulai dari perjalanan, akomodasi, hingga proteksi pribadi sepanjang liburan. Salah satu kelebihan asuransi perjalanan dari Traveloka adalah anda tetap bisa mendapatkan kompensasi meskipun anda yang terpaksa harus membatalkan keberangkatan karena ada bencana alam, misalnya.

Selain itu, Klaim juga bisa diajukan secara online maupun melalui pos dengan dokumen-dokumen yang sudah dilengkapi.

Jika anda berencana untuk berlibur ke Eropa, anda tak perlu khawatir lagi mencari asuransi yang diterima dan sesuai untuk aplikasi permohonan visa anda. Dengan asuransi perjalanan dari Traveloka, kunjungan anda ke Eropa pun bisa jadi lebih aman dan nyaman. Tunggu apa lagi, lengkapi perjalanan anda dengan asuransi perjalanan dari Traveloka!

0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1