7 Pantai di Jakarta Terbaik untuk Liburan Singkat

7 Pantai di Jakarta Terbaik untuk Liburan Singkat

Saat akhir pekan atau hari libur nasional, banyak warga Jakarta yang memilih pergi ke Puncak atau Bogor untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Padahal, tak perlu pergi jauh-jauh karena di sekitar Jakarta terdapat cukup banyak pantai yang cocok untuk liburan singkat kamu. Mau tahu pantai apa saja yang menjadi rekomendasi Traveloka? Yuk, cek di bawah ini!

Pantai Ancol

Pantai Ancol merupakan salah satu pantai terkenal di Jakarta yang harus banget dikunjungi
(Sumber: Wikimedia Commons)

Ini dia pantai yang paling populer di kalangan warga Jakarta! Pantai Ancol memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan wahana yang menarik, sehingga mampu menarik perhatian wisatawan. Salah satunya adalah Atlantis Water Adventure (AWA), sebuah kolam permainan air yang berdiri di atas lahan seluas 5 hektar. Terdapat delapan kolam renang utama dengan beragam wahana di dalamnya.

Selain AWA, masih ada Ocean Dream Samudra. Di wahana ini, kamu bisa mengenal lebih jauh tentang aneka ragam satwa air dan menikmati film 4D. Di kawasan Ancol juga, terdapat akuarium raksasa bernama Seaworld yang memperlihatkan suasana alam bawah laut yang begitu indah dan menarik.

Pantai Perawan

Pantai ini hanya berjarak 1-2 jam menggunakan boat dari dermaga marina ancol
(Sumber: @noviane_setiadi)

Dari Dermaga Marina Ancol, kamu bisa mengunjungi Pulau Pari menggunakan speed boat sekitar 1 – 2 jam. Di pulau ini, terdapat Pantai Perawan yang cocok sebagai tempat refreshing karena deburan ombaknya cenderung tenang. Airnya pun cukup bersih, sehingga kamu bisa menikmati pemandangan warna biru yang menakjubkan.

Kalau tertarik melakukan aktivitas di pantai ini, kamu juga bisa mencoba aneka permainan air seperti banana boat, sofa boat, kano, dan menaiki Jet Ski. Kamu hanya perlu bayar Rp35.000 per permainan air. Jangan lupa, sempatkan waktu untuk menyaksikan matahari terbenam setelah melakukan permainan air ya!

Pantai Anyer

Pantai Anyer menjadi salah satu destinasi favorit warga ibu kota untuk berlibur
(Sumber: Wikimedia Commons)

Terletak sekitar 30 km di sebelah barat Kota Jakarta, Pantai Anyer menjadi salah satu destinasi favorit warga ibu kota untuk berlibur. Selain karena pantainya yang indah, fasilitas akomodasi di sini juga sudah cukup lengkap. Berbagai jenis penginapan bisa dengan mudah kamu temukan, mulai dari hotel low budget hingga hotel bintang lima dengan fasilitas lengkap.

Saat berlibur di Pantai Anyer, kamu juga bisa menyaksikan gagahnya Gunung Rakata, anak dari Gunung Krakatau yang menjulang di balik laut. Di pantai ini pula, terdapat sebuah mercusuar tua yang merupakan peninggalan pemerintahan kolonial Belanda.

Pantai Sawarna

Pantai yang masih alami ini terdiri dari tiga kawasan pantai yakni Pantai Bokor, Pantai Karang Ciantir, dan Pantai Karang Taraje
(Sumber: Shutterstock)

Apabila kamu kurang suka berlibur di tempat ramai, Pantai Sawarna bisa menjadi destinasi yang tepat. Pantai ini bisa dikatakan masih alami karena belum terlalu dikembangkan secara maksimal seperti pantai-pantai lain di sekitar Jakarta. Meski begitu, kamu bisa menginap di homestay milik warga jika ingin berlibur di Pantai Sawarna lebih dari sehari.

Soal wilayah, Pantai Sawarna terdiri dari tiga kawasan pantai yakni Pantai Bokor, Pantai Karang Ciantir, dan Pantai Karang Taraje. Menariknya, di pantai-pantai ini kamu bisa melakukan cave tubing karena banyaknya gua berbatu kapur yang menjadi ciri khas kawasan Pantai Sawarna.

Pulau Tidung

Belibur singkat ke pulau tidung kurang lengkap jika belum melewati jembatan cinta
(Sumber: @sisilia.lo)

Ingin liburan ke pantai tanpa harus menginap? Kamu bisa menjadikan Pulau Tidung sebagai salah satu pilihan. Perjalanannya membutuhkan waktu sekitar 2 – 3 jam dengan menaiki speed boat dari Pelabuhan Muara Angke. Sesampainya di Pulau Tidung, kamu bisa langsung snorkeling, bermain banana boat, berenang, atau sekadar bersantai di pinggir pantai.

Pulau Tidung terbagi menjadi dua wilayah, yakni Tidung Besar dan Tidung Kecil. Keduanya dihubungkan dengan sebuah jembatan bernama Jembatan Cinta yang menjadi salah satu spot foto favorit wisatawan. Penasaran untuk berfoto di jembatan ikonik ini?

Pulau Pramuka

Sebelum ramai dikunjungi seperti sekarang, Pulau Pramuka dulunya bernama Pulau Elang
(Sumber: @_aaangelinaaa_)

Pulau Pramuka dulunya bernama Pulau Elang karena masih banyak ditemukan Elang Bondol di sekitar kawasan. Seiring berjalannya waktu, elang tersebut tidak lagi ditemukan. Kemudian, pada tahun 1950 – 1970 di tempat ini cukup sering diadakan kegiatan pramuka sehingga namanya pun berubah menjadi Pulau Pramuka.

Ada cukup banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Pulau Pramuka, mulai dari snorkeling, berfoto di dermaga, menikmati pemandangan sunset, hingga berkeliling pulau dengan menyewa kapal wisata. Di pulau ini, terdapat juga tempat penangkaran penyu yang bisa kamu kunjungi.

Kalau tertarik berlibur ke Pulau Pramuka, kamu bisa menyeberang dari Marina Ancol menggunakan speed boat selama sekitar 2 jam saja. Namun, kamu yang ingin berwisata bujet lebih baik menaiki kapal yang berangkat dari Pelabuhan Muara Angke.

Pulau Bidadari

Pulau Bidadari memiliki daya tarik berupa lautnya yang biru jernih dan pasir pantainya yang putih bersih
(Sumber: @benedict_es)

Bersama dengan Pulau Tidung dan Pulau Pramuka, Pulau Bidadari juga merupakan bagian dari Kepulauan Seribu. Untuk bisa mencapai pantai ini, kamu hanya perlu menggunakan speed boat selama kurang lebih 30 menit perjalanan dari Dermaga Marina Ancol.

Daya tarik Pulau Bidadari adalah lautnya yang biru jernih dan pasir pantainya yang putih bersih. Di sekitar area pulau, terdapat sejumlah bangunan serupa cottage yang biasa dimanfaatkan para pengunjung untuk beristirahat dan bersantai sambil menikmati alam sekitar.

Menariknya, tak hanya berada di pinggir pantai, beberapa cottage tersebut juga ada yang dibangun di tengah laut sehingga kamu pun bisa bersantai sambil memainkan kedua kakimu di dalam air. Sangat menarik untuk pilihan liburan singkat, bukan?

***

Dari ketujuh pantai yang sudah Traveloka ulas di atas, manakah yang menjadi pilihan kamu untuk liburan singkat nanti? Ingat, saat perencanaan sudah matang kamu harus menyiapkan beberapa barang yang wajib dibawa saat berlibur ke pantai. Beberapa di antaranya adalah sunblock, kacamata hitam, baju renang, sandal, dan pakaian yang dapat menyerap keringat dengan mudah. Selamat menikmati liburan singkat di Jakarta!

3 Shares
Share3
Pin
Share
Tweet
+1