6 Pengalaman yang Bikin Jogja Tetap Istimewa di Hati

6 Pengalaman yang Bikin Jogja Tetap Istimewa di Hati

Mungkin… Jogja itu tercipta dari rindu, yang membuatnya selalu spesial untuk dikunjungi. Baik untuk kamu yang pernah ke sana, atau juga kamu yang rindu akan pengalaman liburan yang istimewa.

Tiap sudut kota ini selalu menawarkan beragam hal untuk siapa saja yang berkunjung: objek wisata yang memukau mata, warisan budaya yang kaya, kuliner yang menggiurkan, hingga suasana kota yang membuat siapa pun nyaman. Bagi kamu yang sedang rindu Jogja, coba lihat, barangkali tempat-tempat berikut malah bikin kamu makin ingin berkunjung:

  1. Kembali ke masa lampau di Situs Warungboto

Namanya mungkin masih asing di telinga, namun soal keindahannya mudah bikin kamu terpana. Situs Warungboto adalah sebuah pesanggrahan alias tempat peristirahatan raja dan kerabatnya di masa lampau. Gedung berdesain klasik dan kokoh ini siap mengantarmu menikmati kemegahan masa lalu.

Berdiri sejak era Sultan Hamengkubuwono I, situs yang berlokasi di Jalan Veteran, Kelurahan Warungboto, Kecamatan Umbulharjo ini punya pesona keindahan yang tak lekang oleh zaman. Malah, banyak sudutnya yang bisa kamu abadikan untuk mempercantik Instagram-mu.

  1. Mendalami warisan budaya di Batik Plentong

Buat kamu yang kepincut dengan kecantikan batik, atau punya rasa penasaran yang tinggi tentang proses pembuatannya, kamu bisa mencoba belajar membatik di salah satu pusat perbelanjaan batik di Jogja, Batik Plentong.

Berlokasi di Jl. Tirtodipuran No. 48, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, kamu bisa belajar melukis di atas kain menggunakan canting dan malam. Di sana, kamu akan dibimbing oleh para pengrajin lihai yang sudah puluhan tahun berpengalaman membatik.

  1. Menyusuri lorong cemara di Pantai Cemara Sewu

Datangi Pantai Cemara Sewu di area Bantul untuk menikmati spot indah di foto atas. Satu yang menarik dari tempat ini adalah pantainya tak cuma menyuguhkan bentangan pasir, tapi salah satu sisinya dipagari deretan pohon cemara yang menghadap laut. Lagi-lagi, tempat ini bisa jadi latar yang unik untuk menambah koleksi fotomu. Oh ya, pantai ini juga masih tergolong sepi kalau dibandingkan dengan pantai-pantai lain di pesisir selatan Jogja.

  1. Menjemput senja di Gumuk Pasir Parangkusumo

Apa istimewanya tempat ini? Bisa dibilang, Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati senja di Jogja. Di padang pasir yang berlokasi dekat dari Pantai Cemara Sewu ini, kamu bisa santai sejenak menunggu matahari terbenam di atas hamparan pasir alami.

Bagi kamu yang suka tantangan, kamu bisa menjajal bermain papan seluncur pasir alias sandboarding. Rasakan sensasi meluncur dari atas bukit pasir dengan beragam tingkat kemiringan yang bisa kamu pilih, mulai yang landai hingga curam. Siap-siap pacu adrenalinmu, ya!

  1. Nongkrong khas Jogja: seruput kopi joss di Angkringan Lik Man
Baca juga  Kemeriahan Idulfitri di Berbagai Negara

Saat bicara Jogja, siapa yang tak kenal dengan kopi joss Angkringan Lik Man? Ya, kopi Jogja tulen ini bukan cuma menawarkan rasa yang beda, tapi juga ‘rasa’ lokal yang khas saat menikmatinya. Sambil menyeruput kopi dengan arang panas, kamu bisa santai duduk lesehan di atas trotoar dan merasakan suasana kota Jogja yang sederhana juga bersahabat. Lalu-lalang becak, sepeda, alunan pengamen jalan hingga interaksi orang sekitar pasti akan memberikanmu pengalaman yang unik.

 

Tak itu saja, saat menikmati kopi joss, kamu pun bisa menikmati sajian kuliner khas angkringan yang tentu ramah di kantong, seperti nasi kucing, aneka gorengan, hingga berbagai jenis sate!

  1. Cicipi Bakmi Mbah Gito yang legendaris

Bakmi jawa bisa menjadi alternatif kuliner saat berkunjung ke Jogja, lho. Meski tak sepopuler gudeg, bakmi jawa punya cita rasa yang beda dari bakmi pada umumnya. Hal ini karena bakmi jawa dimasak dengan menggunakan kompor arang (anglo) yang membuat aroma bakmi makin nikmat.

Satu tempat tersembunyi yang terkenal dengan sajian bakmi jawa adalah Bakmi Mbah Gito di kawasan Kotagede. Didominasi material kayu dan bambu, serta kaya ornamen khas Jawa, membuat tempat ini juga terbilang cantik untuk diabadikan kamera.

 

Yuk, tonton video di bawah ini untuk melihat ulasan lebih lengkap tempat-tempat di atas. Kalau kamu makin rindu Jogja, kami sepenuhnya paham kok—karena kami juga merasakan yang sama dan ingin segera berlibur ke sana!

Foto oleh: Debbie Tea (@debbietea)

29 Shares
Share29
Pin
Share
Tweet
+1