0

Traveloka Team

20 Jan 2020 - 2 min read

5 Langkah Tepat Agar Perjalanan Bisnis Efektif

Sebuah perjalanan tentu membutuhkan persiapan yang matang, begitu pula saat kamu akan pergi berbisnis. Tak sekadar akomodasi dan transportasi, materi pekerjaan pun turut menjadi hal penting yang perlu kamu siapkan. Berbeda dengan liburan yang cukup fleksibel, dalam perjalanan bisnis kamu justru akan dihadapkan berbagai kegiatan seperti menghadiri rapat kerja, membuat presentasi, maupun menyelesaikan pekerjaan di kantor.

Padatnya urusan yang ada tentu mendorong para pebisnis dan eksekutif untuk memiliki siasat saat melakukan perjalanan bisnis. Jika ini perjalanan bisnis pertama kamu cobalah untuk menerapkan 5 langkah berikut agar segalanya berlangsung efektif. Ayo simak penjelasan selengkapnya!

1)Persiapkan agenda kegiatan

Berbeda dengan kondisi kantor, saat melakukanbusiness tripkamu justru akan terbatas oleh ruang dan waktu. Bagaimana tidak? Kamu tentu tak akan memiliki ruang kerja pribadi, begitu pun dengan durasi perjalanan bisnis yang akan membatasi waktu setiap kegiatan.

Agar seluruh rencana bisnis berjalan dengan lancar, sebaiknya buatlah agenda kegiatan sesuai durasi perjalanan. Kamu bisa memulainya dengan membuat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan, kemudian sesuaikan jadwal pertemuan bersama rekan bersangkutan. Dengan begitu, tujuan perjalanan bisnis kamu bisa berjalan dengan efisien.

2) Teliti memilih moda transportasi

Umumnya, moda pesawat akan dipilih sebagai transportasi efektif menuju kota atau negara tujuan berbisnis. Pasalnya, pesawat menawarkan kenyamanan serta waktu tempuh yang paling efektif dibanding transportasi lainnya. Meski begitu, kamu tetap perlu teliti dalam memilih moda transportasi ini agar tidak mengganggu perjalanan bisnis.

Meski durasibusiness tripbiasanya sudah ditentukan, kamu tentu tak bisa memastikan saat ada perubahan jadwal. Untuk itu, kamu perlu memilih transportasi yang fleksibel. Salah satunya, kamu bisa membeliTiket Fleksibilitas Tinggidi Traveloka. Dengan tiket tersebut, kamu dapat dengan mudahrefundataupunrescheduletiket yang telah dipesan.

Penukaran jadwal maupun pengembalian uang pesanan juga tidak akan dikenakan biaya tambahan, semua bergantung pada ketentuan maskapai yang kamu pilih. Cukup menguntungkan, bukan? Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir saat ada perubahan jadwal dalam perjalanan bisnis.

3) Minimalisasi barang bawaan

Dalam perjalanan bisnis, kamu pasti dituntut untuk memiliki mobilitas yang tinggi. Belum lagi, jika kamu perlu pindah ke beberapa daerah dalam satu waktu. Agar lebih leluasa, sebaiknya kamu memilah barang bawaan agar lebih praktis selama bepergian. Gunakan pula tas yang memiliki banyak kantong agar kamu bisa memisahkan keperluan pribadi dan pekerjaan dengan mudah.

Jika barang bawaan ringkas, perjalanan pun akan semakin efektif. Mulai dari menghindari lamanya menunggu bagasi, kesulitan berkemas, hingga kerepotan saat membawa barang bawaan tentu bisa kamu hindari saat bepergian. Jadi, mulailah untuk mengemas barang secukupnya dan jangan lupakan segala keperluan bisnis kamu ya!

4) Pilih akomodasi strategis

Lokasi akomodasi menjadi hal yang tak kalah penting untuk kamu pikirkan saat melakukan perjalanan bisnis. Sebaiknya, pilihlah penginapan yang dekat dengan lokasi kantor atau tempat rekan kerja kamu. Jika sulit, cobalah untuk mencari akomodasi yang memiliki akses transportasi yang mudah. Dengan begitu, perjalanan menuju lokasi pekerjaan tak akan memakan waktu yang lama.

Tak hanya itu, kamu pun bisa memilih hotel dengan fasilitas memadai yang akan mendukung segala aktivitas. Mulai dari akses Wi Fi, penyedia sarapan, hingga pusat kebugaraan adalah beberapa fasilitas penginapan yang akan membuat perjalanan bisnis kamu lebih efektif.

5) Perhatikan kondisi kesehatan

Satu hal yang tak boleh kamu lupakan selama melakukan business trip adalah kondisi kesehatan diri sendiri. Banyaknya aktivitas dalam waktu singkat mungkin akan membuat kamu lupa menjaga diri. Padahal, kondisi kesehatan menjadi salah satu faktor utama yang akan memperlancar segala urusan pekerjaan kamulho!

Untuk itu, cobalah untuk membawa obat-obatan pribadi maupun vitamin yang dapat dikonsumsi. Selain itu, siapkan pakaian yang sesuai dengan kondisi udara di kota atau negara tujuan. Agar selalu bugar, biasakanlah untuk makan tepat waktu dan minum sesuai kebutuhan.

***

Itulah 5 tips saat perjalanan bisnis yang bisa kamu lakukan agar semua aktivitas berjalan dengan efektif. Jika semua agenda pekerjaan telah usai, tak ada salahnya juga untuk mengunjungi beberapa lokasi menarik di daerah yang kamu kunjungi. Dengan begitu, kamu bisa menyegarkan kembali pikiran sebelum kembali ke rutinitas pekerjaan kantor. Nah, apa kamu punya tips menarik lainnya? Silakan bagikan pengalaman di kolom komentar, ya!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan