0

Traveloka Team

12 Jan 2020 - 3 min read

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Naik Pesawat Pertama Kali

Pesawat senantiasa menjadi moda transportasi favorit untuktravelling.Dengan menggunakan pesawat, destinasi wisata yang jauh bisa ditempuh dengan waktu relatif cepat. Selain itu, sensasi terbang di atas awan memberikan keindahan dan pengalaman tersendiri.

Naik pesawat dulu identik dengan tiket yang mahal, berbeda dengan sekarang. Banyak promo untuk harga tiket pesawat murah. Bahkan, tak hanya domestik, juga untuk penerbangan internasional.

Nah, mungkin saja belum semua orang pernah merasakan naik pesawat. Bagi Anda yang berencana pertama kali naik pesawat untuk berlibur di tempat baru, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Jangan sampai bingung bahkan salah. Sebab, bisa saja malah merusak momentravellingyang telah ditunggu-tunggu.

Naik pesawat tidak sesusah itukok.Inilah sejumlah tips yang bisa dilakukan bagi Anda yang berencana naik pesawat untuk pertama kali.

1. Pesan tiket pesawat secaraonline

Bila sudah menentukan waktutraveling,segeralah pesan tiket pesawat. Memesan tiket pesawat jauh-jauh hari dapat menghindarkan risiko kehabisan atau kenaikan hargat tiket. Selain itu, lazimnya terdapat promo untuk pemesanan tiket dengan waktu keberangkatan yang masih lama.

Asal tahu saja, memesan tiket pesawat kini lebih mudah melalui Traveloka App. Tidak perlu mencetak tiket, cukup tunjukkane-tiket pada aplikasi Traveloka saatcheck-in.Tidak hanya itu, Anda turut berkesempatan mendapatkan promo menarik jika menggunakan Traveloka App.

Saat memilih maskapai penerbangan yang akan digunakan, perhatikan peraturan masing-masing maskapai. Selain itu, setiap maskapai memiliki kuota bagasi yang berbeda-beda. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda, ya.

2. Cek kembali terminal keberangkatan, jangan sampai salah

Setelah memesan tiket, teliti kembali lokasi bandara dan terminal keberangkatan. Informasi tersebut dapat dilihat di e-tiket.

Beberapa bandara memiliki banyak terminal seperti Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Untuk bandara kecil tidak perlu khawatir. Biasanya bandara kecil hanya memiliki satu terminal keberangan dan kedatangan. Salah terminal bisa-bisa rencanatravellinggagal karena tertinggal pesawat.

3. Pilih moda transportasi tepat ke bandara

Alat tranportasi ke bandara juga pentinglhountuk dipikirkan. Salah menggunakan kendaraan, bisa-bisa tertinggal pesawat karena terlambat datang ke bandara.

Agar nyaman tidak terburu-buru mengejar pesawat, Anda bisa menggunakan layanan antar jemput DAMRI Bandara Traveloka. DAMRI Bandara menjamin sampai bandara tepat waktu dengan nyaman dan mudah.

Cek info DAMRI Bandara lengkaplalu pesan satu atau dua jam sebelum jadwal pesawat lepas landas. Saat di bandara nanti, ada beberapa hal yang harus diurus.

4. Check in di bandara dan tunggu di gate yang tepat

Pastikan tidak membawa barang-barang yang dilarang seperti benda tajam, rokok elektronik, pemantik, dan lainnya.

Bergegascheck indi loket sesuai maskapai yang dipilih. Siapkan kartu identitas yang masih berlaku, baik KTP, paspor, atau SIM. Tunjukan kartu identitas tersebut beserta e-tiket kepada petugas.Oh ya,jangan lupa daftarkan bagasi dan serahkan barang-barang berukuran besar untuk masuk bagasi.

Setelah mendapatkanboarding pass,masuklah kegateyang tepat. Informasigatekeberangkatan tertulis padaboarding pass.Tunggulah di ruang yang tidak terlalu jauh darigatekeberangkatan agar tidak tertinggal info penerbangan seperti delay, dimajukan, atau harus pindahgate.

5. Simak instruksi keselamatan dan patuhi aturan yang berlaku

Setelah duduk di kursi yang tepat sesuai nomor padaboarding pass,perhatikan instruksi keselamatan yang diperagakan oleh awak pesawat.

Untuk Anda yang pertama kali naik pesawat, instruksi ini sangat penting disimak untuk mengantisipasi kejadian-kejadian genting yang tidak diinginkan.

Patuhi semua peraturan di dalam pesawat. Termasuk mematikan telepon seluler agar tidak mengganggu navigasi pesawat.Handphonebisa kembali dinyalakan saat di gedung bandara,ya,jangan langsung dinyalakan saat mendarat.

Oh ya,saat mendarat nanti jangan terburu-buru meninggalkan bandara. Ambil terlebih dahulu barang di bagasi sesuai nomor penerbangan. Cek kembali barang-barang, jangan sampai ada yang tertinggal atau tertukar.

Nah,tidak perlu cemas bahkan takut lagi jika pertama kali naik pesawat. Asal mengikuti prosedur dan mematuhi aturan, naik pesawat tidak akan sulit. Semakin mudah dan nyaman jika memesan tiket pesawat dan jasa DAMRI Bandara melalui Traveloka.Travellingpun semakin berkesan.

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan