0

Traveloka Team

22 Jan 2020 - 8 min read

15 Danau di Indonesia dengan Pesona Menakjubkan

Destinasi wisata alam tentu tak selalu harus gunung ataupun pantai. Masih ada pilihan lain yang bisa kamu jadikan alternatif saat merencanakan wisata alam, salah satunya adalah mengunjungi danau.

Berada di antara lempeng Eurasia dan Indo-Australia, Indonesia memiliki deretan gunung api di berbagai wilayahnya. Setidaknya, terdapat 840 danau besar dan 735 danau kecil (situ) yang bisa kamu kunjungi. Bagi yang penasaran, Traveloka telah merangkum 15 danau di Indonesia dengan pesona yang menakjubkan. Ayo simak ulasan selengkapnya!

1. Danau Toba, Sumatera Utara

Photo credit:@kneestoworld(Instagram)

Siapa yang tak pernah mendengar Danau Toba? Danau terbesar di Asia Tenggara ini merupakan salah satu yang paling populer Indonesia. Terletak di Sumatera Utara, danau yang terbentang di tujuh kota ini selalu menjadi pilihan destinasi wisatawan saat berkunjung ke sana. Pasalnya, danau dengan luas sekitar 1.100km²ini tak hanya memiliki legenda menarik tetapi juga pemandangan yang indah.

Konon, danau ini dihasilkan dari ledakan super masif sekitar 77.000 tahun yang lalu. Selain memicu perubahan iklim global, letusan ini juga menyebabkan penyusutan populasi dunia. Peristiwa yang cukup legendaris, bukan? Jika tertarik mengunjunginya, kamu bisa datang pada bulan September, Oktober, maupun November agar tidak terlalu padat pengunjung. Tak lupa, beberapa objek wisata seperti Air Terjun Sipiso piso ataupun Pasir Putih Parbaba pun bisa turut kamu kunjungi.

2. Danau Maninjau, Sumatera Barat

Photo credit:@infosumbar(Instagram)

Berada tak jauh dari Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Danau Maninjau bisa kamu jadikan destinasi wisata alam menarik lainnya. Dengan luas mencapai 99,5 km², danau ini menjadi danau terluas kesebelas di Indonesia. Tak hanya difungsikan sebagai objek wisata alam, danau vulkanik ini juga merupakan sumber air Sungai Batang Sri Antokan. Menariknya, kamu bisa melihat kekentalan budaya minang karena sebagian besar penduduknya merupakan orang Minangkabau.

Jika berangkat dari Bukittinggi, kamu akan melalui kelok 44, destinasi yang juga tak kalah menarik untuk kamu abadikan. Sesampainya di Danau Maninjau ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan, seperti memancing ataupun menikmati kuliner di sekitarnya. Agar tak melupakan pesona danau ini, jangan lupa beli berbagai suvenir menarik di toko oleh-oleh yang tersedia ya!

3. Danau Singkarak, Sumatera Barat

Photo credit:@rancakbana_(Instagram)

Satu lagi danau di Pulau Sumatera yang tak boleh kamu lewatkan adalah Danau Singkarak. Meski tak sepopuler objek wisata lainnya, Singkarak menjadi danau terluas kedua setelah Toba dengan luas sekitar 107,8 km². Pembentukan objek wisata ini pun berbeda karena merupakan hasil peristiwa tektonik. Cukup menarik, bukan?

Salah satu daya tarik utamanya adalah keberadaan ikan bilih, spesies yang diperkirakan hanya hidup di danau ini. Jika beruntung, kamu bisa melihatnya atau bahkan menyantapnya sebagai hidangan khas di sini. Bagi kamu yang ingin berfoto dengan latar belakang danau, cobalah datang ke Puncak Gobah. Di sana, terdapat rumah pohon yang didesain kekinian untuk wisatawan yangselfieatauwefiedengan latar belakang Singkarak.

4. Danau Telaga Warna, Jawa Tengah

Photo credit:@mnurkamil(Instagram)

Memiliki keunikan 7 warna air yang berbeda, Danau Telaga Warna di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo ini bisa kamu masukan daftar destinasi yang perlu dikunjungi. Konon, warna air pada danau sering berubah. Hal tersebut karena terdapat kandungan sulfur yang cukup tinggi, sehingga saat terkena pantulan cahaya matahari air pun memancarkan warna yang berbeda-beda. Meski begitu, warnatoscaatau hijau kebiruan adalah yang paling sering dilihat wisatawan.

Agar puas mengunjunginya, sebaiknya kamu datang saat pagi atau siang hari. Dengan begitu, kamu bisa melihat pesona danau tanpa terhalang kabut. Tak hanya itu, kamu pun bisa turut mengunjungi objek menarik lainnya seperti Gua Semar, Gua Eyang Kumalasari, dan masih banyak lagi. Satu hal yang perlu kamu ingat, gunakanlah pakaian yang hangat karena kawasan danau yang berada di dataran tinggi ini cukup dingin.

5. Danau Ranu Kumbolo, Jawa Timur

Photo credit:@traveloka(Instagram)

Berada di kaki Gunung Semeru, Danau Ranu Kumbolo menyuguhkan pemandangan yang amat indah. Luasnya mencapai 24 hektar dan berada di ketinggian 2.389 mdpl, sehingga kamu perlu mendaki setengah dari Gunung Semeru untuk melihat pesonanya. Nantinya, kamu perlu lebih dahulu membayar Rp125.000 per orang untuk naik mobil Jeepke Desa Ranu Pani, menjalani aneka tes kesehatan, dan menyerahkan KTP untuk syarat registrasi.

Usaha mencapai Danau Ranu Kumbolo tentu akan terbayar ketika sampai di lokasi. Kamu bisa melihat keindahan danau yang dikelilingi pepohonan dan padang rumput hijau indah. Tak sekadar berkunjung, kamu pun bisa menginap di kawasan Ranu Kumbolo. Jadi, siapkan perlengkapan kemah jika berniat untuk bermalam di sini ya!

6. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Photo credit:@indonesiantraveler_(Instagram)

Sama seperti Danau Ranu Kumbolo, untuk mencapai Labuan Cermin di Kabupaten Berau ini kamu membutuhkan perjuangan lebih. Oleh karena itu, menjaga kondisi fisik sebelum melakukan perjalanan adalah hal yang wajib kamu lakukan. Setidaknya, kamu perlu menempuh 7 jam perjalanan via darat. Namun, sebaiknya kamu melalui rute Teluk Sulaiman mengingat kondisi jalan belum cukup memadai.

Konon, air danau ini memiliki dua rasa yakni asin pada permukaan dan tawar di dasarnya. Hal ini pula yang menyebabkan fenomena pantulan pada danau ini, sehingga dinamakan Labuan Cermin. Di Danau Labuan Cermin, kamu bisa dengan mudah melihat habitat bawah danau dengan mata telanjang. Meski begitu, kamu perlu tetap berhati-hati karena kedalaman danau mencapai 5 meter.

7. Danau Kelimutu, Flores

Photo credit:@ayodolan(Instagram)

Ingatkah kamu dengan gambar pada lembaran uang Rp5.000 lama? Terdapat ilustrasi danau tiga warna, itulah Danau Kelimutu di Flores, Nusa Tenggara Timur. Ketiga danau tersebut diberi nama Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, Tiwu Ata Polo, dan Tiwu Ata Mbupu. Penamaan tersebut diberikan berdasarkan warna yang dihasilkan danau. Sementara itu, warna danau konon berasal dari zat besi dalam fluida yang terkandung di dalamnya.

Ada dua cara yang bisa kamu pilih untuk sampai di danau ini. Pertama, kamu bisa melakukantrekkingterlebih dahulu di Pegunungan Ende menuju danau. Kedua, kamu bisa menggunakan kendaraan khusus dan dilanjutkan dengan berjalan sekitar 20 menit untuk sampai di Danau Kelimutu.

8. Danau Segara Anak, Nusa Tenggara Barat

Photo credit:@exploredolan.id(Instagram)

Para pendaki gunung tentu sudah tak asing dengan Danau Segara Anak di Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat. Bagaimana tidak? Danau ini menjadi daya tarik utama di kawasan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia ini. Berada di ketinggian 2.000 mdpl membuat danau ini dikelilingi gumpalan awan yang amat indah.

Tak hanya itu, kamu juga akan melihat Gunung Baru Jari di tengah danau yang membuat pesonanya semakin indah. Selain berkemah, umumnya pengunjung menghabiskan waktu dengan memancing di sini. Ada pula sumber air panas yang bisa kamu kunjungi selepas bersantai di pinggir danau. Mengingat lokasi danau yang cukup tinggi dan hanya bisa dicapai dengan mendaki, kamu disarankan untuk menyiapkan kondisi fisik lebih dulu ya!

9. Danau Sentani, Papua

Photo credit:@hegerphaul(Instagram)

Beranjak ke wilayah timur Indonesia, kamu bisa melihat keindahan Danau Sentani. Memiliki luas hingga 9.360 hektar, danau ini menjadi yang paling luas di Papua. Letaknya yang hanya 50 km dari Jayapura, membuat danau ini dijadikan objek wisata resmi oleh pemerintah setempat. Jadi, kamu akan menemukan banyak aktivitas seru di sini.

Salah satunya, kamu bisa menyewa perahu untuk berkeliling danau. Selain itu, kamu bisa menyaksikan Festival Danau Sentani jika datang pada pertengahan bulan Juni. Dalam festival ini, kamu bisa melihat berbagai budaya Papua mulai dari tari perang, upacara adat, hingga bazar makanan khas Papua.

10. Danau Paniai, Papua

Photo credit:@pacetokikasar(Instagram)

Masih di wilayah Papua, kamu juga tak boleh melewatkan Danau Paniai di Kabupaten Paniai. Berada di ketinggian 1.700 mdpl, kamu akan merasakan hawa sejuk selama berkunjung ke sini. Menariknya, keindahan danau ini pun telah diakui lebih dari 157 negara ketika konferensi danau sedunia berlangsung.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan selama berkunjung ke Danau Paniai, salah satunya memancing dari atas perahu sambil berkeliling danau. Selain itu, kamu bisa menghabiskan waktu lebih lama dengan menginap di rumah penduduk yang turut disewakan.

11. Danau Habema, Papua

Photo credit:@vickmanuelo(Instagram)

Berada di ketinggian 3.255 mdpl, Danau Habema disebut sebagai salah satu danau tertinggi di Indonesia. Danau yang memiliki nama asli Yuginopa ini berada di kompleks Pegunungan Jayawijaya. Karena itulah, perjalanan menuju Danau Habema dikenal cukup sulit. Pasalnya, kamu harus melakukan pendakian cukup panjang untuk sampai di lokasi danau.

Sesampainya di lokasi, kamu akan langsung takjub karena keindahan Puncak Trikora bisa dilihat dari sini. Selain itu, hamparan padang rumput sekitar danau juga membuat suasana lokasi ini semakin sejuk dan nyaman. Jika tertarik ke sini, gunakanlah pakaian hangat mengingat suhu di Danau Habema cukup dingin.

12. Danau Poso, Sulawesi Tengah

Photo credit:@gogorobak_palu(Instagram)

Berada di Sulawesi Tengah, tepatnya di Kota Pendolo, Danau Poso dikenal sebagai danau terdalam ketiga di Indonesia. Suasana pedesaan yang damai dan danau yang membentang lebar menjadi salah satu alasan mengapa tempat ini wajib kamu kunjungi. Saat berkunjung, kamu juga bisa sekaligus menginap di akomodasi yang tersedia. Cukup menyiapkan bujet sekitar Rp1 juta, kamu sudah bisa menginap selama empat malam.

Selain melihat pesona danau, kamu juga bisa menemukan spesies ikan endemik yang hanya hidup di sini. Mulai dariAdrianichthys, Mugilogobius amadi, M. sarasinorum, Nomorhamphus celebensis, hingga Oryzias nebulosus adalah beberapa spesies langka yang akan kamu temukan jika beruntung. Ada pula Festival Danau Poso di Tentena, kota pinggir danau yang bisa kamu saksikan jika berlangsung.

13. Danau Kaco, Jambi

Photo Credit:@iton_bae(Instagram)

Jika melakukan pendakian di kawasan Gunung Kerinci, kamu pasti akan menemukan Danau Kaco di ketinggian 1.289 mdpl. Dengan kata lain, danau ini masih menjadi bagian dari kawasan Taman Nasional Kerinci dan menjadi salah satu warisan UNESCO.

Biasanya, di Danau Kaco inilah para pendaki atau pelancong mengistirahatkan diri sebelum melanjutkanhikingatau perjalanan menuju puncak. Danau ini berwarna biru jernih dan dikelilingi pepohonan rindang di sekitarnya. Sebaiknya, datanglah pada masa bulan purnama. Pasalnya, pantulan bulan akan menerpa air danau yang menjadikannya seakan mengeluarkan cahaya.

14. Danau Gunung Tujuh, Jambi

Photo Credit:@gunungindonesia(Instagram)

Masih di kawasan Jambi, kamu bisa mengunjungi Danau Gunung Tujuh. Lokasinya berada di Gunung Tujuh tepat di belakang Gunung Kerinci. Danau ini ada di ketinggian 1.950 mdpl, jadi siapkan baju hangat jika tertarik untuk mengunjunginya ya!

Konon, danau ini menjadi sumber mata pencaharian penduduk setempat. Setiap harinya mereka akan pergi memancing ke tengah danau. Jika tertarik, kamu juga bisa turut ikut memancing sembari menyusuri keindahan Danau Gunung Tujuh. Tak lupa, kamu bisa bermalam dengan mendirikan tenda di sekitar danau. Cukup menarik, bukan?

15. Danau Batur, Bali

Photo Credit:@dewa_narayana(Instagram)

Siapa bilang wisata air di Bali hanya berupa pantai? Di Pulau Dewata kamu juga bisa menemukan danau yang tak kalah indah, yakni Danau Batur. Nama tersebut diambil dari Gunung Batur yang menjadi latar belakang danau.

Lokasinya yang berada di ketinggian 1.050 mdpl membuat udara di sekitar Danau Batur terasa sangat sejuk. Jadi, tak ada salahnya berkunjung ke sini jika kamu yang ingin bersantai di Bali dengan cara berbeda.

***

Itulah 15 danau di Indonesia yang menyuguhkan pemandangan alam indah. Yuk, segera rencanakan liburan untuk mengunjungi danau-danau di atas. Khusus untuk danau-danau yang berada di pegunungan, kamu wajib melakukan persiapan yang matang agar stamina kuat selama perjalanan ya. Selamat berlibur!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan