13 Pantai di Lampung Untuk Penuhi Kebutuhan Vitamin Sea

13 Pantai di Lampung Untuk Penuhi Kebutuhan Vitamin Sea

Berada di ujung Pulau Sumatra, Lampung memiliki posisi yang berhadapan langsung dengan samudera luas. Karenanya, provinsi dengan ibu kota Bandar Lampung ini pun memiliki potensi wisata pantai yang cukup besar. Hampir setiap daerah di Lampung memiliki pantai dengan keunikan tersendiri.

Nah, karena ada banyak pantai yang tersedia di Lampung, tidak jarang para wisatawan merasa bingung harus berkunjung ke pantai yang mana. Untuk memudahkan pencarian, Traveloka telah merangkum daftar pantai di Lampung untuk memberikan kamu rekomendasi terbaik. Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Pantai Pasir Putih

wisata pantai dengan pasir putih di lampung
(Sumber: Shutterstock)

Bertempat di Jalan Trans Sumatera, Tarahan, Lampung Selatan, Pantai Pasir Putih bisa kamu tempuh sekitar 30 – 45 menit berkendara dari pusat kota. Karena lokasinya yang tidak begitu jauh dari pusat kota, pantai yang memiliki pasir putih ini pun cukup ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat akhir pekan dan hari libur.

Hanya dengan membayar tiket masuk seharga kurang lebih Rp20.000, kamu sudah bisa menikmati pemandangan air laut bening di Pantai Pasir Putih, Asyiknya lagi, terdapat pulau kecil di tengah laut yang bisa kamu kunjungi dengan menyewa kapal. Biaya sewanya sekitar Rp150.000 – Rp250.000. Sebaiknya, datanglah saat sore hari karena pemandangan sunset di Pantai Pasir Putih sangat cantik dan wajib kamu abadikan.

2. Pantai Klara

Photo Credit: @lampung.banget

Nama “Klara” merupakan singkatan dari kelapa rapat. Masyarakat setempat memberi nama itu karena banyaknya pohon kelapa yang berjejer rapat di sepanjang pantai. Hal ini tak hanya menciptakan pemandangan yang menarik, tetapi juga menyediakan tempat berteduh yang nyaman dari paparan sinar matahari.

Pantai Klara juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Salah satunya adalah gazebo yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan air laut jernih di depan mata.

Kalau tertarik berlibur di Pantai Klara, kamu bisa langsung datang ke Gebang, Padang Cermin, Pesawaran. Jangan lupa siapkan uang Rp10.000 untuk tiket masuk dan biaya parkir sekitar Rp15.000 untuk motor atau Rp25.000 untuk mobil.

3. Pantai Sari Ringgung

wisata pantai di lampung yang masih sepi
Photo Credit: @ichsaan14

Apabila kamu berangkat dari Tugu Adipura Bandar Lampung, Pantai Sari Ringgung berjarak sekitar 22 km dan bisa dicapai dengan berkendara selama kurang lebih 50 menit. Begitu sampai, kamu akan disambut dengan pemandangan pantai berpasir putih dan air laut berwarna biru jernih.

Salah satu daya tarik dari Pantai Sari Ringgung adalah sebuah bukit yang biasa dijadikan spot berfoto oleh para pengunjung. Tidak jauh dari pantai, terdapat juga Pulau Tegal yang bisa kamu jelajahi dengan menyewa perahu nelayan. Sementara itu, bagi yang ingin bermain air kamu bisa berenang dan snorkeling di Pantai Sari Ringgung.

4. Pantai Mutun

Photo Credit: @mnurlianto

Sebetulnya, Pantai Mutun lebih tepat disebut sebagai “pantai teluk”. Hal ini dikarenakan ombak di Pantai Mutun yang tak terlalu besar. Karakteristik ombak seperti ini cocok bagi kamu yang suka melakukan aktivitas air seperti snorkeling. Tidak heran jika akhirnya Pantai Mutun menjadi salah satu wisata alam yang cukup populer di Lampung. Saat akhir pekan dan hari libur, pantai ini pasti ramai pengunjung.

Nah, pantai ini berlokasi di Padang Cermin, Pesawaran. Kalau dari pusat kota, jaraknya sekitar 20 – 30 km dengan waktu tempuh selama kurang lebih 30 – 60 menit. Soal akses kamu tidak perlu khawatir karena Pantai Mutun cukup populer, jadi jalanan menuju lokasi sudah sangat layak.

5. Pantai Marina Kalianda

Photo Credit: @dadyramdani

Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, Pantai Marina Kalianda memiliki ombak cukup besar. Di beberapa area bibir pantainya pun terdapat batu-batu karang yang berfungsi memecah ombak. Saat ombak besar menghantam batu karang, akan tercipta pemandangan yang menarik dan begitu eksotis. Fenomena ini membuat Pantai Marina Kalianda dikenal sebagai destinasi wisata yang Instagramable.

Di sisi lain, sebetulnya pemerintah telah menutup Pantai Marina Kalianda karena alasan keamanan. Meski begitu, masih ada wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan pantai di Lampung Selatan ini. Tingginya jumlah pengunjung menjadi peluang bisnis para warga lokal. Biasanya, pengunjung diminta membayar biaya masuk sekitar Rp50.000 per mobil.

6. Pantai Ketang Kalianda

(Sumber: Shutterstock)

Pantai Marina Kalianda bukanlah satu-satunya pantai yang bisa kamu kunjungi di kawasan Lampung Selatan. Masih ada Pantai Ketang Kalianda yang lokasinya tak begitu jauh dari kantor Bupati Lampung Selatan. Pemandangan alam di pantai ini begitu mengagumkan. Air laut yang jernih dengan warna biru terang terlihat kontras dengan pasir putih kecokelatan dan bebatuan karang yang berdiri di beberapa spot.

Selain bersantai di pinggir pantai, kamu juga bisa menjelajah Pantai Ketang Kalianda menggunakan Wisata Delman yang telah disediakan. Untuk bisa menikmati fasilitas ini, kamu harus membayar tarif sekitar Rp10.000. Harga tersebut cukup terjangkau untuk menikmati keindahan alam dengan cara berbeda.

7. Pantai Tanjung Setia

Photo Credit: @zetrisaputra

Siapa bilang melakukan olahraga surfing hanya bisa dilakukan di pantai-pantai yang ada di Bali? Di Lampung, kamu juga bisa melakukan aktivitas serupa, tepatnya di Pantai Tanjung Setia. Ombak di pantai ini memiliki arus yang cukup besar, sehingga pas untuk berselancar. Kabarnya, Pantai Tanjung Setia sudah mulai ramai dikunjungi oleh peselancar dari mancanegara.

Apabila ingin berkunjung, kamu bisa menemukan Pantai Tanjung Setia di Desa Tanjung Setia, Pesisir Selatan Kabupaten Lampung Barat. Jaraknya sekitar 52 km dari Kabupaten Liwa. Aksesnya cukup menantang karena kondisi jalanan yang berkelok-kelok. Kamu tak perlu khawatir karena sepanjang perjalanan menuju pantai akan ditemani pemandangan alam mengagumkan dari Gunung Bukit Barisan.

8. Pantai Walur

Photo Credit: @lampung.ig

Kalau kamu sedang berlibur ke Lampung bersama keluarga, Pantai Walur wajib masuk daftar destinasi. Pantai yang memiliki pasir putih ini dikenal sangat family-friendly. Garis pantainya cenderung landai dan arus ombaknya pun tidak terlalu besar, sehingga aman digunakan untuk bermain air atau berenang.

Tak hanya itu, hamparan rumput hijau di salah satu area pantai juga menambah keindahan pemandangan. Pantai Walur merupakan salah satu bagian dari tiga pantai di distrik Krui bersama dengan Pantai Labuhan Jukung dan Pantai Way Redak. Jadi, pastikan kamu mengunjungi kedua pantai tersebut saat berada di Pantai Walur.

Daripada penasaran, langsung saja datang ke Pantai Walur yang berada di Desa Walur, Pesisir Tengah. Lokasinya kira-kira berjarak sekitar 5 km dari pusat Kota Krui, Lampung Barat.

9. Teluk Kiluan

Photo Credit: @telukkiluanlampung

Daya tarik utama dari Teluk Kiluan adalah lumba-lumba yang berenang bebas di laut lepas. Ada dua jenis lumba-lumba yang melintas di perairan Teluk Kiluan, yakni lumba-lumba mulut botol dan lumba-lumba paruh panjang.

Biasanya, para wisatawan yang berkunjung ke Teluk Kiluan memang berniat untuk menyaksikan pemandangan lumba-lumba berenang. Untuk bisa melakukan hal ini, kamu harus menumpang perahu nelayan setempat. Umumnya, harga sewa perahu berkisar Rp150.000 – Rp300.000.

Setelah puas menyaksikan lumba-lumba di tengah laut, kamu bisa melanjutkan aktivitas dengan snorkeling atau sekadar bersantai di pinggir pantai. Jika tertarik melakukan hal ini, kamu bisa datang ke Teluk Kiluan yang berada di Pekon Desa Kiluan Negeri, Kelumbayan, Tanggamus.

10. Pulau Pahawang

Di Pulau Pahawan, Kecamatan Punduh Pidada, Pesawaran, terdapat sebuah pantai yang menyajikan panorama menakjubkan. Agar bisa sampai ke lokasi, kamu harus terlebih dahulu naik kapal dari Dermaga Ketapang. Harga sewa satu kapal biasanya berkisar Rp100.000 –i Rp150.000.

Pulau Pahawang terdiri dari dua area, yakni Pahawang Besar dan Pahawang Kecil. Keduanya dikelilingi oleh pasir putih yang bersih. Tak ketinggalan air laut super jernih yang memungkinkan kamu untuk melihat biota laut di dalamnya. Kalau ingin lebih puas menikmati keindahan bawah laut, kamu bisa melakukan snorkeling dengan menyewa alatnya seharga Rp50.000 – Rp100.000.

11. Pulau Balak

Photo Credit: @sgkartworks

Masih berada satu kawasan dengan Pulau Pahawang, kamu juga bisa mengunjungi Pulau Balak dengan menyewa perahu dari Dermaga Ketapang. Karena lokasinya tidak begitu jauh dari Pulau Pahawang, karakteristik pantai di Pulau Balak pun cenderung mirip. Air laut di sini berwarna biru kehijauan dan tampak jernih. Selain itu, pasir pantainya bersih sehingga kamu bisa bersantai dengan nyaman.

Apabila dibandingkan dengan Pulau Pahawang, Pulau Balak belum terlalu populer sehingga pengunjungnya cenderung lebih sepi. Jadi, bagi kamu yang kurang suka berlibur di tempat ramai, Pulau Balak dapat menjadi destinasi wisata yang cocok untuk menenangkan pikiran.

12. Pulau Kelagian

Photo Credit: @pahawang_nemo

Pulau Kelagian terkenal akan pasir pantainya yang begitu putih dan bersih bak kapur. Warna pasir yang terlihat kontras dengan air laut jernih berwarna biru kehijauan menciptakan pemandangan yang memanjakan mata. Selain bersantai sambil menikmati pemandangan, di Pulau Kelagian kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas lain seperti berenang dan snorkeling.

Untuk mencapai Pulau Kelagian, kamu harus menuju Pelabuhan Ketapang terlebih dahulu. Jaraknya bisa kamu tempuh sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Kota Bandar Lampung. Nah, dari Dermaga Ketapang kamu bisa menyewa perahu menuju Pulau Kelagian. Biasanya, perjalanan laut ini membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja.

13. Pulau Legundi

Photo Credit: @yulianilhami

Pulau Legundi berada dalam satu kawasan dengan Pulau Pahawang, Pulau Balak, dan Pulau Kelagian. Kabarnya, di sekitar area ini masih terdapat beberapa pulau kecil lain yang menarik untuk kamu jelajah. Akses menuju Pulau Legundi pun sama, yakni dengan naik perahu dari Dermaga Ketapang.

Sepanjang perjalanan menuju Pulau Legundi, kamu akan melewati lautan dengan air yang begitu jernih. Kamu bisa melihat keindahan bawah laut, mulai dari terumbu karang hingga ikan-ikan. Tak heran jika banyak wisatawan yang suka snorkeling di Pulau Legundi. Selain itu, pulau ini pun sangat bersih sehingga memiliki suasana alami yang menenangkan pikiran.

***

Dengan adanya banyak pantai indah di Lampung seperti yang sudah disebutkan di atas, tentunya kamu butuh waktu lebih dari sehari untuk mengunjungi semuanya. Sebagai saran, luangkan waktu setidaknya dua hari untuk memenuhi kebutuhan vitamin sea kamu selama di Lampung. Jangan lupa, siapkan tabir surya, kacamata hitam, dan outfit terbaikmu!

Baca juga  8 Rekomendasi Tempat Makan Korea Halal di Jakarta
2 Shares
Share2
Pin
Share
Tweet
+1