0

Traveloka Team

22 Dec 2019 - 5 min read

12 Oleh-oleh Khas Palembang untuk Pencinta Kuliner Daerah

Sebagai kota pewaris budaya Kerajaan Sriwijaya, Palembang menjadi salah satu alternatif tujuan wisata yang menarik bagi pelancong. Selain keberadaan wisata sejarah dan budaya yang khas, Kota pempek juga menyediakan beragam oleh-oleh yang khas dan unik untuk kamu bawa pulang usai berlibur.

Jika bingung menentukan pilihan, cobalah untuk menyimak rekomendasi oleh-oleh khas Palembang dari Traveloka. Yuk, simak ulasan selengkapnya!

1. Lempok durian

Photo credit:@dapoerjc(Instagram)

Jajanan yang terbuat dari daging buah durian murni ini menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib kamu bawa pulang dari Palembang. Tak hanya manis, makanan yang juga dikenal dengan sebutan lempuk durian ini juga memiliki rasa yang tidak terlalu kuat seperti buahnya. Pasalnya, lempuk dibuat dengan campuran tepung sehingga bentuknya menyerupai dodol. Karena itu pula, penganan ini cocok bagi kamu yang kurang menyukai durian utuh.

Umumnya,lempokdurian dijual mulai dari Rp20.000–Rp30.000. Jika tertarik untuk membelinya, sebaiknya kamu mencarilempokdurian yang tidak mengandung bahan pengawet. Selain lebih berbahaya, cita rasa durian pun akan semakin memudar saat menggunakan bahan pengawet. Jadi, kamu perlu jeli saat membeli ya!

2. Kemplang

Photo credit:@bigtummy_culinary(Instagram)

Salah satu makanan yang cukup populer dari Palembang adalah kemplang. Penganan ini merupakan kerupuk yang terbuat dari ikan. Namun umumnya, kemplang dibuat dari potongan pempeklenjer.Kemudian, adonan akan digoreng sampai dua kali. Proses tersebutlah yang membuat kerupuk ini memiliki ketahanan cukup lama alias tidak mudah melempem.

Biasanya, kerupuk satu ini dijual dengan harga mulai dari Rp27.000 hingga ratusan ribu, tergantung dari jenis ikan kemplang dan mereknya. Saat membelinya, kamu perlu memastikan jika saus kemplang sudah dilengkapi sausnya. Pasalnya, kenikmatan kerupuk ini akan semakin terasa dengan tambahan saus.

3. Kue delapan jam

Photo credit:@roemahcemilanfahri(Instagram)

Ingin mencoba makanan para bangsawan? Cobalah kue delapan jam. Konon, kue ini menjadi camilan wajib para bangsawan zaman dulu. Tak hanya itu, penamaan kue pun diambil dari proses pembuatan yang memang memakan waktu hingga 8 jam. Uniknya, kue ini tidak berbahan dasar tepung melainkan telur bebek dan gula. Karena itulah, tekstur kue amat lembut dan memiliki daya tahan yang cukup lama.

Umumnya, kue khas Sumatera Selatan ini dijual mulai dari harga Rp100.000 hingga Rp250.000. Namun, harga tersebut sebanding dengan kelezatan dan ukuran kue yang cukup besar. Agar lebih nikmat, kamu bisa menyantapnya sembari meminum teh.

4. Bolu kojo

Photo credit:@karstenkitchenid(Instagram)

Kuliner khas Palembang lainnya yang bisa kamu jadikan buah tangan adalah bolukojo. Nama “kojo” yang berarti kamboja digunakan karena umumnya kue dicetak dalam loyang berbentuk bunga. Namun, kini kamu bisa menemukan bolu kojo dalam berbagai bentuk dan ukuran. Untuk membelinya, kamu perlu menyiapkan uang sekitar Rp145.000–Rp250.000.

Uniknya, kue berwarna hijau ini memiliki wangi yang harum. Hal tersebut dikarenakan adonan kue dicampur dengan pandan ataupun daun suji. Rasa yang dihasilkan sendiri manis, sehingga cocok dijadikan camilan atau makanan penutup. Tertarik untuk mencobanya?

5. Ikan salai

Photo credit: @tripriau (Instagram)

Ikan salai yang berarti ikan asap merupakan makanan khas Palembang yang populer dijadikan oleh-oleh. Cara pembuatannya cukup unik karena ikan akan lebih dulu dipipihkan untuk kemudian diawetkan dengan cara diasap. Umumnya, ikan salai Palembang adalah ikan tenggiri, namun di beberapa tempat lainnya penganan ini juga terbuat dari bandeng, makerel, tongkol, dan gabus.

Harganya cukup beragam, mulai dari Rp15.000–Rp300.000, tergantung pada jenis ikan dan ukuran kemasan. Agar tidak menimbulkan aroma selama di perjalanan, pastikan kemasan ikan aman dan tertutup rapat ya!

6. Sambal lingkung

Photo credit:@evirafika(Instagram)

Dikenal juga dengan nama samballingkong, makanan khas Palembang ini memiliki bentuk yang cukup unik untuk sebuah sambal. Meski dinamakan sambal, sebenarnya penganan ini berbentuk abon atau serundeng.

Sambal ini memiliki bahan utama ikan tenggiri yang dicampur dengan santan kelapa dan rempah-rempah khas Sumatera lainnya. Umumnya, sambal ini dimasak saat menjelang Idulfitri atau Iduladha. Namun, kini kamu bisa membelinya dengan mudah di toko oleh-oleh khas Palembang. Harganya sendiri bermacam-macam, mulai dari Rp20.000 hingga Rp80.000.

7. Tempoyak

Photo credit:@riamdanaujangak(Instagram)

Makanan hasil fermentasi durian ini disajikan dengan cukup unik. Bila biasanya durian dimakan apa adanya, tempoyak justru disajikan sebagai bumbu pelengkap sajian utama seperti ikan atau ayam suwir.Pasalnya, penganan ini memiliki cita rasa asam dan aroma yang amat khas sehingga cocok dijadikan pelengkap hidangan utama.

Dijual seharga Rp45.000, makanan ini umumnya juga digunakan sebagai salah satu pendamping nasi. Jadi, jangan heran kalau kamu melihat masyarakat Palembang memakannya dengan bahan pokok tersebut. Cukup menarik, bukan?

8. Kerupuk pecah seribu

Photo credit:@lydiajenny76(Instagram)

Pecah seribu merupakan salah satu jenis kerupuk yang sangat populer sebagai oleh-oleh khas Palembang. Ukurannya cukup kecil dan dibuat dari ikan tenggiri, jadi pas untuk dijadikan pendamping nasi atau camilan. Penamaan “pecah seribu” sendiri digunakan karena tekstur kerupuk yang berubah pecahan secara merata.

Umumnya, pecah seribu dijual dengan harga Rp20.000 per 250 gram. Cukup terjangkau, bukan? Jadi, kamu bisa membeli dalam jumlah banyak untuk dibagikan ke keluarga maupun kerabat.

9. Engkak ketan

Photo credit:@gerrycreation(Instagram)

Sama seperti bolukojo, engkak ketan juga ada yang terbuat dari telur bebek. Jika dilihat sekilas, penganan ini mirip dengan kue lapis. Hanya saja, engkak ketan menggunakan ketan sebagai bahan dasarnya. Menariknya, gula yang digunakan pada tiap adonan cukup banyak. Karena itulah, daya tahan makanan ini terkenal cukup awet.

Umumnya, kue ini disajikan saat acara-acara tertentu seperti upacara adat maupun hari besar keagamaan. Namun, kini kamu bisa dengan mudah membelinya di berbagai sentra oleh-oleh khas Palembang. Untuk itu, kamu perlu menyiapkan uang sekitar Rp145.000–Rp250.000.

10. Bolu Suri

Photo credit:@anna_christanto(Instagram)

Jika Medan punyabikaAmbon, maka Palembang punya bolusuri. Kedua penganan tersebut memang memiliki bentuk dan tekstur yang mirip, hanya saja bolu suri tidak menggunakan daun jeruk dan serai dalam adonannya. Tak hanya itu, rasa yang dihasilkan pun berbeda yakni manis dan gurih.

Untuk membelinya, sebaiknya kamu siapkan uang sekitar Rp125.000. Kamu bisa mendapatkan makanan khas Palembang ini di berbagai toko oleh-oleh. Agar aman, sebaiknya pastikan tanggal kadaluarsa kue ini saat membeli ya!

11. Kue maksuba

Bagi penyuka kue lapis, kamu tak boleh melewatkan kuemaksubasebagai oleh-oleh. Bentuk dan teksturnya yang berlapis membuat penganan ini dianggap kue lapisnya Palembang. Bahan utamanya berupa telur, mentega, susu kental manis, gula pasir, dan esens vanila. Bisa dibayangkan betapa manisnya kue satu ini, bukan?

Jika ingin menjadikan penganan ini sebagai oleh-oleh, kamu perlu menyiapkan uang sekitar Rp145.000. Karena memiliki tekstur yang cukup lembek, maka kamu perlu memastikan kemasan kue saat membeli. Dengan begitu, kue akan tetap aman sampai tujuan.

12. Pempek

Photo credit:@makfoodies(Instagram)

Kalau yang satu ini tentu sudah menjadi pembicaraan umum ketika berbicara tentang oleh-oleh khas Palembang. Kalau kamu mau membawa pulang pempek sebagai oleh-oleh, sebaiknya langsung membeli dalam jumlah banyak. Kamu pun bisa membelinya dalam dua jenis, baik matang ataupun mentah.

Salah satu pempek yang bisa kamu pilih adalah Pempek Candy. Penganan berkualitas satu ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di kota tersebut. Kalau ingin membawa untuk diri sendiri, kamu bisa membeli Pempek Candy Paket Ekonomis dengan harga Rp60.000 saja. Cukup terjangkau, bukan?

***

Sudah menentukan kuliner apa yang akan kamu jadikan oleh-oleh sepulang dari Palembang? Setidaknya, 12 oleh-oleh khas Palembang tersebut bisa mewakili keunikan kota ini. Jadi, kamu tak perlu khawatir pulang dengan tangan kosong setelah berlibur ke ibu kota Sumatera Selatan ini. Agar tidak berlebihan saat membeli oleh-oleh, sebaiknya buat lebih dulu daftar keluarga dan kerabat yang akan kamu berikan ya!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan