12 Oleh-oleh khas Balikpapan yang Punya Ciri Khas Unik

12 Oleh-oleh khas Balikpapan yang Punya Ciri Khas Unik

Tak hanya cocok sebagai tempat wisata, Balikpapan juga punya banyak oleh-oleh menarik yang bisa kamu bawa pulang. Bukan hanya sekadar makanan, tetapi juga buah tangan yang bisa menjadi kenang-kenangan perjalanan kamu. Apa saja oleh-oleh khas Balikpapan ini? Ini beberapa rekomendasinya dari Traveloka. Cek di bawah ini, ya!

1) Songket Balikpapan

(Sumber: @songketku_indonesia)

Oleh-oleh pertama yang bisa kamu beli di Balikpapan adalah songket. Terus diproduksi sejak puluhan tahun lalu, songket Balikpapan menjadi favorit para wisatawan lokal maupun luar negeri. Songket Balikpapan terkenal akan warna-warnanya yang cerah dan cukup mencolok.

Di Balikpapan, ada cukup banyak toko yang menjual songket. Jika memang tertarik membeli songket Balikpapan untuk oleh-oleh, sebaiknya kamu membelinya di Pasar Inpres di daerah Kebun Sayur Balikpapan. Pasalnya, harga yang dibanderol relatif lebih murah jika dibandingkan dengan tempat lainnya.

2) Onde-onde ubi ungu

(Sumber: @lina_lim7788)

Onde-onde mungkin sudah menjadi salah satu jajanan yang cukup mudah ditemukan di Indonesia, begitu juga di Balikpapan. Bedanya, onde-onde yang ada di Balikpapan terbuat dari ubi ungu. Varian rasa yang dijual cukup beragam, mulai dari kacang hijau, cokelat, dan keju.

Apabila tertarik membeli onde-onde ubi ungu ini, kamu bisa langsung datang ke Rumah Kue Brownies yang berada di kawasan Jalan Jenderal Sudirman No 9. Umumnya, onde-onde dihargai sekitar Rp4.000 Rp5.000 per buahnya. Tak hanya itu, di sini juga tersedia berbagai kue dan camilan lain yang bisa kamu beli untuk oleh-oleh. Jadi, pastikan kamu membawa bujet dengan jumlah cukup ya.

3) Batu mulia

(Sumber: @rayyan_attallah)

Balikpapan dikenal sebagai salah satu kota di Indonesia yang kaya akan batu mulia. Oleh sebab itu, jangan heran jika kamu menemukan banyak sekali penjual batu mulia di Balikpapan. Biasanya kebanyakan wisatawan memilih untuk membeli batu mulia di Pasar Inpres karena harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan tempat-tempat lainnya.

Di Balikpapan, jenis batu mulia yang biasa dijual adalah batu alami dan batu amsak. Batu alami sendiri terbentuk oleh alam sehingga bersifat natural, sedangkan batu amsak dibuat menggunakan campuran beberapa bahan untuk memberikan tampilan yang lebih elegan. Harga batu mulia cukup beragam, tergantung pada jenis dan juga ukuran yang kamu pilih. Tertarik untuk membelinya?

4) Batik Balikpapan

Photo Credit: @ql_batik (Instagram)

Sebagai salah satu produk budaya yang populer, batik bisa ditemukan di hampir seluruh daerah di Indonesia. Menariknya, setiap daerah memiliki corak batik yang berbeda sesuai ciri khas masing-masing. Hal ini berlaku juga pada batik khas Balikpapan. Kamu bisa membelinya sebagai oleh-oleh atau kenang-kenangan.

Umumnya, batik Balikpapan memiliki motif yang merepresentasikan ikon kota seperti beruang madu ataupun pohon mangrove. Jika ingin mencari lebih banyak variasi, biasanya toko-toko kain batik juga menjual batik dengan motif khas Kalimantan Timur seperti kepiting, cumi-cumi, serta Mandau, senjata suku Dayak.

5) Suvenir suku Dayak

Photo Credit: @souvenirkhasdayak (Instagram)

Bagi yang mencari suvenir untuk oleh-oleh dari Balikpapan, kamu bisa membeli suvenir suku Dayak. Salah satunya adalah senjata khas mereka yang bernama mandau. Biasanya, mandau digunakan untuk melukai musuh saat terjadi peperangan. Selain itu, kepemilikan mandau dahulu juga sering dikaitkan dengan status sosial yang tinggi.

Nah, kini mandau telah menjadi salah satu oleh-oleh suvenir khas Balikpapan yang menarik untuk dibawa pulang. Selain Mandau, beberapa suvenir suku Dayak lain yang juga cukup menarik untuk dijadikan oleh-oleh adalah gantungan kunci, kaus, gelang akar, hingga miniatur rumah Dayak.

6) Mantau

Photo Credit: @intankarinaijo (Instagram)

Tak perlu jauh-jauh pergi ke Tiongkok hanya untuk menikmati mantau. Di Balikpapan, ada mantau yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Untuk menghidangkannya, mantau perlu dikukus terlebih dahulu sebelum digoreng. Sebetulnya, mantau tak jauh berbeda dari roti pada umumnya. Bedanya, mantau khas Balikpapan disajikan dengan saus berisi daging.

Konon, ketika rusa masih banyak ditemukan dan belum menjadi hewan yang dilindungi, mantau kerap disajikan dengan saus daging rusa lada hitam. Seiring dengan populasi rusa yang berkurang, mantau khas Balikpapan pun disajikan dengan saus daging ayam atau sapi. Untuk mendapatkannya, kamu bisa ke toko oleh-oleh khas Balikpapan dengan menyiapkan bujet sekitar Rp60.000 Rp100.000.

7) Keripik iron

Photo Credit: @kripikristal (Instagram)

Kamu termasuk orang yang suka menikmati camilan? Keripik iron wajib ada dalam daftar oleh-oleh untuk kamu bawa pulang. Pada dasarnya, keripik iron merupakan keripik singkong. Hanya saja, singkong yang digunakan adalah jenis khusus yang diperoleh dari Samarinda. Teksturnya yang renyah dan gurih setelah digoreng membuat keripik iron begitu disukai wisatawan.

Biasanya, keripik iron dijual dalam berbagai varian rasa seperti orisinal, asin, dan manis. Apabila tertarik membeli, kamu bisa langsung datang ke toko sentra oleh-oleh Balikpapan dengan harga mulai dari Rp6.000 hingga Rp35.000.

8) Abon kepiting

Photo Credit: @dzakwanifoods (Instagram)

Kebanyakan abon di Indonesia dibuat menggunakan daging sapi, ayam, atau ikan. Namun, tidak begitu halnya dengan abon khas Balikpapan yang justru menggunakan daging kepiting. Abon kepiting ini dimasak dengan bumbu rempah-rempah khusus yang akan membuat kamu ketagihan.

Biasanya, abon kepiting di Balikpapan dijual dengan harga kurang lebih Rp50.000 per 50 gram. Kamu bisa langsung datang ke rumah makan Kepiting Kenari atau Dandito jika tertarik membeli abon kepiting sebagai oleh-oleh khas Balikpapan.

9) Peyek Kepiting

Photo Credit: @oleholehkitaofficial (Instagram)

Umumnya, peyek dibuat dengan menggunakan topping kacang atau ikan teri. Nah, mengingat Balikpapan memiliki kekayaan laut yang cukup melimpah, peyek di sini justru menggunakan topping kepiting. Tak hanya renyah, peyek kepiting khas Balikpapan ini juga memiliki cita rasa yang unik dan gurih. Kamu dijamin akan ketagihan saat mencobanya.

Tertarik untuk membeli peyek kepiting sebagai oleh-oleh dari Balikpapan? Satu pak peyek kepiting ini biasanya dijual dengan harga sebesar kurang lebih Rp25.000. Cukup terjangkau, bukan? Peyek kepiting juga bisa dengan mudah kamu temukan di berbagai sentra oleh-oleh Balikpapan.

10) Tas manik

Photo Credit: @nonixcollection (Instagram)

Ingin membelikan oleh-oleh untuk ibu, pacar, atau saudara perempuan kamu? Tas manik dapat menjadi pilihan yang tepat. Sesuai namanya, tas manik memang dibuat dari manik-manik kecil berwarna-warni yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk motif khas Balikpapan. Sama seperti songket, tas manik ini juga biasa hadir dalam warna cerah yang cenderung mencolok.

Banyak dijual di berbagai toko sentra oleh-oleh Balikpapan, tas manik hadir dalam berbagai bentuk dan jenis. Harganya dibanderol mulai dari Rp100.000, tergantung dari ukuran yang kamu pilih. Tak hanya tas, kreasi manik-manik ini juga biasanya bisa kamu temukan dalam bentuk dompet kecil.

11) Amplang ikan

Photo Credit: @jastipoleholehbpn_01 (Instagram)

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kerupuk ikan, tetapi bagaimana dengan amplang ikan khas Balikpapan? Apakah kamu sudah pernah mencobanya? Amplang ikan terbuat dari ikan pipih atau ikan belida. Namun, ada juga yang menjual amplang dari ikan tenggiri. Tenang saja, rasanya sama-sama gurih dan renyah, tekstur bagian dalamnya pun terasa lembut.

Masyarakat Balikpapan biasanya menyebut amplang ikan ini sebagai kuku macan karena bentuknya yang menyerupai hal tersebut. Apabila tertarik membelinya, kamu bisa langsung mendatangi toko sentra oleh-oleh di Balikpapan. Biasanya, kerupuk amplang ikan ini cocok menjadi menu pendamping segala makanan.

12) Bingka kentang

Photo Credit: @mursalina_queisha (Instagram)

Selama ini, bingka dikenal sebagai salah satu kuliner khas Kota Medan. Namun, sekarang kamu juga bisa membelinya sebagai salah satu oleh-oleh lho. Keistimewaan bingka kentang khas Balikpapan ini terletak pada bahan dasarnya, yakni kentang. Bentuknya pun cukup unik, yakni menyerupai sebuah mahkota bunga.

Sebenarnya, dahulu bingka kentang hanya disajikan saat bulan puasa, tetapi kini sudah mulai banyak dijumpai di berbagai toko sentra oleh-oleh Balikpapan. Salah satu tokonya berada di dekat Bandara Sepinggan Balikpapan. Varian rasa yang dijual pun cukup beragam, mulai dari yang orisinal, pandan, cokelat, hingga keju. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan selera kamu masing-masing.

***

Jadi, sudah menentukan oleh-oleh apa yang cocok kamu bawa pulang? Siapkan bujet yang cukup untuk beli oleh-oleh khas Balikpapan, ya. Jangan sampai kamu menyesal tidak bisa belanja oleh-oleh secara puas hanya karena persiapan yang kurang matang. Selamat berburu oleh-oleh di Balikpapan!

Baca juga  6 Cokelat Paling Unik di Dunia
0 Shares
Share
Pin
Share
Tweet
+1