12 Hotel di Indonesia yang Punya Cerita Horor

12 Hotel di Indonesia yang Punya Cerita Horor

Setelah membahas tempat-tempat angker di Indonesia, kini saatnya menelusuri hotel-hotel yang mempunyai cerita-cerita “horor” tersendiri.  Jika kamu tipe adventurous  traveler dan ingin selalu mencari tantangan baru untuk uji nyali, hotel-hotel berikut ini bisa masuk ke daftar liburanmu!

 

Inna Grand Bali Beach

(Sumber: @innagrandbalibeach)

Berdiri di tahun 1966, hotel bintang 4 ini terletak di Pantai Sanur. Bagi pengunjung yang ingin menginap di hotel dengan akses pantai dan harga terjankau, hotel Inna Grand Bali Beach memenuhi kriteria tersebut. Harga kamar per malam dimulai dari Rp600.000. Hotel ini juga sering mendapatkan ulasan bagus dari tamu-tamu sebelumnya.

Misteri hotel ini terdapat pada kamar nomor 327 dan 2401. Kedua kamar tersebut khusus tidak disewakan untuk pengunjung hotel karena kamar 327 adalah kamar yang selalu ditempati Bung Karno saat beliau berkunjung ke Bali, sedangkan kamar 2401 kabarnya adalah kamar yang dipersiapkan khusus untuk Nyi Roro Kidul. Ketika terjadi kebakaran pada tahun 1993, hanya kamar 327 yang tidak terbakar.

Hotel Tugu Malang

(Sumber: @ekkytaharisukma)

Hotel Tugu dinobatkan majalah L’Officiel Voyage sebagai salah satu hotel terindah di dunia. Terletak di pusat Kota Malang, hotel Tugu menyuguhkan interior Cina dipadu dengan Jawa. Harga hotel bintang lima ini berkisar dari Rp1,300,000 per malam.

Foto Oei Hui Lan (Sumber: @la_verdulo)

Yang menarik dari hotel Tugu adalah foto seorang wanita berambut panjang berdiri membelakangi cermin yang dipajang The Sugar Baron Room. Wanita di foto tersebut adalah Oei Hui Lan, putri dari Oei Tiong Ham, pria terkaya di Asia Tenggara di abad ke-19. Banyak yang merasa foto tersebut memberikan aura menyeramkan dan mengaku mereka didatangi oleh wanita di foto di dalam mimpi. Selain itu, banyak foto-foto lain yang memberikan hawa mistis. Ada pula yang mengatakan bahwa lantai 2 Hotel Tugu terasa berat dan sesak.

Inna Garuda

(Sumber: @rahman196)

Sebagai kota pelajar yang identik dengan harga terjangkau, Yogyakarta tentunya banyak dilirik wisatawan. Hotel-hotel mewah juga bermunculan di Yogyakarta. Hotel Inna Garuda sudah berdiri sejak tahun 1908 dengan nama Grand Hotel de Djogja atau Hotel Yogyakarta. Hotel Inna Garuda yang letaknya di pusat kota sangat strategis bagi yang hobi berbelanja atau berkunjung ke Keraton.

Hotel Inna Garuda sudah menjadi bagian dari sejarah kota pelajar. Hotel yang sudah berdiri lebih dari satu abad ini tentunya memiliki cerita mistis. Namun, hal mistis dari hotel ini hanya terbatas pada dua kamar yang sering dihindari. Menurut pengakuan pengunjung yang pernah bermalam di kamar nomor 911 dan 912, pintu kamar sering terbuka dengan sendirinya pada dini hari. Suara-suara aneh juga sering terdengar dari dua kamar tersebut, bahkan beberapa menyatakan pernah melihat kursi bergoyang sendiri. Meski begitu, hotel Inna Garuda tetap menjadi favorit pengunjung.

Inna Samudra Beach

(Sumber: @grandinnasamudrabeach)

Hotel Inna Samudra Beach adalah hotel terbesar di Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Letaknya persis di Pantai Pelabuhan Ratu. Pengunjung hotel bisa menikmati pemandangan lautan dari kolam renang hotel.

Cerita hotel Inna Samudra Beach tentunya sudah sering muncul di media massa. Kamar 308 yang legendaris adalah kamar yang disediakan khusus untuk Nyi Roro Kidul. Foto dewi lautan Samudra Hindia itupun menghiasi kamar 308 lengkap dengan sesajen. Seluruh kamar 308 didekor dengan warna hijau dari dinding, karpet, bantal, kasur, dan pernak-pernik lainnya. Tidak sedikit yang berkunjung ke kamar tersebut karena rasa penasaran. Pengunjung cukup membayar Rp35.000 kepada pengelola hotel untuk masuk ke kamar tersebut.

Hotel Indonesia

(Sumber: @bonabittravel)

Selain menjadi ikon hotel ibu kota dan hotel mewah pertama di Indonesia, Hotel Indonesia ternyata tidak luput dari hal mistis. Kabarnya, lantai 4 Hotel Indonesia adalah sarang makhluk halus. Kisah wanita berparas cantik dengan gaun putih adalah kisah penampakan yang paling terkenal dan paling sering dialami oleh pengunjung Hotel Indonesia. Kabarnya, makhluk halus itu sering menampakkan dirinya di lorong hotel dan lift.

Meskipun terkenal angker, Hotel Indonesia tidak pernah sepi pengunjung. 50% kamar di Hotel Indonesia selalu terisi di hari biasa. Hotel Indonesia selalu terisi penuh di hari liburan. Terletak di kawasan pusat, seberang bundaran HI dan akses ke dua mal besar di Jakarta tentunya menjadi surga bagi yang hobi berbelanja.

Grand Aquila Hotel

(Sumber: @mamanya_masbrandon)

Grand Aquila Hotel merupakan salah satu hotel mewah di Bandung. Hotel yang terkenal akan fasilitas dan pelayanan yang memuaskan juga sering dikenal kisah mistisnya. Bahkan, makhluk halus di hotel ini terkenal berani. Dari ketukan pintu di tengah malam, keran air terbuka sendiri sampai suara aneh di jendela, kejadian-kejadian aneh yang dialami pengunjung sangat beragam. Kabarnya, makhluk halus di hotel Grand Aquila sering melintas melewati lorong hotel.

Terlepas dari itu, hotel ini tetap menarik bagi pengunjung yang ingin menikmati kemewahan hotel. Interior lobi yang megah dengan tangga melingkar bisa menjadi latar belakang foto yang bagus.

Hotel Serena

(Sumber: @hotelserenabandung)

Hotel berbintang empat ini terletak di Pasirkaliki. Harga hotel yang terjangkau menjadikan hotel ini cukup popular bagi pengunjung yang hobi berbelanja. Cerita mistis hotel ini muncul ketika beberapa pengunjung mengalami penampakan makhluk halus berdaster yang melayang di hotel. Beberapa sering mendengar suara-suara aneh seperti langkah kaki. Bahkan Hotel Serena pernah dijadikan lokasi uji nyali yang sukses membuat pesertanya mundur.

Hotel Majapahit

(Sumber: @debuoshou)

Berlokasi di Surabaya, Hotel Majapahit pernah menjadi saksi atas aksi heroik para pejuang kemerdekaan yang sering tercatat di buku-buku sejaraha. Para pejuang memanjat tiang bendera dan merobek warna biru dari bendera Belanda. Selang beberapa dekade, hotel bergaya Belanda itu pun bertahan dan dirawat dengan baik sampai sekarang. Pekarangan belakang Hotel Majapahit juga terlihat romantis di pagi hari.

Selain cerita sejarah, Hotel Majapahit juga rupanya menyimpan cerita angker. Kabarnya, hampir setiap sudut hotel pernah terjadi penampakan menurut pengakuan pengunjung. Ruangan yang dikenal paling menyeramkan adalah Bromo Room, sementara di Java Room juga dikabarkan sering terdengar suara tangisan tersedu-sedu yang konon berhubungan dengan pembunuhan di hotel tersebut pada masa kolonial Belanda. Akan tetapi, hotel yang bernuansa klasik ini tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan pejabat penting di Indonesia sering menginap di hotel ini apabila berkunjung ke Surabaya.

Grand Kanaya Hotel

(Sumber: @grand.kanayahotel)

Grand Kanaya Hotel yang terletak di Jalan Darussalam di Kota Medan adalah hotel yang harganya cukup terjangkau. Kasus model asal Jakarta yang bunuh diri dengan meloncat dari lantai 6 Hotel Grand Kanaya pada tahun 2015 cukup mengagetkan masyarakat Medan. Kamar 603 yang ditempati mantan model tersebut pun kini dilarang untuk dihuni oleh pihak hotel, begitu juga dengan kamar di sebelah kamar 603. Konon, kamar itu menyimpan energi negatif setelah kejadian bunuh diri tersebut.

Hotel Ambacang

(Sumber: @maialismadhamaiyatie)

Sebelum gempa tahun 2009 di Kota Padang, Hotel Ambacang adalah gedung peninggalan zaman Belanda yang dijadikan cagar budaya pada tahun 1990-an. Pada saat pergantian wali kota tahun 2004, izin untuk merombak gedung tersebut dikeluarkan sehingga pemilik bangunan tersebut membangun kamar dan menambah lantai bangunan. Terletak di lokasi yang strategis di jantung kota, Hotel Ambacang tentunya ramai pengunjung.

Setelah gempa tahun 2009 yang memakan ratusan korban jiwa, jalanan di depan hotel tersebut sepi. Banyak ojek dan pengemudi yang konon sering terkecoh oleh arwah korban gempa. Beberapa mengatakan pernah melihat mayat tanpa badan utuh sedang berjalan di depan hotel dan mendengar jeritan minta tolong dari hotel tersebut.

Hotel Arum

(Sumber: @muhammadisrayudi)

Hotel Arum yang telah berganti nama menjadi A Hotel di Banjarmasin terletak di jantung kota. Hotel bintang 4 ini menawarkan fasilitas yang cukup memadai. Cerita mistis dari hotel ini tidak banyak. Hanya segelintir orang yang pernah melihat penampakan wanita yang masuk ke sebuah ruangan di lantai dua hotel tersebut. Pekerja di hotel tersebut dikabarkan memindahkan ruang kantor ke ruangan lain karena kerap diganggu oleh makhluk halus. Meski demikian, lokasinya yang strategis menjadikan Hotel Arum salah satu opsi ideal.

Shita Bali Hotel & Spa

(Sumber: @cash_ell)

Sebagai tempat wisata nomor satu di Indonesia, Pulau Dewata tentunya menarik minat banyak investor yang ingin menanamkan modalnya di bidang pariwisata. Selain hotel mewah,  hotel bujet baru pun terus bermunculan di Bali, sehingga wisatawan dengan dana terbatas bisa menikmati Bali. Salah satu hotel di Jimbaran yang bisa ditempuh dalam 10 menit dari Bandara Ngurah Rai adalah Hotel Shita.

Namun, hotel tersebut tidak luput dari hal mistis. Menurut pengakuan sumber, ia didatangi leak pukul 02:00 di kamar hotel tersebut. Selain leak, kabarnya makhluk-makhluk halus lain juga ada di Hotel Shita. Walaupun begitu, harga yang cukup terjangkau — Rp850.000 per malam — dan letak hotel yang strategis dengan Pantai Nusa Dua, GWK, dan pantai lainnya patut menjadi bahan pertimbangan.

Itulah daftar hotel-hotel yang dikenal angker di Indonesia. Apakah anda tertantang untuk menginap?

5 Shares
Share5
Pin
Share
Tweet
+1