10 Wisata Belanja dan Mall di Solo Paling Legendaris

10 Wisata Belanja dan Mall di Solo Paling Legendaris

Solo menjadi salah satu destinasi favorit bagi para pencinta belanja karena memiliki banyak pusat perbelanjaan untuk aneka kebutuhan. Mulai dari pasar, pusat grosir, hingga mall banyak tersedia untuk memanjakan hasrat belanja kamu. Nah, bagi kamu yang berencana untuk liburan ke Solo dalam waktu dekat, berikut daftar rekomendasi wisata belanja dan mall di Solo yang wajib kamu kunjungi. Apa saja, ya? Yuk, simak di bawah ini!

1. Solo Grand Mall

mall di solo
Photo Credit: garnesia.com

Dikenal juga dengan nama SGM, Solo Grand Mall terletak di Jalan Brigjend Slamet Riyadi No 273, Laweyan. Berdiri sejak tahun 2004, mal ini cukup nyaman untuk dijadikan destinasi wisata belanja karena kondisi mall yang tidak terlalu sesak meski ramai. Tak hanya itu, mal ini juga menyediakan lahan parkir yang cukup luas sehingga memudahkan kamu saat berkunjung.

Mall ini tergolong sangat luas dan tinggi dengan area yang mencapai tujuh lantai. Gerai yang bisa kamu temukan di sini pun cukup banyak, mulai dari makanan hingga perlengkapan rumah tangga. Kamu yang suka minum teh sambil makan camilan wajib datang ke Tea House milik Tong Tji yang terletak di lantai 2. Ada pula bioskop di lantai 4 untuk kamu para movie-goers. Tak, lupa berbagai fasilitas mal juga bisa kamu gunakan secara bebas.

2. The Park Mall

the park mall
Photo credit: skyscrapercity.com

Bagi kamu yang mencari mall dengan suasana berbeda, The Park Mall bisa jadi pilihan karena memiliki konsep taman. Kamu akan melihat banyak sekali tumbuhan yang ditata di berbagai area sehingga menampilkan kesan sejuk dan asri. Gedungnya pun memiliki arsitektur modern yang dibangun dengan tiga lantai. Isi dari mall ini juga cukup lengkap dan bisa dibilang kekinian.

Mal ini menawarkan gerai yang cukup lengkap dan beragam, mulai dari Metro, Lottemart, hingga tempat nongkrong asyik seperti Starbucks. Menariknya lagi, lokasi The Park Mall cukup strategis yakni di Jalan Ir. Soekarno, Solo Baru yang dekat dengan Bandar Udara Internasional Adi Sumarmo. Jadi, kamu bisa mampir saat ingin menunggu jadwal keberangkatan pesawat.

3. Hartono Mall Solo

solo hartono
Photo credit: soloevent.id

Masih di kawasan Jalan Ir. Soekarno, kamu bisa menemukan pusat perbelanjaan lain bernama Hartono Mall Solo. Mal satu ini menyediakan gerai yang cukup lengkap, mulai dari outlet pakaian seperti Cardinal dan Poshboy, perlengkapan olahraga seperti Sports Station, hingga gerai sepatu Fladeo dan Buccheri. Bahkan, ada pula tempat bermain go kart bernama Lamtoro Go Kart di dalam area mall.

Seusai jalan-jalan, kamu bisa mencoba berbagai macam tempat makan yang tersedia. Mulai dari makanan Jepang, Indonesia, hingga western bisa kamu temukan di Hartono Mall. Beberapa tempat makan yang bisa kamu coba, di antaranya KFC, J.Co, CFC, Sumo Squid, Tong Tji, dan Solaria. Bagi yang ingin mencoba camilan, kamu bisa menuju Amanda Brownies Kukus, Asia Waffle, BreadTalk, ataupun Hawaiian Crepes.

4. Solo Paragon Mall

Photo credit: mangkubumensolo.blogspot.com

Mal di Solo lainnya yang tak boleh kamu lewatkan adalah Solo Paragon Mall. Sebagai salah satu mall yang paling populer di solo, mal ini menawarkan area yang cukup luas dengan gerai yang beragam. Mall ini terletak di Jalan Yosodipuro No 133, Mangkubumen, Banjarsari dan buka setiap hari pukul 10:00 22:00.

Kamu yang mau membeli kebutuhan rumah bisa berkunjung ke Informa dan Ace Hardware di lantai LG. Sedangkan kamu yang mau belanja kebutuhan untuk kecantikan kulit atau baju bisa datang ke lantai GF. Mulai dari The Face Shop hingga Erha Apothecary bisa kamu temukan di sini. Ada pula Centro Department Store bagi kamu yang ingin berbelanja pakaian.

Selain pusat perbelanjaan yang lengkap, Solo Paragon Mall juga menyediakan banyak gerai kuliner. Mulai dari kedai kekinian seperti El’s Books & Cafe dan Mr. Pancake hingga tempat makan keluarga seperti Emperor Palace dan Kedai Penang bisa kamu temukan di mall ini. Lokasi yang lengkap untuk memenuhi kebutuhanmu, bukan?

5. Solo Square

Photo credit: liburankemanakita.blogspot.com

Mall di Solo satu ini dikatakan sebagai mall sejuta umat oleh warga Solo. Bagaimana tidak, tak hanya ramai pengunjung, mall yang terletak di Jalan Brigjend Slamet Riyadi No 451 455, Laweyan ini juga memiliki fasilitas yang sangat banyak. Tempatnya pun terbilang bersih dan sangat nyaman.

Selain menyediakan berbagai gerai untuk memuaskan hobi belanja, kamu juga bisa bermain di Timezone atau nonton di Bioskop XXI. Bagi yang membawa anak kecil, kamu bisa mengajak mereka berkeliling mal dengan sarana mainan kereta yang tersedia. Variasi toko pakaiannya pun cukup banyak dengan berbagai brand yang dikenal luas di Indonesia. Hal menarik lainnya, kamu bisa lebih berhemat saat makan karena food court di Solo Square terkenal akan harganya yang murah.

6. Beteng Trade Center

btc solo
Photo Credit: petatempatwisata.com

Ingin mencari batik di Solo? Langsung saja datang ke Beteng Trade Center di Jalan Mayor Sunaryo, Pasar Kliwon. Mayoritas tenant di sini merupakan penjual batik, seperti kain, kemeja, blus, celana, rok, dan sebagainya. Meski dikenal sebagai salah satu pusat batik di Solo, Beteng Trade Center juga menjual aneka produk lain seperti jilbab, tas, aksesoris, dan aneka busana.

Setiap harinya, pusat perbelanjaan yang buka pukul 09:00 17:00 ini hampir tak pernah sepi pengunjung, khususnya saat akhir pekan dan hari libur. Bahkan, tidak sedikit pula pengunjung yang berasal dari luar kota. Hal ini terlihat dari banyaknya kendaraan dengan pelat nomor luar kota seperti Semarang, Jakarta, bahkan Lombok.

7. Pusat Grosir Solo

grosir batik
Photo Credit: shutterstock.com

Sesuai namanya, Pusat Grosir Solo cocok bagi kamu yang ingin berbelanja produk fesyen secara grosir. Mengingat harganya yang relatif murah, tak heran jika Pusat Grosir Solo setiap harinya bisa kedatangan sekitar 10 ribu pengunjung. Saat akhir pekan atau hari libur, jumlah tersebut pun bisa meningkat hingga 20 ribu.

Tak hanya menyediakan aneka produk fesyen secara lengkap dan terjangkau, pusat perbelanjaan yang terdiri dari lima lantai ini juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung demi kenyamanan berbelanja. Beberapa di antaranya adalah area parkir, customer service, keamanan 24 jam, lift, eskalator, dan CCTV. Tertarik untuk mengunjunginya? Langsung saja datang ke Jalan Mayor Sunaryo No 1, Pasar Kliwon.

8. Pasar Klewer

pasar klewer solo
Photo Credit: phinemo.com

Sudah berdiri sejak 1942, Pasar Klewer dikenal sebagai salah satu pasar tertua di Solo. Hebatnya, hingga kini pasar yang terdiri dari dua lantai ini tetap ramai dan mendapat tempat tersendiri di hati para wisatawan. Di Pasar Klewer, kamu bisa menemukan berbagai jenis kain dan pakaian seperti blus, kemeja, pakaian anak-anak, hingga seragam sekolah.

Nah, Pasar Klewer juga cukup terkenal sebagai salah satu pusat batik di Solo. Jenis batik yang dijual bermacam-macam, yakni batik asal Solo, Pekalongan, Yogyakarta, Banyumas, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, kamu pun bisa menemukan banyak jasa penjahit bagi yang ingin membuat baju ataupun merombaknya.

9. Pasar Gede

pasar gedhe solo
Photo Credit: @eka_jalan (Instagram)

Lebih dari sekadar tempat belanja, Pasar Gede juga menjadi salah satu saksi sejarah Kota Solo. Pasar yang berada di Jalan Jendral Sudirman ini dirancang oleh seorang arsitek Belanda, Thomas Karsten. Mulai dibangun pada 1927, Pasar Gede pun mulai beroperasi pada 1930. Sama seperti Pasar Klewer, Pasar Gede juga merupakan salah satu pasar tertua di Solo.

Bangunan pasar ini terdiri dari dua lantai. Di lantai 1, kamu bisa menemukan banyak pedagang yang menjual sayuran, buah-buahan, dan aneka macam kebutuhan rumah tangga lain. Sedangkan, lantai 2 digunakan untuk menjual daging. Tertarik untuk mengunjunginya?

10. Pasar Triwindu

pasar triwindhu
Photo Credit: @foodirectory (Instagram)

Kamu termasuk orang yang suka koleksi barang antik? Jangan sampai tidak mampir ke Pasar Barang Antik Triwindu, ya. Lokasinya berada di Jalan Pangeran Diponegoro, tepatnya di depan Pura Mangkunegaran. Menariknya, barang antik yang dijual juga ada yang berasal dari Keraton Surakarta seperti patung, keris kuno, serta lampu antik. Bahkan, ada pula yang menjual sepeda dari tahun 1930-an!

Daya tarik lain dari Pasar Triwindu adalah pembayarannya yang masih menerima sistem barter. Di sini, kamu bisa menukar koleksi barang antik dengan barang antik lainnya. Namun ingat, kedua barang yang ditukar harus bernilai sama ya. Untuk itu, kamu bisa melakukan negosiasi dengan pemilik toko.

***

Mengingat ada cukup banyak wisata belanja dan mall di Solo, sebaiknya kamu meluangkan waktu selama beberapa hari agar bisa puas menjelajahi tempat-tempat tersebut ya. Tentunya tidak lupa membawa bujet yang cukup, sehingga kamu bisa memuaskan hobi belanja. Happy shopping!

3 Shares
Share3
Pin
Share
Tweet
+1