0

Traveloka Team

26 Jan 2020 - 5 min read

10 Pantai di Batam yang Wajib Jadi Destinasi Liburan Kamu

Berada di jalur pelayaran antara Malaysia dan Singapura, Batam menjadi kota yang cukup sibuk. Tidak hanya dalam hal industri bisnis, tapi juga wisatanya. Kalau berlibur ke Batam, Pantai tentu akan menjadi tujuan utama wisata kamu. Bagaimana tidak? Bentuknya yang berupa kepulauan membuatnya kaya akan wisata bahari.

Jika kamu berkesempatan untuk mengunjungi kota dengan julukan Bandar Dunia Madani ini, cobalah untuk mengunjungi beberapa pantainya. Untuk itu, Traveloka sudah merangkum daftar pantai di Batam untuk kamu. Yuk, cari tahu selengkapnya!

1) Pantai Marina

Photo Credit: @mas.indr4 (Instagram)

Ini dia pantai yang paling populer di Batam. Lokasinya berada di kawasan Marina Water Front City dan masih termasuk bagian dariresortmewah. Maka dari itu, tak mengherankan jika Pantai Marina hampir selalu ramai, terutama saat akhir pekan dan hari libur. Pemandangannya pun cukup menarik dengan air laut yang bersih dan pasir pantai berwarna putih.

Tak ketinggalan, berbagai fasilitas yang akan memanjakan kamu sebagai pengunjung mulai dari area bermain anak-anak hingga tempat makan yang menyediakan aneka kuliner lezat. Ada pula berbagai permainan air, sepertibanana boatyang bisa kamu mainkan dengan membayar sekitar Rp20.000 per orang.

2) Pantai Melur

Photo Credit:@istiwiraningsih96(Instagram)

Tidak terlalu susah menemukan pantai satu ini karena lokasinya yang cukup strategis, yakni di Desa Sijantung, Galang. Kamu bisa menyewa kendaraan atau mengendarai transportasi umum selama kurang lebih 1 jam dari Bandara Hang Nadim. Jaraknya sekitar 45 km dari bagian selatan Pulau Batam.

Sesampainya di Pantai Melur, kamu akan disambut oleh hamparan pasir putih bersih dan air laut kebiruan. Ombaknya cenderung tenang dan kedalaman lautnya cukup landai tanpa karang, cocok bagi kamu yang ingin berenang atau bermain air. Kalau sudah lelah berenang, kamu bisa mampir ke warung di pinggir pantai yang menyediakan aneka olahanseafoodlezat.

3) Pantai Tanjung Bemban

Photo Credit:@lemonteaholic(Instagram)

Dipromosikan oleh pemerintah Batam melalui program Visit Batam 2010, sejak itulah Pantai Tanjung Bembang menjadi salah satu ikon wisata bahari Batam. Hal ini sebetulnya tak terlalu mengejutkan mengingat pemandangan alam yang disuguhkan Pantai Tanjung Bembang memang menarik. Air lautnya cukup jernih dan pasir pantainya pun bersih.

Tak hanya itu, pantai yang berada di kawasan Batu Besar, Nongsa ini juga bisa dibilang cukup sibuk. Di sini, kamu bisa melihat aktivitas lalu lintas laut berbagai jenis kapal yang berlayar, mulai dari kapal kargo, kapal tanker, hingga kapal feri. Kapan-kapal ini biasanya berangkat dari Pelabuhan Tanjung Pinang di Pulau Bintan menuju Malaysia atau Singapura. Cukup menarik, bukan?

4) Pantai Nongsa

Photo Credit:@sefrinawidyanti(Instagram)

Sesuai namanya, Pantai Nongsa memang berada di Kecamatan Nongsa, tepatnya di sebelah timur laut Batam. Lokasinya sangat mudah dicapai karena bisa kamu tempuh kurang lebih 10 menit berkendara dari bandara. Selain menyuguhkan pemandangan khas laut, di Pantai Nongsa kamu juga bisa menikmati lanskap Singapura karena jaraknya yang cukup dekat.

Pantai Nongsa juga dikenal sebagai wisata yang ramah keluarga karena ombak di sini cenderung tenang. Jadi, anak-anak pun bisa berenang atau bermain air dengan lebih aman. Bagi yang ingin menginap, tak perlu khawatir karena di sekitar pantai terdapat banyak hotel danresortmenarik.

5) Pantai Pulau Abang

Photo Credit:@jelajahbatam(Instagram)

Di sebelah selatan Batam, Kepulauan Riau, terdapat sebuah pulau yang asyik untuk dijelajahi yaitu Pantai Pulau Abang. Untuk mencapainya, kamu bisa naik perahu dari Jembatan 6 Barelang. Jika dibandingkan dengan pantai di Batam lainnya, pantai di Pulau Abang cenderung lebih sepi sehingga cocok bagi kamu yang ingin menenangkan diri.

Daya tarik pantai ini terletak pada keindahan bawah lautnya. Di sini, kamu bisa melakukandivingatausnorkelinguntuk menyaksikan sendiri keindahan tersebut. Agar tidak kehilangan setiap momennya, jangan lupa bawa kamerawaterproofuntuk mengabadikan aksi kamu di bawah air ya!

6) Ocarina Coastarina

Photo Credit:@jelajahbatam(Instagram)

Apabila Jakarta punya Ancol, makan Batam punya Ocarina Coastarina. Kawasan wisata terpadu ini berada persis di seberang Terminal Ferry Internasional Batam Centre. Fasilitasnya sudah sangat lengkap, mulai dari berbagai wahana permainan sepertiflying fox, waterboomtrampolin, dangiant wheel.Tak ketinggalan, berbagai tempat makan yang menyediakan aneka menu kuliner untuk pengunjung coba.

Tentunya pemandangan yang disuguhkan tak perlu kamu ragukan lagi, yakni pasir pantai berwarna putih kecokelatan dan air laut yang cukup bersih. Karenanya, tak mengherankan jika Ocarina Coastarina menjadi salah satu destinasi liburan yang cukup populer di Batam.

7) Pantai Sekilak

Photo Credit:@tengokbatam(Instagram)

Bagi yang liburan ke Batam menggunakan pesawat, kamu bisa sampai di Pantai Sekilak dengan berkendara sejauh kurang lebih 5 km. Sedangkan dari Pelabuhan Laut Batam Centre, jarak tempuhnya sekitar 8 km. Pantai Sekilak cukup berbeda dari kebanyakan pantai di Batam karena area pantainya dikelilingi oleh banyak bebatuan.

Menariknya lagi, lokasinya yang berada di Teluk Penyu membuat Pantai Sekilak turut dijadikan kawasan penangkaran penyu sejak bertahun-tahun lalu. Selain itu, kamu bisa menemukan danau buatan di sekitar pantai yang biasa digunakan untuk lomba mendayung. Objek wisata yang cukup lengkap, bukan?

8) Pantai Setokok

Photo Credit:@amazingkepri(Instagram)

Pantai di Batam lainnya yang juga cocok untuk tempat bersantai adalah Pantai Setokok. Sama seperti kebanyakan pantai lain di Batam, Pantai Setokok mempunyai pasir berwarna putih dan air laut jernih. Menariknya, di area laut lepas tersebar beberapa pulau kecil sehingga menciptakan pemandangan yang unik.

Jika tertarik berlibur di Pantai Setokok, kamu bisa datang ke Pulau Setokok, sebuah pulau yang masih menjadi bagian dari gugusan Pulau Trans Barelang. Lokasinya terhubung oleh Jembatan Barelang. Dari jembatan tersebut, kamu cukup melanjutkan perjalanan sejauh kurang lebih 3 km untuk mencapai Pantai Setokok.

9) Pantai Melayu

Photo Credit:@osi_moccay(Instagram)

Pantai satu ini cocok sekali digunakan untuk piknik bersama teman-teman atau keluarga. Pasalnya, terdapat cukup banyak gazebo dengan naungan pohon-pohon rindang sehingga selama piknik kamu tidak akan kepanasan. Ditambah dengan angin laut yang segar, acara piknik kamu pasti terasa lebih nyaman di Pantai Melayu.

Kamu yang ingin berenang atau bermain air juga bisa melakukannya dengan aman karena ombak di pantai ini cenderung tenang. Tersedia pula fasilitas olahraga air sepertibanana boatyang bisa kamu sewa seharga kurang lebih Rp25.000 per orang. Langsung saja menuju Jalan Trans Balerang, Galang untuk menikmati suasana pantainya.

10) Pantai Tanjung Pinggir

Photo Credit:@amazingkepri(Instagram)

Berada di kawasan Sekupang, Pantai Tanjung Pinggir bisa kamu capai dengan berkendara selama kurang lebih 10 menit dari pusat Sekupang, Batam. Pantai Tanjung Pinggir cocok bagi kamu yang mengutamakan privasi karena pantai ini berada di dekat KTM Resort.

Selain air laut yang jernih, Pantai Tanjung Pinggir juga menawarkan pemandangan Singapura dari kejauhan. Nah jika tertarik ke sini, sebaiknya datanglah saat sore hari karena pantai yang ombaknya cukup tenang ini dikenal sebagai salah satu spotsunsetterbaik di Batam.

***

Jadi, bagaimana? Pantai-pantai di Batam terdengar sangat menarik untuk dikunjungi, bukan? Daripada semakin penasaran, sebaiknya kamu segera merencanakan perjalanan ke Batam. Ajak juga teman-teman atau keluarga kamu agar liburan di Batam jadi lebih mengesankan!

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan