0

Traveloka Team

29 Jan 2020 - 4 min read

Menguak 5 Pesona Wisata Aceh; Surga di Ujung Barat Indonesia

01 Pucok Krueng

Pucok Krueng, salah satu surga tersembunyi di Aceh (Sumber foto:disbudpar.acehprov.go.id)

Aceh, daerah istimewa berotonomi khusus di ujung barat Indonesia ini wajib kamu masukkan ke dalam daftar destinasi liburan impian. Mengapa? Daerah yang juga dikenal sebagai Negeri Serambi Mekah ini punya bentang alam yang luar biasa memesona, terutama Pulau Weh yang membuat potensi bahari provinsi tersebut begitu tersohor hingga seluruh dunia. Namun tak cuma pantai, pulau, dan laut, tapi Aceh juga menyimpan sejumlah dataran tinggi hijau, air terjun, juga danau yang elok. Apa saja itu? Simak lima di antaranya berikut ini:

1. Danau Lut Tawar Takengon – Keindahan panorama alam yang memberi kedamaian

Keindahan Danau Air Tawar Takengon memberi kedamaian (Sumber foto: Shutterstock)

Menghabiskan waktu libur di Aceh tak lengkap rasanya bila tak mengunjungi Danau Lut Tawar yang terletak di Takengon, Aceh Tengah. Keindahannya yang terasa sangat natural mampu membius dan membuatmu betah untuk berlama-lama.

Keindahan danau ini dapat dilihat dari pegunungan yang mengelilingi danau. “Negeri di atas awan”, begitu ungkapan umum yang sering digunakan untuk menggambarkan tempat ini. Danau Lut Tawar Takengon terletak di dataran tinggi Gayo dengan ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut. Tak salah jika hawa sejuk selalu menyelimutimu ketika berkunjung kemari.

Kamu bosan dengan hiruk pikuk kota dan rutinitas sehari-hari? Tempat inilah jawabannya. Pantulan langit dan alam di permukaan airnya yang jernih, mampu memberi rasa damai dan tenang. Bagi kamu pecinta kopi, pantang rasanya bila kamu tak mencicipi kopi Gayo, kopi kebanggaan warga sekitar yang bisa kamu temukan di kedai kopi sepanjang tepi danau.

2. Pucok Krueng – Kolam pemandian alami yang bersembunyi di balik tebing

Berendam sambil menikmati keindahan alam di Kolam Pemandian Pucok Krueng (Sumber foto:disbudpar.acehprov.go.id)

Surga tersembunyi, itulah yang menggambarkan bagaimana keindahan Pucok Krueng. Sesuai dengan namanya,pucokyang berarti ujung, dankruengyang berarti sungai, kawasan wisata kolam pemandian ini berada di hulu sungai yang jauh dari permukiman, sekitar 20 kilometer dari pusat kota Banda Aceh.

Danau yang tenang dan sejuk, ditambah pepohonan yang asri, membuat perjalanan jauh yang kamu tempuh terbayarkan. Belum lagi jika melihat tebing-tebing yang berdiri tegak dan menambah keelokan kolam ini. Jangan sungkan untuk berenang dan masuk ke dalam salah satu gua di sudut kolam ini. Bagi kamu yang menyukai tantangan, cobalah mendaki dinding tebing lalu terjun kembali ke kolam pemandian. Dijamin, liburanmu kali ini bisa menjadi momen yang tak terlupakan.

Soal privasi, kamu tak perlu khawatir. Kawasan ini masih belum banyak diketahui oleh wisatawan, yang membuatmu seolah tengah berendam di salah satu sudut pulau pribadi.

3. Air Terjun Blang Kolam – Pesona keindahan Aceh yang tersembunyi di balik pepohonan rindang

Air terjun kembar, julukan Air Terjun Blang Kolam yang memiliki pesona menakjubkan (Foto:www.anekatempatwisata.com)

Masih ada objek wisata menarik lain yang harus kamu kunjungi ketika berlibur ke Aceh, salah satunya Air Terjun Blang Kolam. Terletak di Desa Sidomulyo, Aceh Utara, air terjun ini memancarkan kreasi alam khas Aceh yang tersembunyi di balik bukit.

Bagaimana tidak, kamu bisa menyaksikan secara langsung air terjun setinggi 75 meter yang dikelilingi pepohonan rindang. Sesampainya di sini, jangan ragu untuk berenang dan mencicipi kesegaran air telaga ini. Jika punya waktu lebih, kamu bisa merasakan sensasi berkemah di tepi air terjun, dengan tarif Rp5.000 per orangnya. Murah, bukan?

4. Pulau Rubiah – Surga pesona laut di ujung barat Indonesia

Laut di kawasan Pulau Rubiah yang menyerupai akuarium raksasa (Foto: Shutterstock)

Ini dia primadona wisata Aceh: wisata bahari. Aceh, tak kalah dengan daerah lain di Indonesia, juga memiliki titiksnorkelingataudivingyang telah diakui keindahannya bahkan oleh turis mancanegara. Salah satunya di kawasan Pulau Rubiah, pulau kecil yang bersama dengan Pulau Weh, merupakan bagian administratif dari kota Sabang.

Pulau Rubiah memiliki bentuk yang menyerupai sebuah akuarium raksasa. Di dalamnya, hidup berbagai ikan tropis, sepertigigantic clams,angel fish,parrot fish,lion fish, bahkannapoleon fish, ikan yang jarang bisa Anda temukan di tempat lain. Tak hanya itu, keunikan lain dari taman laut Pulau Rubiah ini adalah terumbu karang yang membentuk gugusan berwarna-warni. Bisa dibayangkan betapa cantiknya taman laut ini.

Untuk mencapai pulau ini, kamu bisa menyeberang menggunakan feri melalui Pelabuhan Ulee Lheue, Aceh, menuju Pelabuhan Balohang, Sabang, yang memakan waktu 90 menit. Dari Pulau Sabang, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

5. Pantai Iboih – ‘Mutiara biru’ di Pulau Weh

Keramahan Pantai Iboih bisa menjadi obat penghilang stres dengan hiruk-pikuk kota (Sumber foto: Shutterstock)

Jika kamu ingin ke Pulau Rubiah, tak salah jika kamu menetap dulu di salah satu pantai yang terletak di Pulau Weh, yaitu Pantai Iboih. Sebab, pantai ini terkenal di mata wisatawan lokal maupun asing karena memiliki laut jernih yang dikelilingi pepohonan rimbun, yang membuat suasana sekitarnya sungguh asri.

Tak cuma memiliki pesona yang luar biasa, Pantai Iboih juga memiliki fasilitas yang lengkap. Untuk kamu yang mau merasakan liburan mewah atau sekadarbackpacker-an, semua bisa.Puluhan hotel yang sesuai dengan kantong, penyewaan kendaraan bermotor, warung makan yang beragam, dan rental alatdivingatausnorkeling, juga mudah kamu dapatkan di sini.

Kamu bisa ke Pantai Iboih yang terletak di Pulau Weh ini dengan menggunakan kapal dari Pelabuhan Ulee Lheue di Aceh, menuju ke Pelabuhan Sabang. Sesampainya di sana, lanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor yang menempuh waktu kurang lebih satu jam.

Inilah daya tarik Aceh yang menjadikannya sungguh patut kamu catat sebagai destinasi liburan selanjutnya. Ragam objek wisata di atas dapat menambah pengalamantravelingkamu, serta menyaksikan langsung pesona dan kekayaan alam di ujung barat negeri ini. Apalagi, kinikamu bisa cari hotel-hotel di Aceh yang sesuai keinginan dengan cara yang sangat mudah! Jadi, tak ada lagi alasan untuk enggan ke Aceh. Atau kalau daerah tempat tinggal kamu adalah Sumatera Utara dan sekitarnya, bisa juga kalau kamu naik bus Putra Pelangi.

Selalu Tahu Kabar Terbaru
Dapatkan berbagai rekomendasi travel & gaya hidup serta info promo terkini dengan berlangganan newsletter kami.
Langganan