Uncategorized

5 Tipe ‘Traveler’ dan Akomodasi yang Sesuai Saat Liburan, Kamu yang Mana?

Ayu
By Ayu 28 February 2017

Setiap jenis akomodasi memiliki keunggulan masing-masing dan belum tentu ditujukan ke semua orang. Fasilitas dan layanannya telah disesuaikan dengan tipe traveler tertentu yang membuatnya nyaman untuk ditinggali.

Untuk bisa memilih akomodasi yang sesuai dengan kebutuhanmu selama liburan, sebaiknya kamu mengenal gaya traveling-mu sendiri, baru kemudian menentukan akomodasi yang tepat.

The Casual Traveler

Kamu termasuk ke dalam golongan casual traveler jika kamu memanfaatkan jatah cuti tahunan sebagai waktu yang tepat untuk berlibur. Karena tak bisa sering-sering melakukan traveling, kamu akan melakukan riset dengan maksimal, mulai dari kegiatan apa yang akan dilakukan, makan di mana, dan akomodasi seperti apa yang dibutuhkan.

Pemilihan akomodasi selama liburan menjadi hal yang cukup krusial bagimu. Tempat menginapmu harus memiliki fasilitas dan layanan yang memadai. Karena meskipun kamu juga memiliki agenda dengan kegiatan di luar, akomodasi tempatmu kembali beristirahat haruslah tetap nyaman sebagai pelepas lelah. Akomodasi yang cocok untukmu adalah hotel dengan standar minimum bintang 3.

The Backpacker

Tipe traveler ini sangat mudah dikenali di mana pun. Biasanya, mereka membawa ransel besar yang berisi segala keperluan selama liburan. Kamu termasuk di antaranya? Jika iya, tentunya kamu juga mempersiapkan setiap perjalananmu dengan detail. Kamu juga lebih tertarik melakukan kegiatan di luar penginapan dan membaur bersama warga lokal.

Akomodasi tak menjadi sesuatu hal yang esensial. Kamu hanya perlu tempat beristirahat setelah seharian berkeliling kota/daerah. Bagimu, penginapan tak perlu memiliki fasilitas dan layanan yang mewah, yang penting murah. Kamu sudah cukup puas dengan ranjang bertingkat untuk tidur dan kamar mandi yang dipakai bersama tamu lain. Tersedianya sarapan gratis di penginapan bisa jadi nilai tambah. Penginapan semacam ini bisa kamu dapatkan di hostel dan sejenis B&B alias Bed & Breakfast.

The Family Traveler

Jika kamu sudah berkeluarga dan menjalani sebuah liburan bersama si kecil, kamu sudah bisa disebut sebagai family traveler. Tipe traveler ini terkenal dengan prioritas utamanya yaitu anak-anak. Kamu akan mencari informasi sebanyak mungkin tentang tempat wisata yang ramah anak di destinasi liburan.

Untuk masalah akomodasi, kamu juga masih mementingkan kebutuhan anak-anak. Sebisa mungkin, kamu mencari penginapan yang dekat dengan tempat wisata ramah anak dan yang memiliki fasilitas layaknya di rumah sendiri, misalnya tersedianya fasilitas dapur dan ruang keluarga yang nyaman. Dengan adanya dapur, kamu juga bisa lebih leluasa menyiapkan makanan sehat bagi si kecil. Akomodasi sejenis apartemen sangat cocok bagi family traveler sepertimu.

The Luxury Traveler

Bagi kamu yang termasuk golongan luxury traveler, liburan adalah sebuah cara untuk memanjakan diri. Kamu lebih tertarik dengan kegiatan tur pribadi yang diisi dengan kunjungan ke beberapa tempat wisata ekslusif, makan di restoran mahal, juga wisata belanja.

Selebihnya, kamu akan menghabiskan waktu di penginapan dan memanfaatkan fasilitas dan layanan mewahnya dengan maksimal. Layanan perawatan tubuh seperti pijat dan spa, menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pengalaman liburanmu. Melihat dari kebutuhan selama liburan, akomodasi jenis resort dan villa akan cocok untukmu.

The Flexible Traveler

Kamu yang merasa sebagai pribadi yang cukup fleksibel saat traveling,  akan mengakui bahwa sebagian besar liburan yang kamu jalani tidak dibarengi dengan perencanaan yang cukup matang. Tipe traveler ini adalah kebalikan dari casual dan backpacking. Kamu bisa melakukan kegiatan apa saja yang baru terpikirkan setibanya di destinasi liburan, atau bahkan baru akan riset dengan bertanya pada warga setempat.

Begitu pula dengan penginapan. Kamu tak perlu banyak persiapan dan bisa menginap di mana saja asalkan ada tempat beristirahat selama liburan. Akomodasi jenis camping, guest house dan homestay bisa menjadi pilihan selagi kamu tak memiliki banyak persyaratan untuk penginapan.

Ketiganya memiliki fasilitas standar yang cukup untuk memenuhi kebutuhanmu selama liburan. Bahkan untuk jenis camping yang umumnya berlokasi di alam terbuka, bisa membuatmu tak perlu berpikir lebih untuk menentukan kegiatan apa yang harus dilakukan.

 

Setelah mengenali tipe traveling-mu, kamu bisa memilih akomodasi yang tepat dengan cara memanfaatkan fitur filter yang ada di Traveloka. Fitur ini tersedia saat kamu melakukan pemesanan baik melalui situs resmi maupun Traveloka App. Jadilah traveler cerdas yang bisa menentukan akomodasi mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu selama traveling.

Summary
5 Tipe ‘Traveler’ dan Akomodasi yang Sesuai Saat Liburan, Kamu yang Mana?
Judul Artikel
5 Tipe ‘Traveler’ dan Akomodasi yang Sesuai Saat Liburan, Kamu yang Mana?
Description
1. The Casual Traveler 2. The Backpacker 3. The Family Traveler 4. The Luxury Traveler 5. The Flexible Traveler
Author
Publisher
Traveloka
Tulis komentarmu di sini:

Dapatkan Tips dan Informasi Wisata, GRATIS !