13 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan Secara Gratis di London

By nerissa 09 May 2017

Merasakan pengalaman hidup di negara asing memang menjadi sesuatu yang menarik dan sepertinya boleh dibanggakan. Beruntung, saya bisa menghabiskan waktu selama enam bulan untuk tinggal di London dan hidup seperti masyarakat lokal di sana berkat program pertukaran pelajar.

Hidup di London terbilang gampang-gampang susah. Susahnya karena biaya hidup di sini relatif lebih tinggi dibanding sejumlah negara di dunia. Jadi, saya harus pintar-pintar mengatur pengeluaran harian. Gampangnya adalah karena ada banyak sekali tempat menarik yang bisa saya kunjungi, tempat-tempat yang sebelumnya hanya bisa saya lihat lewat televisi dan internet.

Demi bisa jalan-jalan tapi tetap hemat, saya mencari tempat-tempat yang bisa dikunjungi secara gratis. Nah, dari pengalaman saya selama enam bulan “bertualang” ini, saya bagikan 12 yang terbaik menurut saya.

1. Mengunjungi museum-museum

Museum di London

National History Museum (Sumber: Dok. Pribadi)

Satu dari ribuan alasan saya sangat menyukai London adalah terdapat banyak museum yang bisa didatangi dengan gratis. Meskipun gratis, bukan berarti kondisi museum di sana buruk, ya. Malah sebaliknya, museum-museum di London tetap dipelihara dengan baik dan punya banyak koleksi yang menarik.

Beberapa museum gratis yang biasa saya kunjungi antara lain British Museum, National History Museum, National Portrait Gallery, Tate Modern, dan Tate Britain.

2. Berjalan kaki sepanjang tepi Sungai Thames

 

Sungai Thames

(Sumber: Dok. Pribadi)

Saya biasa memulai perjalanan dari Westminster Bridge, tempat di mana Big Ben berdiri, lalu berjalan menyusuri Sungai Thames. Berjalan ke arah barat, kamu akan melewati Katedral St. Paul, Millennium Bridge, Tate Modern, dan Shakespeare Globe. Jika mengambil arah sebaliknya, kamu akan melihat London Eye, Tower Bridge, Tower of London, dan The Shard. Saya tak pernah bosan berjalan sepanjang sungai ini.

3. Bersantai di taman umum

Taman London

Primrose Hill (Sumber: Dok. Pribadi)

Jika Jakarta dijuluki sebagai kota 1.000 mal, maka London adalah kota dengan 1.000 taman. Selama tinggal di London, saya suka sekali berkunjung ke taman sepulang sekolah. Kegiatan ini jadi semakin menyenangkan saat cuaca sedang cerah. Biasanya, saya dan teman-teman akan membeli roti dan buah sebagai bekal berpiknik.

Beberapa taman yang saya rekomendasi untuk kamu kunjungi adalah Hyde Park, Regent’s Park, Holland Park, Primrose Hill, dan St. James Park.

4. Mencoba free walking tour

Free walking tour yang dipandu oleh seorang pemandu lokal adalah salah satu cara terbaik untuk menjelajahi kota London. Selain berkesempatan untuk mengetahui sisi kota yang sibuk ini dari kacamata penduduk lokal, kamu yang tertarik untuk mencoba tur ini juga dapat berkenalan dengan para turis dari seluruh dunia. Terdapat banyak pilihan tur yang dapat kamu pilih, seperti Harry Potter Walk Tour, London Food Walk Tour, London Ghost Tour, dan masih banyak lagi.

5. Berkunjung ke pasar lokal

Kunjungan ke London tidak lengkap tanpa singgah ke pasar-pasar lokal yang bertebaran di seluruh kota. Tidak perlu berbelanja jika tidak ingin keluar biaya, cukup berkeliling dan menikmati suasana sekitar pun sudah menjadi pengalaman istimewa tersendiri. Jangan lupa bawa kamera, ya! Berikut pasar-pasar yang wajib kamu kunjungi:

Camden Market

Camden Market adalah salah satu pasar favorit saya. Di sini, kamu bisa menemukan banyak pernak-pernik lucu yang bisa dijadikan oleh-oleh ke tanah air. Barang-barang yang dijual di sini pun dibanderol dengan harga yang cukup murah, misalnya baju, sepatu, tas, sampai kuliner.

Portobello Market

Portobello Market

Portobello Market (Sumber: Dok. Pribadi)

Pernah nonton film Paddington? Jika kamu mengingat salah satu adegan saat Paddington mengejar pencopet menggunakan skateboard, Portobello inilah yang menjadi lokasi syuting adegan tersebut. Di sini, barang yang dijual lebih vintage dan bergaya pop art,  sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk orang tersayang.

Colombia Flower Market

Colombia Flower Market

Colombia Flower Market (Sumber: Dok. Pribadi)

Colombia Flower Market yang hanya buka di hari Minggu ini menyediakan beragam bunga segar yang harum dan cantik. Jika kamu datang di sore hari, kamu bisa mendapatkan seikat bunga mawar hanya dengan setengah harga!

6. Window Shopping di Covent Garden

Covent Garden adalah sebuah shopping arcade yang terletak tidak jauh dari Oxford Street. Meskipun sudah sangat ramai oleh turis, apalagi di musim panas, namun kamu masih bisa bersantai sambil menikmati suasana dan menonton berbagai pertunjukan seni jalanan yang menarik.

7. Berfoto di Platform 9 ¾

Platform 9 3/4

(Sumber: Dok. Pribadi)

Jika kamu penggemar seri Harry Potter, tentu tak asing dengan platform ajaib yang menjadi jalan masuk ke dunia sihir Hogwarts, yaitu Platform 9 3/4. Dinding yang sangat populer ini bisa ditemukan di Stasiun King’s Cross. Seringkali, kamu  butuh mengantre untuk bisa berfoto dengan latar platform ini dan berpura-pura sebagai salah satu murid sekolah sihir Hogwarts.

8. Menikmati London dari Sky Garden

Sky Garden

(Sumber: Dok. Pribadi)

Terletak di Gedung Walkie Talkie, Sky Garden adalah tempat yang cocok untuk bisa menikmati pemandangan London dari ketinggian dengan gratis. Kamu hanya perlu mendaftar di situsnya untuk mendapatkan “kursi” naik ke atas. Selanjutnya, kamu harus datang ke sana sesuai dengan waktu yang ditentukan.

9. Menyeberangi zebra cross legendaris di Abbey Road

Baik jika kamu penggemar The Beatles maupun tidak, Abbey Road adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika berada di London. Zebra cross ini sangat populer karena menjadi latar foto The Beatles di sampul album kesebelasnya, Abbey Road. Karenanya, banyak turis yang datang ke sini untuk mengambil gambar dalam pose yang sama dengan sang legenda.

10. Menonton pergantian penjaga di Istana Buckingham

Di London, upacara pergantian penjaga pun bisa jadi tontonan yang menarik. Upacara ini biasa berlangsung sekitar 45 menit dan tidak diadakan tiap hari. Kamu bisa melihat jadwalnya di sini.

Saat upacara ini, kamu bisa melihat para penjaga istana berjalan dari Wellington Barracks menuju Istana Buckingham. Selanjutnya, mereka melakukan serah terima tugas untuk periode berikutnya.

11. Lihat rumah-rumah lucu di Notting Hill

(Sumber: Dok. Pribadi)

Apa menariknya melihat rumah-rumah di Notting Hill? Jangan salah. Notting Hill adalah salah satu kawasan pemukiman yang tetap bertahan sejak ratusan tahun yang lalu. Di sini, kamu bisa melihat deretan rumah bergaya klasik yang dicat warna-warni. Rumah-rumah ini umumnya tidak memiliki halaman dan terdapat banyak jendela kaca.

Jika kamu berkunjung di bulan Agustus, kamu bisa ikut merasakan kemeriahan Notting Hill Carnival. Bisa dibilang, ini adalah festival tahunan terbesar di Notting Hill. Beberapa acara yang digelar dalam festival ini antara lain parade busana dan marching band.

Email

12. Berjalan menyusuri Little Venice

Menyusuri kanal panjang di tengah kota nyatanya tak hanya bisa dilakukan di Venice, Italia. Di London, saya juga bisa merasakan sensasi berlayar di tengah kota dengan pemandangan cantik di tepiannya. Naik perahunya, saya memang diharuskan membayar. Tapi saya masih bisa menikmati keindahan Little Venice ini dengan berjalan kaki sepanjang kanalnya.

Datanglah ke Little Venice saat menjelang petang dan temukan pemandangan yang memukau di sana. Deretan perahu terparkir rapi dengan pantulan cahaya matahari di permukaan air yang menakjubkan. Tak perlu merasa aneh karena menikmati Little Venice dengan cara begini, karena sebenarnya ada banyak orang yang yang juga berjalan-jalan atau sekadar duduk santai di sekitar kanal.

Tinggal di London selama enam bulan tentunya menjadi salah satu pengalaman yang tak akan pernah saya lupakan. Siapa sangka jika saya bisa belajar sekaligus berlibur di Negeri Ratu Elizabeth II ini. Pertukaran pelajar ternyata bisa menjadi menyenangkan seperti ini.

Tulis komentarmu di sini:

Dapatkan Tips dan Informasi Wisata, GRATIS !